10 Efek Samping Kulit dan Buah Manggis Yang Perlu Diwaspadai

Buah manggis menjadi sangat populer sejak banyak diberitakan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama di Asia Tenggara, terutama efek menyembuhkan dari kandungan senyawa utamanya yaitu xanthones yang banyak terdapat pada kulit buah manggis. Hal ini telah banyak digunakan dalam pengobatan herbal untuk berbagai kondisi kesehatan. Namun yang perlu diwaspadai adalah efek samping buruk dari manggis yang sangat mengejutkan. Jika Anda ingin tahu dan peduli seperti apa saja itu, silahkan baca terus artikel ini.

Iklan

10 Efek Samping Buah dan Kulit Manggis :

Efek samping buah manggis

Saat ini buah manggis kebanyakan masih digunakan sebagai buah untuk mencuci mulit setelah makan. Namun mengonsumsi buah manggis secara terus-menerus dan berlebihan memiliki efek samping tersendiri. Berikut ini adalah beberapa efek samping dari buah manggis yang perlu untuk diwaspadai :

1. Menyebabkan Reaksi Alergi:

Konsumsi manggis telah diketahu menyebabkan reaksi alergi ringan seperti gatal-gatal, kemerahan pada kulit, pembengkakan, gatal dan ruam pada orang yang sensitif. Bahkan hal ini juga dapat menyebabkan gejala yang lebih serius, seperti pembengkakan mulut, bibir atau tenggorokan, sesak dada atau dada sakit. Jika muncul gejala-gejala ini yang diduga karena makan buah manggis sebaiknya jangan diabaikan dan harus segera dihentikan memakannya.

2. Menyebabkan Asidosis Laktat:

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Memorial Sloan- Kettering Cancer Center melihat bahwa konsumsi jus manggis setiap hari selama 12 bulan dapat menyebabkan asidosis laktat yang parah. Ini adalah kondisi yang ditandai dengan penumpukan asam laktat yang tak normal dalam aliran darah. Gejala asidosis laktat ini mencakup rasa mual dan lemah. Jika ini tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang lebih serius seperti syok. Konsultasikan dengan dokter Anda segera jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut setelah mengonsumsi jus atau ekstrak kulit manggis.

3. Mengganggu Kemoterapi:

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manggis ternyata juga dapat mengganggu efek pengobatan radiasi dan obat kemoterapi pada pengobatan kanker. Hal ini karena obat kemoterapi tertentu bergantung pada produksi radikal bebas untuk melawan dan menghancurkan tumor. Ternyata Zat Antioksidan kuat yang terkandung dalam manggis akan melawan dan menghilangkan radikal bebas sehingga terbukti menjadi penghalang dalam pengobatan kanker.

4. Tidak Cocok Untuk Penderita Diabetes:

Ini adalah salah satu efek samping manggis yang cukup serius. Jus manggis yang banyak tersedia di pasaran mengandung kadar gula yang sangat tinggi, terutama jika mengandung bahan buah-buahan lainnya. Manggis segar sebenarnya tidak berbahaya bagi penderita diabetes tetapi bisa mengganggu obat yang berkaitan dengan gula darah. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter yang merawat sebelum mengkonsumsi manggis jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk diabetes. Juga perlu untuk menghindari kelebihan konsumsi buah ini.

5. Mengganggu Kekentalan Darah Yang Normal:

Tubuh kita memiliki kemampuan alami untuk mencegah pendarahan. Konsumsi manggis ternyata bisa mempengaruhi sifat ini, karena xanthones yang terkandung di dalam manggis  dapat mengganggu pengentalan darah yang normal. Hal inijuga dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah dan dapat menyebabkan perdarahan gastrointestinal.

6. Menyebabkan Sembelit Dan Mencret:

Sebuah penelitian telah melihat bahwa mengonsumsi lebih dari satu ons suplemen manggis dapat menyebabkan BAB encer. Demikian pula, mengonsumsi suplemen manggis yang berlebihan dapat memperburuk gejala sembelit pada pasien yang menderita Irritable Bowel Syndrome(IBS) dan diabetes dengan komplikasi gastroparesis. Dalam kasus seperti itu disarankan untuk mengurangi ukuran porsi sajian.

7.  Memperparah Polisitemia Rubra Vera:

Polycythemia Rubra Vera adalah suatu kelainan di mana sumsum tulang memproduksi terlalu banyak dalam sel darah merah, sehingga jumlah sel darah merah menjadi lebih tinggi dalam darah Anda. Pasien yang telah didiagnosis dengan penyakit ini harus menghindari penggunaan manggis karena dapat meningkatkan jumlah sel darah merah.

8. Menyebabkan Sedasi Kelebihan:

Beberapa studi telah melaporkan bahwa xanthone dalam dosis tinggi pada manggis dapat menjadi racun yang bisa menekan sistem saraf pusat. Ketika dikombinasikan dengan herbal dan obat lain atau ketika digunakan pada dosis yang lebih tinggi, dapat menyebabkan sedasi berlebih.

9. Tidak Cocok Untuk Wanita Hamil Dan Menyusui:

Buah manggis bukan pilihan yang baik untuk wanita sedang hamil ataupun menyusui, serta tak cocok untuk bayi. Termasuk juga tidak cocok untuk orang yang memiliki alergi buah lainnya.

10. Efek Samping Lain manggis :

Efek samping manggis termasuk bisa menyebabkan insomnia, sakit perut, sakit otot, sakit kepala ringan, nyeri sendi, gangguan tidur, mual, sesak napas, dan pusing. Penggunaan manggis atau suplemen terkait manggis atau kulit manggis harus dihentikan segera jika muncul salah satu dari tanda dan gejala tersebut.

Namun Sebagian besar efek samping dari manggis hanya bersifat sementara dan dapat diatasi dengan mudah dengan mengurangi dosisnya. Namun penggunaannya harus dihentikan apabila efek samping yang serius mulai tampak. Selalu berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasakan efek samping  dari buah manggis atau suplemen kulit manggis

Demikian 10 efek samping buah manggis ataupun suplemen kulit buah manggis , selalu waspada dan berhati-hati jika mengalami gejala-gejala yang tak wajar seteloah mengonsumsinya.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *