Cara Mengatasi Penyakit Jantung Agar Bisa Sembuh

Penyakit jantung umumnya mencakup semua masalah yang mempengaruhi struktur dan fungsi jantung. Yang paling sering dari penyakit jantung adalah terkait dengan aterosklerosis(kekakuan atau pengerasan arteri), atau juga termasuk penumpukan lemak di dinding arteri yang menyebabkan arteri menyempit – sehingga akhirnya menghambat aliran darah dan meningkatkan risiko serangan jantung yang berbahaya.

Advertisement

Penyakit jantung juga bisa mencakup masalah lain seperti penyakit jantung bawaan, aritmia(detak jantung tidak teratur), masalah katup jantung, infeksi jantung dsb. Gejalanya juga bervariasi tergantung dari jenis penyakit jantung itu, tapi yang umum termasuk sesak nafas, nyeri didada, degup jantung lebih lambat atau lebih cepat, mudah lelah, lemas, hingga pingsan.
Baca juga : Cara mencegah penyakit jantung

Kondisi jantung akan semakin diperparah dengan keadaan tertentu seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, mer*kok, asupan alk*hol dan kopi  berlebihan, stres, dan usia. Nah, dengan mengendalikan tekanan darah, berhenti mer*kok, mencegah obesitas, menurunkan kolesterol dan trigliserida, mengurangi kopi adalah upaya pertama untuk mengatasi penyakit jantung.

cara mengatasi penyakit jantung

Ketika Anda memang sudah terdiagnosa penyakit jantung, adalah penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh perlakuan dan pengobatan yang tepat dan pengobatan. Hal ini mengingat kondisi tiap orang berbeda, termasuk komplikasinya, tingkat keparahan, dan jenis masalah jantungnya yang membutuhkan penanganan yang bisa berbeda.

JIka Anda masih sekedar mencurigai kemungkinan penyakit jantung, sebaiknya segera memeriksakan diri – karena tahap awal penyakit jantung masih bisa dicegah agar tak menjadi semakin parah.

Berikut Cara-cara Alami untuk Mengatasi Penyakit Jantung Agar Bisa Sembuh :

Selain dengan selalu mengikuti petunjuk pengobatan dokter,  Anda juga bisa melakukan beberapa cara pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Dengan catatan : beberapa cara ini mungkin tidak cocok untuk kasus tertentu, dan herbal tertentu bisa bereaksi dengan obat medis. Jadi mintalah saran seorang ahli kesehatan sebelum mengambil ramuan obat alami tertentu.

Makan Bawang putih

Bawang putih bermanfaat untuk mengatasi kondisi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung koroner. Bawang putih banyak ditemukan penelitian bisa membantu memperlambat perkembangan aterosklerosis yang merupakan faktor risiko jantung koroner. Bawang putih juga bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah dan mengandung sifat antitrombotik.

Anda bisa makan 1 atau 2 siung bawang putih setiap hari. Jika anda tidak kuat dengan rasa dan baunya, setelah itu bisa minum segelas susu. Atau nisa mengunyahnya bersama dengan makan nasi. Suplemen bawang putih juga banyak tersedia di toko obat herbal. Namun perhatikan dosismya.
Catatan: Bawang putih bersifat mengencerkan obat sehingga bisa mengganggu manfaat obat tertentu. Tanyakan kepada ahli kesehatan atau dokter sebelum mengonsumsinya.

Ramuan Kunyit

Menurut studi, kunyit bisa membantu mencegah aterosklerosis. Kunyit mengandung bahan aktif yang disebut dengan curcumin yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan jalan mengurangi oksidasi kolesterol, mengurangi penumpukan plak dan bekuan.
Kunyit juga menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan anti peradangan. Hal ini juga mengandung antioksidan kuat yang mengusir radikal bebas.
Anda bisa merebus satu sendok teh bubuk kunyit dengan 1 cangkir air .  Minum 1 atau 2 kali sehari dalam beberapa minggu atau  bulan. Kunyit juga bisa diparut, diperas airnya kemudian direbus dan bisa ditambah madu sebelum diminum.

Baca juga : Khasiat Ramuan Kunyit Madu Bagi Kesehatan
Pilihan lainnya adalah kunyit dalam bentuk suplemen kunyit. Dosis yang dipakai secara umum adalah 400 sampai 600 mg suplemen kunyit tiga kali sehari. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapat saran dosis yang tepat yang sesuai dengan kasus kesehatan Anda.

Makan Cabe

Cabe rawit mengandung senyawa aktif yang disebut dengan capsaicin, manfaat nya termasuk dapat mengobati masalah jantung dan masalah peredaran darah. cabe juga membantu mengurangi resiko aritmia atau detak jantung tidak teratur, serta  menurunkan kadar kolesterol. Fitokimia yang terkandung dalam cabe juga bisa membersihkan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Anda bisa menambahkan1 – 1/2 sendok teh cabai rawit kedalam secangkir air panas. Laluaduk rata dan diminum. Hal ini bisa dilakukan sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari selama beberapa minggu. Anda juga bisa melanjutkan dengan minum secangkir teh kembang sepatu untuk menghilangkan pedas dan meningkatkan kesehatan jantung.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapat dosis yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda karena kondisi seperti tukak lambung atau penyakit infeksi seperti penyakit tipes tidak boleh makan pedas-pedas.

Minum Teh Hijau

Teh hijau telah diketahui mengandung jenis antioksidan kuat yang bermanfaat meningkatkan kesehatan sel-sel yang membentuk lapisan terdalam dari jantung dan pembuluh darah Anda. Hal ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah yang bisa memperparah kondisi penyakit jantung koroner. Teh hijau juga bermanfaat membantu meningkatkan metabolisme.

Dalam satu studi di Jepang yang dilakukan pada tahun 2008 lalu, peneliti menemukan bahwa meminum lebih dari 5 cangkir teh hijau tiap hari menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke sebanyak 26 persen.

Anda bisa minum 3 atau 4 cangkir teh hijau yang bebas kafein setiap hari.

Latihan

Olahraga yang dilakukan secara teratur plus diet dan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah dan mengelola penyakit jantung. Latihan seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, dan latihan kardio sangat bermanfaat untuk memperkuat jantung dan sistem kardiovaskular. Olahraga juga bermanfaat meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat plus-plus dari berolahraga adalah membantu menjaga berat badan dan mengurangi stres, dimana stres dan kegemukan terkait dengan sakit jantung. Selain latihan fisik, melakukan latihan pernapasan seperti yoga bisa membantu Anda merasa lebih santai.

Berolahraga selama 30 menit per hari sebanyak lima hari dalam seminggu akan meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Namun olahraga bagi penderita penyakit jantung membutuhkan jenis olahraga yang tepat sesuai kasusnya, sehingga harus merupakan saran dari dokter yang merawatnya.

Hindari lemak jenuh dan fat trans

Lemak-lemak jenuh bisa semakin memperparah kondisi pembuluh darah yang sudah mulai menyempit. Yang sehat saja bisa terkena penyakit jantung, terlebih bagi yang sudah memilkinya.  Nah untuk itu Anda harus bisa menghindari atau mengurangi  lemak jenuh, misalnya terdapat dalam gajih, susu, dan minyak goreng. Makanan yang digoreng mengandung trans fat, atau juga kulit ayam tinggi lemak jenuh sebaiknya tidak disentuh. Kue kue yang mengandung mentega atau margarin juga sama.

Hindari makan manis berlebih

Makan manis terkait dengan lonjakan gula darah dan diabetes. Diabetes akan semakin memperparah kondisi sakit jantung, dan makanan manis juga meningkatkan trigliserida yang juga akan memperparah penyumbatan arteri. Dengan demikian kurangi asupan makanan manis-manis, tepung.pati karena bisa meningkatkan trigliserida dan gula darah.
Baca juga : Gula meningkatkan kematian akibat penyakit jantung

Lebih banyak makan Ikan daripada Daging Merah

Makan ikan yang mengandung lemak seperti tuna dan salmon sangat baik, karena ikan-ikan ini mengandung omega 3 yang juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Suplemen minyak ikan juga bagus karena bisa mengontrol kolesterol dalam darah. Dapatkan rekomendasi yang baik untuk konsumsi suplemen apapun termasuk minyak ikan.

Suka Makan Buah

buah apel bagus bagi jantung

Beberapa jenis buah mengandung antioksidan dan dapat menurunkan kadar kolesetrol. Diantaranya buah apel, stroberi, blackberry, buah anggur, buah nanas, dsb. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengandung antioksidan, berarti membantu meningkatkan kesehatan tubuh keseluruhan yang akhirnya bagus buat jantung sehat.

Lain-lain

  • Batasi asupan garam
  • ganti asupan lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal misalnya dari ikan.
  • Diet sehat yang memasukkan berbagai buah bijian dan sayuran.
  • Menggunakan minyak zaitun untuk mengganti mentega, margarin dan minyak dari lemak .
  • Mengurangi stres salah satunya dengan jalan latihan relaksasi secara teratur. Baca : Kenapa Stres bisa menyebabkan Penyakit?
  • Mennghindari diabetes
  • Ambil suplemen omega-3 , koenzim Q-10,  atau L-carnitine namun setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.
  • Dapatkan tidur nyenyak.
  • Kunjungi dokter  secara teratur untuk menjaga kondisi Anda.

Penyakit  jantung atau sama dengan penyakit lain, dimana bisa dihambat agar tidak cepat menjadi semakin parah dan membahayakan jiwa bahkan bisa sembuh jika Kita bisa disiplin dalam mengikuti aturan pengobatan yang baik.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *