Inilah Cara Efektif Mengatasi Nyeri Kram Perut saat Haid

Merupakah hal yang umum pada wanita mengalami Kram perut atau nyeri haid ketika mulai masuk periodenya terutama pada remaja. Hal biasanya membuat rasa tidak nyaman disekitar perut, punggung bawah hingga paha. Kram perut pada wanita saat menstruasi atau disebut juga nyeri haid disebabkan oleh kontraksi otot-otot rahim ketika membersihkan diri dari sel-sel telur yang tidak dibuahi bersama lapisan rahim. Karena ini berasal dari proses alami, mungkin tidak bisa dihilangkan 100% tapi rasa nyeri setidaknya dapat dikendalikan dan dikurangi sehingga Anda lebih nyaman saat menjalani hari-hari.

Advertisement

Memang tak semua perempuan mengalami Kram Menstruasi, namun sampai saat ini masih belum dapat diketahui secara pasti alasannya. Tapi ada beberapa faktor terkait hadirnya rasa nyeri yang bisa membuatnya lebih intens yakni :

  • Haid yang berat
  • Remaja dibawah 20 tahun atau yang baru mendapat periode pertamanya.
  • Telah hadirnya anak pertama
  • Memiliki sensitifitas tinggi terhadap hormon prostaglandin(hormon yang mempengaruhi rahim)

Selain disebabkan oleh faktor umum, kram perut selama haid juga bisa disebabkan oleh hal yang abnormal misalnya endomentriosis. Untuk itu hal-hal atau gejala yang tidak biasa juga patut untuk diwaspadai. Untuk itu baca juga : Penyebab Kram Perut Selain Tidak Pada Saat Sedang Haid

Untuk kondisi kram perut yang normal selama haid bisa diatasi dengan beberapa cara pengobatan dirumah untuk meredakan rasa ketidaknyamanan Anda.

Berikut Cara-cara Alami Mengatasi Kram Perut saat Haid:

Cara Mengatasi Kram Perut saat haid

Image : shutterstock.com

Karena penyebab rasa nyeri dalam kasus periode haid adalah otot-otot rahim yang berkontraksi atau menegang, maka bisa ditangani seperti halnya untuk otot yang lain yaitu kompres hangat. Karena suhu yang hangat ini bisa mengendorkan otot yang tegang sehingga rasa nyeri dan kram berkurang. Ada beberapa cara untuk memberikan rasa hangat di otot sekitar perut yaitu :

Menggunakan botol yang diisi air panas. Tempatkan botol yang diisi air panas ini diatas bagian perut yang terasa sakit. Anda bisa melakukan ini hingga setengah jam sambil berbaring. Selain botol yang diisi air panas, cara lain juga bisa dengan mencelupkan handuk atau bantal kompres ke air panas lalu menempelkan ke area perut yang nyeri.

Berendam air hangat. Ini cara yang umumnya sangat menyenangkan, dan supaya anda semakin rileks anda bisa menmabahkan minyak aromaterapi pada bak mandi anda. Jangan terlalu panas.

Memijat dengan Minyak Atsiri/Minyak Aromaterapi

Memijat diarea yang nyeri bisa membantu mengurangi nyeri haid. Para peneliti menemukan bahwa terapi pijat bisa mengurangi rasa nyeri segera dan setelahnya secara signifikan. Terapi pijat untuk menstruasi dilakukan dengan cara menekan-nekan lembut di titik-titik tertentu di sekitar perut, samping, dan punggung bawah. Katakan jangan dipijat terlalu kuat jika dilakukan oleh pasangan Anda atau terapis pijat Anda.

Peneliti menemukan bawah orang yang menggunakan minyak atsiri saat terapi pijat untuk kram menstrusia mengalami penurunan rasa sakit yang signifikan termasuk durasi nyeri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan campuran minyak lavender, clarysage, dan minyak marjoram. Anda bisa memperoleh minyak pijat aroma terapi dengan bahan-bahan yang sama atau yang lain.

Jika Anda menggunakan minyak atsiri, maka harus diencerkan dengan minyak campuran misalnya minyak sayur atau minyak untuk pijat. Campuran yang aman adalah satu tetes minyak atsiri per sendok teh minyak campuran.
Mengurangi menghindari makanan tersebut dapat membantu meringankan rasa kram dan mengurangi ketegangan otot. Cobalah untuk meminum minuman yang menenangkan seperti jahe atau lemon dan air hangat. Jika perlu ganti gula dari makanan ringan dengan buah-buahan manis seperti stroberi.

Herbal Rumahan Alami

Beberapa herbal mengandung antiinflamasi dan antipasmodic yang diyakini para ahli herbal bisa mengurangi rasa nyeri dan peradangan selama haid.

  • Hal ini herbal yang paling banyak digunakan untuk Sindrom Pra-Menstruasi(PMS)adalah kunyit. Studi menemukan wanita yang minum dua kapsul kurkumin selama tujuh hari sebelum datang periode dan tiga hari setelahnya, memiliki penurunan signifikan dari gejala PMS. Anda bisa membuat sendiri minuman dari kunyit alami yang diparut kemudian ditambahkan madu, dan sedikit asam jawa. Kalau tak mau repot, banyak produk herbal khusus berbahan kunyit untuk nyeri haid atau suplemen mkunyit di toko herbal.
  • Herbal lainnya yang bisa dicoba adalah minuman jahe hangat. Satu studi menemukan bahwa minum jahe empat kali sehari selama tiga hari membantu meringankan rasa nyeri. Peneliti juga menyimpulkan bawa efek jahe sama efektifnya dengan obat pereda nyeri ibuprofen.
  • Kayu manis menurut studi mengurangi perdarahan yang banyak, rasa nyeri dan mual. Kapsul kayumanis 420g 2xsehari selama 3 hari pertama haid.
  • Teh Kamomil bermanfaat membantu meredakan kejang otot. Herbal ini juga mengandung glisin yang bekerja sebagai relaksan saraf. Caranya minum 2 cangkir teh kamomil per hari selama seminggu sebelum datang bulan, tapi jika meminumnya setiap bulan anda akan mendapat manfaat yang lebih banyak.

Beberapa herbal bisa saja memiliki efek samping terutama jika terkait kondisi tertentu, untuk itu apapun sebelum mengonsumsinya tanyakan dulu kepada ahli kesehatan atau medis.

Berolahraga

Penelitian menemukan bahwa wanita yang berolahraga tidak mengalami kram yang parah selama periode. Olahraga bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Olahraga yang efektif bisa mengurangi nyeri haid dan mengurangi atau bahkan menghilangkan penggunaan obat pereda nyeri. Aktivitas moderat seperti berjalan bisa bermanfaat bagi anda selama haid agar terhindar dari kram yang mengganggu kenyamanan. Jenis latihan lain seperti jogging, bersepeda, atau berenang bisa sangat bagus, termasuk untuk kesehatan keseluruhan.

Yoga merupakan jenis latihan yang bisa Anda pilih. Yoga adalah jenis latihan halus yang juga membuat tubuh melepaskan endorfin yang membantu mencegah atau mengurangi gejala kram perut saat haid.

Perubahan diet

Diet untuk mengurangi rasa nyeri menstruasi mencakup makanan tinggi serat, mengurangi makanan olahan, dan bernutrisi. Makanan makanan yang bisa Anda konsumsi adalah buah pepaya yang tinggi vitamin, kacang kenari, almond, sayuran berdaun hijau, serta brokoli. Buah pisang, buah alpukat, dan buncis bisa membantu karena tinggi akan boron yaitu zat mineral dalam tanaman yang bermanfaat membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang bisa mengurangi kram menstruasi.

Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan cukup mendapatkan asupan air. Air hangat atau panas biasanya lebih baik untuk mengatasi kram; misalnya cairan panas bisa meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengendurkan otot tegang.

Menghindari makanan tertentu. Selama periode haid hindarilah makanan yang dapat menyebabkan perut kembung dan retensi cairan, termasuk:

  • alk*hol
  • minuman berkarbonasi
  • makanan berlemak
  • kopi atau yang mengandung kafein
  • makanan terlalu asin

Minum Obat Pereda Nyeri

Obat  penghilang nyeri memang salah satu cara yang efektif, misalnya ibuprofen yang bisa dibeli bebas diapotik. Namun banyak juga obat nyeri yang memang dibuat khusus untuk menghilangkan kram menstruasi, carilah  yang mengandung acetaminophen.
Minumlah obat sesuai dengan sesuai dosis yang sudah ditentukan dalam kemasan. Tapi jika rasa nyeri tidak bisa mereda setelah minum obat, jangan tambah dosisnya.  Sebaiknya gunakan cara lain seperti diatas untuk menghilangkannya – atau datang ke dokter untuk mendapatkan resep dan obat yang labih tepat.

Saat Harus ke Dokter

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kram menstruasi tidak selalu oleh penyebab yang normal, tapi bisa karena penyebab abnormal seperti endometriosis. Untuk itu sebaiknya segera datang ke dokter ketika :

  • Rsa nyeri yang parah dan atau disertai perdarahan yang berat.
  • Rasa sakit hadir secara konsisten sehingga anda tidak bisa atau sulit melakukan aktifitas biasanya.
  • Rasa nyeri semakin memburuk, atau perdarahan menjadi lebih berat seiring waktu.
  • Nyeri persiten atau terus menerus lebih dari 2 hari.
  • Disertai dengan sakit kepala, mual dan muntah.
  • Obat penghilang nyeri tidak bisa mengatasinya.

Referensi : Healthline – Menstrual cramp remedies , Get rid of cramps

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *