5 Cara Cepat Hamil Yang Benar dan Mendapatkan Bayi Yang Sehat

Jika Anda Ingin cepat hamil ada beberapa cara yang bisa Anda persiapkan dan lakukan. Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mempersiapkan masa prenatal/ (masa sebelum hamil) ini dengan sebaik-baiknya. Persiapan prenatal ini mencakup terutama hal yang bisa mempengaruhi kesehatan reproduksi; termasuk menghindari beberapa gaya hidup buruk yang bisa mempersulit kehamilan, mendapatkan asupan nutrisi yang mendukung kesuburan – bahkan Anda mungkin juga perlu suplemen vitamin tertentu. Kemudian yang Anda perlu lakukan adalah termasuk mengetahui kapan masa subur dan bagaimana cara berhubungan s*ksual yang baik agar bisa segera hamil. Baca terus untuk mendapatkan informasi yang lengkap!

Advertisement

cara cepat hamil

Setelah tubuh Anda dipersiapkan dengan baik khususnya yang menyangkut kesehatan reproduksi Anda, langkah selanjutnya Anda juga perlu untuk merencanakan kapan saat yang tepat untuk berhubungan dengan pasangan Anda. Berikut ini akan kita ungkap semua caranya mulai dari persiapan sebelum hamil sampai konsepsi.

Cara Agar Cepat Hamil plus bisa Memiliki Bayi yang Sehat dan Lucu :

Berapa lama sih waktu yang dibutuhkan Wanita untuk bisa Hamil?

Pertama Anda mungkin perlu untuk memahami tentang sampai berapa lama Anda bisa hamil. Sebagian besar, beberapa pasangan yang sehat yang sering berhubungan s*ks tanpa k*ndom akan hamil dalam waktu satu tahun. Sebuah studi yang dilakukan Mayo Clinic menunjukkan bahwa sekitar 38% wanita bisa hamil setelah satu bulan berhubungan, lalu naik menjadi hampir 70% setelah tiga bulan, 81% setelah enam bulan dan 92% setelah 12 bulan.

Jadi jika Anda berusia 30-an atau lebih muda dan sehat biasanya membutuhkan waktu selama satu tahun sebelum berhasil hamil. Hal ini karena teknisnya Anda hanya memiliki 1 dari 5 kesempatan untuk hamil dalam setiap bulannya sehingga ada semacam faktor keberuntungan juga – bahkan jika Anda secara ketat memantau siklus ovulasi Anda.

Jika usia Anda lebih 35 dan tidak hamil setelah 6 bulan berusaha, mungkin Anda perlu untuk mengunjungi dokter untuk memeriksakan kesuburan.

Hindari Hal-hal yang bisa mengganggu kesuburan baik si wanita maupun pria pasangannya:

Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan konsepsi yang cepat, maka Anda dan pasangan perlu mempertimbangkan gaya hidup berikut :

  • Berhenti mer*kok untuk baik Anda ataupun pasangan Anda
  • Menghindari asupan minuman beralkohol, karena dapat mempengaruhi kesuburan Anda dan pasangan.
  • Mengurangi asupan kafein, karena hal ini juga bisa memperlambat konsepsi.
  • Minum suplemen asam folat dengan dosis 400 mikrogram perhari hingga sampai dengan 12 minggu kehamilan. Atau bisa juga mengonsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat, karena ini penting untuk perkembangan janin yang sehat.(tanyakan ke dokter Anda)

Konsumsi Makanan yang Mendukung Masa Prenatal

makanan sebelum hamil

Yang tak kalah penting agar cepat hamil adalah asupan gizi yang tepat dan seimbang. Diet yang yang benar tak saja baik untuk kesehatan, tapi juga berdampak pada kesuburan Anda. Bahkan mendapat asupan gizi yang cukup sebelum hamil ataupun sesudah hamil akan sangat mempengaruhi janin Anda. Jika asupan gizi anda bagus, tentu saja anak yang anda lahirkan nanti sehat, dan tentu imut serta lucu –  karena terhindar dari risiko cacat kelahiran.

Baca juga :Bahaya Toksoplasma pada Ibu Hamil: Gejala, Penyebab, Diagnosa, dan Pencegahan

Maka Pastikan Anda sudah menyertakan makanan tertentu ke dalam diet sebelum hamil untuk memastikan bahwa tubuh Anda tidak kekurangan salah satu poin kunci nutrisi supaya cepat hamil. Hal ini berlaku pada Anda dan pasangan Anda. Berikut beberapa sayuran yang disarankan :

  • Bayam
  • Pisang
  • Telur
  • Sereal
  • Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Bayam adalah jenis sayur berdaun hijau tua, yang merupakan kunci penting memiliki sel telur dan sel sp*rma karena mengandung mengandung mineral zinc. Buah pisang kaya akan vitamin B6, yang berperan membantu mengatur hormon, sementara telur dan sereal yang diperkaya nutrisi akan membantu Anda mendapatkan asupan vitamin D. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan angka infertilitas/kemandulan. Kemudian makanan seperti kacang-kacangan dikenal sebagai makanan pendongkrak kesuburan karena kaya akan protein nabati yang tinggi.

Baca juga : Makanan yang meningkatkan kesuburan agar cepat hamil

Ketahui Masa Subur Anda

menghitung masa subur

Ini penting untuk diketahui bahwa tidak setiap saat seorang wanita berada dalam masa subur. Sehingga dengan memahami masa subur Anda, maka Anda bisa lebih berpeluang cepat hamil karena tahu kapan saat yang tepat untuk berhubungan.
Seorang wanita hanya subur selama beberapa hari saja dalam setiap bulannya, sehingga dengan mengetahuinya maka Anda melakukan hubungan s*ks dengan pasangan pada waktu yang tepat tentu akan meningkatkan kesempatan Anda.

Pertama menghitung masa ovulasi :

Hal dasar yang Anda harus ketahui adalah berapa lama siklus haid anda; siklus haid yang normal biasanya setelah 21 – 35 hari. Hari ke 1 siklus adalah hari pertama haid. Haid dimulai pada hari pertama dimana dinding rahim mulai luruh dan keluar sebagai darah menstruasi. Pada masa haid inilah sel telur mulai berkembang didalam ovarium, yang ketika sudah matang ovarium akan melepaskan sel telur tersebut  –  disebut ovulasi.

Lalu kapan saat ovulasi? Hal ini terjadi tergantung berapa lama siklus haid Anda. Tiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda,  ada yang siklusnya pendek dan ada yang lebih panjang. Tapi secara umum masa ovulasi wanita terjadi di hari ke 12 – 14 sebelum datang siklus haid berikutnya. Tapi misalnya siklus Anda pendek misalnya 22 hari, maka hanya beberapa hari biasanya 4 hari setelah haid selesai adalah saat Anda ovulasi.

Kapan masa subur?Masa subur adalah masa dimana sel telur telah matang dan siap untuk dibuahi, sehingga penting untuk mengetahui ini agar cepat hamil. Jika Anda tidak mengetahui ini, maka bisa saja Anda hanya melewatinya begitu saja tiap bulan sehingga tak kunjung hamil. Selain itu, sel telur hanya bisa bertahan selama 12 – 24 jam saja setelah matang, dan harus bisa dijangkau sp*rma yang sehat sebelum mati agar Anda bisa hamil.

Masa subur Anda berada disekitar masa ovulasi, atau kira-kira 5 hari sebelum ovulasi. Atau dengan kata lain masa subur anda yaitu antara hari 12 hari dan 16 hari sebelum datang periode haid berikutnya. Bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur setiap 28 hari, dengan kata lain masa suburnya berada diantara 10 – 16 hari sebelum haid.

Namun hal yang menjadi kendala dalam menghitung masa subur ini adalah masa haid wanita berubah-ubah, bisa panjang selama 7 hari mengalami haid atau bisa sangat pendek hanya 2 hari saja. Hal ini akan berpengaruh terhadap ovulasi, bisa seminggu lebih cepat atau lambat ke periode selanjutnya.

Tanda-tanda Yang dialami Wanita Ketika Ovulasi:

Kondisi fisik tertentu mungkin akan dialami oleh wanita ketika sedang berada dalam masa ovulasi. Hal ini bisa dipakai untuk memperkuat prediksi masa subur Anda:

  • Suhu basal tubuh meningkat : Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh ketika bagun tidur pada pagi hari – normalnya 35,5 – 36,6 derajat celcius. Jika suhu tubuh Anda lebih tinggi sedikit dari itu maka sudah mengalami ovulasi dalam 1 atau 2 hari ini.
  • Rasa kram nyeri perut atau bagian punggung: Hal ini bisa dialami oleh beberapa wanita ketika sedang berada pada masa ovulasi.
  • Keluar lendir dari mulut rahim : Lendir ini bersifat lengket, licin,  dan bening mirip dengan putih telur. Hal ini merupakan tanda perubahan hormon saat obulasi terjadi.
  • Wanita merasa lebih bergairah: Pada masa sybur biasanya wanita merasakan perasaan lebih bahagia, bersemangat dan bergairah. Juga biasanya wanita akan lebih mudah berkomunikasi dengan pasangannya.

Setelah Anda memprediki masa kesuburan menggunakan kalender diatas, selanjutnya anda bisa mengonfirmasinya dengan kondisi yang Anda alami seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jadi jika ingin cepat hamil maka tidak menyia-nyiakan jika berada pada kesempatan yang bagus ini. Maka lakukan berhubungan s*ks lebih sering untuk memperbesar peluang Anda agar cepat hamil.

Cara Berhubungan S*ks Agar Cepat hamil

Hal ini bukanlah mitos. Posisi tertentu bisa semakin meningkatkan peluang karena akan semakin memudahkan sp*rma dalam menjagkau sel telur untuk dibuahi. Selain itu, cara-cara lain yang diperlukan adalah bertujuan supaya sp*rma tidak keluar dari v*gina untuk beberapa lama – yang memperbesar peluang terjadi pembuahan.

  • Posisi wanita dibawah dan dengan punggung bagian bawah agak terangkat. Supaya punggung bawah bisa terangkat dengan mudah, maka Anda bisa mengganjal b*kong Anda dengan bantal. Hal ini memanfaatkan gaya gravitasi, sehingga sp*rma lebih mudah untuk berenang menjangkau sel telur dalam rahim.
  • Setelah berhubungan, diamlah sebentar beberapa menit sebelum bersih-bersih kebelakang dengan tetap diganjal bantal untuk memberi kesempatan bagi sel sp*rma dan sel telur bertemu untuk melakukan pembuahan.
  • Berhubungan s*ks sebelum tidur mungkin merupakan waktu yang optimal, meskipun beberapa sumber melaporkan bahwa jumlah sp*rma tertinggi di pagi hari. Melakukan hubungan di malam hari atau pagi hari boleh saja, yang penting ada kesempatan bagi wanita untuk tetap terlentang beberapa menit sebelum beres-beres.
  • Jangan menggunakan bahan pelumas apapun dari luar untuk membantu anda karena bisa mematikan sp*rma. Hal lain yang perlu dihindari adalah, tidak melakukan latihan atau mandi air hangat setelah berhubungan. Hal ini bisa menyebabkan suhu tubuh Anda meningkat, yang bisa menyebabkan sp*rma menjadi kehilangan viabilitas dan mortalitas oleh kondisi lingkungan yang panas.

Cukup Olahraga

Hal yang menjadi tak kalah pentingnya, olah raga merupakan salah satu dari cara cepat hamil yang penting Anda butuhkan. Beberapa penelitian pada pria kegemukan, bahwa jumlah sp*rma meningkat ketika mereka berat badan mereka turun. Secara umum laraga akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesuburan baik pria atau wanita.

Kapan Saatnya Ke Dokter Kandungan?

Jika Anda sudah lebih dari setahun berusaha namun tidak kunjung hamil, maka kunjungilah dokter kandungan. Dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan hingga pemeriksaan kesuburan untuk melihat apakah ada alasan medis yang mendasari mengapa Anda sulit untuk hamil meskipun sudah berjuang dijalan yang benar.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *