15 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Dan Kulit

Mungin sudah banyak dari kita yang sudah tahu tentang manfaat jus buah jambu biji untuk kesehatan. Tapi apakah Anda sudah menyadari bahwa daun jambu bijipun juga memiliki beberapa manfaat obat dan menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan?. Dibalut dengan zat antioksidan, senyawa anti bakteri, antiinflamasi serta tanin, daun jambu biji segar juga telah dianggap sebagai pereda sakit alami. Fitokimia yang terkandung dalam daun jambu biji termasuk polifenol, karotenoid, flavonoid dan tanin adalah zat antioksidan yang bisa sangat efektif dalam mengobati berbagai penyakit. Baca juga : Jenis-jenis Zat Antioksidan dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Iklan

Karena efek samping dari penggunaan obat-obatan kimia yang banyak dikhawatirkan, tanaman herbal semakin banyak dipertimbangkan untuk mengobati berbagai penyakit dan daun jambu biji adalah salah satunya. Karena khasiatnya, suplemen daun jambu biji saat ini sudah tersedia dalam bentuk kapsul maupun dalam bentuk teh daun jambu biji.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat daun jambu biji

Daun jambu banyak dianggap sebagai bahan herbal yang berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit karena mengandung senyawa bersifat obat. Berikut daftar 15 manfaat dari daun jambu biji yang perlu Anda ketahui:

1. Menurunkan Berat Badan:

Daun jambu biji bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara mencegah zat pati diubah menjadi gula dalam tubuh. Karbohidrat harus dipecah lebih dahulu di hati untuk digunakan oleh tubuh, dan daun jambu biji bisa mencegah transisi karbohidrat untuk menjadi zat yang bermanfaat.

2. Manfaat Untuk Diabetes:

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central Institute di Jepang, teh daun jambu biji bisa secara efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes dengan cara mengurangi aktivitas enzim alfa-glukosida. Selain itu, daun jambu biji juga bisa mencegah penyerapan sukrosa dan maltosa oleh tubuh sehingga mampu menurunkan kadar gula darah. Minum teh daun jambu biji selama 12 minggu dapat menurunkan kadar gula darah tanpa meningkatkan produksi insulin.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol:

Penelitian telah membuktikan bahwa minum teh daun jambu biji selama 3 bulan dapat menyebabkan penurunan kolesterol jahat(LDL)  dan trigliserida tanpa efek yang merugikan kadar kolesterol baik. Selain itu, daun jambu biji juga merupakan tonik atau pembilas hati yang baik.

4. Mengobati Diare dan Disentri:

Daun jambu biji adalah obat herbal yang baik untuk mengatasi diare dan disentri. Untuk mengobati diare, rebus 30 gram daun jambu biji yang ditambah dengan tepung beras kedalam 1-2 gelas air,  dan minum 2 kali sehari. Jika untuk disentri, potong akar dan daun tanaman jambu biji lalu rebus selama 20 menit kemudian saring air dan minum secukupnya.

5. Membantu Pencernaan:

Teh daun jambu biji bisa membantu pencernaan dengan cara merangsang produksi enzim pencernaan. Agen antibakteri yang kuat membasmi bakteri di lapisan usus dan akan menghentikan proliferasi enzim toksik oleh bakteri. Daun jambu biji juga sangat bermanfaat dalam kasus keracunan makanan serta meredakan mual dan muntah. Untuk meredakan sakit perut, rebuslah 8 lembar daun jambu biji kedalam 1,5 liter air dan minum sebanyak 3 kali sehari.

6. Pengobatan Bronkitis:

Teh daun jambu biji efektif dalam pengobatan bronkitis karena bisa membuka paru-paru, mengencerkan lendir, dan meredakan batuk .

7. Mengobati Sakit Gigi dan Gusi

Karena sifat anti-radangnya, daun jambu biji segar bisa meredakan sakit gigi, masalah gusi dan mengobati sakit tenggorokan ketika digunakan untuk berkumur. Agen antibakteri dalam daun ini akan melindungi gigi dan gusi sehingga daun jambu biji kini telah digunakan sebagai bahan dalam pasta gigi dan penyegar mulut. Daun jambu biji bisa dibuat menjadi pasta gigi alami untuk menyikat gigi.

8. Demam Berdarah:

Tak hanya buahnya, daun jambu biji juga telah dianggap sebagai obat alami untuk membantu pengobatan demam berdarah. Hal ini karena ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah dan samasekali tidak beracun. Untuk kebutuhan ini ambil 9 lembar daun jambu biji lalu direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Setelahdidinginkan, secangkir air rebusan tersebut harus diberikan kepada pasien sebanyak tiga kali sehari.

9. Meredakan Alergi:

Daun jambu biji bersifat mencegah pelepasan histamin. Selain itu, senyawa yang ditemukan dalam daun jambu biji juga efektif dalam memblokir semua reaksi alergi.

10. Meningkatkan Produksi sp*rma:

Meminum teh daun jambu biji telah terbukti efektif dalam meningkatkan produksi sp*rma, sehingga bisa membantu pembuahan menjadi lebih mudah. Bagi yang mencoba untuk memperoleh keturunan bisa mencobanya agar cepat mendapat karunia.

11. Pengobatan Luka dan Infeksi:

Daun jambu biji memiliki sifat penyembuhan yang hebat, termasuk dapat mengobati luka, benturan, dll. Agen antibakteri dalam daun jambu biji dapat mencegah infeksi dan mengurangi peradangan sehingga mempercepat penyembuhan luka. Teh daun jambu biji juga dapat membantu menyembuhkan infeksi telinga.

Untuk perawatan kulit, daun jambu biji ternyata bisa sangat membantu dalam meningkatkan kulit serta mengobati berbagai gangguan kulit. Berikut ini adalah manfaat daun jambu biji untuk kulit.

12. Pengobatan Jerawat dan Bintik Hitam:

Jerawat dan flek hitam pada kulit cukup mengganggu karena sangat mempengaruhi penampilan kulit Anda. Daun jambu biji juga efektif dalam menghilangkan jerawat dan flek hitam pada kulit. Hal ini karena daun jambu biji memiliki sifat antiseptik yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Untuk mengatasi jerawat, tumbuk dan haluskan beberapa lembar daun jambu biji untuk kemudian dioleskan pada jerawat dan flek hitam. Bilas dengan air setelah didiamkan beberapa saat. Cara ini harus dilakukan setiap hari sampai kulit menjadi bersih seperti yang diharapkan.

13. Menghilangkan Komedo:

Untuk mengobati komedo, tumbuk dan haluskan daun jambu biji dan tambahkan sedikit air untuk membuat krim, dan gunakan sebagai scrub pada hidung Anda untuk menghilangkan komedo.

14. Anti Tanda Penuaan:

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa daun jambu biji mengandung antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas yang bersifat merusak kulit Anda, sehingga bisa melindungi kulit Anda dari penuaan dini serta mampu memperbaiki warna dan tekstur kulit. Air rebusan daun jambu dapat dioleskan pada kulit untuk mengencangkannya.

15. Meredakan Gatal-gatal pada kulit:

Gatal-gatal pada kulit selan membuat tak nyaman juga dapat menyebabkan masalah serius jika tidak segera diobati. Daun jambu biji bisa menjadi obat instan untuk menghilangkan rasa gatal karena mengandung senyawa yang menekan alergen.

Demikian 15 manfaat daun jambu biji yang cukup baik bagi kesehatan dan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa kondisi kulit tertentu seperti jerawat terkait dengan zat-zat atau senyawa kimia alami yang terdapat dalam daun jambu biji.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *