12 Tanda KetikaTubuh Sedang Tidak Sehat yang Sering Diabaikan Orang

Sudah pasti seseorang dikatakan tidak sehat ketika telah didiagnosa memiliki penyakit seperti kanker, jantung, ginjal, diabetes, dll. Masalah-masalah kesehatan seperti itu bisa menyadarkan Kamu, yang mudah-mudahan akan mendorong kamu untuk melakukan perubahan kebiasaan hidup yang buruk untuk mengembalikan fungsi dan keseimbagan tubuh yang lebih baik.

Iklan

Sebenarnya tubuh kita sudah memberitahukan kepada kita melalui tanda-tanda tertentu ketika kesehatan tubuh kita mulai menurun jauh-jauh sebelum kita benar-benar menderita penyakit yang bisa membahayakan jiwa. Pada awalnya tubuh kita memberitahukannya dengan cara yang lembut dengan cara berbisik, namun semakin lama apabila Kamu masih tetap cuek dan mengabaikannya maka tubuh Kamu mulai memberitahu dengan cara yang lebih keras yakni dengan cara berteriak!

Sayangnya justru sebagian orang lebih menunggu untuk diteriaki daripada segera melakukan perubahan ketika peringatan masih berupa bisikan lembut.

Pengen tahu bagaimana cara tubuh Kamu dalam membisikkan peringatan tersebut?

Pertanda tubuh yang tidak sehat

1. Kualitas tidur Kamu menurun Akhir-akhir ini

Sebelumnya kamu mungkin gampang sekali tidur, kemudian bangun pada pagi hari dengan segar sesuai dengan kebiasan. Namun kamu dalam beberapa pekan ini mulai merasa sulit tidur, padahal aktifitas yang kamu lakukan selalu sama setiap harinya atau tak ada yang berubah. Mungkin Kamu perlu curiga jika hal ini merupakan message tubuh kamu karena ada masalah.

Hormon kortisol adalah hormon stres, yang akan menurun pada malam hari supaya memungkinkan bagi tubuh untuk bisa tertidur dan mengisi ulang tenaga. Ketika kamu menderita insomnia, seringkali disebabkan oleh peningkatan hormon ini akibat dari terlalu banyaknya respon stres yang menumpuk. Masalahnya ketika respon stres meningkat maka mekanisme perbaikan tubuh akan berkurang bahkan dihilangkan oleh tubuh. Pada akhirnya kamu akan sakit jika masalah ini tak segera  kamu respon dengan perubahan.

2. Kamu Gampang Kelelahan

Apakah kelelahan? Kelelahan digambarkan sebagai kurang tenaga dan kurang semangat, gejalanya mungkin mengantuk dan kelemahan otot. Kelelahan sebenarnya adalah respon tubuh yang wajar, karena aktifitas fisik dan mental. Namun kelelahan baik fisik dan mental akibat aktifitas yang tinggi adalah normal dan akan segera pulih setelah beristirahat dan mendapat asupan gizi yang cukup.

Namun jika Kamu merasa ada yang aneh, misalnya Kamu semalam sudah beristirahat tetapi siang hari selalu mengantuk. Atau Kamu tak merasa habis melakukan aktifitas fisik yang berat, tapi merasa mengalami kelemahan otot. Atau kamu selalu merasa lelah sepanjang hari, malam susah tidur, malas beraktifitas dll, mungkin kamu pantas untuk curiga!

Kelelahan tanpa alasan yang berlarut-larut bisa disebut dengan kelelahan kronis, dan ada banyak faktor kesehatan yang mendasarinya :

  • Masalah metabolik termasuk tyroid, anemia, diabetes, penyakit ginjal, dan hati.
  • Penyakit terkait jantung dan paru, seperti aritmia, jantung koroner, masalah katup jantung, peneumonia, asma.
  • Obat-obatan, termasuk antidepresan, antihistamin, obat tekanan darah, dll.
  • Gangguan tidur, termasuk insomnia, sleep apnea, dan refluks
  • Kondisi mental, termasuk depersi, kecemasan, ketergantungan, dll
  • Kurang nutrisi, termasuk kurang zat besi, kurang vitamin B12, kurang asam folat, serta kurang vitamin D.
  • Penyebab lain, termasuk kanker, rematik, kemoterapi, radiasi, dll.

Kelenjar tiroid tak berfungsi dengan baik, kelenjar adrenalin terpakai habis, atau tubuh kamu kehabisan tenaga karena paparan racun yang berlebihan yang menyerang sistem Kamu karena makanan olahan, rokok, alkohol, atau pencemaran lingkungan.

Respons stres yang terganggu setiap hari, atau mekanisme pertahanan tubuh yang  melindungi Anda dari infeksi, kanker, dan berbagai macam penyakit serius lainnya terkadang menyebabkan kelelahan kronis yang bisa menjadi suatu tanda peringatan tubuh kamu ayng minta untuk segera ditreatment.

Jangan mengabaikan kelelahan, karena sejak awal Anda menyadari dan melakukan perubahan atau pengobatan mungkin bisa menyelamatkan hidup Kamu.

3. Air kencing Kamu berwarna kuning gelap.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, penting bagi kamu untuk menghidrasinya. Tanda jika tubuh kamu sudah terhidrasi dengan baik atau tidak bisa dilihat dari warna urin kamu. Warna urin yang jernih sebagai pertanda tubuh kamu telah terhidrasi dengan baik.  Jika Kamu melihat warna kuning, Kamu mungkin tidak cukup minum cairan pada hari itu. Minuman yang baik untuk menghidrasi tubuh adalah air putih, dan minuman yang berkafein atau beralkohol justru bersifat mendehidrasi tubuh. Ada banyak penyakit yang bisa disebabkan tubuh kurang terhidrasi dengan baik, atau baca juga : Seberapa banyak air yang kita minum dalam sehari.

Warna air kencing tak hanya menunjukkan hidrasi tubuh, tapi juga bisa menunjukkan gejala penyakit tertentu, baca : Mengetahui kondisi kesehatan berdasarkan warna urin

4. Tidur Mendengkur.

Memang tidur mendengkur tak selalu merupakan pertanda dari penyakit berat, karena mendengkur juga bisa karna anatomi mulut, memiliki saluran udara yang sempit, kelebihan berat badan, sedang pilek, atau alergi.

namun mendengkur  merupakan satu-satunya tanda awal sleep apnea, yaitu gangguan tidur yang ditandai dengan obstruksi pada saluran napas yang bisa meningkatkan risiko hipertensi pulmonal dan selanjutnya bisa gagal jantung. Anda mungkin perlu segera kedokter ketika :

  • Nafas terhenti saat tidur
  • Dengkuran yang sangat keras
  • Mengantuk berlebihan di siang hari
  • Terengah-engah dimalam hari
  • Sulit konstentrasi
  • Sakit kepala di pagi hari
  • Memiliki sakit tenggorokan saat bangun tidur
  • Tidur tak tenang
  • Tersedak di malam hari
  • Tekanan darah tinggi
  • Nyeri dada di malam hari

5. Kamu selalu merasa cemas

Banyak orang beranggapan bahwa kecemasan itu dihasilkan oleh fikiran. Betul, namun kecemasan yang diterjemahkan ke fisiologi tubuh bisa mempengaruhi untuk penyakit seperti penyakit jantung. Perasaan cemas juga bisa timbul akibat ketidakseimbangan hormon, hipertiroidisme, kanker adrenal, dan masih banyak lagi.

Apa yang menyebabkan kecemasan kamu? Tanyakanlah kepada diri sendiri. Biasanya kecemasan adalah hasil dari kehidupan yang tidak sejajar dengan jati diri.

Jika Kamu khawatir dan tak mendapat jawaban apa yang meyebabkan kecemasan kamu, datanglah kedokter untuk menguji kelainan hormon.

6. BAB tak teratur

Usus yang sehat akan bergerak setiap kali Kamu makan. Pada saat Kamu makan, atau memasukkan makanan ke dalam saluran pencernaan, maka usus yang sehat secara reflek akan bergerak untuk menghilangkan racun dan memberi tempat bagi makanan baru. Ketika Kamu mengalami konstipasi atau sulit BAB, maka racun dalam tubuh bisa meresap melalui lapisan usus, lalu memasuki aliran darah yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

7. Kulit gatal-gatal tanpa diketahui penyebabnya

Gatal-gatal bisa saja disebabkan karena alergi, gangguan kulit ringan, atau zat-zat tertentu. Namun gatal-gatal yang sering hadir berlebihan dan tanpa diketahui alasannya bisa menjadi satu-satunya tanda yang diberikan tubuh Kamu ketika Kamu sedang menderita penyakit terkait liver/hati. Maca juga Makanan yang bisa merusak Liver atau Organ Hati

8. Gampang terkena flu atau pilek

Virus dan bakteri setiap hari menyerang tubuh kita, tetapi tubuh yang sehat hampir selalu bisa mengalahkannya. Jika Kamu mudah sekali tertular flu dan lebih sering mengalaminya daripada orang lain, mungkin itu adalah pertanda bila sistem kekebalan Kamu tidak berfungsi secara optimal.

Kekebalan tubuh yang tak optimal ini bisa jadi merupakan pertanda dari suatu kondisi yang lebih besar yang mendasarinya misalnya kanker. Maka jangan sepelekan jika kamu merasa mudah sekali tertular flu atau pilek atau penyakit infeksi lainnya termasuk radang tenggorokan.

9. Bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah terutama di sudut bibir, merupakan pertanda jika tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin B khususnya vitamin B12. Hal ini akan membuat tubuh Kamu menjadi lebih rentan terhadap penyakit seperti anemia. Jangan sepelekan anemia, karena penyakit ini bisa meyebabkan komplikasi yang lebih serius – atau setidaknya menurunkan etos kerja. Hampir semua makanan mengandung vitamin B12, baca lebih banya untuk mengetahuinya di => Top 10 Makanan yang mengandung tinggi Vitamin B12

10. Berbagai Masalah kulit

Jika Kamu sering berjerawat, atau masalah kulit lain seperti eksim, psoriasis, eksim, atau ruam kulit lainnya, mungkin kesehatan Anda sedang berfluktuasi. Kulit adalah organ tubuh yang melaporkan kondisi tubuh Kamu jika ada gejolak didalam tubuh.

Kulit bisa memeberitahukan ketika ada masalah alergi makanan atau lainnya. Dan kulit kita juga sangat sering menjadi pertanda ketika sistem saraf merespons stres. Jadi baca juga : Penyakit Kulit : Jenis, Gejala, Penyebab, Dan Pengobatannya

11. Tubuh semakin pendek

Hah?memang bisa!. Bisa saja tubuh kamu bisa menyusut, yang bisa dikarenakan tulang kamu mulai keropos akibat osteoporosis. Penuaan tidak berarti kamu akan mengalami osteoporosis, kamu bisa hidup sampai tua tanpa ada masalah tulang atau punggung yang bungkuk. Jadi ini merupakan pertanda yang diberikan oleh tubuh agar kamu segera mengambil tindakan untuk mengembalikan kesehatan tulang agar tubuh tidak sampai mengalami patah tulang atau bungkuk.

Untuk menjaga dan melindungi tulang kamu, pastikan mendapatkan asupan kalsium alami cukup, mendapat cukup asupan vitamin D, serta melakukan olahraga beban .

12. Tubuh kamu semakin bulat seperti buah Pir dan buah apel

Kelebihan berat dikategorikan menjadi 2 tipe yaitu : 1. Tubuh tipe buah apel, penumpukan lemak terjadi di sekitar pinggang dan perut. 2. Tubuh tipe buah pir, penumpukan lemak terjadi di sekitar pinggul dan paha. Kelebihan berat badan merupakan pertanda kesehatan tubuh yang buruk, namun obesitas yang tipe buah apel lebih berisiko tinggi terhadap penyakit jantung. Jika demikian yang terjadi pada tubuh kamu, maka itu adalah teriakan keras tubuh kamu yang seharusnya segera kamu respon serius. Ini mungkin saatnya kamu untuk mengevaluasi gaya hidup kamu terutama diet yang sudah tak sehat.

Baca juga : Waspadai Dampak Buruk Perut Gendut Bagi Kesehatan

Demikan cara tubuh kita dalam memberikan peringatan kepada kita akan suatu kondisi tertentu yang mengganggu kesehatan. Mungkin bisikannya terlalu halus, namun tak bijak apabila kita mengabaikannya tanpa ada tindak lanjut yang tepat. Dengarkan tubuh kamu demi kesehatan yang lebih baik.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *