10 Manfaat Kacang Pistachio Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kulit

Kacang pistachio memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, termasuk menyehatkan jantung, menjaga berat badan ideal, mencegah degenerasi makula, mencegah hipertensi, serta menjaga pencernaan yang lebih baik. Tak hanya itu, pistachio juga menambah darah, meningkatkan kemampuan otak dan kesehatan kulit.

Advertisement

Kacang Pistachio: Apa, Kandungan Nutrisi, dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Manfaat Pistachio

Apakah Pistachio?

Mungkin Anda sudah pernah bahkan sering mengonsumsi kacang pistachio. Bagi yang belum, untuk mendapatkan makanan ini Anda bisa datang ke supermarket atau beli secara online. Rasa dari kacang pistachio sangat gurih dan lezat, sehingga tak heran sering membuat orang ketagihan setelah kecapan pertama kali dimulut.

pohon pistachio berbuah

Credit Foto: flickr

Pistachio merupakan salah satu jenis kacang yang banyak terdapat di Asia Barat termasuk mediterania, dan saat ini secara umum sudah dikonsumsi di seluruh penjuru dunia. Kacang Pistachio berasal dari keluarga tanaman Anacardiaceae dari genus Pistacia. Pohon pistachio membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum bisa berbuah untuk pertamakalinya yaitu sekitar 10 hingga 12 tahun. Kacang pistachio tidak tergantung musim dan tersedia sepanjang tahun.

Kandungan Nutrisi Pistachio

Pistachio adalah salah satu jenis kacang mengandung sebagian besar jenis nutrisi seperti karbohidrat, protein, asam amino, lemak, dan serat. Hal ini juga kaya dengan jenis mineral yang sangat dibutuhkan tubuh seperti fosfor, kalium, kalsium, besi, magnesium, seng, tembaga, dan natrium – termasuk vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, E, dan vitamin K, serta jenis vitamin B kompleks termasuk tiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolin, dan betain. Disisi lain, pistachio memiliki kandungan kalori dan lemak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan banyak  jenis kacang kering lainnya. Nilai nutrisi yang terakhir ini cocok untuk Anda yang menginginkan berat badan tetap terjaga secara seimbang.

Manfaat Kesehatan Pistachio

Manfaat Antioksidan

Pistachio mengandung banyak zat antioksidan. Antioksidan berguna untuk menetralisir radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh secara alami akibat proses metabolisme sel dan jika tak dinetralisir dengan zat antioksidan dapat menyebabkan kondisi seperti kanker dan penyakit jantung. Untuk itu makanlah beragam makanan yang mengandung banyak zat antioksidan termasuk pistachio.

Mempromosikan Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi pistachio secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang biasa disebut juga dengan LDL dalam tubuh. Antioksidan pitosterol, dan asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam pistachio sangat bagus untuk mempromosikan kesehatan jantung. Kacang ini juga merupakan sumber jenis asam amino  kuat yang disebut dengan l-arginine, yang bermanfaat mencegah pengerasan arteri dan pembentukan bekuan darah – penyebab serangan jantung.

Pengelolaan Berat Badan

Pistachio juga merupakan pilihan sehat bagi orang yang sedang mengikuti program diet menjaga berat badan. Pistachio memiliki kadar kalori yang lebih rendah dan rendah lemak jenuh, sementara tinggi protein dan tinggi jenis lemak tak jenuh yang merupakan lawan dari lemak jenuh sehingga merupakan makanan yang sempurna untuk manajemen berat badan yang ideal.

Mencegah Penyakit Degenerasi Makula

Pistachio juga mengandung antioksidan jenis karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin. Jenis antioksidan ini membantu mengurangi risiko terkena penyakit mata terkait usia atau degenerasi makula pada orang tua.

Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat pistachio bagi tubuh yang lain adalah bahwa kacang ini merupakan sumber serat yang baik, dimana yang membantu melancarkan pencernaanmakanan. Satu porsi pistachio sekitar 1 ons pistachio mengandung sekitar 3 gram serat, adalah jumlah asupan yang lebih dari cukup untuk membuat saluran pencernaan Anda tetap bekerja secara optimal.

Membantu Penyerapan Zat Besi

Pistachio memiliki kandungan mineral tinggi khususnya tembaga, dimana yang membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang lebih tinggi dari sumber makanan. hal ini dapat membantu mengatasi kondisi seperti anemia dan meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang lancar pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan otak dan seluruh organ tubuh lainnya.

Anti Peradangan/inflamasi

Terdapatnya vitamin A, vitamin E dan sifat anti-inflamasi yang dimiliki pistachio membantu mengurangi peradangan di hampir setiap bagian tubuh.

Menjaga Sistem Syaraf

Kadar tinggi vitamin B6 dalam pistachio membantu dalam membangun asam amino penting dalam transmisi impuls saraf. Dengan demikian sangat berperan penting dalam menjaga sistem saraf yang sehat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pistachio bermanfaat meningkatkan kekebalan karena adanya vitamin B6 di dalamnya. Hal ini membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga membantu mencegah dari terkena berbagai jenis infeksi dan jenis kanker tertentu.

Meningkatkan Hemoglobin

Hemoglobin adalah sel darah yang membantu membawa oksigen dalam darah. Tingginya vitamin B6 dalam pistachio dapat meningkatkan kuantitas oksigen dalam darah dan meningkatkan jumlah hemoglobin. Baca juga : Makanan Mengandung Hemolobin tinggi

Otak Yang Sehat

LAGI-LAGI Vitamin B6, salah satu vitamin B kompleks yang banyak terdapat dalam pistachio ini berguna membantu dalam meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. Darah yang mengandung oksigen tinggi ketika sampai di otak akan membuatnya lebih aktif.

Kelenjar Tubuh  Yang Sehat

Kelenjar seperti limpa, timus dan lain-lain akan menjadi lebih sehat dan mampu bekerja dengan baik jika mendapatkan suplai darah yang baik yang mengandung lebih banyak sel darah putih yang diperlukan untuk melawan infeksi.

Sistem Saraf yang Sehat

Vitamin B6 yang banyak terdapat dalam pistachio sangat bermanfaat bagi sistem saraf. Amina adalah molekul pesan dalam sistem saraf; dan untuk bisa berkembang, hal ini membutuhkan asam amino yang keberadaannya bergantung pada keberadaan vitamin B6 di dalam tubuh. Vitamin ini berfungsi membangun selubung yang disebut mielin yang berada di sekitar serabut saraf. Dan informasi dikirimkan melalui serabut saraf dari satu saraf ke yang lain. Vitamin B6 bermanfaat membantu dalam membangun banyak asam amino yang membantu dalam transmisi impuls saraf yang tepat – yang banyak dimiliki kacang pistachio.

Mengendalikan gula darah pada Diabetes

Pada orang yang menderita diabetes, gula membentuk ikatan yang tidak sesuai dengan protein dan membuatnya tidak dapat diproses dan digunakan untuk fungsi energi tubuh. Proses ini dikenal dengan glikasi. Antioksidan yang banyak terdapat dalam pistachio membantu mengurangi proses glikasi ini dan sehingg akhirnya membantu mengendalikan gula darah.Selain mengedalikan tingkat gula darah, juga sekaligus tekanan darah.

Manfaat Untuk Kulit

Kulit Yang Sehat

Vitamin E dan antioksidan sangat penting untuk kesehatan kulit yang sehat dan nutrisi ini banyak terdapat dalam pistachio. Hal ini berperan mengintegrasikan antara membran sel, membran mukosa, dan membran kulit. Manfaat dari ini yaitu akan melindungi kulit dari sinar UV dari matahari yang berbahaya, sehingga mencegah penyakit kulit dan membuat kulit lebih sehat dan tampak lebih indah.
Vitamin E dan antioksidan dalam pistachio juga berperan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, sehingga mengurangi kemungkinan kanker kulit dan kulit hitam terbakar.

 Anti-penuaan

Vitamin E yang ada di pistachio bermanfaat membantu melawan proses penuaan pada kulit sehingga akan membuat Anda tampak lebih muda. Minyak yang terdapat dalam pistachio memiliki sifat emolien yang membantu melembabkan kulit sehingga menjaganya agar tetap kering.Biasanya ini digunakan sebagai minyak aroma terapi, minyak pijat, dll.

Sebagai Pelembab Alami

Minyak pistachio adalah pelembab kulit alami yang sangat baik. Hal ini cenderung memiliki efek menghidrasi dan melicinkan kulit. Anda bisa mencoba mengganti pelembab yang biasa Anda pakai dengan minyak Pistachio untuk mendapatkan kulit yang halus dan halus alami.

Memberikan Cahaya Alami Kulit

Pistachio mengandung cukup banyak jenis asam lemak esensial yang sangat penting untuk menjaga kulit yang sehat dan bercahaya. Sehingga dengan memasukkan pistachio kedalam diet rutin Anda bisa membantu untuk memastikan kulit Anda yang sehat dan bersinar.

Efek Samping

Mengonsumsi pistasio secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping buruk seperti :

  • Penambahan Berat Badan: Kacang pistachio bisa membuat Anda mengalami kenaikan berat badan secara drastis jika Anda mengonsumsinya lebih dari jumlah yang dianjurkan setiap hari.
  • Meningkatkan Tekanan Darah: Mengkonsumsi pistachio panggang yang banyak ditambahkan garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Baca juga : Dampak BAHAYANYA sering makan Asin-asin/Banyak Garam
  • Gangguan pencernaan: Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika tubuh Anda bereaksi terhadap senyawa fruktan yang terdapat dalam pistachio. Gejala efek samping yang dihasilkan mungkin termasuk sembelit, kembung, sakit perut , perut kembung, dan diare .

Cara memilih produk pistachio yang sehat

Pistachio mungkin tersedia dalam berbagai bentuk seperti dikupas, original, ditambah pemanis atau diasinkan. Kulit kacang pistachio berguna untuk melindunginya dari kerusakan fisik dan kontaminan. Pistachio yang diasinkan atau manis mungkin bukan pilihan yang sehat karena akan memiliki kadar natrium dan gula yang tinggi. Yang ideal adalah membeli produk yang tidak digiling atau masih dalam bentuk alaminya.

Penyimpanan: Harus disimpan dalam wadah yang kedap udara dan diletakkan di tempat sejuk dan kering supaya dapat bertahan lama bahkan hingga berbulan-bulan.

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *