13 Manfaat Luarbiasa Ketumbar Untuk Kesehatan, Kulit, Dan Rambut

Tentu bagi para ibu-ibu terutama sudah tidak asing lagi dengan ketumbar, salah satu bumbu masak yang wajib ada di dapur Anda. Tanpa ketumbar, memasak ikan atau ayam goreng akan terasa terasa tak beraroma. Ternyata biji ketumbar ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk untuk kecantikan, dan sudah banyak digunakan diseluruh dunia untuk keperluan pengobatan herbal dan perawatan kecantikan.

Iklan

Apa itu Ketumbar?

tanaman ketumbar

Ketumbar memiliki nama ilmiah Coriandrum sativum, adalah tanaman yang tumbuh dengan tinggi tanaman tak lebih dari 1 meter. Jika diamati sekilas tanaman ketumbar mirip dengan seledri yang juga umum dikenal sebagai penambah aroma masakan. Biji ketumbar berbentuk bulat kecil berdiameter sekitar 1-2mm, yang agak mirip dengan merica.

Tanaman ketumbar berasal dari Eropa, memiliki nama dalam Bahasa Inggris Coriander, di Amerika Latin dikenal sebagai coriantro, dan Pak Chee di Thailand. Umumnya tanaman ketumbar ditanam didaerah dataran rendah dan pegunungan. Memiliki daun berwarna hijau dengan tepian bergerigi, lalu bunganya majemuk berbentuk payung bersusun, berwarna putih dan berwarna merah muda. Buahnya berbentuk hampir bulat yang bersusun berwarna kuning, mudah diropntokkan ketika matang kemudian dikeringkan. Biji ketumbar adalah rempah yang sangat populer sebagai bumbu masakan Asia.

Kandungan Nutrisi Ketumbar

Manfaat ketumbar

Biji ketumbar sarat akan nutrisi termasuk serat pangan, antioksidan, vitamin B, vitamin C, kalium, tembaga, magnesium, mangan, seng, zat besi, dan kalsium. Hal ini juga mengandung protein dan lemak dalam jumlah sedang. Bau ketumbar yang kuat berasal dari antioksidan dan minyak atsiri seperti asam linoleat, asam oleat, Linalool, alpha-pinene, dan terpene, dll.

KANDUNGAN Nutrisi SATUAN NILAI PER 100 G
air g 8.86
Energi kcal 298
Protein g 12.37
Total lipid (lemak) g 17.77
Karbohidrat g 54.99
Serat pangan g 41.9
KANDUNGAN MINERAL
Kalsium, Ca mg 709
Besi, Fe mg 16.32
Magnesium, Mg mg 330
Fosfor, P mg
Kalium, K mg
Sodium, Na mg 35
Seng, Zn mg 4.70
KANDUNGAN VITAMIN
Vitamin C mg 21.0
Tiamin mg 0,239
Riboflavin mg 0,290
Niasin mg 2.130
Folat ?g 0
Vitamin B-12 ?g 0,00
Vitamin A ?g 0
Vitamin D IU 0
KANDUNGAN LEMAK
Asam lemak jenuh g 0,990
Asam lemak tak jenuh tunggal g 13.580
Asam lemak tak jenuh ganda g 1.750
Kolesterol mg 0

Sumber : USDA

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Pencernaan

Biji ketumbar juga daun ketumbar segar bermanfaat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan mengandung serat pangan yang meningkatkan fungsi hati dan mempromosikan gerak peristaltik usus(1). Selain itu juga membantu tubuh dalam memproduksi enzim pencernaan sehingga memudahkan proses pencernaan. Jika Anda menderita gangguan pencernaan, misalnya perut kembung atau sebah, cobalah minum air biji ketumbar setiap hari untuk mengatasi gangguan pencernaan Anda. Caranya :

  1. Ambil ketumbar, rendam segenggam dalam air matang selama sehari.
  2. Saring airnya dan minum air ketumbar pada saat perut kosong.

2. Mengatasi Pilek Dan Influeza

Mengonsumi ketumbar dalam diet/makanan sehari-hari akan memungkinkan tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen yang sehat yang membantu menjaga elastisitas kulit. Namun hal ini juga membantu menyembuhkan luka, menjaga jaringan ikat yang sehat, dan menjaga tubuh dari flu.

Hal ini karena Vitamin C adalah antioksidan kuat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit yang sehat.  Penelitian telah menunjukkan bahwa daun ketumbar dan ketumbar mengandung hampir 30% vitamin C dari jumlah kebutuhan harian yang direkomendasikan. Hal ini mungkin karena manfaat vitamin C yang bekerja menstimulasi sistem kekebalan tubuh sehingga meningkatkan ketahanan dari serangan kuman dan virus penyebab infeksi.

3. Anti-diabetes

Banyak ahli kesehatan yang percaya bahwa ketumbar memiliki sifat antidiabetes yang kuat. Kandungan serat dalam ketumbar dianggap dapat membantu tubuh mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh sehingga bagus untuk penderita diabetes(2.) Ketumbar membantu menurunkan glukosa darah, kadar gula darah tetap terkendali dalam kadar yang sehat.

Selain itu ketumbar juga membantu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah. Bagi orang yang menderita diabetes dan kolesterol tinggi bisa minum air ketumbar setiap hari. cara mengonsumsi ketumbar untuk mengatasi diabetes :

  1. Rendam segenggam biji ketumbar semalamanan.
  2. Pada keesokan harinya saring airnya dan minum.

Jika Anda memiliki diabetes dan kolesterol tinggi, Anda bisa minum air ketumbar setiap hari.

4. Memiliki Sifat Anti infeksi

Penyakit infeksi yang ditularkan melalui air seperti kolera, tipus, disentri, dll yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Asupan ketumbar secara rutin mampu melindungi Anda dari penyakit tersebut karena sifat anti-bakteri yang dimilikinya.

Anda bisa memasukkan ketumbar kedalam makanan sehari-hari untuk mengonsumsinya untuk mencegah infeksi oleh berbagai jenis bakteri terutama jenis salmonella. Biji ketumbar mengandung tinggi senyawa dodekenal, yaitu senyawa yang memiliki kekuatan yang lebih kuat dari antibiotik untuk salmonella adalah alasan untuk itu.

Ketumbar juga memiliki efek antijamur dan antimikroba yang kuat. Dalam sebuah penelitian, minyak atsiri ketumbar adalah kandungan yang memiliki efek antijamur yang kuat terhadap spesies Candida. Para peneliti meyakini bahwa ketumbar memiliki kemampuan untuk menghancurkan dinding sel bakteri patogen, dan membantu mencegahnya berkembang biak. Hasil satu penelitian menemukan bahwa minyak ketumbar efektif terhadap semua bakteri yang diuji dengan sangat efektif membasmi bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi.(3)

5. Mencegah Anemia

Biji ketumbar dapat membantu mencegah anemia yang terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi dan berdampak buruk pada transportasi oksigen oleh darah. Ketumbar membantu mengatasi tubuh kekurangan zat besi yang membentuk sel darah merah(Hb). Hal ini karena ketumbar mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk zat besi, yang membantu mencegah anemia .

6. Detoksifikasi timbal/logam berat dalam tubuh

Ketumbar dapat melindungi tubuh dari keracunan timbal karena bisa bekerja sebagai agen detoksifikasi yang kuat, sehingga membersihkan tubuh dari logam berat beracun seperti timbal. (4)

7. Meningkatkan daya ingat

Satu studi pada 2011 menemukan bahwa penurunan memori pada tikus bisa dipulihkan dengan menambahkan daun ketumbar dalam makanan mereka selama 45 hari. Dengan penelitian yang lebih lanjut, ketumbar bisa berperan dalam mengelola kondisi seperti penyakit Alzheimer(5).

8. Mencegah kerusakan oksidatif

Ketumbar adalah sumber antioksidan kuat. Hal ini termasuk senyawa fenolik seperti katekin, alkana, apigenin, dan lanalool yang ditemukan pad atanaman ini. Jenis antioksidan ini membantu membersihkan radikal bebas, yang bisa sangat merugikan tubuh jika tidak dibersihkan dengan baik.

9. Melawan kanker

Karena memiliki banyak antioksidan, ketumbar dianggap sebagai bahan yang mungkin bisa untuk membantu melawan kanker. Ekstrak dari akar tanaman ini telah terbukti menghambat kerusakan DNA, mencegah migrasi sel kanker, dan mendorong kematian sel kanker dalam studi laboratorium(6).

10. Mencegah Masalah Menstruasi tak teratur

Jika Anda memiliki masalah menstruasi yang berat, cobalah sertakan biji ketumbar dalam makanan rutin Anda. Hal ini juga membantu mencegah menstruasi tak teratur. Biji ketumbar mengandung stimulan alami yang mampu merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat, sehingga rasa sakit yang terkait menstruasi berkurang dan mengurangi aliran haid berlebihan.

Ambil

  • 6 g ketumbar
  • 1 sdt gula
  • 1 liter air

Cara konsumsi

  1. Rebus biji ketumbar dengan setengah liter air.
  2. Tambahkan satu sendok teh gula saat air tinggal setengahnya.
  3. Minum rebusan ketumbar selagi masih hangat.
  4. Konsumsi tiga kali sehari setiap hari.

Manfaat Ketumbar Untuk Kulit

11. Mengobati penyakit kulit

Ketumbar juga cukup efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti eksim, gatal, ruam, dan peradangan. Hal ini juga bisa membantu menyembuhkan sariawan. Untuk mengobati sariawan ambil ketumbar sescukupnya lalu rebus dengan air, untuk kemudian di  pakai berkumur.

Biji ketumbar memilki sifat antiseptik sehingga bisa membantu melawan masalah kulit seperti eksim dan ruam. Hal ini juga mengandung asam linoleat yang memiliki sifat analgesik untuk mengurangi peradangan seperti rematik dan radang sendi.

Sebagai obat untuk kulit gatal dan ruam, ambil biji ketumbar secukupnya, 1 sdt madu dan sedikit air. Haluskan ketumbar dengan dicampur sedikit air kemudian tambahkan 1sdt madu. Oleskan pada kulit yang gatal. Bilas setelah 10 menit.

12. Mengurangi Jerawat

Jerawat  adalah masalah berulang bagi orang yang memiliki masalah kulit berminyak yang memasuki usia remaja. Biji ketumbar bisa sangat membantu dalam mengurangi jerawat. Hal ini karena ketumbar memiliki sifat antibakteri yang efektif untuk jerawat dan komedo. Untuk mengatasi jerawat :

Bahan

  • Bubuk ketumbar secukupnya
  • 1sdt madu
  • Bubuk kunyit secukupnya

Cara menggunakan

  1. Campurkan semua bahan untuk membuat krim kental.
  2. Oleskan sebagai masker ke seluruh wajah dan biarkan sampai mengering.
  3. Bilas dengan air dingin.

Manfaat Ketumbar untuk Rambut

13. Membantu Pertumbuhan Rambut

Kerontokan rambut dapat terjadi akibat folikel rambut yang sudah melemah, ketidakseimbangan hormon, stres, serta pola makan yang tidak tepat. Biji ketumbar bisa mencegah rambut rontok lebih lanjut dan membantu merangsang akar untuk pertumbuhan rambut baru. Berikut cara menggunakan ketumbar untuk rambut:

Bahan

  1. Ketumbar bubuk
  2. Minyak rambut

Cara penggunaan

Tambahkan beberapa jumput ketumbar bubuk kedalam minyak rambut Anda, kemudian per gunakan untuk memijat kulit kepala Anda setidaknya sebanyak dua kali seminggu.

Efek Samping Ketumbar

  • Meskipun banyak manfaatnya, ketumbar juga memiliki efek samping termasuk reaksi alergi, masalah liver, dan masalah pencernaan. Jika Anda alergi terhadap ketumbar Anda dapat memiliki reaksi negatif.  Bagi yang rentan terhadap alergi harus waspada terhadap penggunaan ketumbar dalam makanan karena dapat memperburuk reaksi alergi.
  • Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah pada fungsi hati dan sakit perut.
  • Dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang tidak sehat, jadi pastikan untuk memoderasi asupan ketumbar Anda(7). Hati-hati bagi yang sudah memiliki masalah tekanan darah rendah.
  • Bagi penderita diabetes dan hipertensi harus rutin memantau kesehatan mereka dengan ketat jika memasukkan ketumbar dalam makanan karena dapat menyebabkan penurunan kadar gula dan tekanan darah secara drastis.
Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *