Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah yang Paling Umum

Perut sebelah kiri bawah adalah tempat organ-organ yang merupakan lanjutan dari organ di perut bagian atas, misalnya ujung dari usus berada disini sebelum akhirnya terhubung ke saluran pembuangan. Di bagian perut bawah kiri juga nerupakan tempat bagi ginjal sebelah kiri, ureter kiri, bagian dari kandung kemih, dan pembuluh darah besar. Khusus pada wanita, disitu juga terdapat tuba falopi, dan ovarium kiri.

Advertisement

Sakit yang berasal dari perut sebelah kiri bawah secara umum biasanya terkait saluran pencernaan seperti kondisi yang ringan termasuk gas, sembelit, dan gangguan pencernaan; dan kondisi yang berat bisa termasuk diverculitis, sumbatan di usus, dan kanker. Kondisi lain seperti batu ginjal juga bisa menyebabkan rasa nyeri di perut bagian kiri; dan termasuk yang hanya bisa pada pria seperti hernia, dan hanya pada wanita  termasuk menstruasi, penyakit radang panggul, kista ovarium, dan endoimetriosis.

Berikut beberapa penyebab rasa sakit pada perut seblah kiri bawah :

Penyebab sakit perut atau kram perut

Diverculitis

Diverculita adalah penyebab paling umum dari sakit perut kiri bawah. Pada dinding usus besar kita terdapat kantong-kantong kecil yang terjadi akibat tekanan pada titik-titik lemah diusus besar. Kantong-kantong ini bisa meradang terutama paling rentan diusia 40 keatas akibat infeksi yang menyebabkan diverculita. Jika sakit perut kiri bahwa disebabkan oleh kondisi ini, maka ada gejala lain yang mungkin dapat menyertainya yaitu demam, mual, dan muntah.

Dalam kasus yang ringan, diverculita kebanyakan bisa sembuh dengan cara mengganti makanan, antibiotik, dan istirahat. Namun dalam kasus diverculita parah, bahkan bisa mengantar penderita ke meja operasi.

Gas

Gas ada diseluruh saluran pencernaan, yang jika dikeluarkan lewat atas akan menyebabkan sendawa, dan jika dikeluarkan lewat bawah menyebabkan k*ntut. Gas adalah normal, namun akibat kondisi tertentu kondisi gas bisa berlebihan atau bahkan terperangkap diusus sehingga tidak bisa dikeluarkan – yang akhirnya menyebabkan rasa sakit perut kiri bawah. Gas berlebihan bisa disebabkan oleh udara yang tertelan lebih banyak dari biasanya, makan berlebih, tidak bisa mengunyah makanan tertentu, mengunyah permen karet,  mengonsumsi makanan yang menciptakan gas, dan adanya gangguan bakteri diusus.

Gas umumnya tidak meghawatirkan, tapi jika disertai gejala seperti mulas, mual, diare, terdapat darah pada feses, sembelit atau penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya sebaiknya segera periksa ke dokter.

Baca juga : 12 Jenis Penyakit Pencernaan(Lambung dan Usus) yang Paling Umum

Obstruksi atau Sumbatan usus

Obstruksi usus terjadi ketika sebagian atau seluruh usus tersumbat, sehingga proses pencernaan tidak bisa dilanjutkan sampai selesai. Obstruksi usus bisa disebabkan oleh banyak faktor.termasuk hernia, sembelit, atau jaringan parut usus akibat dari infeksi sebelumnya atau pernah dioperasi.Terganggunya perjalanan makanan melalui usus juga dapat terganggu oleh neoplasma seperti kanker usus besar atau karsinoid. Usus yang memutar atau miring juga bisa menyebabkan. Dalam kasus yang jarang terjadi, penyumbatan oleh bahan yang tidak bisa dicerna juga menyebabkan obstruksi seperti koin yang tidak sengaja tertelan.

Sembelit

Sembelit bisa menimbulkan gejala nyeri di perut,   bisa disebabkan oleh usus yang lambat mencerna. Kira-kira 1 dari 10 orang memiliki masalah dengan BAB tidak teratur. Meskipun terdengar ringan, namun penting untuk menyembuhkan sembelit. Bukan hanya karena rasa sakitnya yang mengganggu, tapi  limbah dalam tubuh harus sesegera mungkin dikeluarkan. Ada berbagai cara untuk menyembuhkan sembelit. seperti makan makanan mengandung serat tinggi, atau mendapat asupan minum air yang cukup. Obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan sembelit.

Penyakit Crohn

Chron adalah penyakit peradangan di usus kecil. Gejalanya termasuk diare kronis, sulit menyerap nutrisi, dan rasa sakit diperut. Diagnosa dan pengobatan penyakit ini harus ditentukan oleh spesialis. karena ada risiko untuk  penyakit yang lebih parah seperti kanker usus besar.

Tumor ginjal

Kista dan tumor adalah salah satu penyebab nyeri di perut bagian bawah kiri. Namun ini tidak menyebabkan rasa sakit kecuali setelah berukuran yang lebih besar dari 4 atau 5 cm. Bisa diketahui melalui scan ultrasound dirongga perut.

Batu ginjal

Batu ginjal biasanya mulai menimbulkan rasa sakit ketika mulai bergerak di dalam ginjal atau di ureter(saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih)

Rasa sakit parah yang ditimbulkannya akan terasa di samping dan punggung di bawah tulang rusuk. Rasa sakit bisa berubah ubah dari rasa sakit yang parah menjadi ringan dan seterusnya seiring pergerakan batu melalui saluran kemih. Jika batu ginjal, anda juga mungkin akan mengalami urine yang berwarna kemerahan, coklat, keruh, atau berbau.

Infeksi saluran kemih

Rasa sakit yang terasa biasanya terbagun secara bertahap, semakin meningkat di perut bagian kiri bawah. Hal ini juga menyebabkan sensasi terbakar pada saat buang air kecil. Mengalami sering buang air kecil siang atau malam hari dan urin berwarna keruh dan bau tak seperti biasa. Infeksi saluran kencing kadang disertai juga dengan rasa nyeri punggung, demam, dan adanya darah di urin.

Kram menstruasi(wanita)

Wanita terkadang mengalami kram perut sebelum dan sesudah periode. Hal ini biasanya tak menjadi serius, namun jika semakin memburuk seiring waktu sebaiknya menghubungi dokter kandungan.

Endometriosis(wanita)

Endometriosis atau  jaringan yang biasanya menjadi bagian dari dalam rahim juga tumbuh di luar rahim. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit perut hakan menyebabkan infertilitas.

Gejala endometriosis umumnya kram menstruasi yang sangat sakit dan semakin memburuk sejalan dengan waktu, rasa nyeri saat berhubungan, nyeri saat BAK dan BAB, haid yang berat, adanya bercak diantara periode. Sebaiknya berkonsultasi kepadada dokter jika merasa memiliki gejala tersebut. Sampai kini penyebab endometriosis ini belum diketahui.

Kista ovarium(wanita)

Kista ovarium adalah kantung yang berisi cairan yang berada didalam atau  dipermukaan ovarium. Yang sebenarnya merupakan bagian dari siklus menstruasi yang normal.

Ketika kista sudah membesar besar dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan, yang juga dapat menekan kandung kemih dan menyebabkan buang air kecil lebih sering.

Kista yang pecah bisa menyebabkan masalah serius termasuk rasa sakit yang parah atau terjadi perdarahan dalam.

Hubungi dokter ketika merasakan sakit perut yang parah secara tiba-tiba, demam, muntah, tanda-tanda syok seperti kulit yang dingin dan berkeringat, napas cepat, dan lemah.

Kehamilan ektopik(wanita)

Kehamilan ektopik adalah istilah untuk kehamilan diluar kandungan. Hal ini dapat terjadi ketika sel telur mengimplan sebelum mencapai rahim, yang biasanya terjadi di dalam tuba falopi yang menghubungkan ovarium ke rahim. Selain sakit perut bagian bawah pada wanita, gejala lain bisa termasuk terlambat haid atau seperti pada tanda-tanda kehamilan umumnya, perdarahan, keluar cairan, tak nyaman saat buang air kecil atau besar.
Temui dokter jika  merasakan gejala-gejala tersebut. Kehamilan ektopik yang pecah merupakan kondisi serius yang  membutuhkan operasi untuk memperbaiki tuba falopi. Atau jika merasakan tanda-tanda kehamilan, namun negatif saat di testpack sebaiknya segera perika ke dokter kandungan.

Radang Panggul(wanita)

Radang panggul adalah infeksi pada sistem reproduksi wanita, yang umumnya disebabkan oleh penyakit menular seperti klamidia dan gonore atau jenis lainnya. Gejalanya bisa termasuk sakit perut bawah, dan demam, keputihan berbau rasa panas saat BAK, perdarahan diantara periode.
Temui dokter segera jika anda merasa berisiko tertular infeksi akibat ganti-ganti pasangan.

Hernia(hanya pria)

Hernia adalah kondisi yang bisa serius yang membutuhkan bantuan medis segera. Hernia menyebabkan rasa sakit perut sebelah kiri bawah, dan biasanya ada tanda lain termasuk tonjolan kecil di sisi pangkal paha yang mungkin semakin besar seiring waktu dan biasanya hilang ketika dipakai berbaring, rasa nyeri pada pangkal paha yang makin parah ketika mengangkat barang,saat  aktivitas fisik, batuk atau mengejan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *