10 Makanan Yang Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk demam berdarah atau Aedes Aegepty. Orang yang terinfeksi oleh virus ini bisa mengalami 3 fase gejala panas yang membentuk grafik seperti pelana kuda, yaitu fase pertama suhu tubuh panas tinggi kemudian panas turun namun ini justru merupakan masa kritis bagi penderita DBD dengue, kemudian yang terakhir fase 3 tubuh penderita akan mengalami panas tinggi yang merupakan proses penyembuhan. Gejala umum lain selain panas mendadak mual muntah, sakit kepala, nyeri belakang mata, nyeri sendi hingga ruam kulit hingga muntah darah ketika kondisi sudah sangat parah.

Iklan

DBD dengue adalah termasuk jenis penyakit infeksi virus yang cukup serius, dimana yang menyebabkan penderita mengalami penurunan trombosit hingga level membahayakan. Namun tak semua selalu virus dengue menyebabkan orang yang tergigit nyamuk aedes aegepty sakit, karena jika tubuh orang tersebut memiliki kekebalan yang baik virus ini bisa dihalau oleh sistem imun tubuh dengan cepat.

Makanan tertentu bisa membantu kita untuk meningkatkan kinerja sistim imun kita sehingga tak mudah terinfeksi oleh bakteri maupun virus seperti dengue, Sebaiknya ini yang perlu Anda lakukan sebelum benar-benar terinfeksi oleh virus yang cukup membahayakan jiwa ini. Perlu diketahui juga bahwa daerah endemik nyamuk aedes aegepty adalah daerah tropis yang hangat, jadi sangat penting bagi kita untuk menyiapkan perisai ini disamping usaha pencegahan eksternal seperti mencegah perkembangbiakan jenis nyamuk ini.

Jika Anda sedang dalam masa pengobatan oleh dokter akibat DBD, makanan-makanan sederhana ini bisa membantu meringankan gejala DBD serta mempercepat proses penyembuhan. Juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh sehingga Anda tak mudah terinfeksi meskipun sudah tergigit nyamuk demam berdarah.

 

Berikut 10 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Membantu Mempercepat Kesembuhan dari penyakit DBD

Makanan untuk mempercepat penyembuhan demam berdarah

1. Buah Jeruk

Jeruk adalah satu dari sedikit makanan yang tinggi menganung vitamin C, yaitu nutrisi yang merupakan zat antioksidan penting. Kandungan nutrisi lain yang tinggi dalam jeruk terutama serat bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan juga. Tambahkan jeruk kedalam daftar makanan Anda selama peroses penyembuhan selama sakit ataupun untuk pencegahan.

2. Buah Pepaya

Pepaya adalah buah yang sangat tinggi nutrisi plus sangat mudah ditemukan dimana saja. Buah yang harganya cukup terjangakau ini memiliki banyak khasiat obat. Satu studi menyimpulkan bahwa pepaya memicu produksi trombosit oleh tubuh lebih cepat, sehingga buah ini sangat cocok untuk pasie DBD. Namun yang perlu Anda lakukan untuk membantu mempercepat penyembuhan DBD dengue adalah minum ekstrak daun pepaya, caranya mudah yaitu ambil beberapa daun pepaya yang bersih, hancurkan, kemudian tambahkan air matang sedikit lalu peras airnya kemudian minum 2 kali sehari.

Namun apabila Anda hanya ingin kebal terhadap penyakit ini, Anda hanya cukup memasukkan buah pepaya yang bergizi kedalam daftar makanan sehat Anda sehari-hari.

3. Hindari Makanan Berminyak

Salah satu gejala umum demam berdarah adalah munculnya masalah pencernaan. Jadi untuk meringankan gejala ini, pastikan Anda tidak makan-makanan yang berminyak atau pedas .

Sebagai gantinya adalah memberikan makanan kepada penderita dengan makanan yang direbus, itu akan baik selain tetap tinggi nutrisi juga tidak menggangu pencernaan.

4. Bubur atau sereal

Sereal atau bubur adalah pilihan sarapan yang sangat populer di seluruh dunia. Sereal biasanya ditambahkan serat dan nutrisi yang tinggi, sehingga baik untuk melawan berbagai penyakit. Sereal atau bubur juga sangat mudah ditelan dan juga dicerna juga. Jadi selama sakit banyaklah makan-makanan yang bergizi namun tidak memberatkan pencernaan seperti sereal.

Pada umumnya pasien DBD tak suka makanan kering dan tak terlalu banyak bumbu, jadi makanan berkuah seperti sup yang sedikit bumbu akan sangat membantu.

5. Minuman Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi demam akibat dbd. Cara mengonsumsi jahe cukup mudah seperti pada umumnya yaitu di hancurkan kemudian dicampur air panas, lalu diminum ketika sudah hangat.

Tak hanya jahe, teh herbal lain seperti teh pepermint, kapulaga juga baik untuk mengurangi gejala demam dbd.

6. Air Kelapa

DBD seringkali umumnya membuat dehidrasi tubuh penderita. Dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan sangat membahayakan, jadi kekurangan ini harus segera digantikan agar kondisi tubuh tidak memburuk sehingga cepat pulih dari DBD. Air kelapa adalah salah satu pengganti alami terbaik cairan tubuh untuk pasien DBD karena mengandung mineral penting dan elektrolit. Air kelapa membantu mengatur kadar cairan dalam tubuh, sehingga baik untuk membantu mempercepat pemulihan pasien DBD.

Baca juga : Kebaikan Air kelapa untuk wanita hamil

7. Jus Sayuran

Penderita DBD bisa terkurangi gejalanya dengan cara mengonsumsi jus sayuran yang dibuat sendiri dari beberapa jenis sayuran segar. Sayuran yang bisa dibuat jus sayur termasuk wortel dan jus mentimun, dan beberapa sayuran hijau juga sangat baik untuk mengobati gejala demam berdarah.

Baca juga: Manfaat minum jus Wortel bagi Kesehatan

Sayuran adalah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral penting yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi gejala penderita.

8. Jus Buah

Setlah jus sayur, jus buah juga sama bergizinya. Buah rata-rata mengandung Vitamin C yang  merupakan jenis zat antioksidan yang efektif. Buah juga bagus untuk memicu produksi kolagen serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah-buahan sederhana yang banyak disekitar kita seperti jeruk, stroberi, jambu biji, kiwi dan jambu biji baik untuk meningkatkan produksi limfosit yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi virus. Jadi jika Anda sedang terkena DBD, minum jus buah segar adalah baik untuk mempercepat penyembuhan serta mencegah dehidrasi yang bisa membahayakan.

9. Sup hangat

Sup adalah salah satu jenis makanan terbaik yang bisa membantu pengobatan serta meredakan gejala demam berdarah. Hal ini karena sop bisa menciptakan rasa lapar serta meredakan nyeri sendi. Sup juga sedikit bumbu sehingga baik juga untuk pencernaan terutama ketika sedang sakit seperti DBD dengue.

10. Makanan tinggi Protein

Susu/produk susu, daging ayam, telur, dan ikan adalah makanan sumber protein tinggi yang sangat dianjurkan khususnya untuk pasien DBD supaya cepat terbebas dari virus dengue. Namun makanan tinggi protein harus dimasukkan secara sedikit demi sedikit kedalam diet setelah gejala demam mereda untuk membantu mempercepat proses pemulihan. Mengganti nutrisi tubuh yang hilang adalah penting agar kesehatan segera pulih kembali.

Demikian 10 makanan yang baik untuk dimasukkan kedalam daftar diet pasien DBD Dengue supaya tubuh tetap kuat sehingga terhindar dari kondisi terburuk serta bisa pulih sehat kembali seperti sediakala.

DBD dengue adalah penyakit bisa berakibat fatal, sehingga pasien terindikasi demam berdarah harus segera dirawat di rumah sakit untuk perawatan intensif. Sejalan dengan pengobatan secara medis, diet tertentu juga diharuskan kepada pasien demam berdarah untuk mempercepat pemulihannya. Obat yang diberikan dokter untuk mengobati dbd dengue terglong dalam dosis yang berat, sehingga asupan makanan yang kurang bisa membuat tubuh pasien menjadi sangat lemah. Tapi tak perlu cemas karena penyakit yang bisa berakibat fatal ini bisa disembuhkan dengan perawatan yang cepat dan tepat.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *