10 Manfaat Teh Kembang Sepatu Bagi Kesehatan, Dan Cara Membuatnya

Kembang sepatu yang umumnya kita lihat ditanam sebagai pagar ini bunganya yang berwarna merah atau merah muda ini bisa dibuat sebagai teh kesehatan. Manfaat teh kembang sepatu bagi kesehatan termasuk mempunyai kemampuan mengobati tekanan darah tinggi dan masalah kolesterol tinggi, masalah sistem pencernaan, masalah gangguan kekebalan tubuh, masalah peradangan, penyakit liver, serta kanker. Manfaat lain juga dapat mempercepat metabolisme dan membantu menurunkan berat badan yang sehat dan bertahap. Hal ini kaya akan kandungan vitamin C, mineral, dan zat antioksidan.

Iklan

Mengenal teh kembang sepatu

Teh kembang sepatu, juga dikenal sebagai Agua de Jamaica, yang dibuat dengan cara merebus bagian-bagian tanaman kembang sepatu atau yang memiliki nama ilmiah Hibiscus sabdariffa, khususnya bagian bunganya. Teh kembang sepatu berwarna merah  atau merah muda dan memiliki rasa yang sedikit asam.

manfaat teh kembang sepatu

teh kembang sepatu adalah minuman yang sangat populer di seluruh dunia dan juga sering digunakan sebagai teh kesehatan. Kembang sepatu memiliki banyak nama, dan banyak tersedia di seluruh dunia. Teh kembang sepatu dapat dikonsumsi baik panas ataupun dingin tergantung selera. Teh kesehatan ini rendah kalori dan bebas kafein .

Cara membuat teh kembang sepatu

Teh kembang sepatu

IMG : Flickr

Sangat-sangat mudah untuk membuat teh kembang sepatu, tak membutuhkan keahlian khusus; yang Anda butuhkan hanyalah panci kecil, air, bunga kembang sepatu kering, dan madu atau boleh diganti dengan gula. Berikut cara membuatnya :

  1.  Panaskan panci yang diisi 2 gelas air bersih. Rebus sampai air mendidih.
  2. Matikan api, kemudian bunga kembang sepatu yang sudah dikeringkan masikkan kedalam panci air selama lima menit.
  3. Sajika teh kembang sepatu baik panas atau dingin.

Teh herbal ini memiliki rasa asli yang asam, jadi Anda bisa menambahkan gula atau madu untuk menambahkan rasa manisnya. Anda boleh juga  mencoba menambahkan rempah-rempah berlhasiat seperti kayu manis, cengkeh, pala, dan jahe tergantung selera Anda. Menggabungkan jahe dan kembang sepatu sebagai teh adalah salah satu cara yang populer karena akan memberikan keseimbangan rasa manis, asam dan pedas hangat dari jahe.

Fakta Gizi Teh Kembang Sepatu Menurut USDA

Minuman teh  kembang sepatu seduh 100g

Kandungan Nilai
Air 99,58 g
Energi 0g
Protein 0g
Total Lipid 0g
Karbohidrat 0g
Serat 0g
Gula total 0g
Kalsium 8mg
Zat Besi 0,08mg
Magnesium 3mg
Fosfor 1mg
Kalium 20mg
Sodium 4mg
Seng 0,04mg
Vitamin C 0g
Thiamin 0g
Riblofavin 0g
Niasin 0,04mg
Vitamin B6 0g
Folat 1mg
Vitamin A 0g
Vitamin E 0g
Vitamin K 0g
Asam lemak 0g
Kolesterol total 0g
Kafein 0g
Asam lemak 0g

Nutrisi Teh Kembang Sepatu

Teh kembang sepatu secara alami rendah kalori dan bebas kafein. Dan menurut data diatas ia memiliki kandungan mineral yang baik seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Hal ini juga mengandung beberapa vitamin seperti niacin dan folat yang berguna untuk membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Teh kembang sepatu adalah sumber anthocyanin yang bagus yang bermanfaat untuk mengendalikan peningkatan tekanan darah, selesma, dan infeksi saluran kemih .

Manfaat Teh kembang Sepatu untuk Kesehatan

Bunga kembang sepatu kering

Semua manfaat teh bunga kembang sepatu untuk membantu menjaga kesehatan tubuh manusia, yaitu sbb:

Mengendalikan Tekanan Darah

Satu laporan dari AHA (American Heart Association) yang di publikasikan November 2008, menyatakan bahwa mengonsumsi teh kembang sepatu menurunkan tekanan darah pada orang dewasa pra-hipertensi.

Studi lain yang dilakukan oleh Odigie IP menunjukkan bahwa kembang sepatu memiliki sifat antihipertensi dan kardioprotektif, yang bisa bermanfaat bagi orang yang menderita hipertensi dan orang yang berisiko tinggi terhadap penyakit kardiovaskular.

Menurut Tufts University di Boston, sifat anti-inflamasi yang dimiliki teh kembang sepatu juga dapat mengurangi tekanan darah hingga 10 poin. Agar mendapatkan penurunan tekanan darah secara drastis  Anda perlu secara teratur mengonsumsi 3  cangkir teh kembang sepatu setiap hari selama beberapa minggu. Teh kembang sepatau Juga memiliki sifat diuretik artinya meningkatkan buang air kecil, yang secara bersama-sama menurunkan tekanan darah.

Menurunkan berat badan

Teh herbal kembang sepatu juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Berat badan kita akan cenderung bertambah jika mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kembang sepatu bermanfaat menurunkan penyerapan pati dan glukosa sehingga dapat membantu menurunkan berat badan .

Kembang sepatu menghambat produksi enzim amilase, enzim yang membantu penyerapan karbohidrat dan pati, sehingga jika meminumnya akan mencegah penyerapan terjadi. Degan demikian, tak heran kembang sepatu banyak ditemukan pada produk penurunan berat badan.

Menurunkan Kolesterol

Teh kembang sepatu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dari dalam tubuh sehingga membantu melindungi kita dari penyakit jantung dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Sifat hipolipidemik dan hipoglikemik teh kembang sepatu bisa bermanfaat bagi orang yang menderita masalah gula darah seperti diabetes.

Sebuah studi penelitian yang dilakukan pada pasien dengan diabetes tipe II menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh kembang sepatu menurunkan kolesterol, trigliserida, dan kolesterol HDL, yang membantu mengelola penyakit akibat kolesterol tinggi.

Melindungi Liver

Studi penelitian juga menunjukkan bahwa sifat antioksidan dalam teh kembang sepatu juga membantu dalam mengobati penyakit liver. Kandungan Antioksidan yang terdapat membantu melindungi tubuh karena berkemampuan menetralkan radikal bebas yang ada di jaringan dan sel-sel tubuh. Karena itu banyak yang sependapat bahwa minum teh kembang sepatu dapat meningkatkan umur dengan jalan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Mengandung zat Anti-kanker

Teh kembang sepatu mengandung asam hibiscus protocatechuic yang memiliki sifat anti kanker dan antioksidan.

Satu studi yang dilakukan oleh Departemen dan Institut Biokimia di Chung Shan Medical and Dental College, di Taichung Taiwan menunjukkan bahwa kembang sepatu memperlambat pertumbuhan sel kanker dengan cara menginduksi apoptosis, yang banyak dikenal dengan kematian sel pada kanker.

Studi lain yang dilakukan oleh Karina H. Goldberg, et al. melaporkan bahwa ekstrak kembang sepatu menghambat pertumbuhan sel kanker kulit. Selanjutnya, Lin HH, et al. dalam penelitiannya menemukan bahwa ekstrak kembang sepatu menginduksi apoptosis atau kematian sel pada sel kanker lambung.

Penelitian lebih lanjut dan bukti ilmiah masih diperlukan untuk mengkonfirmasi potensi antikanker dari ekstrak kembang sepatu.

Agen Antiinflamasi & Antibakteri

Daun kembang sepatu kaya akan asam askorbat, yang juga dikenal dengan vitamin C; adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh. Teh kembang sepatu juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Oleh sebab itu akan melindungi Anda dari kondisi seperti flu. Hal ini juga digunakan untuk mengobati ketidaknyamanan yang disebabkan oleh demam, karena efek flu.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Manfaat kesehatan teh kembang sepatu bisa menghilangkan kram dan nyeri akibat haid. Hal ini juga membantu memulihkan keseimbangan hormon yang dapat mengurangi gejala menstruasi seperti perubahan suasana hati, depresi, dan makan secara berlebihan.

Bekerja sebagai Agen Antidepresan

Teh kembang sepatu mengandung vitamin dan senyawa seperti flavonoid yang memiliki sifat antidepresan.  Konsumsi teh kembang sepatu bisa membantu menenangkan sistem saraf, dan dapat mengurangi kecemasan dan depresi dengan menciptakan sensasi rileks tubuh pada dan pikiran.

Meningkatkan Pencernaan

Banyak orang memminum teh kembang sepatu untuk meningkatkan pencernaan karena diyakini bermanfaat mengatur buang air kecil dan buang air besar. Karena memiliki sifat diuretik, kembang sepatu juga digunakan untuk mengobati sembelit, yang membantu Anda menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan mencegah kanker kolorektal .

Memuaskan rasa haus

Teh kembang sepatu juga digunakan sebagai minuman olahraga untuk memuaskan rasa dahaga. Untuk kebutuhan ini biasanya kembang sepatu dikonsumsi dingin atau dengan es. Banyak orang yang memasukkannya ke dalam menu makanan mereka sehari-hari karena  memiliki kemampuan untuk mendinginkan tubuh dengan sangat cepat.

Minuman segar

Anda bisa meminum teh kembang sepatu baik sebagai teh panas atau es teh. Jika Anda ingin menghangatkan diri ketika suhu dingin, teh bisa segera minum ketika hangat. Jika Anda tidak ingin meminumnya dalam keadaan hangat atau panas, Anda juga pilihan untuk minum es teh kembang sepatu dengan cara merendam bunga kembang sepatu kering kedalam air. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk membuatnya lalu kemudian Anda bisa menenangkan diri dengan cara yang sehat dan menyegarkan.

Di Mana Bisa Mendapatkan Teh Kembang Sepatu?

Anda bisa dengan mudah membuat teh kembang sepatu di rumah jika Anda memiliki tanaman kembang sepatu yang tumbuh di pekarangan Anda. Jika Anda tidak memiliki tanaman kembang sepatu, Anda bisa membuatnya dengan cara:

  • Membeli Bunga kembang sepatu yang sudah kemasan kering
  • Teh celup kembang sepatu

Efek Samping Teh Kembang sepatu

Meskipun teh kembang sepatu memiliki manfaat kesehatan yang baik, namun ada beberapa efek samping yang harus Anda ketahui.

  • Tekanan Darah: Manfaat kesehatan teh kembang sepatu termasuk menurunkan tekanan darah. Jadi teh kembang sepatu tidak dianjurkan bagi orang dengan kondisi tekanan darah rendah, batau kondisi yang disebut hipotensi. Hal ini dapat menyebabkan penderita hipotensi pingsan, pusing, dan bahkan dapat merusak jantung atau otak jika dikonsumsi orang dengan tekanan darah rendah.
  • Kehamilan dan Kesuburan: Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam BJOG , teh kembang sepatu tidak disarankan untuk wanita hamil, terutama karena ada efek emmenagogiknya yang dapat merangsang menstruasi atau aliran darah di uterus atau daerah panggul. Kemudian menurut Medline Plus, kembang sepatu dapat menyebabkan kegoncangan, konstipasi, dan rasa ketidaknyamanan perut. Bagi mereka yang menjalani perawatan hormonal atau minum pil KB disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan tentang mengonsumsi teh ini.
  • Diabetes dan operasi: Kembang sepatu dapat menurunkan kadar gula darah sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter bagi penderita diabetes atau akan menjalani operasi.
  • Alergi: Beberapa orang yang rentan reaksi alergi seperti mata merah gatal, sinus atau demam hati-hati ketika mengkonsumsi teh kembang sepatu.
  • Lain-lain: Beberapa orang mungkin merasa seperti mabuk setelah minum teh kembang sepatu. Oleh karena itu selalu berhati-hati sampai Anda tahu bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap teh kembang sepatu. Jangan mengendarai mobil atau mencoba shal lain yang berisiko membahayakan sampai Anda tahu apa efeknya pada tubuh Anda.

Catatan:

Konsultasikan dengan dokter jika Anda menggunakan obat-obatan seperti obat antidiabetes, atau obat-obatan yang diubah oleh hati sebelum mengonsumsi teh kembang sepatu.

Bahwa hampir 30% dari teh kembang sepatu adalah asam organik. Asam-asam ini termasuk asam malat, asam tartarat, dan asam sitrat, yang pada umumnya ditemukan dalam buah-buahan seperti anggur. Hal ini membantu meningkatkan imunitas, meningkatkan kulit, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kolesterol, mengatasi peradangan, dan memperbaiki masalah pencernaan. Teh kembang sepatu memiliki efek diuretik dan koleretik, sehingga bisa mengontrol viskositas darah dengan cara mengurangi tekanan darah dan meningkatkan pencernaan.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *