Top 12 Makanan Minuman Tidak Sehat yang Harus Anda Hindari

Makanan minuman terntentu dianggap memenuhi gaya hidup modern, namun ternyata ada hal berbahaya yang bisa membuat masalah pada kesehatan Anda kemudian hari jika Anda tidak hati-hati. Kesehatan kita menderita setiap hari dan sampai saat ini telah terjadi lonjakan grafik penyakit terkait gaya hidup; ambil saja sebagai contoh misalnya obesitas, diabetes type2, hipertensi, stroke, kanker, dll. Kebanyakan alasan di balik penyakit-penyakit ini adalah terkait meningkatnya asupan makanan yang tidak sehat.

Iklan

Sebagian besar makanan yang kita makan saat ini hanya memberikan sedikit atau tanpa nutrisi, namun disisi lain justru memupuk dan memicu peradangan. Ya memang, sebagian besar makanan yang tidak sehat ini justru rasanya enak dan banyak digemari, tetapi apakah itu alasan yang cukup untuk mempertaruhkan kesehatan Anda? Gaya hidup sehat adalah yang memenuhi asupan makanan bergizi yang ditambah dengan olahraga secara teratur . Diet seimbang akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, ini juga nantinya membantu Anda dalam mempertahankan berat badan ideal.

Makanan berbahaya bagi kesehatan
Pada akhirnya sekarang Anda mungkin bertanya tentang apa makanan yang termasuk dalam kategori makanan yang tidak sehat. Nah, makanan ini sebenarnya hampir menjadi bagian dari kehidupan kita karena kebanyakan kita telah mengkonsumsinya secara teratur. Dari mulai ayam panggang atau burger keju, kita seringkali tidak bisa menahan diri untuk tidak memakannya. Kita bahkan tidak menyadari bahwa kita sebenarnya mengisi tubuh kita dengan lemak jenuh, lemak trans, dan asupan kolesterol yang tidak sehat. Pakar kesehatan dan ahli gizi sudah banyak yang mengkritik makanan cepat saji sebagai makanan yang tidak sehat.

Berikut di bawah ini adalah 12 daftar makanan yang paling tidak sehat yang sangat tidak sehat:

1. Mayones:

Diantara kita semua mungkin suka makan mayones pada sandwich, burger, atau pizza. Kita tidak menyadari bahwa kita telah membebani tubuh kita dengan lemak dan kalori yang tidak diinginkan. Namun mayones tidak sejelek itu jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedang. Hanya seperempat cangkir sajian mayones tebal bisa membebani tubuh Anda dengan 360 kalori dan 40 gram lemak, jadi batasi konsumsinya. Anda bisa menggunakan mayones ringan yang hanya mengandung 35 kalori dan 3,5 gram lemak dalam satu sendok makan.

2. Lemak Trans(trans fat):

Lemak trans adalah jenis lemak berbahaya yang sangat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi kolesterol baik(HDL). Dampaknya sangat buruk bahkan merusak pembuluh darah. Hanya satu sendok makan lemak trans memberikan 100 kalori, yang tentu saja tidak baik untuk ukuran pinggang Anda. Dimana kita mendapatkan lemak trans? Banyak makanan yang mengandung lemak trans ini, terutama makanan gorengan atau yang diolah dengan minyak yang bersuhu tinggi.

Mentega adalah pilihan yang lebih sehat. Anda bisa mengonsumsi sedikit mentega, atau pilih merek margarin stick yang bebas lemak.

4. Yoghurt Susu Murni:

Produk susu dapat meningkatkan asupan kalori Anda. Produk susu murni, seperti yogurt murni tidak lebih baik karena memiliki efek yang sama pada tubuh Anda. Penting untuk mengawasi ukuran porsi yoghurt murni Anda. Hanya 1 cangkir sajian yogurt murni kaya lemak mengandung sekitar 160 kalori. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih yoghurt bebas lemak, yang hanya mengandung 110 kalori.

5. Kentang Goreng:

Kentang goreng tak sehat

Kentang goreng sudah tidak diragukan lagi merupakan salah satu makanan ringan yang paling disukai Kentang goreng yang renyah memang membuat tidak tahan, sehingga biasanya kita makan lebih banyak daripada yang seharusnya. Faktanya adalah bahwa kentang goreng ini menambah bobot Anda. Penting untuk mengimbangi dengan melakukan olahraga ringan atau mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Makan kentang goreng sesekali tentu masih dapat diterima dan tidak berbahaya.

5. Hot Dog:

Hotdog tidak sehat

Hot dog rasanya memang luar biasa, banyak orang pasti suka meskipun ini adalah makanan dari budaya asing. Sayangnya makanan ini sangat tidak sehat! Hampir 80% kalori hotdog berasal dari lemak jenuh yang tidak sehat. Daging olahan yang digunakan di dalamnyapun bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar. Jadi, cobalah untuk mengurangi konsumsi hot dog, selain mengurangi bedan tubuh juga mengurangi beban kantong. Pilihlah opsi hotdog yang lebih sehat seperti sosis kalkun atau ayam tanpa lemak, yang mengandung lebih sedikit lemak yang juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi.

6. Nasi goreng

Siapa yang tidak suka nasi goreng yang lezat ini? bahkan masuk kedalam daftar makanan terenak. Nasi goreng sekilas nampak sehat karena umumnya masih ditambah daging, ayam, sayuran, atau daging. Namun yang membuatnya tinggi kalori adalah minyak yang dipakai untuk menggorengnya, dimana yang terdiri dari minyak jenuh – penyebab utama kegemukan hingga beragam penyakit terkait kolesterol tinggi termasuk jantung koroner. Dan lebih parahnya lagi, nasi goreng lebih disukai dimakan pada malam hari dimana sebentar lagi adalah jam tidur. Disamping itu, nasi putih sebagai bahan utama nasgor adalah sumber karbohidrat tinggi, dan menurut beberapa ahli karbohidrat yang digoreng akan merangsang pembentukan zat yang bersifat karsinogen(penyebab kanker) yang disebut akrilamida. Baca : Adakah Efek buruk Nasi Goreng bagi Kesehatan?

7. Brondong jagung (Popcorn) Bioskop:

popcorn tak baik untuk kesehatan

Camilan yang populer saat menonton bioskop, theater, atau home theatre, ini sarat akan kalori dan lemak. Untuk membuat Popcorn yang bagus membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah besar, dimana yang mengandung lebih dari 90% lemak jenuh. Selain itu, saat di bioskop kebanyakan dari kita sering memiliki kebiasaan mengunyah makanan ringan ini tanpa henti yang mungkin tanpa sadar. Porsi ukuran sedang berisi 20 cangkir popcorn, ini dikemas dengan 1.200 kalori dan 60 gram lemak jenuh di dalamnya. Kandungan kalori popcorn ini setara dengan 3 burger cepat saji yang berukuran besar. Lemak jenuh di dalamnya setara dengan sebatang penuh mentega.

Seperti kebanyakan makanan yang tidak sehat, mereka juga memiliki pengganti yang lebih sehat dalam bentuk popcorn rendah kalori atau dibuat dengan microwave. Popcorn ini hanya mengandung sekitar 30 kalori dalam 1 cangkir sajian.

8. Kue roti panggang isi(Toaster Pastries):

toaster pastriKue-kue ini sering dianggap sebagai suguhan sarapan, tetapi ini adalah makanan yang tidak sehat untuk memulai hari Anda. Terbuat dari tepung putih, kue kue ini mengandung gula tambahan. Bahkan rasa buahnya tidak berasal dari buah asli. Satu porsi dua bungkus kue roti panggang mengandung 10 sdt gula. Hal inisecara drastis dapat meningkatkan kadar gula darah Anda disertai dengan hilangnya energi di pagi hari. Jadi hindari kue-kue ini,  carilah alternatif kue teman sarapan yang sehat. Anda bisa mencoba roti tawar gandum utuh yang dioles dengan lapisan tipis selai kacang. Anda juga bisa menggantinya dengan irisan apel.

9.  Pizza:

Pizza kerak tebal dan padat menawarkan rasa yang enak dan lezat. Tetapi adonan pizza dapat sangat meningkatkan jumlah kalori Anda. Selain itu, keju susu murni dan topping daging berminyak yang terdiri dari bacon, sosis, dan pepperoni juga sangat menambah kalori. Satu porsi dua irisan pizza dapat membebani tubuhAnda dengan 1.300 kalori dan 24 gram lemak jenuh yang berpotensi tinggi menyumbat pembuluh darah Anda. Pilih pizza kerak tipis yang mengandung lebih sedikit tepung yang memiliki sayuran seperti bawang, paprika, jamur, dan brokoli daripada topping daging. Ini akan hanya akan memberikan nutrisi dengan ongkos yang hanya 250 kalori.

10. Susu Murni:

Kita semua percaya pada manfaat susu yang meningkatkan kesehatan. Hal ini kaya akan kalsium dan banyak nutrisi penting lainnya, dan sangat bermanfaat untuk semua kelompok umur. Tetapi sayangnya susu murni mengandung lemak jenuh, dimana yang meningkatkan kadar kolesterol dan memicu peradangan. Kolesterol ini juga menyebabkan arteri Anda tersumbat yang menjurus ke penyakit kardiovaskular terutama jantung koroner. Namun hal ini bukan berarti bahwa Anda harus berhenti mengonsumsi susu.

Yang perlu Anda lakukan adalah memilih susu skim atau susu bebas lemak atau susu rendah lemak. Susu skim dan susu rendah lemak masih akan memberikan Anda semua nutrisi penting dari manfaat susu termasuk kalsium, protein, Vitamin D dan vitamin B-12 dan kalium. Susu alternatif dari sumber nabati seperti susu kedelai, susu almond, dll juga merupakan pilihan yang sehat meskipun tidak sebergizi seperti halnya susu hewan.

11. Minuman Bersoda Dan Minuman Manis:

Minuman bersoda dan minuman yang manis adalah biasa kita temui di restoran dan supermarket. Namun hanya sedikit dari kita yang menyadari fakta bahwa hampir 100% kalori dalam minuman bersoda biasanya berasal dari gula atau sirup jagung fruktosa tinggi. Bahkan, telah dianggap sebagai penyebab obesitas yang sebenarnya. Hal ini juga merusak gigi Anda dan menyebabkan gigi berlubang. Penelitian menunjukkan bahwa minuman bersoda juga dapat melemahkan tulang Anda.

Minuman manis olahan seperti teh botolan, minuman olahraga, dan minuman energi, dll. Juga secara drastis bisa meningkatkan konsumsi kalori Anda tanpa memberikan manfaat nutrisi apa pun!. Air putih adalah alternatif terbaik dari minuman ini, yang melembabkan tubuh Anda tanpa memberikan sedikitpun kalori ekstra. Minuman lainnya yang rendah kalori dan memberikan antioksidan sehat termasuk teh hijau ataupun teh hitam.

12. Minuman Beralkohol:

Minuman beralkohol mutlak tidak menyediakan nutrisi. Kita semua sudah menyadari efek buruk alkohol pada kesehatan kita. Kalori yang ditemukan dalam alkohol adalah jenis kalori kosong, artinya yang tidak dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi. Sementara liver Anda dipaksa untuk memecah alkohol menjadi asam lemak yang terkumpul di liver. Paparan alkohol yang berlebihan akan menyebabkan kematian sel-sel hati dan sel otak. Segelas anggur mengandung sekitar 170 kalori,  sementara sebotol bir mengandung 150 kalori. Sebaiknya ganti dengan air mineral atau soda dengan sedikit lemon atau jeruk nipis, teh atau kopi panas atau dingin.

Demikian daftar makanan tidak sehat yang harus Anda hindari jika tak mau membayar ongkos kesehatan yang sangat mahal. Meskipun rasanya enak, makanan ini bisa membahayakan kesehatan Anda jika tidak dikonsumsi dengan moderasi yang baik. Namun Anda memiliki penggantinya yang sehat untuk masing-masing jenis, jadi jangan berpikir ulang sebelum menghindari makanan ini.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *