9 Masker Kunyit Untuk Wajah Agar Senantiasa Cantik Bercahaya

Kunyit selama ini banyak dikenal sebagai bumbu berwarna kuning yang selalu tersedia di dapur ini juga memiliki peringkat atas sebagai bahan alami untuk mengobati dan mencegah banyak penyakit. Kunyit juga telah memiliki posisi yang bagus sebagai bahan alami perawatan kecantikan atau kosmetika. Selama berabad-abad, wanita menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit dan untuk memperoleh manfaat kunyit yang begitu besarnya. Jika Anda menginginkan kulit bebas jerawat, kulit bercahaya, kulit bebas kerut, masker wajah kunyit adalah jawaban terbaik untuk semua masalah kulit Anda tersebut.

Iklan

Untuk Masker wajah kunyit ini, kunyit adalah ramuan utama untuk kulit indah Anda yang ditambahkan beberapa bahan alami berkhasiat lainnya. Kunyit (Curcuma longa), adalah tanaman rempah yang sudah umum digunakan di seluruh dunia, dan telah terbukti menunjukkan sifat anti-inflamasi, antimikroba, antioksidan, dan anti-neoplastik.

Bukti yang telah banyak diketahui menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam kunyit, yaitu kurkumin, bisa digunakan secara medis untuk mengobati berbagai penyakit macam kulit. Kajian kunyit dilakukan untuk meneliti bukti penggunaan kunyit secara topikal atau dikonsumsi untuk perawatan kesehatan dan fungsi kulit. Kondisi kulit yang telah diteliti termasuk jerawat, alopesia, dermatitis atopik, psoriasis, dermatitis, dan vitiligo. Sepuluh studi mencatat peningkatan yang signifikan dari keparahan penyakit kulit pada kelompok yang diberi kunyit atau kurkumin jika dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Secara keseluruhan, ada bukti awal bahwa produk dan suplemen kunyit atau kurkumin, baik yang diasup secara oral maupun diterapkan secara topikal dapat memberikan manfaat terapeutik bagi kesehatan kulit. Sumber: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27213821

Manfaat Masker Wajah Kunyit

Kunyit

1. Masker Wajah Kunyit Mengatasi Jerawat

Kunyit sangat efektif dalam mencegah jerawat maupun mengobati jerawat. Hal ini berkerja menghilangkan minyak berlebih dan membuka pori-pori yang tersumbat, yang merupakan salah satu penyebab jerawat. Kandungan zat anti-inflamasi kunyit mengurangi peradangan akibat jerawat sementara zat anti-bakteri mematikan bakteri penyebab jerawat.

2. Masker Wajah Kunyit Untuk Mencerahkan Kulit

Ada banyak krim yang beredar di pasaran yang menggunakan bahan dasar kunyit. Tetapi jika Anda sedang membutuhkan cara yang lebih alami, maka kunyit adalah jawabannya. Vitamin C dalam kunyit meringankan flek dan bercak pada kulit serta menjaga kekencangan kulit dengan cara membentuk kolagen.

3. Masker Kunyit Untuk Mengatasi Kulit Keriput

Kandungan anti-oksidan dalam kunyit akan membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti kerutan pada wajah. Kandungan vitamin B6 yang ada dalam kunyit juga diperlukan untuk pembentukan sel kulit barudengan cara meregenerasi sel-sel kulit dengan cepat, dan kandungan magnesium untuk kulit bercahaya  yang juga berkontribusi memperlambat proses penuaan kulit.

4. Masker Wajah Kunyit Menghilangkan Rambut pada Wajah

Ada sejenis senyawa dalam kunyit yang bisa menghilangkan rambut yang tidak diinginkan pada wajah serta menghambat pertumbuhannya kembali. Masker kunyit juga membantu menghilangkan bulu-bulu wajah. Krim kunyit memiliki sifat lengket sehingga menarik kulit Anda menjadi lebih kencang dan ketika Anda memijatkannya pada kulit maka akan menghilangkan rambut dari akarnya.

5. Masker Wajah Kunyit Untuk Kulit Berminyak

Kunyit juga sangat baik Untuk Kulit Berminyak. Hal ini akan mengendalikan minyak, menghilangkan kotoran dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Kunyit memiliki efek yang baik untuk itu karena mengandung asam lemak dan pitosterol, yang telah diteliti untuk mengurangi kelebihan minyak pada kulit.

6. Masker Wajah Kunyit Untuk Kulit Kering

Masker kunyit juga membantu merawat jenis kulit kering. Hal ini akan melembabkan dan melembutkan kulit Anda. Kunyit mengandung kalium yang berguna untuk mengatasi masalah kulit kering dengan cara melembabkan  sel-sel kulit.

Berikut ke 9 cara membuat masker kunyit Untuk Wajah Cantik Bercahaya

Masker wajah kunyit

1. Masker Kunyit Untuk Mencerahkan Kulit

Bahan

  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 2 sdt pisang dihaluskan
  • 1/2 sdt madu

Cara menggunakan

  • Campur semua bahan dengan baik dan aduk dengan sendok sampai menjadi krim.
  • Oleskan krim tersebut ke wajah hingga leher Anda, diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bilas dengan air biasa.
  • Ulangi cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

Kunyit bekerja melembutkan kulit dan menyehatkannya dengan kandungan vitamin dan mineralnya Menghaluskan kulit kasar, melakukan pengelupasan sel mati dengan lembut, dan mengecilkan pori-pori besar. Madu berguna untuk melembabkan, merawat dan melumasi kulit. Pisang mengandung kalium dan vitamin yang bermanfaat melembabkan dan melembabkan kulit kering serta memudarkan bekas jerawat dan flek hitam. Pisang juga bermanfaat memberikan cahaya pada kulit.

2. Masker Kunyit Untuk Mencerahkan Kulit

Bahan

  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 1 sdt jus lemon / jeruk
  • 1 sdt madu

Cara menggunakan

  • Campurkan semua bahan dan aduk untuk membuat krim yang halus.
  • Oleskan krim yang sudah siap ke wajah dan leher Anda yang telah dibersihkan.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air bersih biasa.
  • Ulangi cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

Kunyit secara langsung dapat menghambat produksi melanin dan mengeksfoliasi kulit. Lemon  membantu meringankan flek atau bintik hitam pada kulit Anda. Lemon mengandung vitamin C, yang mempromosikan produksi kolagen (yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel kulit baru), adalah zat antioksidan kuat yang telah terbukti menghambat kulit menjadi gelap akibat paparan sinar UV. Madu bersifat melembabkan, merawat dan melumasi kulit. 

3. Masker Kunyit Untuk Menghilangkan Jerawat

Bahan

  • 1 sedt bubuk kunyit
  • 1 sdt teh gel lidah buaya
  • 3 tetes minyak esensial pohon teh
  • 1/2 sendok teh lemon

Cara menggunakan

  • Campurkan semua bahan dengan baik menggunakan sendok sampai menjadi krim.
  • Oleskan krim yang sudah siap ke wajah dan leher Anda, diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bilas sampai bersih dengan air biasa. Ulangi langkah diatas sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Air lemon bermanfaat membantu meringankan flek hitam pada kulit Anda. Seperti halnya kunyit, lidah buaya dan minyak pohon teh juga merupakan antimikroba yang membantu mengurangi jerawat dan munculnya bekas jerawat serta meredam kulit yang teriritasi.

4. Masker Kunyit Untuk Menghilangkan tanda matahari

Bahan

  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 2 sdt yogurt
  • 1 sdt bubuk kulit jeruk 

Cara menggunakan

  • Campurkan semua bahan dengan baik menggunakan sendok sampai menjadi krim.
  • Oleskan ke wajah dan leher Anda, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bilas bersih dengan air biasa.
  • Ulangi langkah ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Kunyit dan yogurt membantu menghilangkan kulit gelap karena membersihkan dan mengelupaskan kulit. Kulit jeruk mengandung vitamin C dan asam sitrat yang membantu mencerahkan warna kulit dan mengurangi tanning. Ini dapat menetralkan efek berbahaya dari sinar UV dengan cara menetralkan radikal bebas yang sangat merusak kulit. Lalu yogurt memberikan efek yang menenangkan pada kulit.

5. Maker Untuk Mengurangi Keriput

Bahan

  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 5 tetes minyak mawar
  • 1 sdt putih telur

Cara menggunakan

  1. Campur semua bahan dengan baik menggunakan sendok sampai menjadi krim.
  2. Oleskan krim ketika sudah siap ke wajah dan leher Anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Pijat lembut selama 3-5 menit lalu bilas dengan air bersih.
  4. Ulangi cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

Minyak mawar akan menjaga pH kulit dan mencegah jerawat. Hal ini juga memiliki sifat anti-penuaan, menghilangkan bekas luka, flek hitam dan mengencangkan kulit kendur. Kunyit juga memberikan pengelupasan kulidan melepaskan serta melarutkan sel kulit mati. Hal inilambat laun juga memudarkan bekas luka tanpa menyebabkan hiperpigmentasi dantimbulnya garis-garis halus. Kunyit juga membantu pembentukan kolagen serta menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Lalu telur bekerja sebagai zat astringen dan membantu meredakan kulit gatal dan mudah iritasi. Telur mengandung vitamin A yang merupakan nutrisi penting untuk mengatasi kulit keriput.

6. Masker Kunyit Untuk Kulit Berminyak

Bahan

  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 1 sdt gel lidah buaya
  • 1/2 sdt air lemon

Cara menggunakan

  1. Campur semua bahan dan aduk dengan baik menggunakan sendok sampai menjadi krim.
  2. Oleskan krim ke wajah dan leher Anda, lalu biarkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas dengan air biasa.
  3. Ulangi langkah ini 2-3 kali dalam seminggu.

Kunyit dan gel lidah buaya bermanfaat untuk kulit berminyak karena dapat mengatur produksi sebum, yaitu zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous – serta mematikan bakteri jahat yang menginfeksi kulit. Lemon adalah sumber vitamin C, yang akan membantu membersihkan noda.

7. Masker Kunyit Untuk Kulit Kering

Bahan

  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 1 sdt krim susu murni
  • 1 sdt teh madu

Cara menggunakan

  1. Campur semua bahan dan aduk dengan baik menggunakan sendok sampai menjadi krim.
  2. Oleskan pada wajah dan leher Anda, lalu biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Bilas bersih dengan air biasa.
  4. Ulangi langkah ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

Susu merupakan pelembab yang sehat dengan kandungan air, lemak, dan protein yang dapat menggantikan faktor pelembab kulit alami yang hilang dari jenis kulit kering. Madu dan kunyit kaya akan kandungan zat antioksidan, yang sangat bagus untuk memperlambat penuaan.

8. Masker Kunyit Untuk Pembersih Wajah Harian

Bahan

Cara menggunakan

  • Campurkan susu dengan kunyit untuk membuat krim dan tambahkan minyak lavender.
  • Kemudian, gunakan campuran ini sebagai pembersih biasa untuk mencuci wajah.
  • Pijat wajah Anda dengan pembersih wajah alami ini selama sekitar 2-3 menit.
  • Kemudian, bilas dengan air biasa.

Ini akan menghadirkan cahaya sehat pada kulit dan membuat Anda menjadi lebih cantik. Hal ini juga akan membantu memulihkan atau mempertahankan keremajaan kulit Anda dengan cara mengendalikan pembentukan kerutan dan lipatan pada permukaan kulit. Kunyit juga bisa bermanfaat bagi Anda yang memiliki kondisi kulit termasuk eksim, psoriasis, dan jerawat.

9. Masker Kunyit Untuk Lingkaran Hitam bawah Mata

Bahan

  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 1 sdt gel lidah buaya
  • 1/4 sdt minyak vitamin E

Cara Menggunakan

Campurkan semua bahan lalu oleskan di area dibawah mata. Biarkan selama sekitar 30 menit lalu bersihkan dengan kain katun yang lembab dengan lembut. Ulangi langkah ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

CATATAN:

  1. Masker wajah kunyit yang dicampur dengan minyak atsiri akan menembus jauh ke dalam kulit untuk memberikan efek jangka panjang.
  2. Minyak atsiri seperti minyak jarak, minyak zaitun extra virgin,  minyak mawar, adalah beberapa jenis minyak atsiri terbaik yang bisa digunakan.
  3. Jangan keluar rumah saat menggunakan masker. Zat dalam Air lemon dapat bereaksi dengan sinar UV yang bisa menyebabkan fotodermatitis, yaitu suatu kondisi yang mengakibatkan kulit ruam, melepuh atau kulit bersisik.
  4. Selalu gunakan masker setelah Anda membersihkan wajah Anda.
  5. Pemutihan kulit alami tentu membutuhkan kesabaran dan dilakukan secara konsisten untuk mednapatkan hasil dalam jangka panjang. Mungkin butuh 2 -3  bulan untuk mendapat hasil yang permanen.
  6. Kunyit memiliki banyak manfaat berbeda. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan kunyit membantu membersihkan lingkaran hitam, juga membuat kulit yang di sekitar area mata menjadi halus dan lembut.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *