Cara Menghaluskan Wajah Dengan Bahan Alami

Memiliki wajah yang halus adalah dambaan setiap orang, tak hanya wanita Pria pun demikian. Wajah yang halus adalah wajah yang bebas dari bekas jerawat, bebas dari flek-flek, pori-pori yang kecil dan tidak kering. Namun persoalan yang diluar kemampuan yang merusak kulit selalu saja muncul seperti jerawat, flek , keriput, dan pori-pori yang membesar.

Iklan

Memang banyak produk perawatan kulit dan wajah yang banyak beredar dipasaran yang mengklaim bisa membuat kulit Anda halus tanpa cacat sedikitpun, namun harganya bisa sangat mahal, bahkan kalau Anda salah pilih justru malah mendapatkan produk yang mengandung bahan kimia yang dapat merusak kulit Anda. Produk-produk yang mengandung kimia berbahaya biasanya memang bisa memutihkan atau menghaluskan kulit dalam waktu singkat dan cepat, namun dibalik itu semua ada efek samping yang Anda pasti tak ingin memperolehnya.

Jika adan adalah orang yang peduli dengan kelestarian kulit wajah Anda dan tak ingin buang-buang uang hanya untuk perawatan wajah. Kabar baiknya, kulit Anda masih bisa menjadi halus hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang banyak tersedia. Lebih aman, murah, dan efektif.

Baca juga : Cara membuat Masker beras untuk memutihkan wajah

Berikut Top 10 Cara Terbaik Untuk Menghaluskan Wajah Secara Alami

Cara menghaluskan wajah alami

Air Putih

Minum air cukup adalah satu faktor penting yang dapat Anda lakukan ketika ingin memiliki kulit yang halus bercahaya . Mendapatkan asupan cairan dalam sehari itu relatif, namun bagi orang dewasa sehat dengan aktifitas biasa disarankan minum rata-rata antara 8 – 10 gelas air dalam sehari. Air adalah unsur yang membantu tubuh dalam membuang racun dan limbah hasil metabolisme. Cairan bisa datang dari makanan juga, termasuk kuah sayuran dan buah atau minuman tertentu, namun Anda harus menghindari minuman yang terlalu manis, dan minuman bersoda.

Perbanyaklah makan buah dan sayuran yang tinggi kadar air. Biasakan mencuci wajah paling tidak 2 kali dalam sehari dengan air untuk membantu melembabkan, membersihkan, dan meningkatkan penampilan kulit Anda.

Mentimun

Mentimun merupakan bahan yang meringankan dan mendinginkan. Hal ini mengandung sifat menghidrasi, nourishing, dan astringent yang baik untuk wajah. Timun memiliki pH atau tingkat keasaman yang sama dengan kulit Anda sehingga bisa membantu memulihkan keasaman alami kulit, sehingga kulit anda terlindungi dari bakteri.

Pemakaian masker wajah alami dari mentimun bisa mencegah jerawat, kulit kering, komedo, dan keriput. Untuk membuat masker wajah dari mentimun, Anda dapat campurkan 2 dm oatmeal, 1 ½ potong mentimun dan tambahkan sedikit susu. Pakai masker ini ke wajah serta leher Anda,  biarkan selama sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.
Mentimun juga bisa dipakai sebagai pembersih wajah, caranya campurkan ekstrak mentimun dengan secukupnya susu segar lalu gunakan sebagai pengganti produk pembersih wajah.

Baca juga : Cara menggunakan mentimun untuk perawatan wajah

Buah Pepaya

Pepaya mengandung semacam enzim tanaman yang dikenal dengan nama papain, memiliki sifat antibakteri dan menyembuhkan. Enzim papain juga bisa membantu menghilangkan sel kulit mati.

Anda bisa menggunakan buah pepaya masak sebagai toner kulit. Caranya haluskan beberapa potong buah pepaya matang dan gunakan sebagai masker wajah. Terapkan masker pepaya ini selama sekitar 15 menit lalu cuci dengan air hangat.
Penggunaan pepaya akan membantu mengurangi flek-flek hiatm atau  coklat karena sengatan UV dari sinar matahari. Untuk memperoleh efek mencerahkan kulit, anda bisa mencampurkan sedikit air lemon.

Lemon

Air lemon bisa Anda gunakan untuk membersihkan kulit wajah Anda, hal ini bisa memudarkan flek-flek kecil atau besar dan bekas luka, lalu melembutkan sekaligus menghaluskannya.

Lemon mengandung enzim yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga akhirnya akan membuat kulit Anda menjadi lebih halus dan segar. Lalu dengan sifat astringen yang dimilikinya, maka lemon adalah agen pembersih wajah alami yang sangat baik untuk orang yang berjenis kulit berminyak.

Untuk memudarkan flek-flek hitam dan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan air lemon segar dan meratakannya ke seluruh wajah serta leher Anda. Diamkan selama 10 menit dan lalu bilas dengan air hangat. Anda boleh melakukan cara ini setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu.
Untuk mendapatkan kulit yang halus alami campurkan perasan lemon dari setengah bagian lemon dengan putih  dari sebutir telor. Pakaikan ke wajah Anda, lalu selama 10 menit sebelum anda bilas dengan air hangat. Lakukan 1 kali atau 2 kali dalam seminggu.

Kunyit

Kunyit merupakan herbal yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Hal ini termasuk juga dapat digunakan untuk meringankan noda pada kulit dan pigmentasi.

  • Campurkan sesendok makan bubuk kunyit dengan susu segar secukupnya untuk membuat adonan kental atau pasta. Gunakan di wajah dan leher Anda setiap hari untuk memperoleh kulit yang mulus dan tanpa cela.
  • Untuk membalikkan kelembaban kulit kering alami, campurkan 1 sdt bubuk cendana,  1 sdt bubuk kunyit, dan tambahkan air secukupnya untuk membuat adonan kental / pasta. Gunakan pada wajah Anda sebagai masker sampai mengering betul sebelum Anda membilasnya. Gunakan ini sebanyak 1 -2 kali seminggu.

Daun Pepermint

Daun mint bisa digunakan untuk mencerahkan warna kulit Anda dan mengurangi bekas luka dalam berbagai cara. Mint mengandung mentol yang akan memberikan efek menyegarkan di wajah.

Untuk menghilangkan jerawat, gunakan daun pepermint segar yang dihaluskan di wajah Anda setiap malam.

Anda bisa menggiling daun mint lalu menambahkan yoghurt tawar. Gunakan sebagai masker di wajah serta  leher Anda selama 15 menit sebelum di bilas. Lakukan cara ini sebanyak beberapa kali dalam seminggu.

Buah Tomat

Tomat bisa menjadi toner kulit alami yang sangat baik, yang juga bisa membantu mengobati jerawat serta flek-flek hitam.

Untuk membuat kulit menjadi lembut dan halus dengan buah tomat, ambil beberapa buah tomat merah yang segar kemudian haluskan pakai blender. Lalu oleskan bubur tomat secara merata ke wajah Anda. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air. Jika digunakan setiap hari ini dapat membantu mengecilkan pori-pori yang membesar yang kemudian akan memberikan kulit wajah yang lebih halus mulus untuk Anda.
Jika anda memiliki jerawat, bubur tomat juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkannya. Ratakan di area yang terkena jerawat danan biarkan selama sekitar 1 jam lalu bilas.

Madu

Madu adalah nutrisi yang diproduksi oleh lebah, sangat bergizi dan merupakan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghaluskan kulit wajah Anda.

  • Cara pakainya langsung oleskan madu ke wajah dan leher Anda, lalu diamkan selama sekitar 10 menit lalu kemudian bilas dengan air dingin. Cara sederhana ini sangat luarbiasa dalam melembutkan dan menghaluskan wajah anda.
  • Anda juga bisa menggabungkan madu dengan bahan lain, yaitu mencampurnya dengan putih telur dan menerapkannya ke wajah Anda selama 20 menit. Cuci bersih dengan air dingin, lalu sabun dengan lembut untuk menghilangkan bekas telur dan madu.
  • Kayu manis adalah bahan alami lain yang bagus untuk perawatan wajah. Anda bisa membuat solusi masker alami dari bubuk kayu manis 1½ sdt, dan madu 3 sdt untuk membuat pasta yang kental.  Terapkan sebagai masker ke wajah Anda selama semalam. Cuci dengan air hangat pada pagi harinya.

Minyak Pohon Teh

Minyak atsiri pohon teh memiliki sifat antibakteri, yang akan membantu menyingkirkan bakteri penyebab jerawat dari wajah Anda. Hal ini juga baik untuk membantu mengurangi bekas luka dan flek hitam.

Namun ada risiko reaksi alergi pada beberapa orang, jadi alangkah baiknya Anda mengujinya dulu dipergelangan tangan sebelum memakaikan ke wajah Anda.

Untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, gunakan kapas untuk menerapkannya secara langsung di daerah yang terkena jerawat setiap beberapa jam.
SeKira-kira1 jam sebelum tidur, oleskan jerawat dengan minyak vitamin E dan biarkan selama semalam.

 Lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang manfaatnya sungguh luar biasa, dan kini sudah banyak digunakan untuk produk kecantikan terutama produk perawatan menghaluskan kulit. Aloe vera bisa membantu mengobati jerawat, memudarkan flek atau noda serta bisa mengurangi keriput dan garis-garis tanda penuaan.

Potong daun lidah buaya, ambil gelnya dan secaralangsung Anda bisa mengoleskannya pada kulit Anda beberapa kali dalam seminggu.
Anda juga bisa mengombinasikan gel lidah buaya dengan madu dan lemon. Sediakan 1 sdm gel lidah buaya, 2sdt air lemon dan 1 sdt madu. Campurkan semua bahan alami ini, lalu oleskan di wajah dan leher sebagai masker, diamkan selama 15 – 20 menit sebelum dibilas. Gunakan masker wajah ini 2 – 3 kali dalam seminggu.

Baca juga : Cara Alami Memutihkan Wajah Dengan Mudah Dan Cepat

Tips Wajah Cantik :

  1. Hilangkan riasan hingga bersih benar sebelum tidur supaya kulit mendapatkan kesempatan tetap halus, dan cerah bersinar alami.
  2. Kunci kulit wajah sehat dan awat muda adalah membersihkan, mengencangkan, dan melembapkan.
  3. Pengelupasan kulit merupakan langkah penting untuk mengangkat sel kulit mati yang setiap hari bertambah. Jadi luangkan sekali atau 2 kali seminggu untuk menggosok.
  4. Gunakanlah tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari UV matahari ketika mau aktifitas diluar ruangan.
  5. Masker wajah adalah cara yang baik untuk membantu menjaga kulit agar selalu mulus dan indah.
  6. Minumlah cukup cairan air, aneka sayuran,  dan buah-buahan. Karena makanan itu adalah sumber nutrisi yang berpengaruh langsung pada kesehatan kulit.
  7. Jangan mudah tergoda menggunakan kosmetik yang tidak jelas. Hal ini bisa membahayakan kulit Anda bahkan kulti wajah bisa rusak permanen. Pakai hanya produk yang sudah diakui dan terbukti aman.
  8. Pakailah pelembab selama cuaca panas. Pelembab amat penting untuk menyeimbangkan kadar air pada  kulit Anda. Anda bisa memilih jenis pelembap kulit yang berbahan dasar cairan.
  9. Usahakan tidak berada langsung di bawah matahari saat terik teriknya sekitar jam 10 – 15. Di range waktu itu sinar matahari sedang mengheluarkan sinarnya yang paling kuat dan bisa menyebabkan efek buruk bagi kulit Anda.

Cara perawatan alami yang murah dan sederhana ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan kembali kulit yang mulus. Anda hanya butuh sedikit tambahan kesabaran dan bisa melakukannya secara rutin, dan Anda akan mendapatkan kulit halus, lembut, dan lentur seperti yang kita smua dambakan.

Iklan

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *