Menghentikan Dan Mengurangi Rambut Rontok Yang Benar, Pasti Berhasil

Kerontokan rambut adalah hal yang umum yang hampir dialami oleh semua orang, dan pada titik tertentu mungkin orang mulai takut kehilangan terlalu banyak rambutnya. Namun sebagian besar itu tidak berlanjut, namun pada beberapa kasus kerontokan rambut terus berlangsung hingga pada titik yang paling mengkhawatirkan.

Iklan

Lalu apakah masalah yang menyebabkan kerontokan rambut? Jika Anda mengalami kerontokan rambut dan yakin jika itu bukanlah siklus yang normal, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apa sebenarnya yang menyebabkan masalah pada rambut Anda tersebut.

Tetapi pertama kita harus mengabaikan dulu beberapa mitos umum tentang rambut rontok, kemudian ketahui juga bagaimana pertumbuhan rambut dan mengapa kerontokan rambut bisa terjadi.

# Mitos Tentang Rambut Rontok

Mitos 1 – Hanya Pria yang bisa Botak

Mengalami kerontokan rambut tidak menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan salah satu kromosom Anda. Sebenarnya sangat umum pada wanita mengalami kerontokan rambut. Bahkan, sekitar 40% wanita terpengaruh kerontokan rambut di beberapa titik dalam kehidupan mereka.

Mitos 2 –  Terlalu Sering Keramas

Silahkan disambut dengan tersenyum ketika ada orang yang menasehati Anda bahwa sering mencuci rambut menyebabkan kerontokan. Mencuci rambut lebih dari 3  kali dalam seminggu memang agak berlebihan, tetapi hal itu tidak menyebabkan kerontokan rambut.

Mitos 3 – Menyisir rambut menyebabkan Botak

Kecuali menyisir menyebabkan rambut tercabut dari akarnya ini bukan masalah. Namun menyisir rambut pada saat masih basah tidak boleh dilakukan karena dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Mitos 4 – Pewarnaan Dan Perawatan Rambut Menyebabkan Rambut Rontok

Selama Anda melakukannya dengan cara yang benar dan menghindari proses yang berlebihan, ini akan baik- baik. saja. Namun, ada beberapa cara perawatan rambut yang menyebutkan rambut rontok karena efek samping yang mungkin terjadi. Jadi ada baiknya Anda melakukan penelitian dulu memilih perawatan.

Mitos 5 – Mencukur Kepala

Mengharapkan rambut Anda menjadi lebih tebal ketika tumbuh kembali, maka Anda akan kecewa. Rambut rontok seringkali merupakan hasil dari masalah yang lebih besar. Untuk bisa mengerti mengapa rambut Anda rontok, Anda harus terlebih dahulu memahami cara  pertumbuhan rambut. 

# Tahapan Pertumbuhan Rambut

Tahap 1: Anagen

Anagen adalah fase ketika rambut tumbuh dari folikel, dan batang terus akan tumbuh memanjang. Fase ini bisa bertahan selama 2-6 tahun.

Tahap 2: Catagen

Pada fase Catagen, rambut Anda sudah mulai persiapan untuk beristrirahat sebelum masuk ketahap terakhir. Tahap ini dapat berlangsung selama sekitar 2 minggu.

Tahap 3: Telogen

Ini adalah Fase terakhir atau fase istirahat di mana rambut berhenti tumbuh dan akhirnya rontok kemudian rambut baru akan menggantikannya. Fase ini berlangsung sekitar 5-6 minggu.

10% – 20% rambut Anda selalu diistirahatkan pada waktu tertentu. Kerontokan rambut terjadi ketika rambut rontok tanpa menyelesaikan siklus 3 tahap ini. Kerontokan rambut akan menjadi permanen ketika folikel berhenti memproduksi rambut, yang pada akhirnya menyebabkan kebotakan.

Ada dua jenis kerontokan rambut yang bisa menyebabkan kebotakan. Baca terus artikel ini untuk informasi lengkapnya!.

# Pola Rambut Rontok  | Jenis Rambut Rontok

Pola 1: Telogen Effluvium

Jika Anda mengalami kerontokan rambut mulai dari seluruh kulit kepala hingga semua rambut di tubuh Anda, kemungkinan Anda menderita kondisi yang dikenal Telogen Effluvium. Telogen Effluvium terjadi ketika lebih dari 20% folikel rambut Anda tiba-tiba masuk ke fase telogen dan mengurangi jumlah folikel yang aktif menumbuhkan rambut. Hal ini menyebabkan hilangnya volume rambut dan akhirnya terjadi kebotakan.

Pola 2: Alopecia Androgenik

Kondisi ini lebih dikenal dengan pola kebotakan wanita, dan ini bersifat hormonal. Rambut Anda mulai rontok ketika hormon pria testosteron diubah menjadi dihidrotestosteron dan mulai menyerang folikel rambut, kemudian menjadikannya tidak berfungsi dan menghambat pertumbuhan rambut. Pola kebotakan wanita sangat berbeda dari pola kebotakan pria.

Gejala utama pola kebotakan wanita sbb:

  1. Penipisan rambut pada pola kebotakan wanita terlihat terutama di bagian atas dan area mahkota. Kebotakan dimulai dengan pelebaran bagian tengah rambut.
  2. Sebagian besar kasus, garis rambut depan tetap tidak terpengaruh. Rambut rontok pada wanita mungkin akut, tetapi tidak menyebabkan kebotakan total atau hampir total seperti yang terjadi pada pria
  3. Rambut rontok lebih banyak terlihat pada saat mandi dan saat menyisir rambut.

# Apa Saja Yang Menyebabkan Rambut Rontok?

Penyebab rambut rontok dari setiap orang bervariasi. Tapi dalam beberapa kasus, faktor eksternal mungkin yang menjadi masalah, seperti kondisi medis yang serius, kurang gizi dan faktor keturunan juga merupakan sebagian besar penyebab utama kebotakan.

Beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan kerontokan rambut prematur pada wanita:

1. Faktor Keturunan

Jika orang tua Anda memiliki masalah kerontokan rambut, maka  kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang sama. Hal ini lebih jelas pada pria, dan wanita juga menderita alopecia yang diturunkan secara genetik.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon dalam tubuh akan meningkatkan sensitivitas folikel rambut, melemahkan akar rambut, dan menyebabkan rambut rontok secara berlebihan. Kondisi Menopause, kista ovarium, hipotiroid, hipertiroid, dll, membuat perubahan keseimbangan hormon tubuh Anda, sehingga yang pada akhirnya menyebabkan rambut rontok. 

3. Kehamilan

Sebagian besar wanita, selama ataupun pasca kehamilan seringkali mengalami dehidrasi, kelelahan, dan ketidak-seimbangan hormon. Ini akhirnya menyebabkan peningkatan sensitivitas pada folikel rambut dan juga menciptakan kondisi kulit kepala yang tidak menguntungkan. Semua faktor ini secara bersama-sama menyebabkan kerontokan rontok kronis.

4. Alopecia Aerata

Ini adalah satu gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh mengira rambut adalah benda asing, sehingga mulai menyerang folikel rambut, dan menyebabkan kerontokan rambut. Tidak ada obat untuk kondisi ini,  dan sekitar 10% orang yang menderita kondisi ini mengalami kerontokan rambut permanen .

5. Obat dan Perawatan

Kondisi medis tertentu membutuhkan pengobatan dan operasi untuk membantu menyembuhkan penyakitnya. Namun mengobati kondisi medis ada efek samping yang sering dapat merusak folikel rambut dan akhirnya menyebabkan rambut menjadi cepat rontok. Pengobatan seperti kemoterapi untuk kanker, steroid, dan pengobatan penyakit tipus, penyakit jantung, depresi, dll diketahui sebagai biang kerontokan rambut ekstrem bahkan sampai menyebabkan kebotakan.

Berikut adalah daftar obat-obatan tertentu yang mencantumkan efek samping kerontokan rambut yang mungkin bisa terjadi sbb:

  • Antikoagulan
  • Obat pelangsing
  • Pil KB
  • Obat-obatan tiroid
  • Aspirin dan obat anti-inflamasi non steroid
  • Obat kolesterol
  • Obat-obatan maag

6. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid dan obat tiroid hampir selalu menyebabkan rambut rontok. Rambut akan terlihat jarang dan rontok merata di seluruh kulit kepala. Perawatan benar seringkali bisa membuat rambut bisa tumbuh kembali, tetapi dalam beberapa kasus bersifat permanen.

7. Perawatan/styling berlebihan

Pemrosesan berlebihan dengan perawatan rambut kimia dan alat penataan rambut yang panas dapat menyebabkan rambut rontok.

8. Anemia dan Kekurangan Zat Besi

Kekurangan sel darah merah dalam tubuh, tiba-tiba kehilangan darah, dan kadar zat besi yang kurang tidak hanya menyebabkan rasa kelelahan, lesu, dan sakit kepala, tetapi juga menyebabkan kerontokan rambut.

9. Diet Yang Salah Dan Malnutrisi

Asupan nutrisi yang tidak mencukupi dan menjalani diet yang tidak sehat/ tidak seimbang dapat menyebabkan kekurangan gizi dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit kepala dan rambut dan dapat memicu kerontokan rambut yang berlebihan.

10. Stres Fisik Dan Mental

Penyakit yang kronis, penurunan berat badan yang drastis atau berlebihan, dan perubahan fisik yang ekstrem dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan kelelahan. Hal ini bisa membuat folikel rambut menjadi kurang gizi dan lemah, yang akhirnya menyebabkan kerontokan rambut dengan cepat.

11. Infeksi Kulit Kepala

Infeksi oleh jamur, bakteri, dan virus seperti dermatitis dan psoriasis di kulit kepala dapat melemahkan akar dan merusak folikel rambut, sehingga menyebabkan penipisan, kerusakan, dan rambut rontok.

#Tips Sederhana Untuk Mengurangi Rambut Rontok

Kita tahu bahwa menangani rambut rontok bisa sangat berat, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Berikut beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda:

1. Mendapatkan Diagnosis yang Tepat Oleh ahlinya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak penyebab rambut rontok, dan sangat penting untuk mengobati ke akar masalahnya. Cara terbaik adalah dengan mendapatkan diagnosis yang benar. Ini bisa dibuat menjadi lebih sederhana dengan menemukan area di mana penipisan rambut yang paling menonjol dan juga memantau berapa banyak rambut yang rontok setiap kali Anda menyisir rambut atau keramas. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah medis mendasar yang menyebabkan rambut rontok.

2.  Gunakan Sisir Yang Benar

Menyisir rambut bisa menjadi hal yang menakutkan ketika Anda bermasalah dengan rambut rontok. Ini bisa dilakukan lebih mudah dengan menggunakan sisir yang benar. Gunakan sisir bergigi lebar dari kayu untuk mengurai rambut Anda; kemudian Anda dapat menggunakan sisir biasa setelah melakukan ini.

Cara ini akan mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut saat menyisir rambut. Penting untuk diingat juga bahwa jangan menyisir rambut saat masih basah. Kondisi Rambut yang paling rentan adalah saat basah, sehingga meningkatkan kemungkinan kerusakan. Anda juga harus membersihkan sisir setiap minggu.  Membersihkan sisir adalah  pencegahan untuk mengendalikan rambut rontok.

3.  Keringkan Handuk dengan Benar

Menggosok rambut dengan handuk adalah cara tercepat untuk mengeringkan rambut, namun itu juga merupakan perlakuan terburuk pada rambut Anda. Mengeringkan rambut dengan keras menggunakan handuk akan menyebabkan kerusakan rambut, kusut, dan putus. Jadi caranya peras dengan lembut sisa air dari rambut Anda dengan handuk dan biarkan kering secara alami. 

4. Pilih Produk perawatan yang sesuai

Cobalah untuk mengganti dengan sampo yang bebas sulfat, silikon, dan paraben untuk menghindari paparan kimiakeras pada kulit kepala dan rambut Anda yang menyebabkan rambut Anda rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan.

5. Cuci Rambut Anda Tiga Kali Seminggu

Mencuci rambut setidaknya tiga hari sekali dengan pembersih rambut atau sampo yang lembut untuk menghilangkan semua debu, kotoran, minyak, dan bakteri. Jaga agar rambut selalu bersih untuk menghindari rambut rontokakibat folikel yang tersumbat. Sementara itu juga penting untuk tidak mencuci rambut lebih dari tiga kali seminggu. Keramas berlebih akan menghilangkan minyak alami kulit kepala dan rambut yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

6. Gaya Rambut Yang benar

Jangan sering merawat rambut Anda dengan bahan kimia, pengeringan berlebihan, penyetrikaan, dan pewarnaan, karena dapat menyebabkan rambut rontok. Jika Anda sudah mewarnai rambut dan mengalami masalah kerontokan rambut, sebaiknya beristirahat dulu sejenak sebelum memasukkan bahan kimia lagi ke rambut Anda. Hindari gaya rambut seperti seperti ekor kuda, kepang, dan kuncir setiap hari. 

7. Perawatan Rambut Alami

Bahan-bahan dari dapur Anda bisa sangat membantu ketika Anda mencari solusi untuk rambut rontok. Bahan-bahan seperti minyak kelapa, bawang, jahe, dll., Memiliki sifat luar biasa yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut .

8. Jagalah Kesehatan Kulit Kepala Anda Dengan Baik

Jika Anda memiliki masalah seperti ketombe atau kulit kepala yang berminyak atau kering, maka Anda harus segera mengatasi masalah ini. Kesehatan kulit kepala sangat penting bagipertumbuhan rambut yang sehat dan untuk menghindari rambut rontok.

9. Olahraga dan Yoga

Stres dapat menyebabkan rambut rontok. Dan tidak ada hal yang bisa menghilangkan stres seperti halnya aktivitas fisik atau olahraga. Olahraga teratur seperti yoga dapat membantu mengurangi stres dan membantu mengurangi kerontokan rambut. 

10. Minum Suplemen

Ada banyak sekali suplemen pertumbuhan rambut yang dijual di pasaran yang membantu menebalkan rambut dan mencegah rambut rontok. Suplemen vitamin tertentu juga sangat membantu meningkatkan kesehatan dan volume rambut Anda. Namun janganlah mengonsumsi suplemen apa pun tanpa pengawasan dari ahli kesehatan.

Perawatan Rambut

Meminyaki Rambut Semalam

Penggunaan bahan alami seperti minyak seperti almond, minyak kelapa, dan minyak biji jarak, dll dapat membantu merawat rambut Anda dalam jangka panjang. Membiarkan rambut diminyaki semalaman akan memberikan waktu yang cukup untuk setiap helai rambut Anda untuk dilapisi dan untuk kulit kepala untuk diberi nutrisi. Sehingga ketombe dan sel-sel mati menjadi longgar sehingga dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan sampo pada hari berikutnya. Untuk memberikan perawatan minyak, berikut langkah-langkahnya :

Yang dibutuhkan

  • 2 sdm minyak pembawa, gunakan minyak kesukaan Anda.

Cara Penggunaan
Tuang dua sendok makan minyak pembawa seperti kelapa, jarak, zaitun, atau minyak almond, ke dalam mangkuk.

  • Celupkan jari-jari Anda ke dalam mangkuk berisi minyak dan mulailah memijatkan minyak ke kulit kepala Anda. Pijatan kulit kepala yang baik yaitu selama sekitar 15 menit hingga seluruh kulit kepala Anda tertutup oleh minyak.
  • Lanjutkan sisa minyak untuk panjang rambut Anda.
  • Biarkan minyak semalam dan cuci dengan sampo keesokan paginya.
  • Lakukan 2-3 kali seminggu.

Perawatan Minyak Panas

Jika Anda tidak ingin meminyaki rambut semalaman, Anda juga bisa mengoleskan minyak satu jam sebelum mandi. Minyak hangat lebih baik karena bisa menembus ke dalam pori-pori kulit kepala lebih mudah dan meningkatkan aliran darah di daerah tersebut.

Yang dibutuhkan

  • 2 sdm minyak pembawa, minyak rambut pilihan Anda.
  • Handuk Panas

Cara Penggunaan

  1. Tuangkan 2 sendok makan minyak pembawa ke dalam mangkuk dan panaskan selama beberapa detik sampai agak hangat.
  2. Celupkan jari-jari Anda ke dalam mangkuk dan mulai untuk memijatkan minyak ke kulit kepala Anda.
  3. Pijatan kulit kepala yang baik yaitu selama sekitar 15 menit sampai seluruh kulit kepala Anda tertutup oleh minyak.
  4. Kerjakan sisa minyak pada rambut panjang Anda, pastikan bahwa Anda melapisi minyak dari akar sampai ke ujung rambut.
  5. Bungkus rambut Anda dengan handuk panas dan biarkan selama 30-45 menit, Anda bisa merendam handuk kedalam air panas atau menggunakan blow dryer untuk memanaskannya.
  6. Cuci rambut dengan sampo biasa Anda.
  7. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Perawatan Rambut dengan Teh Hijau Dan Telur

Yang dibutuhkan

  • 2 sdm teh hijau
  • 1 kuning telur
  • Topi mandi

Cara penggunaan

  1. Ambil 1 kuning telur masukkan kedalam mangkuk bersih, lalu tambahkan 2 sendok teh hijau segar.
  2. Aduk hingga berbusa dan kental. Jika dirasa terlalu tebal, Anda bisa menambahkan lebih banyak teh hijau untuk mengencerkannya.
  3. Pisahkan rambut Anda menjadi 2 bagian dari tengah dan oleskan ke kulit kepala dan rambut Anda.
  4. Tutup rambut Anda dengan topi mandi.
  5. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan sampo biasa.
  6. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Teh hijau sarat akan antioksidan, yang bisa membantu mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Telur adalah bahan perawatan rambut yang populer yang digunakan selama beberapa dekade karena dikenal akan kandungan proteinnya yang tinggi. Hal ini akan memberi rambut Anda banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh sehat.

Spa Rambut

Banyak sekali salon kecantikan yang menawarkan perawatan spa rambut yang beretujuan untuk memperkuat, melembutkan, dan menutrisi rambut Anda. Perawatan ini sangat cocok sekali untuk para wanita yang sibuk dan rentan stres. Perawatan ini tidak hanya meningkatkan kesehatan rambut, tetapi juga merupakan cara yang sempurna untuk relaksasi. Berikut manfaat perawatan spa rambut.

  • Spa rambut sangat mengkondisikan rambut Anda, merawat ujung rambut yang bercabang, dan memperbaiki rambut kering, rusak, dan kusam. Hal ini juga membantu menghilangkan ketombe.
  • Perawatan spa rambut mampu memberikan  rambut dan kulit kepala Anda nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.
  • Spa rambut juga membantu memperkuat folikel rambut dan merevitalisasi kulit kepala, menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan rambut tanpa kendala.
  • Mencegah penuaan kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dengan pijatan khusus.
  • Membantu menghilangkan kotoran dari rambut dan kulit kepala Anda, sehingga mencegah penyumbatan, menghadirkan kesehatan rambut yang lebih baik.

Terapi Laser

Terapi Laser Tingkat Rendah semakin populer sebagai perawatan pertumbuhan rambut yang efektif. Hal ini diyakini secara efektif akan menangani rambut yang rontok atau atau penipisan rambut dengan cara memberikan energi ekstra pada sel-sel yang rusak di kulit kepala supaya melanjutkan fungsi normalnya. Ini membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

Diet Makanan Sehat

Apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda sama pentingnya dengan apa yang Anda kenakan pada rambut Anda. Mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang menjadi sangat penting dan harus segera setelah Anda melihat adanya kerontokan rambut. 

Makanan yang kaya akan Zat Besi, Seng, Vitamin A, B kompleks, Vitamin C, Vitamin E, asam lemak omega-3, dan protein harus dikonsumsi dari makanan. Jenis makanan-makanan ini akan dengan sendirinya membantu dalam mengatasi kerontokan rambut, karena lebih sering kerontokan rambut secara langsung berhubungan dengan kekurangan vitamin / mineral.

Pola makan yang sehat juga akan membantu menjaga rambut Anda tetap lembab dan bergizi, yang menyebabkan rambut rontok lebih sedikit, ujung rambut lebih sedikit yang terbelah, dan kerusakan yang minimal.

Pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak wortel, gandum, biji-bijian, beras merah, sayuran berdaun hijau, buah jeruk, kentang, biji labu, tiram kedalam menu makanan harian. Jenis kacang-kacangan juga penting seperti kacang kenari dan almond, makanan laut seperti salmon dan ikan tuna yang kaya akan asam lemak omega-3 , telur ayam, kacang, yogurt, dan keju rendah lemak.

Apa yang kita makan bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Peningkatan asupan buah-buahan dan sayuran, dan yang paling penting adalah asupan air, pasti akan menghasilkan rambut yang lebih sehat.
Hindari makanan-makanan yang berlemak dan minuman bersoda juga mengurangi asupan karbohidrat Anda.
Diet kaya protein sangat diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, dan diet yang tinggi Vitamin E dan Omega 3, serta asam lemak Omega 6, dapat menghentikan kerontokan rambut yang berlebihan.
Jangan lupa juga minum banyak air sepanjang hari untuk membuang semua racun berbahaya dari dalam tubuh Anda

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *