Penyebab Kram Perut Selain Tidak Pada Saat Sedang Haid

Kram perut adalah hal biasa bagi seorang wanita selama periode bulanan mereka. Hal ini umumnya disebabkan kontraksi otot-otot rahim untuk membuang sel telur yang tidak dibuahi bersama dengan lapisan rahim. Namun, bagaimana jika Anda mengalami kram perut yang berada diluar periode menstruasi Anda?Ada banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya, yaitu dari mulai dari yang normal; seperti ovulasi hingga yang serius seperti penyakit radang usus buntu atau kanker.

Advertisement

Kram perut memang tidak mudah untuk dibedakan mana penyebab yang bisa serius atau yang umum.Ovulasi dan implantasi telur yang dibuahi bisa menyebabkan kram perut, yang lebih serius bisa termasuk endometriosis, radang usus buntu, kista ovarium serta tumor, gangguan pencernaan seperti Irritable Bowel Syndrom (IBS) dan Inflammatory Bowel Disease (IBD) juga bisa menyebabkan rasa sakit tersebut. Namun pada saat Anda sedang hamil, sebaiknya tidak mengabaikan kram yang disertai bercak.

Berikut Kemungkinan Penyebab Kram Perut pada Wanita diluar Periode/haid :

penyebab kram perut selain haid

Ovulasi

Kram perut ringan di satu sisi perut yang dekat dengan periode haid dapat disebabkan oleh ovulasi yang tertunda. Seringkali kram ini kurang meyakinkan jika sebagai tanda kehamilan. Beberapa wanita mengalami kram pada satu sisi perut bawah sebelum, selama, atau setelah sel telur dilepaskan dari ovarium. Proses ini dikenal sebagai nyeri ovulasi.

Kram ovulasi ini umumnya tidak menjadi perhatian. Sisi perut yang nyeri tergantung pada ovarium yang melepaskan telur, yang bisa berubah tiap bulan.

Intensitas kram bervariasi, rasa nyeri bisa kusam atau tajam. Hal ini biasanya berlangsung mulai dari beberapa menit sampai jam namun bisa bertahan hingga 48 jam. Rata-rata siklus menstruasi 28 hari, kram bisa  terjadi 10-14 hari sebelum dimulainya periode.

Tanda Awal Kehamilan

Paling sering kram merupakan tanda awal kehamilan jika terjadi diluar periode haid. Dan tentu saja kepastian ini hanya Anda yang tahu, misalnya kapan waktu berhubungan. Jika Anda merasa tidak mungkin untuk hamil karena memang masih sendiri, tentu saja ada penyebab selain itu dibawah.

Baca juga : Ketahui Penyebab Kram Perut dan Pengobatannya

Implantasi

Kram bisa terjadi pada saat proses implantasi/ menempelnya janin pada dinging rahim Anda. Hal ini disebut sebagai nyeri implantas, yang biasanya terjadi sekitar seminggu sebelum Anda datang bulan. Nyeri implantasi sangat biasa dan tidak berlangsung lama. Ingat ingatlah kapan anda berhubungan 4 hari sebelum atau sesudah atau saat ovulasi.

Kehamilan trimester pertama

Selama kehamilan lambat laun rahim akan mengembang supaya bisa mengakomodasi pertumbuhan janin. Karena hal tersebut Anda mungkin bisa mengalami kram. Hal ini biasanya hanya terjadi selama trimester pertama, antara minggu 5 – 6 kehamilan. petunjuk. Rasa nyeri awal kehamilan mungkin seperti tusukan-tusukan pada satu atau kedua sisi perut.

Baca juga : Penyebab Sakit Pertu selama Hamil

Keguguran

Hilangnya janin sebelum minggu ke 20 pada masa kehamilan disebut dengan keguguran, yang biasanya ditandai dengan sakit atau kram perut.

Kram bisa dimulai dari rasa sakit yang ringan, dengan rasa berat pada paha dan perut bagian bawah, yang selanjutnya meningkat menjadi kram perut parah hingga pendarahan.

Sangat penting untuk mengetahui nyeri perut ringan atau normal selama kehamilan, tetapi jika nyeri persiten atau semakin parah segera hubungi dokter Anda.

Endometriosis

Kram menstruasi yang parah dan semakin memburuk seiring waktu, terlambat haid, haid yang berat, dan sakit saat berhubungan  disebabkan oleh endometriosis.
Endometriosis adalah sebuah kondisi di mana endometrium atau jaringan yang biasanya melapisi bagian dalam rahim tapi tumbuh di luar rahim. Jaringan ini umumnya tumbuh didalam ovarium, tuba falopi, permukaan luar rahim, dan jaringan lain pendukung rahim.

Disisi lain hormon kewanitaan tidak bisa mengenali bahwa jaringan ini tidak tumbuh dalam rahim sehingga memperlakukannya layalnya seperti jaringan rahim biasa. Kondisi ini juga menyebabkan kram perut yang menyakitkan.
Kram pertu oleh endometrium bisa terjadi setiap saat dalam sebulan serta ketika jaringan tumbuh. hal ini dapat menunda periode m*nstruasi, meningkatkan jumlah darah, serta rasa ketidaknyamanan selama. Kram perut endometriosis bisa dirasakan di perut bagian bawah, punggung bagian bawah, serta daerah panggul. Endometriosis merupakan salah satu penyebab infertilitas.

Perimenopouse

Menopause adalah ketika siklus bulanan seorang wanita telah berhenti untuk selamanya, dimana yang menunjukkan akhir masa dari kesuburannya. Hal ini biasanya mulai saat wanita berumur 40 dan 51.

Ada masa atau tahap sebelum menopouse yang disebut sebagai fase perimenopause. Pada tahap perimenopouse, banyak wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur dan bahkan kadang-kadang tidak selama beberapa bulan. Dalam bulan-bulan tidak mendapat haid, beberapa perempuan terus mengalami kram menstruasi selama periode yang biasanya akan datang bulan. Tanda lain perimenopouse termasuk Kehilangan lib*do, sulit tidur, berkeringat dimalam hari, dan sering kram perut.

Kista ovarium

Kista ovarium adalah kantung yang berisi cairan yang berkembang dalam ovarium, yang bisa terbentuk ketika : Telur tidak dilepaskan dari folikel dan ketika folikel tidak larut setelah telur dilepaskan.
Kista ovarium bisa  menyebabkan rasa sakit seperti tertusuk-tusuk tepat di bawah pusar, di sisi ovarium yang terdapat kista , dan rasa nyeri punggung bawah. Jika kista memutar ovarium, selain rasa nyeri berat juga disertai mual dan muntah.

Sakit perut parah yang datang secara tiba-tiba mungkin dipicu oleh kista ovarium yang pecah yang memerlukan pertolongan medis segera.

Kanker ovarium

Kanker ovarium bisa menyebabkan rasa sakit atau kram perut, sakit panggul dan  punggung bawah. Pada awalnya rasa nyeri mungkin ringan,  tapi lama-lama cenderung sering dan disertai sembelit atau gas perut.

Dalam beberapa kasus bisa ada bercak ringan dan bisa terjadi setiap saat bulan. Ada rasa seperti tekanan yabng terus-menerus di perut bagian bawahyang tidak kunjung reda. Gejala lain yang bisa menyertai kanker ovarium termasuk pembengkakan perut, merasa penuh atau kenyang dan sering buang air kecil.

IBS atau Sindrom Iritasi Usus.

Jika Anda memiliki kondisi ini Anda mungkin mengalami kram setiap saat. Gangguan pada usus ini juga menyebabkan rasa sakit perut dan kembung serta sembelit atau diare yang cukup lama selama minimal 3 bulan.
Anda akan merasakan nyeri di perut setiap kali buang air besar atau setiap kali sembelit. Kram perut bisa berkurang setelah selesai BAB namun bisa memperburuk selama haid.

Penyakit Radang Usus (IBD)

Iritable Bowel Syndrom atau IBD adalah sebuah kondisi di mana bagian dari gastrointestinal mengalaim peradangan. 2 jenis dari IBD  yang umum adalah penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Penyakit Crohn bisa mempengaruhi setiap bagian dari saluran pencernaan, sementara kolitis ulserativa hanya mempengaruhi usus besar saja.
Kram mungkin dapat terjadi perut bagian kiri bawah, kanan bawah, atau tengah tergantung dari jenis IBD.

Usus Buntu

Usus buntu adalah penyebab yang paling umum dari kram perut. Usus buntu adalah organ kecil tambahan yang berada di perut bagian kanan bawah, atau tepatnya di pertemuan antara usus kecil dan usus besar. Peradangan yang terjadi pada organ ini disebut usus buntu.

Kram biasanya muncul dari sekitar pusar, yang hilang dan timbul silih berganti, lalu dalam beberapa jam rasa sakit akan terasa menyebar ke arah perut kanan bawah dan menjadi lebih konstan. Rasa sakit bisa dengan cepat menjadi intens dan  tak tertahankan. Namun gejala seperti diatas bukan selalu usus buntu, segeralah untuk mendapat perolongan medis jika nyeri konstan atau sangat menyakitkan.

Ketika Butuh Pertolongan medis :

  • Jika kram menjadi semakin parah atau konstan meskipun dalam jangka bulan.
  • Jika kram tetap ada meskipun tidak sedang haid atau  tidak hamil.
  • Jika Anda sedang hamil, dan mengalami kram perut yang hanya terjadi di satu sisi perut dan disertai bercak perdarahan.

Cara Meringankan Kram Perut

  • Letakkan botolberisi air panas pada daerah perut yang kram dalam beberapa saat.
  • Berbaringlah sampai rasa sakit merreda.
  • Minum minuman yang hangat seperti susu hangat atau teh hijau hangat.
  • Berendam di bak air hangat untuk bersantai.

Referensi : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *