27 Makanan Pembakar Lemak Dan Kalori Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Lemak yang menumpuk dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, bahkan termasuk penyakit jantung. Siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki berat badan ideal tanpa lemak berlebih, dan hidup itu memang pilihan. Lalu apakah bisa makanan membakar lemak? Dengan asupan makanan yang tepat, Anda bisa membakar lemak tubuh Anda untuk mencapai sesuatu yang Anda inginkan.

Advertisement

Jenis makanan tertentu secara langsung bisa meningkatkan laju metabolisme untuk membakar lemak dengan efektif dan cepat karena memiliki sifat termogenik. Sementara ada jenis makanan yang lainnya yang secara tidak langsung dapat meningkatkan  metabolisme dengan cara mengurangi semua faktor yang menyebabkan metabolisme yang lambat. Namun ada hal lain yang sangat penting untuk dipahami, yaitu kapan waktu yang tepat Anda harus mengkonsumsi makanan yang membakar lemak ini.

Disini ada daftar makanan pembakar lemak, kapan harus dimakan misalnya saat sarapan, makan siang, atau makan malam serta pasca-olahraga.

Makanan pembakar lemak

Berikut Daftar Makanan Pembakar Lemak Cepat

Kopi Hijau atau Kopi Hitam

Kopi mengandung kafein yang kopi secara efisien meningkatkan efek termogenis. Studi juga mengakui bahwa kopi meningkatkan metabolisme dan oksidasi lemak. Minumlah secangkir kopi hitam tanpa pemanis atau gula untuk membakar lemak.

Teh Hijau

Teh hijau sangat bersifat meningkatkan termogenic karena pengaruh adanya kandungan kafein, katekin-polifenol dengan noradrenalin. Hal ini menginduksi termogenesis jaringan adipose tissue. Katekin-polifenol dan kafein ini bisa menambah dan memperpanjang stimulasi termogenesis yang bisa bermanfaat dalam membantu manajemen obesitas. Teh hijau juga bekerje mendetoksifikasi tubuh karena mengandung banyak kadar  antioksidan. Minumlah secangkir teh hijau pada pagi hari untuk mendetoks dan membakar lemak. Baca juga : Resep Jus buah sayur untuk mendetoksifikasi tubuh

Kacang

Kacang juga memiliki efek termogenic, meskipun hal ini bekerja dengan tidak langsung. Makanan ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, dan jenis lemak sehat. Semua nutrisi dalam kacang  tersebut bisa meningkatkan rasa kenyang, mengurangi peradangan, dan membantu detoksifikasi sehingga pada akhirnya bisa membuat sel-sel Anda aktif dan berfungsi normal. Ketika sel-sel tubuh sudah bekerja dengan baik, maka tingkat metabolisme tubuh Anda akan meningkat. Anda bisa makan kacang termasuk almond, kenari, pistachio, dan kacang pinus untuk meningkatkan metabolisme tubuh saat Sarapan.

Telur

Telur umumnya enak ketika dimakan saat sarapan karena sifatnya enak dan mengenyangkan. Telur mengandung berbagai jenis nutrisi, termasuk vitamin larut lemak, protein, asam lemak tak jenuh, dan berbagai mineral. Para pakar kesehatan di universitas Saint Louis menemukan bahwa telur yang dimakan sebagai sarapan menginduksi dan mempercepat penurunan berat badan pada peserta penelitian karena mengenyangkan. Telur bisa direbus, orak arik, dadar, ceplok, dll, yang enak untuk sarapan.

Kale

Kale menjadi sangat populer akhir-akhir ini karena manfaat kesehatannya yang tinggi. Makan kale bisa  membantu mencegah peningkatan kadar gula darah setelah makan. Kadar gula darah yang fluktuatif dapat menyebabkan resistensi insulin, dan diabetes tipe 2. dan kenaikan berat badan.

Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan satu makanan yang kaya akan vitamin C, serat, mineral, dan banyak fitonutrien. Antioksidan adalah unsur dari kandungan jeruk nipis yang bisa membantu menyingkirkan radikal bebas berbahaya. Hal ini pada akhirnya yang akan membantu sel agar dapat berfungsi normal, sehingga membuat semua proses fisiologis berjalan dengan baik. Ini akhirnya membantu tubuh bisa memetabolisme makanan dengan cara lebih baik serta mencegah penumpukan lemak.

Buah Anggur

Buah anggur mengandung asam hidroksisitrat dalam jumlah banyak, yang bisa mencegah pengubahan gula menjadi lemak . Buah Anggur juga kaya akan serat pangan yang bisa membantu mengenyangkan. Anda bisa mengonsumsi jus anggur atau mengombinasikannya dengan makanan lain.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang termasuk dalam daftar makanan super. Hal ini terutama kaya serat, vitamin termasuk vitamin K,A, C, folat, serta mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, serta tak ketinggalan asam lemak omega 3. Brokoli  bermanfaat juga untuk mengurangi kadar kolesterol buruk (LDL) dalam darah,  sementara zat antioksidan membantu mendetoks tubuh. Penumpukan lombah racun dalam tubuh akhirnya menghambat fungsi sel sehingga memperlambat metabolisme. Makan brokoli bisa membantu Anda mengatasi masalah itu semua. Anda bisa mekan siang dengan brokoli rebus dengan sedikit tambahan garam, merica, dan minyak zaitun.

Asparagus

Asparagus mengandung jenis antioksidan flavonoid yang dikenal sebagai quercetin, yang berperan mencegah pertambahan berat badan. Asparagus juga meningkatkan pengaturan gen metabolisme sehingga pada akhirnya membantu mengatur kadar trigliserida dan kolesterol yang merupakan satu penyebab kegemukan. Anda bisa menumis asparagus untuk makan siang, anda bisa dengan mengkobinasikan dengan jenis sayuran lainnya, ikan, atau ayam.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak termasuk ikan salmon, ikan tuna, dan ikan cod banyak mengandung asam lemak omega-3, yang salah satunya membantu mengurangi peradangan, meningkatkan jenis kolesterol baik(HDL), serta mampu menurunkan kadar trigliserida. Manfaat ini pada akhirnya juga membantu pengaturan gen dan fungsi sel secara tepat sehingga meningkatkan kecepatan metabolisme. Masukkan jumlah porsi sedang ikan untuk makan siang atau makan malam Anda.

Buah Tomat

Tomat terutama mengandung lycopene, yang bermanfaat meningkatkan kesehatan metabolik, mengurangi kolesterol darah , dan mengurangi inflamasi. Ketika metabolisme tubuh lancar, maka proses pembakaran lemak juga semakin cepat. Tomat bisa anda masukkan ke salad, atau makanan lainnya, juga bisa di buat jus tomat untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan timbunan lemak.

Bayam

Bayam kaya akan serat makanan yang bermanfaat untuk mengurangi rasa lapar. Rasa lapar yang berkurang artinya akan mencegah konsumsi makanan bergula sehingga adar glukosa darah terkendali, yang akhirnya akan membuat fungsi sel dan enzim bekerja baik untuk  mempercepat reaksi metabolisme.

Bawang putih

Bawang putih termasuk makanan yang menginduksi termeogenisis yang membantu mengendalikan jumlah sel-sel lemak dalam tubuh. Anda bisa mengiris bawang putih tipis-tipis atau dihancurkan dan dimasukkan kedalam sup, atau makanan lain.

Biji-bijian

Biji-bijian adalah makanan sehat yang  kaya akan jenis lemak sehat, serat pangan, dan berbagai nutrisi lainnya. Para ilmuwan yang meneliti makanan ini menemukan bahwa biji-bijian membantu mengurangi kadar glukosa darah dan jumlah lemak tubuh sehingga mencegah penyakit terkait metabolik Biji-bijian utuh contohnya beras merah,  gandum utuh,  beras hitam, jagung,  dll. Anda bisa makan siang dengan makan nasi beras merah plus sayuran dan sumber sumber protein tanpa lemak.

Cabai

Cabai mengandung capsaicin, yang memicu efek termo tubuh sehingga meningkatkan laju metabolisme . Anda bisa memasukkan cvabai kedalam makan siang Anda untuk sayuran, atau sambal untuk mengurangi berat badan.

Yoghurt

Yoghurt bisa membakar lemak? Yoghurt mengandung jenis bakteri usus yang baik yang membantu pencernaan. Yogurt bisa membuat anda merasa kenyang sehingga juga bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan, meningkatkan penurunan jumlah lemak, mengurangi respon glikemik, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Anda bisa makan yoghurt setelah makan siang, bisa sebagai pengganti mayones atau saos yang tinggi lemak lainnya.

Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah yang bisa efektif menguatkan metabolisme. hal ini membantu meningkatkan sensitivitas insulin, hipertensi, membantu mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko obesitas. Tambahkan kayu manis kedalam  makanan Anda  untuk mendapatkan penurunan berat badan.

Kunyit

Kunyit terutama dikenal mengandung zat yang disebut kurkumin, merupakan jenis fitonutrien yang membuat warna kuning cerah dan rasa khas pada kunyit.  Kurkumin bersifatanti radang sehingga membantu mencegah peningkatan berat badan akibat peradangan. Anda bisa mengonsumsi kunyit sebelum tidur.

 Jahe

Para ilmuwan setuju bahwa menkonsumsi jahe meningkatkan termogenesis, mengurangi rasa lapar, anti radang, dan manfaat antioksidan. Jahe bisa dikonsumsi sebagai teh jahe hangat yang memanaskan suhu tubuh untukmembakar lemak.

Baca juga : Kenapa orang sering gagal diet menurunkan berat badan?

Ubi Jalar

Ubi jalar banyak mengandung vitamin A dan vitamin  C, kalsium serta mineral  termasuk magnesium, fosfor dan  kalium. Ubi jalar juga mengandung zat antioksidan, dan fitonutrien lainnya yang bisa menekan pembelahan sel lemak. Ubi Ini juga membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Anda bisa merebus atau memanggang ubi jalar.

Dark Chocolate

Dark chocilate mengandung 80% biji cokelat, yang bisa membantu meningkatkan efek pemanasan tubuh dan meningkatkan metabolisme. Hal ini membantu untuk mengurangi ekspresi gen yang menginduksi sintesis asam lemak, mengenyangkan, serta mengurangi penyerapan karbohidrat dan lemak. Anda bisa makan sepotong cokelat hitam setelah makan siang atau makan malam.

Semangka

Semangka yang berair dan manis ini juga kaya akan karbohidrat, serat , kandungan vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Hal ini bisa menjadi makanan terbaik setelah olahraga karena akan mengisi energi dengan cepat namun tidak meningkatkan kadar glukosa darah. Antioksidan dalam semangka juga membantu mengurangi peradangan sehingga mencegah peningkatan berat badan yang disebabkan oleh peradangan. Anda bisa makan buah semangka segar.

Buah beri

Buah beri banyak mengandung vitamin C, zat antioksidan, mineral, dan serat yang membantu mengurangi peradangan, membersihkan pencernaan, mengatur kadar glukosa darah, dan membantu menurunkan berat badan. Minum juah buah beri terutama setelah berolahraga.

Apel

Buah Apel merupakan buah yang kaya antioksidan dan nutrisi seperti vitamin A dan vitamin C, fosfor, magnesium,  serat dll. Antioksidan membantu membersihkan radikal obebas, menurunkan kolesterol, dan menurunkan berat badan). Apel bisa dimakan setelah latihan untuk mengisi bahan bakar lagi.

Daging Tanpa Lemak

Protein tsulit dicerna oleh tubuh sehingga dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Untuk membakar lemak Anda harus mengkonsumsi daging tanpa lemak seperti dada ayam.

Demikian berbagai makanan yang bisa membakar lemak karena menghasilkan efek tertentu terutama efek termogenesis. Untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh kita masih perlu dibantu dengan berbagai jenis latihan fisik atau olahraga.

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *