Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit dan Wajah

Minyak zaitun dibuat dengan cara dipress untuk diambil ekstraknya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Umumnya minyak zaitun digunakan untuk mengolah masakan sehat, karena diyakini banyak kelebihan terutama tinggi antioksidan dan tidak mengandung lemak jenuh sumber kolesterol jahat yang biasanya ada pada minyak goreng biasa – dengan demikian mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk jantung dan stroke. Baca juga : Cara membuat masker kunyit untuk kecantikan wajah

Advertisement

Namun tahukah Anda bahwa Minyak Zaitun ini juga banyak memiliki manfaat untuk kulit, meningkatkan kesehatan kulit, melembabkan wajah, membantu menghilangkan sisa make-up, mencegah penuaan, pelembab bibir, dan menyembuhkan kaki pecah-pecah.

Namun ada 2 jenis minyak zaitun yang baik dimanfaatkan untuk berbagai keperluan konsumsi seperti memasak hingga perawatan; yaitu minyak zaitun jenis virgin olive oil dan exstra virgin olive oil.

  • Virgin Olive Oil – adalah jenis minyak zaitun yang paling populer, biasa digunakan sebagai pengganti minyak goreng yang terkenal akan kandungan asam lemak jenuh yang rendah. Jenis ini  paling cocok bagi orang yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan.
  • Extra Virgin Olive Oil – dibuat dari buah zaitun yang dipres dingin, dan dianggap sebagai minyak zaitun yang bermutu tinggi. namun sayangnya jenis ini tak mudah diperoleh karena selain harganya yang cukup mahal.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit dan Wajah:

manfaat minyak zaitun untuk wajah

1. Memiliki kandungan vitamin yang tinggi

Kandungan nutrisi terbaik dari minyak zaitun semuanya mendukung kesehatan kulit yang lebih baik, yaitu vitamin A, Vitamin D, Vitamin K, Vitamin E dsb. Tak hanya itu, minyak zaitun juga terkenal akan tingginya kandungan antioksidan yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan termasuk jika digunakan untuk kulit wajah. Secara khusus untuk minyak zaitun, ia mengandung zat antioksidan yang tak ditemukan dalam tumbuhan lain yaitu dalam minyak zaitun yaitu squelene sehingga memberikan manfaat tambahan.

Minyak zaitun sudah digunakan sebagai bahan untuk berbagai produk perawatan wajah. Produk kosmetik sudah banyak yang berbasis minyak zaitun. Bahkan banyak produk lain seperti sabun mandi atau lotion juga menggunakan minyak zaitun, karena para produsen perawatan kulit sudah banyak yang menyadari betapa banyak manfaat minyak zaitun terutama untuk kulit dan wajah.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E Minyak zaitun yang tinggi bermanfaat meningkatkan kesehatan kulit dengan cara menangkal peradangan, jerawat serta melindungi kulit dari berbagai penyakit kulit. Untuk perawatan ini Anda bisa menambahkan madu dan yoghurt supaya lebih lembut dan meningkatkan kesehatan kulit .

  • Sepertiga cangkir yoghurt, seperempat cangkir madu, dan 2 sdt minyak zaitun; campur dan aduk sampai merata.
  • Gunakan pada wajah dan biarkan selama sekitar 20 menit sebelum mencucinya dengan air hangat.
  • Lakukan seminggu sekali.

3. Minyak zaitun Sebagai Pelembab Kulit & Wajah

Sebagai pelembab, minyak zaitun bisa secara langsung diterapkan ke kulit Anda tanpa perlu bahan tambahan lain. Dengan cara ini Anda juga bisa menghilangkan kelebihan minyak dengan menggunakan bantuan handuk atau kain. Cara ini mungkin sangat membantu untuk meelembabkan wajah Anda setelah terkena sinar matahari.

Minyak zaitun mengandung vitamin E, merupakan zat antioksidan yang berkhasiat melindungi kulit Anda dari berbagai faktor eksternal seperti paparan sinar matahari ataupun suhu angin. Tekstur minyak zaitun yang ringan menjadikannya sebagai pelembab yang tak lengket dan bisa bertahan dalam waktu yang lama. Cara penggunaan :

  • Ambil minyak zaitun ekstra virgin
  • Setelah selesai mandi, biarkan kulit Anda sedikit basah dan pijatkan minyak zaitun ke wajah Anda.
  • Diamkan selama sekitar 15 menit,  kemudian bilas dengan air hangat.
  • Jika Anda memiliki kulit kering, oleskan minyak pada wajah Anda sebelum tidur, dan biarkan selama semalaman. Lalu bersihkan sisa minyak pada pagi hari dengan cara mencuci muka dengan air hangat.

4. Menghilangkan Make-Up

Minyak zaitun adalah alternatif yang sehat dan alami tanpa efek samping karena bersih tanpa bahan kimia. Selain itu plus merawat kecantikan kulit dengan segudang manfaatnya. Caranya :

  • Buat campuran dari sepertiga cangkir yoghurt, seperempat cangkir madu, dan 2 sdt minyak zaitun. Gunakan bola kapas yang dicellup kedalam campuran minyak zaitun lalu gosokkan ke wajah Anda untuk membersihkan makeup.
  • Anda juga bisat melembabkan kapas dengan minyak zaitun dan menggunakannya untuk membersihkan sisa riasan di mata. Selain menghapus make-up, manfaat minyak juga sekaligus melembutkan kulit di sekitar mata.

5. Menghilangkan Tanda Penuaan

Penuaan ditandai dengan kulit wajah yang mulai kendor dan mulai keriput. Anda bisa menunda tanda-tanda penuaan ini dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya :

  • Sediakan 2 sdm minyak zaitun, 1 sdm air lemon dan sejumput garam.
  • Pijat wajah Anda dengan beberapa tetes dari minyak zaitun.
  • Campurkan sisa minyak dengan garam. dan air lemon.
  • Gosokkan campuran ini pada daerah di wajah Anda yang kering, kasar, dan kering bersisik.

6. Melembutkan Bibir Secara Alami

Siapa wanita yang tak ingin memiliki bibir yang lembut, cerah dan sehat?Pasti semua inign. Memang banyakproduk perawatan bibir yang dijual dipasaran, tapi minyak zaitun dengan banyak khasiatnya bisa menggantikannya. Cara memakainya:

Sedikit gula merah, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan sedikit air lemon.
Campur semua bahan lalu gunakan untuk menggosok bibir Anda selama lima menit sebelum tidur.
Minyak zaitun bermanfaat membantu mengatasi bibir kering pecah-pecah. Gula merah dan lemon bekerja sebagai bahan exfoliating(pengelupasan).

7. Mengatasi Tumit Kaki Pecah-pecah

Lakukan pengelupasan dengan menggunakan air lemon dan minyak zaitun untuk menggosok tumit pecah-pecah Anda. Hal ini akan memberikan kelembaban dan kehalusan instan. Anda  memakai kaus kaki untuk mempercepat proses.

Baca juga : Inilah Resep Rahasia kulit Cantik dan mulus Wanita Jepang

Efek Samping Minyak Zaitun

  • Minyak zaitun mungkin sangat bermanfaat untuk kulit atau wajah, namun ada penelitian yang menyarankan untuk tidak menggunakan jika memiliki kulit sensitif; terutama untuk jenis kulit berminyak atau memiliki kondisi seperti dermatitis.
  • Minyak zaitun bisa membuat kondisi kulit kelompok tertentu menjadi lebih buruk seperti bagi orang yang berusia lebih tua. Juga hindari menggunakan minyak zaitun untuk kulit bayi. Studi yang menjelaskan bahwa menggunakan minyak termasuk minyak zaitun untuk bayi mungkin berkontribusi menyebabkan eksim dikemudian hari. Hal ini terutama jika Anda memiliki riwayat eksim.
  • Apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya melakukan tes sebelum benar-benar menggunakannya pada wajah Anda. Gosok sedikit saja minyak zaitun merek tertentu sebelum menggunakannya. Jika Anda melihat ada reaksi dalam tempo 24 –  48 jam, artinya kulit Anda tidak cocok dengan minyak zaitun.
  • Minyak zaitun adalah minyak yang kental sehingga tidak mudah diserap ke dalam kulit. Jangan mengoleskan minyak zaitun secara berlebih untuk mencegah penyumbatan pada pori-pori sehingga menimbun bakteri dalam pori-pori. Pilih produk minyak zaitun yang berkualitas serta tak mengandung bahan aditif atau kimia tertentu.
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *