20 Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bunga matahari Heliantus Annuus dari genus heliantus adalah tanaman yang berasal dari benua yang sekarang kita kenal dengan Amerika sejak 5000 tahun yang lalu, dan hingga kini telah lama banyak digunakan untuk diambil minyaknya dan dimakan sebagai makanan sejak lama. Minyak bunga matahari adalah minyak non-volatil yang diekstraksi dari biji bunga matahari, biasanya digunakan sebagai minyak goreng serta bahan kosmetik karena sifat emoliennya(pelembab). Dalam artikel ini telah dicantumkan beberapa manfaat penting dari minyak bunga matahari baik untuk kesehatan, kulit dan rambut serta kandungan nutrisinya.

Apakah minyak bunga matahari mengandung jenis lemak sehat? Jika dilihat dari komposisi nutrisinya menjadikannya salah satu minyak paling sehat untuk dikonsumsi serta ketika digunakan pada kulit dan rambut. Senyawa utama dari minyak bunga matahari adalah asam linoleat, yang lainnya lainnya termasuk asam oleat dan asam palmitat. Selain itu, minyak bunga matahari mengandung antioksidan termasuk lesitin, karotenoid, tokoferol dan banyak vitamin termasuk vitamin A, D dan E.

tanaman bunga matahari

Img: pixabay

Sebenarnya ada 2 jenis biji bunga matahari yaitu; biji bunga matahari konpeksi dan biji bunga matahari non-minyak. Biji bunga matahari konpeksi bisa dimakan dan diekstrak minyaknya sedangkan biji bunga matahari non-minyak hanya digunakan untuk pakan hewan dan tidak cocok untuk manusia. Minyak biji bunga matahari diekstraksi dari bijinya serta seluruh bagian bunga.

biji bunga matahari

Img: pixabay

Minyak bunga matahari yang dipresing dingin berwarna kuning dengan rasa yang ringan dan menyenangkan, sedangkan yang olahan berwarna kuning pucat. Hal ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi, dan minyak bunga matahari lebih banyak disukai daripada minyak nabati lain seperti minyak kanola, safflower, minyak jagung dan minyak zaitun untuk keperluan memasak. Memiliki sifat melembutkan yang sangat baik serta memiliki umur simpan yang lama membuatnya ideal untuk bahan persiapan kosmetik.

Kandungan Nutrisi Minyak Bunga Matahari

Manfaat minyak biji bunga matahari

Img: pixabay

Minyak biji bunga matahari telah dianggap sebagai salah satu jenis minyak paling sehat karena mengandung beragam nutrisi yang penting bagi kesehatan. Minyak biji bunga matahari kaya akan vitamin E, vitamin B1, B5, B6 dan vitamin C , serta mineral seperti tembaga, fosfor, seng dan magnesium. Folat, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi dan niasin yang menjadikannya sebagai pilihan yang sangat sehat.

Pada dasarnya ada tiga jenis minyak bunga matahari dengan berbagai kombinasi kandungan asam lemak yaitu;  linoleic, tinggi oleic dan NuSun. Perbedaan ketiga varietas tersebut bisa dikaitkan dengan persentase kadar lemak tak jenuh tunggal, tak jenuh ganda,  dan jenuh yang berbeda-beda. Semuanya tetap rendah lemak jenuh sehingga sangat baik untuk kesehatan. Profil nutrisi dari minyak bunga matahari bisa dijelaskan seperti di bawah ini.

  • Lemak: Minyak bunga matahari rendah lemak jenuh namun tinggi lemak tak jenuh dimana jenis lemak yang lebih sehat. Minyak bunga matahari Linoleic memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi, terutama asam lemak omega-6 yang ikut dalam proses seperti pertumbuhan rambut yang kuat dan menyembuhkan luka. Minyak bunga matahari oleat mengandung tinggi lemak tak jenuh tunggal omega-9 yang membantu untuk menjaga memori, mencegah kanker, dan mengurangi tekanan darah. Jenis NuSun, merupakan kombinasi dari minyak oleat dan linoleat, memiliki kemampuan menahan suhu memasak yang sangat tinggi dan tidak membentuk lemak trans.
  • Kolesterol Rendah: Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi minyak bunga matahari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL sehingga mampu memberikan perlindungan dari penyakit jantung. Dengan demikian minyak bunga matahari bisa digunakan sebagai pengganti dari lemak jenuh untuk mengurangi kadar kolesterol yang tidak sehat.
  • Antioksidan dan Fitokimia : Antioksidan dan fitokimia memberikan perlindungan dari penyakit dengan cara melawan radikal bebas. Minyak bunga matahari terdiri dari berbagai macam zat antioksidan dan fitokimia seperti Vitamin E, betaine, asam fenolik, kolin arginin dan lignan. Hal ini memiliki kemampuan untuk melawan kanker, meningkatkan memori dan meningkatkan kesehatan jantung. Tingkat antioksidan dan fitokimia yang tinggi dalam minyak bunga matahari membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kandungan nutrisi makanan yang dimasak ataupun yang dipanggang menggunakannya.

Tabel nutrisi minyak biji bunga matahari, menurut USDA

MINYAK BUNGA MATAHARI, OLEAT TINGGI
NILAI NUTRISI PER 100 G
Energi 3.699 kJ (884 kkal)
Karbohidrat 0 g
Lemak 100 g
– jenuh 9,748 g
– tak jenuh tunggal 83.594 g
-tak jenuh ganda 3,798 g
Protein 0 g
Vitamin E 41,08 mg (274%)
Vitamin K 5,4 ?g (5%)
MINYAK BUNGA MATAHARI, STANDAR
NILAI GIZI PER 100 G 
Energi 3.699 kJ (884 kkal)
Karbohidrat 0 g
Lemak 100 gram
– jenuh 10.3 g
– tak jenuh tunggal 19,5 g
– tak jenuh ganda 65,7 g
Protein 0 g
Vitamin E 41,08 mg (274%)
Vitamin K 5,4 ?g (5%)

 

MINYAK BUNGA MATAHARI (NUSUN), MID OLEIC
NILAI GIZI PER 100 G
Energi 3.699 kJ (884 kkal)
Karbohidrat 0 g
Lemak 100 gram
– jenuh 9,009 g
– tak jenuh tunggal 57.344 g
– tak jenuh ganda 28.962 g
Protein 0 g
Vitamin E 41,08 mg
Vitamin K 5,4 ?g

Manfaat Minyak Bunga Matahari  untuk kulit, rambut, dan kesehatan:

Minyak bunga matahari memiliki banyak manfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Meskipun termasuk memiliki kandungan lemak tinggi, namun lebih populer sebagai minyak goreng karena mengandung beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang seimbang sehinggsa membuatnya bagus untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Oleh karena itu semakin banyak orang yang memasukkan kedalam makanan mereka. Berikut manfaat minyak bunga matahari untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Kesehatan Kardiovaskular:

Minyak bunga matahari kaya akan vitamin E serta rendah lemak jenuh. Selain itu, minyak bungan matahari juga kaya akan antioksidan tertentu seperti kolin dan asam fenolik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda. Hal ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, plus beberapa vitamin yang menjadikannya sebagai salah satu minyak yang sehat untuk dikonsumsi. Minyak bunga matahari tinggi oleat mengandung sekitar 80% atau lebih lemak tak jenuh tunggal, sehingga dengan demikian, minyak bunga matahari mampu membantu menurunkan penyakit terkait kardiovaskular dan kemungkinan serangan jantung.

2. Mencegah Artritis:

Minyak bunga matahari adalah solusi bagi orang yang memiliki kemungkinan mengembangkan radang sendi. Hal ini minyak bunga matahari membantu dalam pencegahan rheumatoid arthritis.

3. Pencegahan Kanker Usus Besar dan Asma:

Minyak bunga matahari lebih banyak mengandung Vitamin E daripada jenis minyak goreng lainnya. Dengan demikian, memasukkan minyak bungan matahari ke dalam makanan akan memberikan perlindungan kepada Anda terhadap asma dan kanker usus besar.

Karotenoid yang ditemukan dalam minyak bunga matahari juga membantu dalam pencegahan kanker rahim, kanker paru-paru dan kanker kulit. Selain itu, minyak bunga matahari menyediakan sumber Vitamin A yang baik dan membantu mencegah penyakit katarak.

5. Menurunkan Kolesterol:

Lemak jenuh yang ditemukan dalam minyak jenis lain sulit terurai sepenuhnya selama proses metabolisme. Akibatnya, lemak jenuh yang tersisa selanjutnya akan dibawa ke berbagai bagian tubuh oleh darah dan disimpan; ini akan meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol bururk) yang berpotensi tinggi menyebabkan masalah kesehatan seperti aterosklerosis, nyeri sendi, jantung, stroke, kegemukan, dll.

Minyak bunga matahari kaya akan jenis lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang menyediakan energi bagi tubuh selain juga bermanfaat mempertahankan rasio kolesterol  buruk LDL dan kolesterol baik HDL yang ideal dalam tubuh. Minyak bunga matahari juga mengandung lesitin yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol, karena sifatnya yang menempel pada sel sehingga mencegah lemak dan kolesterol menempel pada sel.

6. Melawan Radikal Bebas:

Minyak bunga matahari memberikan manfaat antioksidan karena kaya akan kandungan vitamin E, yang membantu menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Radikal bebas bersifat merusak sel dan sistem kekebalan tubuh. Radikal bebas ini akan semakin tinggi dalam tubuh ketika terpapar polusi.

7. Memperbaiki Jaringan Tubuh:

Minyak bunga matahari juga mengandung protein, nutrisi yang sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh serta memproduksi hormon dan enzim. Tubuh kita membutuhkan protein dalam jumlah yang tinggi. Karena tubuh kita tidak menyimpan protein, maka harus diperoleh dari sumber konsumsi, dan minyak bunga matahari bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

8. Menyehatkan Sistem Saraf :

Kandungan Vitamin B dari minyak bunga matahari bermanfaat meningkatkan kesehatan sistem saraf, pencernaan yang baik dan merupakan sumber energi yang besar.

9. Mengurangi Masalah Jantung:

Minyak bunga matahari mengandung selenium yang bermanfaat dalam mengurangi risiko masalah pada jantung. Tingkat tinggi selenium dalam darah juga berperan dalam mengurangi risiko kanker paru-paru dan kanker kulit.

10. Manfaat kesehatan lain:

Asam folat yang ditemukan dalam minyak bunga matahari bermanfaat membantu dalam pembentukan sel-sel baru. Magnesium mencegah kram otot, sedangkan triptofan membuat otak rileks dan meningkatkan tidur dengan cara membantu produksi neurotransmitter, serotonin.

Minyak bunga matahari adalah bahan alami yang sehat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit yang baik, karena khasiatnya yang menenangkan dan melembabkan kulit. Minyak bunga matahari kaya nutrisi dan antioksidan, sehingga juga banyak digunakan untuk keperluan obat dan kosmetik dan telah terbukti efektif mengatasi jerawat, eksim, peradangan, kemerahan, dan iritasi kulit. Berikut beberapa manfaat minyak bunga matahari untuk kulit:

11. Agen Pelembab Kulit Yang Efektif:

Karena berkat sifat emolien(melembabkan), minyak bunga matahari bisa membantu kulit dalam mempertahankan kelembabannya. Menggunakan minyak bunga matahari sebagai lotion pada kulit bayi prematur akan berguna sebagai pelindung, dan memijat bayi dengan minyak bunga matahari bisa membantu mengurangi infeksi kulit pada bayi prematur hampir 14%. Oleh karena itu minyak bunga matahari dapat digunakan dalam perawatan kulit sehari-hari pada bayi .

12. Meningkatkan Kesehatan Kulit:

Minyak bunga matahari sangat tinggi Vitamin E, jika dibandingkan dengan produk perawatan kulit lainnya seperti minyak almond. Vitamin E sangat penting untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit karena paparan sinar ultraviolet atau UVA dari matahari. Vitamin E akan memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit Anda dengan cara mencegah bekas luka dan menghaluskan kerutan.

13. Untuk mengatasi Jerawat:

Minyak bunga matahari juga kaya akan vitamin A, C, serta vitamin D serta karoten dan lilin sehat yang membentuk penghalang untuk melindungi kulit. Dengan demikian minyak bunga matahari juga efektif dalam perawatan jerawat. Menjadikan kulit menjadi sangat ringan dan tidak berminyak, mudah diserap ke dalam kulit, tidak menyumbat atau menghalangi pori-pori. Sejumlah vitamin dan asam lemaknya bekerja sebagai antioksidan untuk meregenerasi sel-sel kulit serta membantu kulit dalam menyingkirkan bakteri penyebab jerawat .

14. Kaya akan Beta-Karoten:

Beta-karoten adalah senyawa kaya pigmen yang larut dalam lemak yang dapat diubah menjadi Vitamin A oleh tubuh, serta sifat antioksidannya bermanfaat untuk kesehatan dan penampilan kulit Anda. Minyak bunga matahari adalah sumber beta-karoten, yang membuat kulit Anda menjadi kurang sensitif terhadap sinar matahari. Antioksidan yang ada didalamnya akan menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kulit terbakar dan rusak akibat paparan sinar matahari dan seperti kanker kulit .

15. Mengurangi Tanda Penuaan Dini:

Sifat antioksidan dari minyak bunga matahari bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Paparan radikal bebas dan sinar matahari bisa meningkatkan tingkat penuaan kulit, menyebabkan terjadinya keriput dan garis-garis halus atau tanda penuaan secara dini. Antioksidan dalam minyak bunga matahari juga menurunkan mengembangkan tanda-tanda penuaan dini.

16. Mengatasi Kulit Kering:

Menjadi pelembab alami, minyak bunga matahari meningkatkan kapasitas retensi kelembaban kulit,  dan bermanfaat bagi seseorang yang memiliki kulit kering atau sensitif. Campuran bunga matahari dan minyak jarak efektif dalam membuat kulit menjadi kenyal serta mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati. Campuran kedua minyak ini dapat digunakan sebagai pembersih dan tidak perlu menggunakan pelembab karena sudah mengandung asam lemak dan vitamin untuk melembabkan kulit.

17. Merawat Masalah Kulit:

Minyak biji bunga matahari adalah minyak dengan kualitas yang baik karena teksturnya yang ringan dan sangat cocok untuk perawatan mata dan kulit. Hal ini sangat cocok untuk jenis kulit normal hingga jenis kulit kering. Hal ini juga digunakan dalam produk kulit yang menciptakan rasa lembut pada permukaan kulit.

Sama halnya dengan kulit, minyak bunga matahari juga memiliki efek pelembab pada rambut. Beragam nutrisi dan antioksidan serta asam lemak atsiri yang ada didalamnya sangat bermanfaat untuk rambut. Berikut manfaat minyak bunga matahari untuk rambut:

18. Mengendalikan Rambut Kusut:

Karena teksturnya yang ringan dan lembut, minyak bunga matahari mampu melembutkan rambut serta menambah kilaunya. Minyak biji bunga matahari mampu membantu mengendalikan rambut yang kusut, mengatasi rambut  kering dan rusak, dan membuat rambut menjadi mudah diatur. Minyak bunga matahari bisa mempertahankan kilau dan tekstur rambut Anda dan dapat digunakan sebagai kondisioner alami. Minyak bunga matahari bisa digunakan pada rambut dengan cara dioleskan dan dipijatkan pada kulit kepala sebelum mandi seminggu sekali untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

19. Kondisioner Rambut:

Minyak bunga matahari yang ringan bisa membantu dalam mengondisikan rambut berminyak. Hal ini bermanfaat untuk memelihara rambut dan mencegahnya dari kerusakan.

20. Mencegah Kerontokan Rambut:

Minyak bunga matahari adalah sumber asam gamma alfa linolenat , yang bisa membantu mencegah kerontokan rambut. Hal ini efektif merawat rambut rontok dan mencegah kebotakan.

Karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk kulit dan rambut, minyak bunga matahari dianggap sebagai salah satu minyak yang paling sehat dan umumnya lebih disukai daripada minyak berat lainnya seperti kelapa, almond, safflower dan minyak zaitun. Namun, untuk mendapat manfaatnya, disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah kecil karena meskipun demikian juga memiliki beberapa efek samping.

Efek samping minyak bunga matahari

Mengkonsumsi minyak bungan matahari dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan kadar insulin atau gula darah serta  meningkatkan risiko pengembangan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Karena memiliki kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi, mengonsumsi minyak bunga matahari yang berlebihan kemungkinan bisa menyebabkan kanker pay*dara pada wanita pasca-menopause dan prostat pada pria. Oleh karena itu dosis yang tepat harus diambil setelah mempertimbangkan faktor-faktor seperti usia, kesehatan dan kondisi lainnya. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk minyak bunga matahari.

Tags:

Leave a Reply