Manfaat dan Kerugian Tidur Miring Kekiri, Kekanan, Telentang, & Tangkurap

Manfaat tidur miring kekiriMenurut peneliti, rata-rata manusia menghabiskan sekitar sepertiga dari umurnya untuk tidur; dan semua orang pasti sudah memahami bahwa tidur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan baik fisik ataupun mental. Selain penting mendapatkan tidur cukup, posisi tidur juga merupakan hal yang tak kalah pentingnya; Posisi tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan kita. Posisi tidur yang baik bisa meningkatkan kesehatan pencernaan bahkan kulit Anda. Sebaliknya posisi tidur yang salah justru dapat mendatangkan masalah bagi kesehatan Anda termasuk masalah sakit punggung, masalah pencernaan, dll.

Advertisement

Berbicara mengenai posisi tidur terhadap kesehatan, menurut Dr Hooman Melamed, dokter ahli ortopedi kepada Medical Daily. Dan sekitar 80 persen populasi penduduk memiliki masalah punggung dibeberapa titik dalam hidup mereka.

Lalu posisi tidur yang bagaimana yang paling baik? Jawabannya: semua tergantung dari masing-masing individu, namun para ahli sepakat bahwa posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur yang paling tidak ideal;  hal ini karena posisi itu tidak mendukung terhadap lengkungan alami dari tulang belakang kita. Namun secara umum ada manfaat dan kekurangan untuk beberapa posisi tidur yaitu tidur posisi telentang, miring kekiri dan miring kekanan. Mau tahu bagaimana posisi tidur yang baik?, baca terus dalam artikel ini…

Beberapa Posisi Tidur, Miring kekanan/kiri, Tengkurap, tengkurap dan Telentang; kekurangan dan kelebihannya

Baca juga : 10 Manfaat Tidur Cukup setiap malam bagi Kesehatan

Ada beberapa posisi tidur yang telah umum yang sudah menjadi kebiasaan yaitu tidur tengkurap, terlentang, miring kekiri, dan miring kekanan Anda. Semua posisi tersebut mempengaruhi kesehatan Anda. Mari Kita bahas satu persatu:

Tidur telentang

Manfaat tidur telentang terutama akan membuat kepala, leher, dan tulang belakang lebih mudah untuk sejajar dan tetap terjaga dalam posisi netral. Hal ini tidak ada tekanan atau lekukan tambahan yang harus dibebankan ke punggung. Dokter Hooman mengatakan ” Anda berada di posisi terbaik karena tulang punggung Anda tetap dalam keselarasan alami sepanjang malam”. Tidur telentang juga baik untuk mencegah acid reflux atau asam lambung naik yang umum terjadi saat tidur.

Dr. Michael Breus , yang dikenal sebagai “Doktor Tidur,” adalah seorang psikolog klinis yang setuju terhadap rekomendasi untuk berbaring telentang saat tidur.

Meskipun tidur telentang banyak dianggap sebagai posisi tidur yang sangat ideal, namun The National Sleep Foundation tidak menyarankan tidur telentang bagi orang yang memiliki sleep apnea dan kebiasaan mendengkur.

Tidur telentang dikatakan sebagai pisisi terbaik, namun dapat menyebabkan sakit nyeri bahu apabila kita memiliki kebiasaan meletakkan tangan diatas kepala .

Tidur Miring: Mana yang baik, Miring Kekanan atau Kekiri?

Ada banyak pendapat tentang posisi tidur miring kekikiri, atau kekanan.
Asosiasi Ibu Hamil AS, The American Pregnancy Association menyarankan kapada bumil agar tidur miring. Menurut penjelasan yang ditulis disitus web mereka, tidur miring ke kiri pada bumil akan meningkatkan pasokan darah dan nutrisi ke plasenta dan mencapai bayi. Sementara itu situs kesehatan WebMD mencatat bahwa tidur miring kekiri  saat hamil dapat mencegah rahim menekan ke hati.

Jika Anda merasa kesulitan untuk tidur miring, direkomendasikan untuk menjaga lutut tertekuk dan meletakkan bantal di antara kaki Anda, atau menggunakan bantal di bawah perut untuk mengurangi sakit punggung.

Sementara itu menurut Medical Daily, Tidur di miring kanan bisa memperburuk kondisi asam lambung. Namun, tidur miring kiri juga dapat memberatkan organ internal seperti hati, paru-paru, dan perut, namun posisi tidur ini bisa mengurangi refluks.

Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur miring kiri bisa meredakan sakit maag, tetapi para ahli masih tidak sepenuhnya yakin. Satu hipotesa menyatakan bahwa tidur miring kanan melemaskan sfingter esofagus bagian bawah yaitu yang berada diantara lambung dan esofagus menurut NY Times. Namun yang lain berpendapat bahwa tidur miring kiri menjaga persimpangan antara perut dan kerongkongan di atas dan mencegah asam lambung naik.

Bagaimanapun tidur miring bermanfaat bagi orang  yang memiliki masalah sleep apnea dan rawan mendengkur, memiliki nyeri leher dan nyeri punggung, serta bagi ibu yang hamil. Namun secara umum tidur miring kanan atau kiri bisa menyebabkan sisi tangan mati rasa pada lengan karena tertindih oleh tubuh dalam waktu lama.

Tidur Posisi Janin (Tidur Melungker)

Apa ya bahasanya tidur melungker? yang jelas posisi tidur ini mirip posisi janin dalam rahim. Tidur posisi janin mungkin sangat membuat Anda nyaman, namun hanya untuk sementara. Sebab posisi ini jika terus dilakukan dapat menyebabkan sakit nyeri leher dan nyeri punggung, bahkan menyebabkan kulit keriput, bahkan pay*dara kendor!.

Tidur melungker dapat menyebabkan ketegangan otot pada punggung dan persendian, terutama ketika lutut dan dagu Anda sampai menempel di dada Anda. Dr Hooman menyarankan agar kita menghindari tidur seperti posisi janin ini, karena bahu dan leher kita harus sejajar pada saat tidur.

Baca juga : Makanan yang bermanfaat mengelurakan racun dalam hati (Liver)

Posisi tidur paling buruk :Tengkurap

Tidur tengkurap adalah posisi tidur yang sangat tidak disarankan semua ahli, dengan alasan umum karena tidak mendukung lengkungan alami tulang belakang Anda. Hal ini bisa terjadi karena tidur melungker akan memberi tekanan pada sendi dan otot yang dapat menyebabkan rasa nyeri, mati rasa, dan kesemutan. Hal ini juga berpotensi menyumbat pernapasan dan mengganggu sirkulasi udara Anda. Meskipun posisi ini baik untuk orang yang memiliki kebiasaan mendengkur, namun posisi ini harus dihindari apalagi oleh orang yang menderita masalah sakit leher atau nyeri punggung.

Cara mudah merubah kebiasaan tidur

Jika Anda memiliki kebiasaan tidur tertentu telentang, tengkurap, atau miring kiri atau kanan, mungkin Anda akan bertanya-tanya –  bagaimana untuk menghentikan kebiasaan itu dan mulai tidur pada posisi yang cocok?. Hal ini sepertinya akan memakan banyak waktu dan latihan. Untuk mempercepat perubahan kebiasaan, mungkin tip berikut dapat membantu Anda :

  • JIka Anda ingin tidur miring kekanan, anda bisa mencoba berbaring ke kanan/kiri dan mengganjal punggung Anda dengan bantal. Bantal ini akan berfungsi untuk menahan tubuh Anda, sehingga tidak merubah posisi pada saat tertidur.
  • Cobalah mengubah posisi ranjang tempat tidur Anda. Hal akan akan membantu mempermudah bagi Anda untuk pindah miring kekanan/kiri, namun merasakan pengalaman tidur yang sama.
  • Tip lain adalah memberikan cahaya yang redup disamping Anda. Hal ini karena tubuh Anda secara alami akan berpaling dari cahaya saat tidur, sehingga akan membuat Anda lebih muda untuk beralih kesisi kanan atau kiri

Cobalah melakukan perubahan kecil secepat yang Anda bisa. Hal ini akan meningkatkan rutinitas tidur Anda dan memperoleh kesehatan yang lebih baik.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

2 gagasan untuk “Manfaat dan Kerugian Tidur Miring Kekiri, Kekanan, Telentang, & Tangkurap

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *