7 Makanan Yang Berpotensi Tinggi Dapat Merusak Kulit dan Wajah Anda

Di satu sisi orang yang berusaha agar memiliki kulit wajah yang halus lembut serta bersinar, namun disisi lain mereka juga merusaknya secara perlahan tanpa mereka sadari melalui makanan yang mereka pilih. Peribahasa lama mengatakan “Apa yang Anda makan akan tercerminkan melalui kulit Anda”, jadi maksudnya adalah baik atau buruk makanan yang Anda konsumsi akan termanifestasi kepada kulit Anda yang bisa dilihat secara kasat mata.

Advertisement

Rok*k menurut banyak orang dan pakar adalah salah satu bentuk gaya hidup terburuk yang sangat merusak kulit ketika berbicara mengenai kecantikan. Namun makan-makanan yang rendah gizi serta diet yang buruk bahkan dampaknya bisa lebih buruk daripada dampak mer*kok terhadap kulit. Hal ini dapat menyebabkan peradangan yang dipicu oleh radikal bebas yang pada akhirnya akan merusak kolagen dan DNA, sehingga Anda akan terlihat lebih tua dari usia Anda sesungguhnya!.

Makanan yang merusak kulit

Image : pixabay

Berikut Makanan-makanan Perusak Kulit Wajah Yang Harus Anda Jauhi Agar Senantiasa Terlihat Cantik dan Awet Muda

Kue-kue dari tepung Beras

Kue-kue tepung umumnya dibuat dengan rasa yang sangat manis dengan tambahan banyak gula. Tepung beras itu sendiri sudah merupakan karbohidrat sederhana yang akan dimetabolisme tubuh dengan cara yang sama seperti gula, belum lagi gula tambahan yang jumlahnya seringkali melebihi toleransi asupan gula yang disarankan. Apa akibatnya? Tentu saja gula darah Anda akan mengalami lonjakan, dan ketika ini dikonsumsi secara rutin maka sama saja Anda dengan meracuni kulit Anda – Anda akan terlihat lebih cepat tua dan keriput.

Permen / Gula-gula

Siapa sih yang tidak suka permen? Biasanya wanita akan menyukai hal yang manis-manis terutama permen karena terbiasa sejak anak-anak. Permen memang teman yang baik ketika pengen mengunyah sesuatu namun perut masih terasa penuh, sehingga mulut kita selalu termanjakan oleh sebuah rasa yang asyik. Di suatu daerah yang memiliki budaya tinggi mangulum permen, para remaja yang tumbuh identik dengan jerawat sementara di daerah yang berbudaya tanpa permen kebanyakan anak remaja bebas dari jerawat. Lalu ada apa dengan permen?. Permen tentu saja mengandung sangat banyak gula, yang salah satu efek buruk banyak gula adalah menurunkan jenis protein yaitu kolagen dan elastin yang membuat kulit Anda kenyal dan lembut sehingga mempengaruhi tekstur kulit. Pada akhirnya akan membentuk keriput, penipisan kulit dan jerawat.

Gula Tambahan

Gula penting untuk membuat minuman manis, namun seringkali ditambahkan secara berlebihan. Gula tambahan tidak hanya merupakan kalori kosong, juga tetapi juga akan mempengaruhi tekstur kulit, mempercepat tanda penuaan termasuk keriput di dahi, di bawah mata, penipisan kulit, bercak-bercak, dan warna kulit menjadi pucat adalah beberapa efek samping dari berlebihan makan gula. Mengkonsumsi gula secara lebih bijak hasilnya pasti bisa mengurangi berbagai masalah kulit ini. Menurut AHA, jumlah asupan gula tmbahan yang harus Anda makan dalam sehari adalah 150 kalori per hari atau 37,5 gram atau 9 sendok teh untuk pria, dan untuk Wanita 100 kalori per hari.

Baca juga: Gula Vs Pemanis Buatan

Sereal

Benarkah? Sereal memang seringkali diklaim sebagai makanan sehat dan menambah energi. Namun faktanya berbicara lain, karena sereal yang sebenarnya memang  yang terbuat dari biji-bijian itu ternyata banyak diberi gula tambahan. Artinya gula berlebihan yang adan konsumsi dari sereal akan menyebabkan lonjakan gula darah yang akhirnya lama-kelamaan menyebabkan kerusakan kulit.

Produk Susu

Susu sebenarnya makanan yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi ketika dikonsumsi secara berlebih susu dapat menyebabkan banyak masalah untuk kulit, menyebabkan kelopak mata bengkak atau kantung mata, jerawat, komedo, flek dan kerutan diatas hidung. Menurut sebuah penelitian ternyata ada kaitan antara konsumsi banyak susu dan jerawat. Ditemukan juga bahwa jumlah hormon pertumbuhan yang tinggi dalam susu skim ketika masuk ke dalam aliran darah dapat mempengaruhi insulin, akhirnya menyebabkan peradangan, meningkatkan produksi minyak dan akhirnya timbul jerawat.

Susu organik bisa menjadi alternatif yang baik karena hanya mengandung hormon yang terjadi secara alami, bukan hormon yang ditambahkan dalam susu skim atau susu non organik, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan secara pasti apakah susu organik tidak berdampak negatif pada kulit.

Makanan Asin/banyak Garam

Beberapa makanan seperti camilan biasanya dibuat dengan menggunakan banyak garam. Namun terlalu banyak garam yang kita konsumsi dapat menyebabkan seperti bengkak-bengkak di wajah. Hal ini karena kulit di sekitar mata kita sangat tipis dan lembut sehingga kelebihan konsumsi garam dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar area ini.

Baca juga : Efek buruk Makanan Banyak Garam

Garam adalah natrium, nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun ketika konsumsi natrium sudah berlebihan, maka menghasilkan banyak efek buruk bagi tubuh termasuk hipertensi, edema, kembung, dan dehidrasi. Semua hal dalam tubuh Anda akan terdampak efek buruk kelebihan natrium dalam tubuh termasuk kulit Anda juga akan mengalaminya. Wajah Anda mungkin akan menjadi bengkak karena retensi air yang disebabkan oleh terlalu banyak asupan garam,  dan Anda mungkin juga akan  mengembangkan kantong bawah mata. Kulit juga bisa menjadi kering dan pecah-pecah, atau bisa memiliki kelebihan produksi minyak karena kelenjar minyak mencoba untuk mengkompensasi dehidrasi kulit – yang akhirnya menyebabkan kulit berjerawat.

Asupan garam atau natrium harian yang aman adalah sekitar 500 mg perhari.

Kerupuk-keripik

Kerupuk dan keripik dibuat dengan cara digoreng kedalam minyak yang bersuhu tinggi sehingga mengandung lemak jenuh yang disebut dengan fat-trans. Banyak studi yang membuktikan bahwa Fat trans memiliki banyak dampak buruk terhadap kesehatan tubuh termasuk penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes tipe 2,  kanker, dan peradangan. Pada kulit, efek buruk fat trans terkait dengan penyakit peradangan oleh kerusakan oksidatif karena menurunnya fungsi pertahanan antioksidan kulit – sehingga kulit menjadi sangat rentan terkena sinar ultraviolet dari matahari. Dampak secara tak langsung ini pada akhirnya menyebabkan keriput, kulit pecah-pecah, dan flek-hitam.

Ditambah lagi kerupuk keripik umumnya dibuat dengan banyak garam, dimana dampak buruknya terhadap kulit seperti yang sudah kita bahas sebelumnya yaitu menyebabkan kulit kering, bengkak diwajah dan kantung mata.

keripik juga sering dibuat dengan karbohidrat olahan, yang meningkatkan peradangan yang menyebabkakerusakan DNA dan kolagen. Lambat laun akan membuat kulit Anda memiliki banyak garis-garis halus, keriput, dan penuaan. Karbohidrat halus dari keripik adalah penyebab utama munculnya kasus jerawat pada orang dewasa.

Produk Soda dan Jus Buah

Bukannya jus buah adalah sehat? Ya seharusnya. Namun faktanya produk jus yang beredar memiliki banyak tambahan gula, sehingga memiliki kandungan kalori yang tersembunyi. Efek pada ini terkait dengan konsumsi gula yang berlebihan seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Jadi, ketika Anda membuat jus sendiri dari buah segar tanpa gula atau dengan gula yang dimoderasi, maka jus buah adalah asupan sehat yang bisa membuat anda awet muda dan memiliki kulit yang lembut serta halus.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji umumnya banyak ditambahkan dengan garam dan lemak jenuh. Sebut saja makanan cepat saji yang sering kita temui sehari-hari seperti nasi goreng, mie pangsit dan bakso. Makanan cepat saji seringkali juga sangat tinggi kalori. Seperti yang kita bahas sebelumnya, efek buruknya terhadap kulit terkait dengan garam dan lemak jenuh berlebih.

Margarin

Sebenarnya lemak sangat penting untuk menjaga kelenturan, namun banyak jenis lemak lain yang justru memiliki banyak efek buruk. Jenis lemak jenuh seperti lemak trans seringkali ditemukan dalam margarin. Sebuah sebuah studi di Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa asupan margarin berlebihan terkait dengan peningkatan kerutan kulit.

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *