7 Masker Lidah Buaya Untuk Kulit Cerah, Manfaat Dan Cara Membuatnya

Aloe Vera atau kita lebih mengenalnya dengan nama Lidah Buaya, adalah tanaman yang sudah sangat populer sebagai bahan kosmetik terutama untuk mendapatkankan baik kecantikan maupun kesehatan kulit yang sempurna. Pada umumnya orang telah menggunakan lidah buaya untuk perawatan kecantikan yaitu sebagai pelembab kulit alami, masker wajah, toner serta produk perawatan kulit lainnya hingga rambut.

Iklan

Yang dimanfaatkan dari daun lidah buaya sebagai masker aloe vera adalah gel lidah buaya, dimana yang menurut penelitian telah diakui memiliki banyak manfaat yang dapat membuat kulit dan rambut kita menjadi lebih sehat. Hal ini juga bagus untuk perawatan rambut karena kondisi rambut tertentu, mencegah rambut rontok dan ketombe. Cobalah untuk menggunakan gel lidah buaya secara organik dengan cara mengekstrak dari kulit segar sendiri di rumah karena lebih aman tanpa bahan kimia yang bisa membahayakan bagi kulit Anda. Berikut dibawah ada beberapa cara membuat masker wajah lidah buaya, yang akan membuat kulit Anda menjadi halus bercahaya dan indah.

Manfaat Masker Wajah Aloe Vera

Sebelum Anda yakin untuk menggunakan lidah buaya sebagai masker, alangkah baiknya Anda juga mengetahui sekilas informasi berikut tentang apa sebenarnya manfaat lidah buaya untuk kulit Anda.

  • Lidah buaya mengandung 75 senyawa yang berpotensi aktif bekerja termasuk vitamin, enzim, mineral, gula, asam salisilat, asam amino, dll. Lidah buaya mengandung vitamin A, E, dan C, dimana yang dikenal sebagai zat antioksidan, juga mengandung vitamin B12. Antioksidan juga bermanfaat melindungi kulit dengan cara membatasi produksi radikal bebas dalam tubuh yang semakin tinggi oleh berbagai polusi, yang dapat merusak sel-sel kulit. Antioksidan dalam buaya berperan banyak untuk kesehatan dan penampilan kulit Anda, termasuk mengurangi tanda-tanda penuaan.
  • Lidah buaya memiliki khasiat yang secara efektif bisa menghilangkan bintik-bintik gelap pada kulit, hiper pigmentasi, dan masalah kulit lainnya.
  • Lidah buaya juga mengandung Alkaline phosphatase yang akan membantu untuk mengurangi peradangan berlebihan ketika dioleskan pada kulit. Auksin dan giberelin dalam lidah buaya memiliki kemampuan membantu penyembuhan luka dan bersifat anti-inflamasi. Hal ini juga mengandung asam salisilat yang juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan mematikan bakteri penyebab jerawat.
  • Lidah buaya juga akan membantu melembabkan kulit Anda, menjaganya tetap terhidrasi, diremajakan dan bersinar.

Cara mengekstrak lidah buaya

Sebelum Anda membuat masker lidah buaya untuk kulit wajah Anda, pertama yang wajib Anda ketahui adalah cara bagaimana mengekstrak gel lidah buaya untuk disimpan dan siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

  • Potong beberapa buah daun dari tanaman lidah buaya. Kemudian potong daun lidah buaya secara horizontal lalu letakkan dalam posisi tegak selama beberapa menit untuk ditiriskan supaya lendir bening atau getah lidah buaya yang lengket bisa mengalir keluar.
  • Setelah getah sudah keluar semua, cuci daun lidah buaya, lalu kupas kulit luarnya yang tebal dengan menggunakan pisau sampai hanya tertinggal gel bening;  atau Anda juga bisa menggunakan sendok untuk memisahkan gel lidah buaya dari kulitnya.
  • Kemudian masukkan gel lidah buaya ke dalam blender, kemudian tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E atau minyak esensial lainnya untuk meningkatkan kekuatan gel lidah buaya. Minyak esensial disini sebagai contoh seperti minyak lavender, atau minyak pohon teh, atau minyak neem atau minyak mint yang baik untuk kulit.
  • Setelah itu Anda bisa menyimpan gel lidah buaya dalam botol atau wadah tertutup untuk waktu yang lama jika disimpan didalam lemari es jika ingin digunakan nanti.

Selain cara mengekstrak gel lidah buaya diatas, Anda juga bisa mengerok gel daun lidah buaya dari kulitnya menggunakan pisau dan menampungnya kedalam mangkuk. Setelah selesai proses pengerokan tadi, kemudian Anda bisa memindahkan ekstrak lidah buaya kedalam wadah atau botol tertutup lalu disimpan didalam kulkas sampai Anda membutuhkannya.

7 Cara Membuat masker Lidah Buaya Untuk Memperoleh Kulit yang Cerah dan Cantik

Masker lidah buaya

1. Masker Wajah Lidah Buaya untuk membuat Kulit Bersinar

Masker lidah buaya dan minyak kelapa

Bahan

  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 1 sdm minyak kelapa
  • 1 sdt madu
  • 1 sdm gula merah

Cara Membuat :

Campurkan semua bahan dan aduk rata untuk membuat scrub. Oleskan pada wajah Anda sampil dipijat dengan lembut dengan gerakan melingkar selama kurleb 3 menit. Setelah itu diamkan selama 20 menit sebelum di bersihkan menggunakan kain lembab yang bersih untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari wajah Anda. Ulangi langkah-langkah ini sebanyak 1-2 kali seminggu.

Fungsi madu dan minyak kelapa akan melembabkan kulit Anda dan memiliki kemampuan untuk mencegah hadirnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Lalu Asam Glikolat yang terkandung dalam gula merah akan membuat pengelupasan kulit dan melepaskan dan melarutkan sel kulit mati – membersihkan pori-pori dan komedo yang tersumbat.

2. Masker Wajah Lidah Buaya Agar Kulit Bebas Jerawat

Masker lidah buaya dan lemon
Bahan

  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 1/4 sdt bubuk pala organik
  • Beberapa tetes air lemon segar

Cara Membuat :

Campurkan semua bahan untuk membuat pasta halus, kemudian oleskan pada wajah Anda atau pada daerah kulit yang diinginkan. Setelah itu biarkan masker lidah buaya selama 15-20 menit. Cuci dengan air biasa. Ulangi langkah ini setiap hari untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Pala adalah salah satu bahan alami dalam pengobatan ayurveda, yang mengandung unsur antivirus dan antibakteri untuk menghilangkan infeksi, penyumbatan pori-pori, dan membantu mengendalikan minyak. Lalu air lemon bermanfaat membantu memudarkan flek hitam pada kulit atau wajah Anda.

3. Masker Wajah Lidah Buaya Untuk Kulit Kering

masker lidah buaya dan minyak zaitun

Bahan

  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 1/2 sdt minyak zaitun extra virgin
  • 1 sdt madu

Cara membuat :

Masker wajah aloe vera ini akan memuaskan dahaga kulit Anda. Pertama buatlah pasta dari gel lidah buaya, minyak zaitun, dan madu. Ini adalah bahan alami yang bagus untuk kulit kering dan kusam. Oleskan pasta yang sudah Anda buat pada wajah dan leher Anda, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan menggunakan kain bersih dan lembab. Ulangi langkah ini 3-4 kali dalam seminggu.

Minyak zaitun akan menjaga kulit Anda tetap lembab serta menawarkan manfaat anti-penuaan pada kulit Anda karena mengandung banyak zat antioksidan, Vitamin E, Vitamin K serta asam lemak untuk membuat kulit menjadi halus dan lembut. Madu akan memberikan cahaya pada kulit Anda serta mencegah jerawat yang disebabkan karena kekeringan kulit yang berlebihan.

4. Masker Wajah Lidah Buaya Untuk Kulit Berminyak

Bahan

  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • 1 sendok teh yogurt (opsional)
  • 1/2 sendok teh jus lemon

Cara Membuat :

Campurkan semua bahan dengan baik sampai menjadi krim atau pasta. Oleskan krim pada wajah dan leher Anda, kemudian biarkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air biasa. Ulangi langkah ini 3-4 kali seminggu.

Lemon memiliki sifat yang mendinginkan dan astringen,  kaya akan vitamin C, yang dapat menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit yang kusam. Lemon bersifat asam alami, sehingga membantu menyeimbangkan kulit dan menghilangkan minyak berlebih. hal ini akan meminimalkan pori-pori kulit besar dimana yang menghasilkan minyak berlebih. Sementara Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat membantu pengelupasan kulit.

5. Masker Wajah Lidah Buaya Untuk Kulit Sensitif

Masker lidah buaya dan pisang

Bahan

  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 1 sdt pisang matang yang dihaluskan
  • 1/2 sdt madu

Cara Membuat :

Campurkan semua bahan dengan baik menggunakan sendok sampai menjadi krim. Oleskan pada wajah dan leher Anda, lalu biarkan selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan dengan cara diusap menggunakan kain lembab yang bersih. Ulangi langkah ini sebanyak 3-4 kali seminggu.

Buah pisang matang akan menghidrasi dan menutrisi kulit karena kandungan air, karbohidrat, dan lemaknya. Ini akan membantu dalam menjaga kekencangan kulit, memiliki manfaat anti-penuaan, mencegah jerawat, menghilangkan noda dan jerawat, dan memberikan cahaya pada kulit. Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

6. Masker Wajah Lidah Buaya Untuk Menghilangkan Kulit gelap akibat berjemur

Bahan

  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 1 sdt bubur mentimun
  • 1/2 sdt air lemon
  • 1 sendok teh dadih

Cara membuat :

Campurkan semua bahan dengan baik dengan sendok sampai menjadi pasta atau krim. Oleskan pada wajah dan leher Anda, dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan dengan cara diusap dengan kain lembab yang bersih. Ulangi langkah ini sebanyak 3-4 kali seminggu.

Air lemon berguna untuk membantu memudarkan flek hitam pada kulit Anda serta pengelupasan kulit. Mentimun mendinginkan kulit dan efektif untuk kulit kemerahan yang teriritasi. Gel lidah buaya adalah obat yang sangat baik untuk memulihkan kulit yang hitam akibat berjemur. Langkah ini akan mencerahkan kulit hanya dalam waktu seminggu jika dilakukan setiap hari.

7. Masker Wajah Lidah Buaya Untuk Depigmentasi dan flek hitam wajah
Masker lidah buaya dan kunyit

Bahan

  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 1 sdt yogurt
  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 1 sdt air lemon

Cara membuat :

Campurkan semua bahan untuk membuat krim halus. Oleskan pada wajah Anda sambil dipijat dengan gerakan memutar selama 5 menit. Setelah itu biarkan masker tinggal selama 20 menit. Bersihkan dengan dilap menggunakan kain lembab yang bersih. Ulangi langkah ini sebanyak 3-4 kali seminggu.

Kunyit bermanfaat membantu meremajakan kulit dan juga bermanfaat untuk mengembalikan kulit yang terpigmentasi. Air lemon bermanfaat sangat baik untuk membantu meringankan kulit yang mengalami hiperpigmentasi serta flek. Yogurt membantu pengelupasan dan mengangkat serta melarutkan sel-sel kulit mati; juga membersihkan pori-pori yang tersumbat.

CATATAN :

  • Selalu membersihkan wajah dulu sebelum mengoleskan masker lidah buaya
  • Menggunakan masker perawatan kulit wajah apa pun harus konsisten dan sabar karena butuh waktu untuk menunjukkan hasil yang diinginkan ada kulit Anda.
  • Anda dapat menyiapkan masker lidah buaya ini dalam jumlah yang diinginkan sebagai persiapan untuk digunakan beberapa kali di hari kemudian.
  • Simpan gel lidah buaya dan masker ini kedalam wadah yang kedap udara atau tertutup rapat.
Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *