7 Cara Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum. Jerawat membuat warna kulit Anda menjadi tidak merata, sehingga Anda akan sulit mendapatkan kulit bercahaya yang Anda inginkan. Sayangnya, mengobati jerawat dengan menggunakan produk berbahan kimia justru membahayakan kulit itu sendiri – bahkan dapat membuat jerawat Anda semakin parah. Untuk itu selalu lebih baik untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati jerawat. Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan adalah daun tanaman lidah buaya lidah buaya. Menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat dapat membantu Anda untuk mendapatkan kulit yang bebas noda dan bercahaya.

Iklan

Menurut The Indian Journal of Dermatology, tanaman lidah buaya telah sudah lama dikenal dan digunakan untuk kesehatan, kecantikan, pengobatan dan perawatan kulit lainnya. Lidah buaya mengandung 75 senyawa yang berpotensi aktif yang mencakup vitamin, enzim, mineral, gula, lignin, saponin, asam salisilat, dan asam amino.

Baca juga : 7 Masker Lidah Buaya Untuk Kulit Cerah, Manfaat Dan Cara Membuatnya

Manfaat Lidah Buaya Untuk Jerawat

  • Lidah buaya mengandung sifat antibakteri sehingga bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Lidah buaya juga mencegah bakteri datang menginfeksi luka jerawat. Hal ini tidak hanya mencegah penyebaran jerawat, tetapi juga membantu mengobatinya.
  • Lidah buaya mengandung Auksin dan giberelin, yang merupakan jenis hormon tanaman. Hormon-hormon ini memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga membantu mengurangi peradangan seperti gejala kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.
  • Lidah buaya juga membantu penyembuhan bekas luka akibat jerawat sehingga mengembalikan warna kulit Anda merata kembali. Lidah buaya mengandung Glukomanan (serat pangan alami) dan giberelin (hormon tanaman) yang meningkatkan pembentukan kolagen. Peningkatan kolagen membantu memperbaiki jaringan kulit untuk menyembuhkan bekas jerawat dan juga membuat kulit Anda menjadi utuh, halus dan sehat.
  • Lidah buaya mengandung seng, yaitu mineral yang sangat penting untuk kulit Anda. Seng mengandung sifat astringen, yaitu kemampuan membuka pori-pori dengan cara menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang terpjebak di dalamnya – yang juga membantu mengencangkan pori-pori Anda. Selain itu ini akan mencegah jerawat datang lagi di kemudian hari serta meningkatkan penampilan kulit Anda. Aloe vera juga mengandung magnesium yang membantu meringankan rasa gatal dan membersihkan kulit dari jerawat.
  • Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1935 dan 1996,  melaporkan bahwa ekstrak lidah buaya membantu mengurangi peradangan terkait penyakit kulit. Hal ini juga membantu cepat dari rasa gatal dan rasa terbakar yang terkait dengan jerawat dan peradangan.
  • Aloe Vera juga memiliki kemampuan detoksifikasi karena tingginya kadar asam amino. Dengan demikian lidah buaya adalah salah satu zat pembersih alami yang paling efektif serta juga karena sifatnya yang menenangkan, mendinginkan, dan melembabkan. Aloe Vera juga bersifat anti-inflamasi, juga arena sifat antibakterinya, antioksidan, dan vitamin, maka secara keseluruhan mengurangi kondisi kulit dan rambut lainnya seperti psoriasis, jerawat, dan dermatitis.

7 Cara Mengobati Jerawat Dan Luka Bekas Jerawat Dengan Lidah Buaya

1. Minyak Atsiri Pohon Teh Dan Lidah Buaya

Lidah buaya dan minyak teh untuk jerawat

Bahan

  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 5 tetes minyak atsiri pohon teh

Cara penggunaan

  1. Ambil gel daun lidah buaya kemudian tambahkan minyak atsiri pohon teh lalu campurkan dengan diaduk.
  2. Simpan kedalam wadah botol dan gunakan sebagai pelembab harian. Anda bisa juga menggunakannya sebagai masker semalaman dan membilasnya pada pagi hari.
  3. Ulangi setiap hari sampai jerawat Anda hilang.

Minyak atsir pohon teh dan lidah buaya adalah bahan yang sangat populer untuk jerawat. Hal ini memiliki sifat antimikroba yang cukup kuat dan mampu membasmi jamur dan bakteri penyebab jerawat yang hidup di kulit Anda. Juga memiliki sifat antiradang/anti-inflamasi yang akan mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. Minyak pohon teh juga bisa menjadi agen penyembuhan luka jerawat.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Australasian Journal of Dermatology untuk meneliti khasiat minyak pohon teh untuk mencuci muka untuk perawatan jerawat pada wajah kondisi ringan – sedang . Dalam studi ini, 18 peserta yang menerapkan produk minyak pohon teh ke wajah 2 kali dalam sehari selama 12 minggu, hasilnya menunjukkan bahwa minyak pohon teh secara signifikan mengurangi jerawat kondisi ringan hingga sedang dan bisa ditoleransi dengan baik oleh kulit.

2. Lemon Dan Lidah Buaya

Lidah buaya dan lemon untuk jerawat

Bahan

  • 1-2 sdm Gel lidah buaya
  • 1/2 sdt air lemon

Cara penggunaan

  1. Campurkan gel lidah buaya dan air lemon lalu aduk rata.
  2. Oleskan pada wajah sebagai masker, pastikan mencakup area wajah yang terkena jerawat. Biarkan selama 20-30 menit.
  3. Bersihkan dengan kain katun hangat dan lembab.

Ulangi langkah ini selama 2-3 kali dalam seminggu. Air lemon mengandung asam sitrat yang memiliki sifat mengurangi kelebihan minyak (sebum) pada wajah yang tersumbat di pori-pori kulit. Hal ini membantu membersihkan kulit Anda. Sementara lemon mengandung sifat antibakteri. Gabungan lidah buaya dan lemon dapat membantu mengobati jerawat dan menjaga kulit Anda tetap sehat.

Catatan penting: Jika Anda merasakan rasa seperti menyengat, Anda perlu sedikit mengencerkan air lemon dengan air.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, ganti jus lemon dengan air jeruk bali.

3. Arang Aktif Dan Lidah Buaya

Lidah buaya untuk mengobati jerawat

Bahan

  • 1 sendok makan Aloe Vera Gel
  • 1 sendok teh Arang Aktif

Cara Penggunaan

  1. Campurkan arang aktif dan gel lidah buaya kedalam mangkuk, buat menjadi krim masker.
  2. Oleskan masker dengan lembut pada wajah Anda yang sebelumnya sudah dibersihkan. Hindari area di sekitar mata dan mulut Anda. Pastikan jari Anda bersih sebelum menggunakan masker.
  3. Biarkan masker selama 25-30 menit.
  4. Bersihkan dengan kain katun hangat dan lembab lalu oleskan pelembab.
  5. Ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

4. Kunyit Dan Lidah Buaya

Lidah buaya kunyit untuk jerawat

Bahan

  • 1 sdm gel Lidah Buaya
  • 1 sdm Bubuk Kunyit

Cara Penggunaan

  1. Campur semua bahan dengan benar kedalam mangkuk untuk membuat krim masker.
  2. Oleskan masker di wajah Anda secara merata yang terlebih dahulu telah dibersihkan.
  3. Diamkan masker selama 20-30 menit,  lalu bersihkan dengan kain katun yang lembab dan hangat.
  4. Ulangi langkah ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Kunyit sangat bermanfaat untuk mengobati kondisi kulit berminyak dan kulit berjerawat. Hal ini bekerja membuka sumbatan pada pori-pori dan menghilangkan minyak berlebih dan sel-sel kulit mati. Seringkali karena terlalu banyak minyak dan sel kulit mati yang menutup pori-pori menyebabkan timbulnya jerawat.

Karena itu kunyit mampu secara efektif mengobati jerawat dengan cara membantu pengelupasan kulit Anda. Kunyit mengandung curcumin yang merupakan zat antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas. Hal ini melindungi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Menetralisir radikal bebas juga akan membantu mengobati dan mencegah jerawat.

5. Kayu Manis Dan Lidah Buaya

Kayu manis dan lidah buaya

Bahan

  • 1 sdm Gel lidah buaya
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 1/2 sdm madu

Cara penggunaan

  1. Masukkan gel lidah buaya dan bubuk kayu manis kedalam mangkuk.
  2. Tambahkan madu untuk membuat krim masker.
  3. Oleskan masker dengan baik pada wajah Anda yang sebelumnya telah dibersihkan.
  4. Biarkan masker selama 3-5 menit.
  5. Bilas dengan air biasa.
  6. Ulangi sebanyak 2 kali seminggu.

Bubuk kayu manis mengandung sifat antibakteri yang kuat sehingga berguna untuk membasmi bakteri berbahaya di kulit wajah Anda sehingga mencegah penyebaran infeksi. Hal ini pada akhirnya akan membantu mengobati jerawat.

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan peradangan dan kemerahan pada jerawat. Bubuk kayu manis memiliki sifat astringen yang membantu mengencangkan pori-pori.

Kayu manis telah digunakan sejak berabad-abada lalu untuk tujuan pengobatan. Pengobatan tradisional Tiongkok menggunakan kayu manis sebagai agen pelindung saraf serta untuk pengobatan diabetes. Hal ini juga telah digunakan untuk pengobatan penyakit seperti peradangan, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.

Penggunaan kayu manis lainnya secara medis terutama yang berkaitan dengan sifat antimikroba, terutama aktivitas antibakteri.

6. Madu Dan Lidah Buaya

Madu dan lidah buaya untuk jerawat

Bahan

  • 1 Sdm Gel Lidah Buaya
  • 1 sdm Madu

Cara Penggunaan

  1. Campurkan madu dan gel lidah buaya ke dalam mangkuk untuk membuat krim masker.
  2. Oleskan masker pada wajah Anda yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Pastikan masker mencakup area yang terkena jerawat.
  3. Biarkan selama 15-20 menit.
  4. Bersihkan dengan kain katun yang lembab hangat.
  5. Ulangi 2-3 kali seminggu.

Madu memiliki sifat anti-inflamasi yang akan meredakan peradangan pada jerawat Anda. Hal ini karena madu mengandung sifat antimikroba yang kuat yang bisa membasmi bakteri penyebab jerawat. Hal ini nantinya akan membuat kulit Anda menjadi bersih dan meningkatkan proses penyembuhan jerawat.

Madu juga efektif menyembuhkan luka dan bekas jerawat karena sifat antioksidan kuat yang bermanfaat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Penelitian  menunjukkan bahwa Madu telah digunakan sejak berabad-abad, dan memiliki fungsi sitoprotektif dan juga digunakan untuk penyembuhan luka disebabkan oleh aktivitas anti-inflamasi. Aktivitas antimikroba dari madu adalah karena efek osmotiknya. Madu memiliki aktivitas antioksidan dan pembersih radikal bebas.

7. Cuka Sari Apel Dan Lidah Buaya

Bahan

  • 1 sdm Gel lidah buaya
  • 1 sdt Cuka Sari Apel

Cara penggunaan

  1. Campurkan semua bahan kedalam mangkuk untuk membuat masker.
  2. Bersihkan wajah Anda, lalu oleskan masker pada wajah Andadengan merata.
  3. Diamkan masker selama 15 menit
  4. Bersihkan dengan kain katun lembab hangat.
  5. Ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

Cuka sari apel bermanfaat menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH kulit Anda. Mempertahankan tingkat pH kulit yang sehat mempercepat penyembuhan jerawat.  Cuka apel mengandung  asam asetat, sitrat dan suksinat, yang mematikan bagi bakteri Propionibacterium acnes yaitu bakteri penyebab jerawat.

Cuka sari apel adalah exfoliator yang sangat baik, yang melarutkan dan mengangkat kelebihan minyak, sel mati yang menyumbat pada pori-pori Anda sehingga  membuat kulit Anda bersih dan sehat bersih dari jerawat. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa asam sitrat, asam suksinat bersifat menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes sehingga dapat digunakan untuk pengobatan dan pencegahan jerawat.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *