10 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Yang Banyak Dilakukan Orang

Bibir adalah salah satu fokus wanita dalam hal perawatan kecantikan. Karena dengan memiliki bibir yang tampak merah cerah alami, wanita akan memiliki kekuatan besar yang bisa membuat siapapun akan terpesona oleh senyumannya. Namun suatu saat ketika bibir berubah menjadi hitam, maka keindahan senyuman itu seolah pergi entah kemana.

Advertisement

Bibir yang berwarna gelap banyak dikeluhkan oleh para wanita. Banyak faktor penyebab bibir bisa menjadi kecoklatan bahkan gelap, termasuk paparan sinar matahari langsung yang berlebihan, reaksi alergi, penggunaan kosmetik yang salah, mer*kok, penuaan, paparan kafein yang tinggi, ketidakseimbangan hormon. dan tak sedikit karena melupakan perawatan bibir. Untuk perawatan bibir ini Anda sebenarnya bisa menggunakan berbagai produk kosmetik yang banyak beredar dipasaran, namun yang berkualitas tentu tak murah harganya. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa memilih cara alternatif alami yang lebih aman dan tentunya murah.

Memerahkan bibir secara alami

Image : pixabay

Berikut beberapa bahan alami dan cara menggunakannya untuk membantu mengembalikan warna merah bibir Anda

1.  Minyak Kelapa

Minyak kelapa mamiliki banyak manfaat karena memiliki kandungan jenis lemak sehat yang memiliki manfaat termasuk untuk menjaga bibir Anda tetap sehat dan terhidrasi. Bibir yang terjaga kelembabannya akan menjadi lembut dan merah muda, dan minyak kelapa bisa membantu.
Anda bisa memakai minyak kelapa VCO sebagai lip balm pada siang hari, saat menjelang tidur dengan cara mengoleskan sedikit secara merata dengan ujung jari Anda. Anda bisa menggunakan minyak kelapa ketika Anda perlukan disiang hari.

2. Minyak Almond

Kenapa minyak almond bisa membuat bibir berwarna merah alami?. Hal ini karena minyak almond memiliki sifat emolien yang berfungsi melembutkan dan meremajakan kulit. Hal ini juga memiliki sifat sclerosan yang bisa membantu meringankan bibir, sehingga mengurangi perubahan warna
Cara pemakaiannya Ambil bisa mengambil 1 atau 2 tetes minyak almond pada ujung jari telunjuk kemudian sambil pijat bibir selama satu atau dua menit. Lakukan menjelang tidur dan diamkan selama semalaman. Ini bisa dilakukan setiap hari selama 3 minggu sampai mendapatkan manfaat tersebut.

3. Lemon Dan Madu

Gabungan Lemon dan madu bisa Anda buat sebagai krim alami pelembab bibir yang bisa membuat bibir hitam menjadi merah, dan Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Air jeruk lemon bisa menghilangkan warna gelap bibir, sementara madu akan menutrisi bibir Anda sehingga bisa berubah menjadi berwarna merah muda yang menarik. Krim lemon dan madu ini bisa disimpan dalam lemari es dan digunakan selama seminggu.

Cara membuat krim lemon dan madu :

  1. Campurkan perasan lemon dan madu dengan perbandingan 1:1
  2. Kemudian Aduk rata untuk membuatnya menjadi krim

Cara Penggunaan

  1. Lapisi bibir Anda dengan krim alami dari air lemon dan madu ini dan biarkan selama satu jam.
  2. Lap menggunakan kain basah yang lembut

Cara ini bisa Anda lakukan beberapa kali dalam sehari untuk menghilangkan faktor penyebab bibir gelap seperti sel kulit mati dan pigmentasi.

4. Lidah Buaya

Aloe vera adalah tanaman bermanfaat yang banyak mengandung flavonoid, salah satunya yang disebut aloesin. Senyawa ini adalah antioksidan yang bisa menghambat proses perubahan warna di kulit sehingga membuat bibir tetap cerah. Lidah buaya juga bermanfaat meremajakan kulit dan menutrisi bibir.
Cara menggunakan lidah buaya untuk memerahkan bibir alami sangat mudah, Anda cukup memotong daun lidah buaya dan mengambil gelnya. Lalu gel lidah buaya tersebut bisa anda oleskan ke bibir Anda. Diamkan lapisan tipis gel lidah buaya segar pada bibir sampai mengering. Bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan ini setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sedikit sifat asam karena memiliki kandungan asam alfa hidroksi. Senyawa ini akan bekerja sebagai agen pencerah bibir alami dan menghilangkan pigmentasi atau perubahan warna bibir.

Cara membuatnya, Anda perlu menyediakan cuka sari apel dan air, masing-masing sebanyak 1 sdt. Pertama campurkan cuka dan air supaya encer. Kemudian oleskan pada bibir Anda dengan menggunakan kapas. Biarkan hingga mengering sekitar 10 hingga 12 , lalu cuci bibir Anda dengan air hangat. Lakukan cara ini sekali saja dalam sehari.

Catatan : Jangan menggunakan cuka sari apel sepanjang malam atau sepanjang hari karena sifat keasamannya bisa merusak kulit jiak didiamkan dalam jangka waktu lama.

6. Soda Kue Dan Minyak Zaitun

Warna bibir yang gelap bisa disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati. Baking soda adalah agen pengelupas yang bisa menghilangkan sel-sel mati sehingga mengembalikan warna bibir menjadi sehat dan merah muda kembali. Sementara minyak zaitun sebagai lip balm alami sangat penting untuk menjaga bibir tetap lembab atau terhidrasi setelah pengelupasan sel mati.

Pertama buatlah pasta dari campuran soda kue dan air. Kemudian gosokkan pasta tersebut dengan gerakan melingkar dan lakukan dengan lembut. Anda bisa memakai sikat gigi atau menggunakan ujung jari Anda. Lakukan ini selama sekitar 2 – 3  menit.
Jika selesai bilas bibir Anda sampai bersih, kemudian keringkan. Terakhir sebagai lip balm untuk menaga kelembaban, oleskansedikit minyak zaitun pada bibir Anda. Pakai cara ini kadang-kadan saja.

7. Umbi bit/ beetroot

beetroot untuk memerahkan bibirAir berwarna merah yang keluar dari beetroot akan menghilangkan warna kecokelatan pada bibir sekaligus juga mewarnai bibir secara alami. Cara ini bisa membersihkan kulit dan membuatnya tetap lentur. Beetroot kaya antioksidan, yang juga bermanfaat menjaga kulit untuk tetap muda dan sehat.

Cara pakainya sangat mudah, iris umbi bit kemudian gunakan menggosok bibir Anda selama beberapa menit. Lakukan cara ini sebanyak sekali sehari dan setiap hari. Anda bisa menyimpan irisan bit dalam kulkas yang siap di gunakan setiap hari

8. Mentimun

Penggunaan air mentimun akan meremajakan bibir Anda dan membuat bibir menjadi cerah. Selain untuk bibir, mentimun juga baik untuk wajah dan kulit. Ambil mentimun, giling dengan blender untuk membuat jus mentimun. Celupkan bola kapas kedalam jus mentimun lalu oleskan merata ke permukaan bibir Anda. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum di bilas dengan air dingin.

Lakukan perawatan bibir alami ini secara rutin 1 kali setiap hari, dan Anda akan melihat hasilnya dalam waktu sekitar 20 hari.

Baca juga : 7 Makanan Yang Berpotensi Tinggi Dapat Merusak Kulit dan Wajah Anda

9. Gula Pasir

Kenapa gula bisa bermanfaat untuk mencerahkan bibir hitam atau kecoklatan? Hal ini karena gula bisa bekerja sebagai agen pengelupasan kulit yang baik. Pengelupasan bibir secara teratur bisa  menghilangkan sel-sel kulit yang mati sehingga mengembalikan bibir gelap dan kusam menjadi cerah kembali.

Campurkan 3 sdm gula pasir dan 2 sdm mentega untuk membuat pasta kental. Gosokkan secara lembut pada permukaan bibir Anda. Cukup lakukan cara ini seminggu sekali saja untuk mengembalikan warna bibir merah alami Anda.
Anda juga bisa mencampurkan 1 sdt  gula pasir,  1 sdt madu, dan 1½ sdt minyak almond. Lalu pergunakan campuran itu untuk menggosok bibir Anda selama sekitar 5 menit dalam seminggu sekali.

10. Bunga Mawar

Air mawar memiliki sifat yang hebat untuk bibir, yaitu menenangkan, mendinginkan, dan melembabkan. Hal ini juga akan membantu menambahkan warna merah muda alami untuk bibir gelap Anda. Caranya :

  • Campurkan setetes air mawar dengan 5 tetes madu lalu oleskan secara merata pada bibir Anda. Lakukan ini sebanyak 3 atau 4 kali dalam sehari.
  • Ambil kelopak bunga mawar, lembutkan untuk membuat 1 sendok bubur bunga mawar. Campur dengan 1 sdt mentega, dan 1 sdt madu.  Oleskan ramuan alami tersebut pada bibir Anda sambil digosok dengan lembut. lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.
  • Ambil beberapa kelopak bunga mawar dan rendam kedalam susu segar selama 1jam, kemudian haluskan untuk membuat bubur halus atau pasta. Tambahkan lagi 1½ sdt madu dan sejumput safron. Oleskan bubur tersebut kepermukaan bibir Anda, biarkan selama sekitar 15 menit. Lakukan ini sebanyak 2x dalam sehari.

11. Minyak Zaitun

Tak diragukan lagi, selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak zaitun ekstra virgin juga bisa digunakan untuk mencerahkan bibir. Minyak zaitun mengandung banyak sekali nutrisi penting yang bermanfaat untuk merawat bibir Anda. Minyak zaitun memiliki sifat melembabkan bibir, sehingga membuatnya menjadi lembut dan indah.

Gunakan beberapa tetes minyak zaitun jenis ekstra virgin pada bibir Anda dengan cara memijatkannya dengan lembut. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur.
Anda juga bisa menggabungkan minzak zaitun dengan gula pasir.  Campurkan 1/2 sdt gula pasir dengan 5 tetes minyak zaitun. Gosokkan dengan lembut ke bibir Anda sebanyak sekali dalam seminggu.

Cara alami yang sangat sederhana ini akan mengembalikan warna merah alami bibir Anda.

Tips :

Untuk mengharapak bibir merah alami, Anda tidak bisa hanya dengan mengandalkan perawatan luarnya saja seperti diatas. Anda juga perlu untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan untuk mendapatkan bibir yang berwarna merah. Selain makan-makanan bergizi, Anda juga harus minum air putih cukup setidaknya 8 gelas setiap hari untuk mencegah dehidrasi, yang merupakan satu penyebab  bibir hitam.

Untuk mencegah bibir hitam, Anda harus menghindari produk atau kosmetik untuk perawatan bibir yang tidak terjamin kualitas dan efeknya. Hindari kebiasaan buruk seperti minum kopi berlebihan, mer*kok, dan Anda juga perlu mengenakan lip balm ketika harus banyak terkena sinar matahari langsung.

Banyak-banyaklah makan buah dan sayuran karena makanan-makanan dari golongan itu adalah sumber antioksidan tertinggi yang bagus untuk kulit dan bibir serta kesehatan secara keseluruhan.

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *