Penyakit Kulit : Jenis, Gejala, Penyebab, Dan Pengobatannya

Kulit adalah organ tubuh yang paling besar yang bekerja untuk melindungi tubuh dari luar oleh berbagai hal yang bisa membahayakan organ lain. Namun ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kondisi kulit, beberapa diantaranya termasuk faktor genetik, alergen, iritasi, infeksi, kanker, dan gangguan sistem kekebalan tubuh/autoimun.

Iklan

Berikut Tentang Penyakit Kulit, Gejala, Penyebab, Pengobatan, Dan Macamnya

Penyebab Penyakit Kulit

Penyakit kulit menggambarkan suatu kondisi atau masalah kulit, yang telah ditemukan mulai dari benjolan kecil berwarna merah di kulit, hingga ruam yang menyebar secara luas dipermukaan kulit. Beberapa penyakit kulit kulit hanya menyebabkan tidak enak dipandang namun tak berbahaya, sementara kondisi kulit yang lainnya mungkin bisa menular. Sebagian besar kondisi kulit termasuk menyebabkan rasa gatal atau rasa menyakitkan.

Penyakit kulit akibat alergi terjadi ketika ada zat alergen misalnya bisa berasal dari makanan, bulu binatang, serbuk,dll yang memicu respons sistem kekebalan tubuh, yang menimbulkan gejala seperti kemerahan dan rasa gatal. Gangguan virus, jamur, parasit, atau kuman juga bisa menyebabkan masalah kulit semakin meluas.

Beberapa masalah kulit juga bisa diturunkan atau genetik, contohnya eksim yang menyebabkan ruam kulit, biasanya terjadi pada keluarga yang rentan alergi.

Untuk mencari penyebab masalah kulit, dokter biasanya mempertimbangkan riwayat medis dan gejala fisik seseorang. Dokter juga melihat ukuran, bentuk, lokasi, dan warna benjolan, lecet, dan ruam untuk membantu dalam menentukan penyebabnya secara pasti. Gejala yang bukan kondisi kulit mungkin juga memberikan petunjuk yang sama. Kadang-kadang dokter perlu mengambil sampel kulit yang bermasalah untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Gejala-gejala Penyakit Kulit

Kulit kita bisa mencerminan kesehatan kita secara keseluruhan, oleh karena itu ketika ada perubahan baik warna, tekstur, atau penampilan bisa jadi menandakan adanya masalah. Peradangan yang terjadi pada kulit merupakan gejala gangguan kulit yang sudah umum termasuk psoriasis dan eksim.

Bercak merah pada kulit bisa menandakan gejala dermatitis kontak, yaitu ruam dan gatal yang dipicu oleh alergen misalnya kontak dengan perhiasan yang terbuat dari logam misalnya nikel. Bercak merah pada wajah yang umum mungkin rosacea, yang sering dianggap sebagai jerawat.

Tanda titik warna merah dikulit disebut petechiae, yang terjadi ketika pembuluh darah terkecil di tubuh yaitu pembuluh kapiler pecah atau berdarah dan terlihat di kulit. Petechiae bisa menjadi pertanda infeksi, penyakit medis, atau benturan.

Bintik merah kecil pada wajah yang akhirnya berubah menjadi luka dikulit yang mengeluarkan cairan adalah gejala impetigo, yaitu infeksi kulit yang biasanya menyerang anak-anak.

Gejala umum termasuk :

  • Rasa gatal
  • Pembengkakan
  • Warna kemerahan
  • Ruam-ruam
  • Kulit bersisik
  • Melepuh
  • Mengeluarkan cairan
  • Benjolan

Pengobatan Penyakit Kulit

Banyak pilihan pengobatan kulit yang tersedia, tergantung dari jenis masalah kulit, gejala, dan tingkat keparahan.

Obat bisa berbentuk olese seperti salep, krim, gel, semprotan, atau cara pengobatan lainnya yang langsung melalui kulit yang terkena. Dalam kasus kondisi kulit lainnya dokter mungkin juga meresepkan obat-obatan minum.

Beberapa kondisi penyakit kulit tertentu yang lebih berat mungkin memerlukan banyak pendekatan pengobatan. Misalnya orang yang memiliki psoriasis atau eksim parah mungkin diberikan krim atau salep untuk mengurangi peradangan, juga obat topikal lain untuk menghilangkan gejala rasa gatal, dan terapi penyinaran untuk membersihkan ruam. Untuk kutil mungkin memerlukan pembedahan.

Jenis Obat Untuk Masalah Kulit:

  • Obat Radang
  • Obat Antivirus
  • Obat Anti jamur
  • Antihistamin
  • Kortikosteroid
  • Cara pengobatan lainnya terapi dan operasi.

Contoh Umum Penyakit Kulit

Jerawat

jerawatJerawat adalah kondisi kulit yang paling umum. Hal ini bisa terjadi akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat yang letaknya ada di bawah permukaan kulit yang pusatnya berwarna putih disebut whiteheads, sedangkan jerawat yang  terlihat hitam keluar disebut komedo.

Jerawat biasanya hadir di wajah, punggung, leher, dada, dan bahu. Para remaja biasanya lebih mudah terkena jerawat. Adanya peran bakteri dan peradangan bisa menentukan kapan jerawat muncul, seperti juga perubahan hormon yang memicu produksi minyak berlebih, yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Perawatan topikal dan obat-obatan tertentu bisa menyamarkan pori-pori dan mencegah jerawat baru tumbuh.

Eczema/Dermatitis(Eksim)

eksimEksim adalah masalah kulit yang bersifat kering dan gatal. Jenis yang paling umum eksim adalah dermatitis atopik yang biasanya terjadi pada masa kanak-kanak. Umumnya, anak-anak ayang memiliki dermatitis atopik memperlihatkan ruam merah di wajah, kulit kepala, tangan, atau kaki. Lokasi lain siku dan lutut mungkin juga ikut terpengaruh. Jenis eksim lainnya terjadi pada orang dewas.  Eksim bisa kronis namun tak menular. Hal ini cenderung pada keluarga dengan riwayat asma dan alergi. Obat-obatan biasanya untuk meredakan rasa gatal dan peradangan dan mencegah kambuh.

Hives(Biduran)

biduranBiduran disebut juga hives, menimbulkan rasa gatal, yang menunjukkan gejala kulit berwarna merah dan bentol seperti digigit nyamuk namun merata dibanyak bagian. Dalam banyak hal, biduran terjadi karena reaksi alergi. Pemicu kondisi yang satu ini mungkin termasuk alergi makanan, gigitan serangga, obat-obatan, danterkena getah pohon tertentu. Biduran biasanya bersifat sementara, tetapi pada beberapa orang bisa berkembang menjadi gatal kronis. Antihistamin adalah jenis obat yang sering disarankan untuk memblokir atau mengurangi respon alergi tubuh sehingga bisa mengurangi rasa gatal. Dalam kasus biduran yang parah atau kronis, penderita mungkin diberikan obat yang lebih kuat.

Kurap atau Kadasan

kadasKurap termasuk kadas merupakan masalah kulit akibat infeksi yang disebabkan oleh jamur, yang menyebabkan gatal. Pada beberapa area kulit. kurap terlihat seperti bulatan merah. Jika kurap menyerang kulit kepala dapat menyebabkan kulit kepala bersisik, bintik-bintik merah. Kurap jika di kaki menyebabkan pengelupasan, pecah-pecah, dan mungkin luka. Kurap juga bisa menyerang selangk*ngan. Kurap adalah penyakit kulit menular namun bisa diobati dengan obat kulit antijamur.

Penyakit Lupus

penyakit lupusGejala lupus berbeda-beda. Pada beberapa orang, lupus bisa hanya menunjukkan gejala kelelahan hingga nyeri sendi. Tapi bagi orang lainnya lupus hanya menampakkan gejala pada kulit. Ruam kulit akibat lupus pada wajah berbentuk seperti kupu-kupu. Gejala lainnya pada beberapa orang bisa menampilkan bercak-bercak merah yang berbentuk cakram di area yang terkena sinar matahari.

Lupus adalah penyakit autoimun, artinya sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Lupus lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Sampai saat ini tTidak ada obat untuk menyembuhkan lupus,  pengobatan yang ada hanya untuk mengurangi gejala dan mencegah kambuhnya gejala.

Herpes zoster/cacar ular/cacar api

herpesHerpes zoster adalah kondisi ruam kulit yang menyakitkan yang disebabkan oleh jenis virus yaitu varicella zoster yang membungkus seperti pita di sisi wajah atau tubuh. Penyakit ini hanya  mempengaruhi orang-orang yang sebelumnya pernah menderita cacar air. Tanda-tanda awal herpes zozter termasuk kulit menjadi sensitif, rasa gatal, kesemutan, atau rasa sakit. Beberapa hari kemudian baru akan muncul ruam kecil melepuh yang berisi cairan dan terus menyebar.

Herpes zoster tidak menular dari orang ke orang, tetapi orang-orang dengan herpes bisa menularkan cacar air kepada orang lain yang biasanya anak-anak. Hal ini diobati dengan obat antiviral.

Kanker kulit

kanker kulitKanker kulit jenis non-melanoma banyak mempengaruhi daerah kulit yang banyak terkena sinar matahari, biasanya  kepala, wajah, leher, tangan, dan lengan. Ada dua jenis kanker kulit non-melanoma, termasuk:

  1. Karsinoma sel basal yang mungkin berbentuk seperti kubah dengan pembuluh darah yang terlihat, juga bisat terlihat seperti luka terbuka yang tidak bisa sembuh.
  2. Karsinoma sel skuamosa, bisa membentuk benjolan berkerak pada kulit dan bersisik yang terkadang berdarah.

Melanoma yang pertama adalah jenis kanker kulit yang paling membahayakan, akhirnya bisa menyebabkan bintik-bintik hitam, seperti tahi lalat, atau memar yang tidak bisa sembuh. Pengobatan tergantung dari jenis kanker kulit dan seberapa parah kondisinya, bisa meliputi operasi, radiasi, dan kemoterapi seperti pada jenis kanker lainnya.

Vitiligo (kulit belang)

vitiligoVitiligo adalah kelainan kulit langka yang menunjukkan bercak-bercak putih pada kulit, ringan dan tidak kasar; biasanya terjadi di kedua sisi tubuh. Ada macam-macam jenis vitiligo. Beberapa orang mungkin memiliki vitiligo lokal yaitu yang hanya terdapat beberapa bercak putih kecil, sementara orang lain bisa lebih besar. Penyebab vitiligo sampai saat ini tidak diketahui, namun beberapa ahli mengatakan bahwa itu termasuk penyakit autoimun, yaitu karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel penghasil pigmen/warna pada kulit. Terapi sinar dan krim oles biasanya digunakan untuk meredakan gejalanya.

Kutil atau caplak

kutil caplakKutil adalah masalah kulit yang umum, adalah pertumbuhan kulit yang biasanya muncul di tangan dan kaki. Kutil kaki yang muncul di telapak kaki cenderung lebih keras, dan bisa terasa sakit ketika dipakai berjalan. Bintik-bintik hitamg ditengahnya adalah darah yang mengering dari pembuluh darah. Kutil disebabkan oleh virus yaitu human papillomavirus dan bisa menular. Kutil kebanyakan terjadi pada anak-anak, dan kebanyakan akan hilang dengan sendirinya. Dokter bisa menghilangkan kutil menggunakan obat-obatan pengelupas, asam, atau pembekuan.

Demikian adalah beberapa jenis penyakit kulit paling umum yang mewakili penyebab secara umum, mulai dari infeksi, alergi, jamur, bakteri, kanker, hingga virus.(sumber gambar : wikipedia)

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *