Terapi Spa Ikan : Efek Samping dan Manfaat Bagi Kesehatan

Terapi ikan atau disebut juga Spa Ikan dan Fish Pedicure dalam bahasa inggris; yang akhir-akhir ini makin marak saja dimana-mana – dan peminatnyapun juga sangat banyak dari anak kecil sampai dewasa. Dulu kita hanya bisa menjumpai fasilitas ini ditempat khusus yang bernama spa ikan saja, namun kini fasilitas seperti ini sudah banyak diadopsi oleh tempat-tempat wisata umum, hotel-hotel, hingga rest area. Tak hanya didalam negeri saja, bahkan awalnya jenis spa ini populer diluar negeri terutama di Turki dan Negara Timteng lainnya. Lalu adalah manfaat terapi spa ikan ini bagi kesehatan?

Iklan

Terapi ikan diklaim bermanfaat membantu mengelupaskan kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan bakteri, dan juga mengurangi bau kaki. Bahkan dikatakan juga dapat menyembuhkan penyakit eksim, dan berbagai masalah penyakit kulit lainnya. Juga diklaim bahwa terapi ikan ini juga bisa membuat kulit menjadi lembut dan halus.

Terapi spa ikan manfaat dan efek buruk

Image : flickr

Spa terapi ikan secara umum adalah dilakukan dengan cara merendam kaki kedalam kolam yang diisi oleh ratusan ikan kecil. Kemudian ikan-ikan kecil ini mengigit-gigit seolah mencari sesuatu dikaki yang direndam ke kolam tersebut. Gigitan ini tentu tidak sakit karena gigitan ikan kecil ini tidak sampai melukai kaki,  pada awalnya terasa geli tapi lama-kelamaan bisa sangat mengasyikkan.

Jenis-jenis ikan yang di gunakan umumnya jenis ikan gara rufa, adalah jenis ikan yang ditemukan di beberapa negara di timur tengah seperti Turki, Iran, dan Irak, yang sudah diketahui tidak membahayakan dan diklaim sangat cocok untuk terapi spa ikan ini. Meski begitu saat ini sudah banyak fasilitas yang menggunakan ikan jenis lain bahkan yang jauh lebih besar daripada ikan gararuffa.

Garra Rufa jenis Ikan untuk terapi
IMG: flickr

Gigitan-gigitan kecil dari ikan terapi diyakini sangat membantu membersihkan dan mengelupaskan kulit dari orang yang melakukan terapi. Ikan kecil  yang jumlahnya ratusan ini kemudian menyedot atau menggigit dengan lembut kulit kering yang mati di kaki. Sensasi seperti kesemutan atau tersetrum kecil dari efek gigitan ikan inilah yang dianggap sebagai pijat relaksasi dan memberikan manfaat bagi tubuh. Banyak yang mengakui jika setelah melakukan terapi ikan ini, mereka merasa segar dan kaki tampak lebih bersh dan sehat.

Manfaat terapi spa Ikan dan kemungkinan efek samping yang buruk bagi kesehatan:

Mengatur sistem syaraf

Manfaat terapi ikan juga telah diklaim bisa merangsang titik akupunktur, sehingga akan membantu mengatur sistem saraf, relaksasi tubuh, dan melepaskan kelelahan. Oleh sebab itu, banyak rest area yang dilengkapi fasilitas spa ikan yang diyakini bisa melepas kepenatan setelah berkendara jauh.

Menyembuhkan psoriasis

Klaim kesehatan lain adalah bahwa terapi ikan Garra rufa  dapat bermanfaat bagi orang dengan kondisi psoriasis dan eksim. Sebuah studi yang dilakukan di sebuah universitas medis di Austria, mengungkapkan bahwa ini terapi ikan baik untuk pengobatan psoriasis.

Meredakan Stres

Spa ikan adalah pijat kecil dikaki yang dilakukan oleh ikan karena mengenai titik-titik akupunktur sehingga tubuh bisa melepaskan endorfin. Disamping itu rasa geli oleh gigitan ikan ini akan membuat orang tertawa, yang juga berpotensi mengurangi ketegangan dan stres.

Menghilangkan Gatal-gatal

Spa ikan bisa melembutkan kulit kaki dan mengurangi kotoran sehingga bermanfaat menghilangkan gatal.

Menghilangkan bau kaki

Bau kaki adalah efek dari mengumpulnya bakteri dan jamur dikaki. Sedotan kecil dari ikan gararuffa juga diklaim bisa menghilangkan jamur dan bakteri penyebab bau kaki.

Meningkatkan sirkulasi darah

Terapi ini juga bisa efektif membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga oksigen dan nutrisi dapat menjangkau seluruh sel tubuh secara optimal.

Melembutkan kulit

Berendam kaki saat melakukan spa ikan akan melunakkan kulit mati, kulit kasar, kutil dan kapalan sehingga spa ikan juga membantu menghaluskan dan melembutkan kulit kembali.

Baca juga : Manfaat Aromaterapi bagi Kesehatan

Potensi Efek Samping yang Buruk dari Terapi spa ikan.

  • Menurut ahli dari Health Protection Agency, risiko infeksi terkait gigitan ikan Garra rufa saat spa ikan cenderung sangat rendah.
  • Air dalam kolam ikan bisa mengandung sejumlah mikroorganisme. Jadi ada potensi risiko untuk infeksi, baik yang ditularkan dari ikan ke orang, dari air ke orang,  atau dari orang ke orang. Namun dikatakan juga bahwa risiko infeksi ini cenderung sangat rendah apabila tempat spa ikan berstandar kebersihan yang baik.
  • Namun, menyarankan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah atau kondisi medis yang mendasari, termasuk diabetes dan psoriasis , tidak menggunakan spa ikan. Dikatakan orang dengan kondisi ini cenderung pada peningkatan risiko infeksi.
  • Orang dengan luka atau infeksi pada kaki mereka harus memungkinkan mereka untuk menyembuhkan sebelum mencari perawatan spa ikan, dan disarankan untuk menunggu setidaknya 24 jam setelah lilin kaki atau mencukur sebelum memiliki perawatan spa ikan.
  • Badan khusus untuk orang dengan penyakit eksim, The National Eczema Society, mengatakan bahwa terapi ini dapat dapat meningkatkan risiko infeksi.
  • Badan psioriasis, The Psoriasis Association mengatakan bahwa orang dengan kondisipsioriasis justru lebih rentan terhadap infeksi melalui spa ikan karena adanya luka yang terbuka pada kaki, juga sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah karena obat-obatan tertentu.

Namun jika kaki dalam keadaan sehat, secara keseluruhan terapi spa ikan tak berdampak buruk yang tinggi sekaligus juga apabila didukung oleh perawatan kebersihan yang baik oleh pengelola.

Meskipum klaim-klaim diatas masih hanya sebatas klaim dan belum didukung oleh penelitian ilmiah, namun jika Anda merasa asyik, terhibur dan bahagia saat melakukan spa terapi ikan, kenapa tidak?

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *