Jenis Makanan Yang Bermanfaat Untuk Meningkatkan IQ Anak

Tentu saja makanan adalah asupan yang dibutuhkan tubuh supaya dapat memenuhi seluruh kebutuhan untuk fungsi yang baik dari kandungan nutrisinya. Baik atau buruk makanan yang kita makan bisa tercerminkan oleh tubuh kita; misalnya ketika kita kurang asupan makanan maka kita akan tampak lesu, dsb. Lalu apakah tingkat kecerdasan bisa dipengaruhi oleh makanan? Otak juga membutuhkan asupan nutrisi tertentu dari makanan agar dapat bekerja dengan baik, artinya jawabannya iya. Bukankah kita juga menjadi malas berfikir atau tidak fokus ketika sedang lapar?. Lalu bagaimana dengan makanan, apakah bisa mempengaruhi skor kecerdasan atau skor IQ?Baca terus artikel ini untuk memperoleh informasinya!

Advertisement

Hasil penelitian yang diterbitkan jurnal PMC tahun 2010, nutrisi tertentu mempengaruhi kognisi dengan bertindak pada sistem molekuler atau proses seluler yang penting untuk mempertahankan fungsi kognitif. Dan dikatakan bahwa diet bisa menjadi strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kognitif, melindungi otak dari kerusakan, perbaikan otak dan menangkal efek penuaan. Diet yang dimaksud adalah membatasi asupan makanan tinggi kalori termasuk lemak dan gula, dan disisi lain meningkatkan asupan antioksidan.

Studi yang diterbitkan jurnal BMJ tahun 2012 yang mengamati diet anak yang dilaporkan   Orang Tua dalam kuesioner frekuensi makanan pada anak  usia 3, 4, 7 dan 8,5 tahun. Dan skor IQ dinilai menggunakan Skala Wechsler untuk Anak-anak pada 8,5 tahun. Kesimpulan yang bisa diambil oleh studi ini dikatakan ada bukti bahwa pola makan yang buruk seperti asupan kandungan lemak tinggi, tinggi gula serta makanan olahan pada anak usia dini dapat dikaitkan dengan pengurangan IQ, dan diet sehat yang terkait dengan asupan tinggi makanan kaya nutrisi  mungkin terkait dengan peningkatan IQ.

Jadi kalau makanan berpengaruh terhadap IQ, lalu apa saja jenis makanan apa saja yang berpengaruh positif terhadap IQ?

Berikut Aneka Makanan Yang Bagus Untuk Meningkatkan IQ Dan Kesehatan Otak Secara Umum

Makanan yang meningkatkan IQ

Sementara diet makanan tinggi lemak dan tinggi kadar gula berpengaruh negatif dengan peningkatan  IQ dan ini perlu dimoderasi. Sementara asupan makanan sehat yang mencakup salad, nasi, ikan-ikanan, buah-buahan secara positif terkait dengan peningkatan IQ. Berikut jenis makanan-makanan yang bagus untuk menaikkan skor IQ Anak Anda :

Makanan Tinggi Omega 3

Tak diragukan lagi bahwa asam lemak Omega-3 bagus untuk kesehatan otak. Jenis lemak baik ini banyak ditemukan di berbagai  jenis ikan dan seafood lainnya. Tak hanya terdapat dalam makanan laut, makanan nabati terutama kacang-kacangan adalah sumber terbaik dari omega 3 seperti walnut, kacang almond, pitaschio, dsb juga bagus untuk perkembangan otak bayi. Yang lainnya adalah suplemen minyak ikan, baca lebih banyak tentang minyak ikan.
Hasil penelitian yang dilakukani University of Pennsylvania yang diterbitkan di jurnal Nature juga  menemukan bahwa anak-anak setidaknya seminggu sekali makan ikan memiliki IQ yang lebih tinggi sekitar empat poin lebih banyak jika dibandingkan dengan anak yang jarang makan ikan. Peneltitian sebelumnya menjelaskan bahwa Omega 3 yang banyak terdapat pada ikan laut bermanfaat meningkatkan kecerdasan dan membuat kualitas tidur yang lebih baik.

Masih banyak catatan lain bahwa anak-anak mendapat banyak asupan Omega-3 termasuk dari minyak Ikan memiliki IQ yang lebih tinggi daripada yang kurang mendapat asupan asam lemak tak jenuh ganda ini. tak hanya itu, Omega 3 juga bermanfaat mencegah gangguan otak dimasa depan seperti demensia.

Makanan laut seperti tiram tak hanya mengandung omega 3, namun  juga sangat tinggi kandungan zinc sehingga juga bagus untuk anak. Kekurangan zinc bisa memberikan efek buruk terhadap perkembangan otak anak.

Sayangnya banyak ahli yang berpendapat bahwa hewan laut saat ini juga mengandung banyak logam berat akibat semakin tingginya polutan dilaut. Kandungan logam berat seperti merkuri yang bisa terkandung dalam ikan laut justru bisa berdampak sebaliknya. Dengan alasan ini mereka merekomendasikan untuk memilih ikan laut, seperti salmon liar, sarden, mackerel atlantik, kerang dan trout  hanya 2 porsi yang sehat per minggunya untuk mengurangi risiko.

Buah-buahan dan Sayuran Yang Kaya Akan Antioksidan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa penelitian juga menemukan bahwa bahwa antioksidan juga termasuk didalam asupan yang meningkatkan IQ Anak. Sumber terbesar zat antioksidan adalah makanan dari jenis buah-buahan dan sayuran. Kebanyakan buah dan sayur mengandung antioksidan, namun ada yang tertinggi diatas yang lain. Sayuran hijau tua dan jenis buah-buahan atau sayuran yang berwarna oranye atau merah yang paling bermanfaat melindungi fungsi otak dan memori karena mengandung tinggi beta karoten serta vitamin C . Dari jenis sayuran adalah labu kuning, paprika, wortel, ubi jalar oranye, dan buah seperti pepaya, jeruk, dsb.

Ada penelitian yang diterbitkan di Journal of Child Psychology and Psychiatry 2009, yang menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran memiliki IQ yang lebih tinggi.

Makanan Yang Tinggi Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah, yang merupakan kendaraan bagi nutrisi dari makanan yang diserap tubuh untuk mencapai seluruh sel termasuk sel otak. Kekurangan zat besi menyebabkan gejala yang disebut anemia, yang dapat merusak konsentrasi dan IQ.

Meskipuyn zat besi tak meningkatkan IQ, namun ketika anak mengalami kekurangan atau anemia, maka pada saat itu kecerdasannya akan menurun dan akan meningkat lagi ketika sudah mendapatkan kecukupan zat besi lagi. Jadi jangan tinggalkan makanan yang tinggi zat besi, termasuk daging, tiram, hati, dan sayur hijau tua khususnya bayam.

Makanan Mengandung Protein Tinggi

Makanan tinggi protein namun rendah lemak bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Hal ini karena tubuh mengeluarkan dopamin jika kita mengonsumsi protein. Protein nabati dari kedelai adalah rendah lemak serta mengandung lecitin, yang dapat meningkatkan memori dan fungsi otak. Pilihan asupan tinggi protein dan sehat lainnya adalah susu rendah lemak, daging tanpa lemak, unggas, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Makanan Merngandung Vitamin B12, Folat, dan Kolin

Vitamin B12, folat, dan kolin bermanfaat membantu menjaga kesehatan otak, mencegah demensia, serta gangguan neurologis. Dengan demikian hal ini menjadi penting juga untuk perkembangan kognitif,  sehingga apabila anak Anda tidak mendapatkan cukup asupan vitamin ini,  mungkin bisa memiliki IQ yang lebih rendah.

Folat adalah termasuk kedalam vitamin B, banyak terdapat dalam  bayam, beras, hati, asparagus, kacang polong, dan buah alpukat. Sebagian besar makanan hewani mengandung vitamin B-12. Lalu Kolin banyak terdapat dalam daging sapi, telur, ikan salmon, kerang, daging ayam, dan brokoli.

Referensi :

  • BMJ Journals – Are dietary patterns in childhood associated with IQ at 8 years of age?
  • EurekAlert release – Weekly fish consumption linked to better sleep, higher IQ, Penn study finds
  • PMC Manuscript – Brain foods: the effects of nutrients on brain function
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *