12 Cara Alami Menghilangkan Rasa Gatal dan Bentol Akibat Gigitan Nyamuk

Nyamuk adalah serangga penganggu yang paling umum kita kenal. Hal ini terutama banyak hidup didaerah yang lembab, teduh dan hangat apalagi jika sebuah lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya. Cara terbaik adalah dengan mencegah atau menghindari serangan nyamuk, karena seperti kita ketahui jika hewan ini adalah pembawa virus dan parasit pembawa penyakit. Akibat dari gigitan nyamuk kita tentu sudah tahu yaitu rasa gatal, dan bahkan pada beberapa orang efeknya bisa lebih parah dari yang lain tergantung dari beberapa faktor tubuh yang salah satunya adalah alergi.

Advertisement

Ternyata nyamuk juga sangat tertarik pada kondisi tertentu dari seseorang. Mungkin Anda pernah bertanya dalam hati “kenapa hanya saya yang selalu lebih banyak digigit nyamuk daripada teman saya”. Ternyata secara ilmiah ini ada alasannya. Berikut beberapa alasan kenapa nyamuk lebih tertarik menggigit Anda daripada orang lain di suatu tempat yang sama:

  • Nyamuk lebih suka mengigit orang yang berjenis golongan darah O daripada golongan darah A, sementara golongan darah B berada diantara golongan darah O dan A.
  • Berbagai jenis metabolisme dan aktifitas olahraga bisa membuat seseorang lebih disukai nyamuk daripada orang yang lain. Nyamuk bisa mendeteksi jenis zat kimia dalam tubuh seperti amonia, asam urat, atau asam laktat yang dikeluarkan tubuh. Juga, hewan ini lebih menyukai orang yang suhu tubuhnya lebih hangat.
  • Penelitian juga menyebutkan, berbagai jenis bakteri yang hidup pada kulit seseorang juga bisa membuat nyamuk lebih tertarik. Itulah mungkin kenapa ketika orang tidak mandi, lebih banyak digigit nyamuk daripada yang sudah mandi bersih pakai sabun.
  • Wanita hamil lebih banyak mengeluarkan karbondioksida dan tubuhnya lebih hangat sehingga lebih rentan digigit nyamuk.
  • Warna pakaian tertentu bisa membantu nyamuk untuk lebih mudah untuk menemukan Anda. Pakaian ini adalah yang memiliki warna merah atau hitam yang lebih menonjol.
  • Faktor gen juga membuat Anda bisa terlihat lebih menonjol dimata nyamuk daripada yang lain.

Demikian tadi untuk mengenal sisi lain dari kehidupan nyamuk mengapa mereka lebih menyukai menggigit Anda daripada yang lain. Setelah mengetahui ini Anda mungkin nantinya akan bisa mengantisipasinya untuk mengurangi potensi digigit nyamuk. Namun berikut kita akan membahas bagaimana cara mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dengan solusi rumahan yang ada.

Cara alami mengatasi gigitan nyamuk

Berikut Bahan Alami Rumah Untuk Menghilangkan Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk dengan Cepat :

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat yang bersifat anti-radang, sehingga juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatyal akibat gigita serangga khususnya nyamuk dan luka bakar. Cara penggunaanya sangat mudah, hanya tinggal memotong daun lidah buaya kemudian mengoleskan lendir yang keluar ke area kulit bekas gigitan nyamuk.

Pasta Gigi

Pasta gigi umumnya mengandung mentol atau pepermin, yang bersifat menyejukkan dan menenangkan kulit. Hal ini juga bersifat astringent yaitu yang bisa mengurangi pembengkakan/peradangan akibat gigitan nyamuk. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan pasta gigi ke area yang terkena gigitan nyamuk.

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu putih memiliki sifat anti-serangga, sehingga selain bisa mencegah kulit dari gigitan nyamuk. Serta bisa meredakan rasa gatal ketika dioleskan ke kulit akibat gigitan nyamuk.

Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel yang telah banyak dikenal manfaatnya untuk kesehatan, ternyata juga bisa menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Hal ini karena cuka sari apel mangandung asam asetat yang mengandung sifat anti-peradangan dan bisa menenangkan kulit. Cuka sari apel juga bersifat antimikroba yang akan mencegah infeksi karena garukan kuku kearea kulit bekas gigitan nyamuk. Campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan yang sama, lalu gunakan kapas atau kain bersih yang di oleskan ke daerah gigitan setelah dicelupkan kedalam campuran.

Kantung Teh Hijau

Teh hijau bersifat mendinginkan dan menenangkan kulit sehingga cepat meredakan rasa gatal. Teh hijau juga mengandung asam tanic yang bermanfaat meredakan peradangan/pembengkakan akibat gigitan nyamuk. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu celupkan kantung teh hijau kedalam air selama 10-15 menit, lalu angkat dan tempelkan ke daerah yang habis terkena gigitan nyamuk.

Baking Soda

Senyawa utama yang terdapat dalam baking soda adalah sodium bikarbonat, bersifat alkali yang bisa menyeimbangkan pH kulit dan menyembuhkan rasa gatal dan peradangan akibat gigitan nyamuk. Hal ini juga mengandung sifat antibakteri, yang secara lebih lanjut bisa mencegah infeksi akibat garukan yang seringkali secara reflek kita lakukan jika merasa gatal dikulit. Cara menggunakannya; ambil sesendok baking soda lalu campurkan dengan segelas air bersih dingin, aduk rata. Lalu masukkan kain bersih kedalam campuran, dan tempelkan kain tersebut selama 15 menit ke daerah kulit yang digigit nyamuk. Terakhir cuci bersih. lakukan ini sekali saja.

Madu

Madu adalah anugrah alam yang sungguh luarbiasa ini juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Sifat anti radang dan sifat obat pada madu bisa dengan mudah menghilangkan bentol dan rasa gatal gigitan nyamuk. Hal ini juga memiliki sifat antimikroba yang bisa mencegah infeksi lebih lanjut akibat gigitan nyamuk. Caranya; madu cukup dioleskan pada area gigitan nyamuk dengan ujung jari, bisa diulangi sampai efek gatal dan bentol hilang.

Lemon

Lemon memiliki sifat asam dan anti peradangan akibat gigitan nyamuk, sehingga bisa dengan mudah menghilangkan radang dan pembengkakan/bentol-bentol dan rasa gatal. Cara menggunakannya, sebuah lemon di belah menjadi 2 bagian. Ambil separuh lemon dan langsung diterapkan/gosokkkan pada area gigitan nyamuk selema beberapa menit. Bersihkan. Lakukan sesaat setelah digigit nyamuk.

Bawang Putih

Bawang putih sudah banyak digunakan sejak lama karena sifat obat yang dimilikinya. Bawang putih memiliki banyak senyawa yang mengandung sulfur serta sifat anti-inflamasi dan telah terbukti sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai infeksi dan bisa dengan cepat dan efektif menghilangkan efek gatal dan radang akibat gigitan nyamuk. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup ambil sesiung bawang putih, patahkan kemudian gogokkan ke area bekas gigitan nyamuk.

Es Batu

Es yang dingin bermanfaat menenangkan kulit dan membatasi penyebaran peradangan dari daerah bekas gigitan nyamuk. Kompres es batu juga merupakan salah satu cara yang banyak digunakan untuk mengatasi rasa nyeri dan peradangan setelah trauma fisik. Es batu tidak hanya bisa menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk,  tetapi juga mengurangi peradangan dan pembengkakan. Caranya bungkus es batu dengan kain bersih, lalu tempelkan ke daerah bekas gigitan nyamuk selama sekitar10 menit. Lakukan ini hanya sekali setelah gigitan nyamuk.

Air Panas

Nyamuk akan menyuntikkan zat sejenis protein ke kulit untuk mencegah penggumpalan darah sehingga ia bisa dengan mudah menghisapnya. Protein inilah yang menyebabkan kulit Anda merasa gatal dan meradang. Suhu air yang tinggi bisa menghilangkan efek antikoagulan ini sehingga bisa mengurangi rasa gatal dan peradangan. Sediakan semangkuk air panas dan rendam selembar kain lap bersih kedalamnya.
Peras kain sedikit dan letakkan di atas area kulit yang terkena gigitan nyamuk dan biarkan selama 5-10 menit.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang membuatnya memiliki banyak manfaat. Zat ini memiki sifat anti inflamasi dan merupakan zat antioksidan kuat yang bisa membantu meredakan peradangan dan mengatasi gatal. 1 sdm kunyit bubuk bisa anda campurkan dengan 2 sdm air untuk membuat adonan, kemudian terapkan ke permukaan kulit yang digigit nyamuk sampai mengering.

Garam

Garam merupakan antiseptik alami yang bisa membantu mencegah infeksi. Penggunaan garam secara topikal ditemukan menunjukkan efek anti-inflamasi, dimana yang bisa mengurangi rasa gatal dan peradangan akibat gigitan nyamuk. Campurkan 1/2sdt garam dengan beberapa tetes air, lalu oleskan ke daerah gigitan dan biarkan mengering. Kemudian cuci bersih kulit Anda.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa jika dioleskan akan membentuk suatu pelindung pada kulit dan mencegah infeksi. Hal ini terutama karena garam memiliki kandungan asam lemak dan polifenol yang tinggi. Senyawa-senyawa ini menunjukkan fungsi anti inflamasi, analgesik, dan bisa mencegah gatal oleh gigitan nyamuk . Caranya hanya mengoleskan sedikit minyak kelapa ke daerah bekas gigitan nyamuk.

Bawang Bombai atau bawang merah

Bawang bombai mengandung banyak senyawa fitokimia dan flavonoid yang dikenal akan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimilikinya.  Sifat anti inflamasi bawang bisa membantu mengobati dan mencegah gatal akibat gigitan nyamuk. Haluskan bawang bombai/bawang merah, lalu terapkan kedaerah bekas gigitan nyamuk hingga 10-15 menit.

Cara Mencegah Gigitan Nyamuk

Cara-cara diatas munngkin bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal dan peradangan akibat gigitan nyamuk, namun tidak untuk menolak virus yang mungkin ditularkannya termasuk malaria, cikungunya dan DBD sehingga cara terbaik adalah terhindar dari gigitan nyamuk. Untuk itu gunakan tindakan maksimal untuk mencegahnya, yaitu termasuk :

  • Menjaga kebersihan lingkungan, terutama membersihkan saluran air / membuang potensi terjadinya genangan air.
  • Usahakan sinar matahari bisa masuk kedalam kamar/ruangan
  • Hindari menanam tanaman/bunga-bungaan yang menimbulkan tempat menjadi teduh dan kurang sinar matahari yang disukai nyamuk.
  • Kenakan pakaian yang berwarna terang
  • Gunakan kelambu untuk tempat tidur
  • Gunakan produk anti nyamuk
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *