Cara Alami Agar Tidak Hamil Tanpa Menggunakan Pil KB, dll.

Adakalanya seorang wanita tidak menginginkan hamil dulu oleh berbagai alasan yang disetujui oleh pasangannya. Sebab yang lazim adalah ketika satu pasangan baru nikah yang masih belum merasa siap lahir batin atas kehadiran seorang anak, lalu alasan lain yang sangat masuk akal adalah menunda kehamilan untuk memberi jarak bagi kehadiran anak yang kedua atau ketiga. Jika alasan Anda tidak ingin hamil adalah seperti alasan tersebut, maka ada cara alami yang aman artinya nanri tidak ada efek samping yang akan membuat sulit hamil ketika anda sedang merasa harus dapat momongan.

Advertisement

Cara mencegah kehamilan alami, artinya pencegahan kehamilan tanpa menggunakan bantuan seperti penggunaan pil KB atau bentuk lain untuk mengendalikan kehamilan. Namun hal ini harus dilakukan dengan hati-hati dan komitmen yang tinggi dari pasangan Anda, karena disini Anda harus bisa memantau siklus reproduksi . Ini adalah metode alami yang umum, dimana menghindari berhubungan dimasa subur dan tentu saja Anda dan pasangan harus punya komitmen tinggi.

Cara Mencegah Kehamilan Alami Tanpa Bantuan Bentuk Lain Kontras*psi.

Cara agar tidak hamil

Memahami Siklus Reproduksi Wanita

Artinya Anda harus mengetahui kapan saat berada dalam masa subur sehingga tidak berhubungan untuk menghindari terhadinya  pembuahan yang menyebabkan kehamilan. Masa subur wanita yaitu saat dimana sel telur yang dilepaskan ovarium menuju leher rahim sudah matang dan siap untuk dibuahi.

Sel telur ini akan siap menunggu selama 12-24 jam kedepan untuk bertemu dengan sel sp*rma. Jika sp*rma datang dan berhasil menemukan sel telur yang sudah matang ini maka terjadilah pembuahan, sel telur kemudian menempel pada dinding rahim – artinya Anda hamil.

Namun jika sel telur tidak bertemu dengan sel sperma dalam jangka waktu 12-24 jam setelah waktu pelepasan, maka kemudian sel telur akan dikeluarkan dari rahim oleh tubuh melalui proses yang disebut menstruasi.

Ovulasi adalah ketika sel telur dilepaskan dari ovarium dan mulai menuju saluran tuba falopi atau mulut rahim. Masa subur wanita adalah ketika sel telur sudah matang dan siap untuk dibuahi, berada dalam rentang masa ovulasi ini.

Cara Mengetahui Masa Ovulasi

Kebanyakan wanita memiliki ovulasinya sekitar waktu pertengahan pada masa siklus menstruasinya. Siklus menstruasi pada rata-rata wanita bisa berlangsung hingga 28 hari, tetapi ada juga yang pendek sekitar 24 hari atau lebih panjang 32 hari bahkan bisa lebih. Jika Anda mulai haid maka hari pertama haid adalah awal dari siklus Anda.

Cara Mengetahui Masa Subur

JIka Anda berhubungan s*ksual, sel sp*rma yang keluar masuk kedalam tubuh Anda bisa hidup sampai lima hari. Artinya Anda bisa hamil jika berhubungan tanpa pengaman selama 5  hari sebelum ovulasi dan saat masa ovulasi. Ini yang dianggap sebagai masa subur pada Wanita, dan untuk menghindari hamil maka Anda harus menghindari berhubungan s*ks tanpa k*ndom selama jendela subur ini.

Tapi sayangnya tidak mudah untuk memastikan kapan jendela subur wanita sedang terbuka karena siklus wanita juga bisa berubah-ubah – yang tentu akan mempengaruhi jendela kesuburan juga.

Memahami cara kerja pencegahan kehamilan  alami

Anda harus mengerti tentang cara menghitung masa subur Anda supaya bisa sukses dalam menjalani KB Alami.

  • Langkah pertama : Anda harus bisa melacak siklus reproduksi tubuh Anda untuk menentukan kapan jendela subur Anda mulai terbuka dan berakhir.
  • Langkah Kedua: Anda harus menghindari berhubungan badan selama masa yang bisa memberikan peluang untuk hamil. Jika  Anda bisa menggunakan metode ini dengan sempurna, maka efektifitas tidak hamil bisa mencapai hingga 90%.

Cara melacak siklus reproduksi :

  • Mengetahui suhu tubuh basal Anda
  • memeriksa lendir v*gina Anda
  • mencatat temuan pada kalender.

Kombinasi dari ketiga metode ini disebut akan meningkatkan keakuratan prediksi dalam melacak masa subur. Seiring dengan waktu menggunakan metode ini, maka Anda akan mulai terbiasa menganalisa data dan bisa menentukan kapan ketika mulai dan berakhirnya masa subur.
Bagian yang paling sulit dari metode ini adalah mencari tahu persis kapan ketika Anda bisa berhubungan s*ks yang tidak menyebabkan hamil. Kebanyakan wanita mulai menghindari s*ks dikisaran waktu beberapa hari sebelum jendela kesuburan terbuka dan berakhir beberapa hari setelah jendela kesuburan tertutup untuk cari jarak amannya. Jika Anda ingin berhubungan s*ks, Anda bisa memilih untuk menggunakan k*ndom atau metode pencegahan kehamilan lain selama rentang waktu ini.

Melacak siklus kesuburan bukanlah ilmu pasti.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi seperti berat badan, stres, penyakit, dan umur bisa mengubah siklus Anda secara drastis dari bulan ke bulan. Untuk itu sangat penting untuk menggunakan semua metode pelacakan kesuburan seketat mungkin dan bisa menafsirkan data dari waktu ke waktu.

Berikut 3 Metode Cara Melacak Kesuburan:

1. Memantau Suhu Basal Tubuh

Membeli termometer basal.

  • Suhu tubuh basal adalah suhu terendah tubuh Anda selama 24 jam. Suhu tubuh Anda akan mengalam kenaikan setelah ovulasi. Pemantauan suhu basal Anda dari waktu ke waktu bisa memberikan indikasi kapan waktu puncak dari kesuburan dimulai. Termometer basal bidssa dibeli di apotek, dan haris disetkana grafik untuk membantu Anda dalam melacak suhu Anda setiap hari.
  • Sangat penting untuk mendapatkan termometer basal untuk mengukur perubahan suhu Anda sedikit demi sedikit. Termometer biasa tidak akan bisa mengukur secara tepat sehingga tidak bisa digunakan.

Melihat dan mencatat suhu basal tubuh Anda setiap pagi.

Supaya hasilnya akurat maka Anda harus mengukur suhu Anda pada waktu yang sama setiap hari. Cara yang paling akurat  adalah mengukur suhu ketika Anda bangun tidur di pagi hari sebelum Anda keluar dari tempat tidur dan mulai beraktifitas.

  • Jangan jauh-jauh menempatkan termometer dengan tempat tidur Anda dan biasakan mengukur suhu langsung  setelah bangun di pagi hari.
  • Lokasi yang tepat untuk mengambil suhu basal tubuh yaitu dalam missV atau di mulut. Tapi yang paling akirat adalah mengambil suhu didalam v*gina. Apakah Anda mengambil suhu dari mulut  atau missV, lakukan dengan cara yang sama setiap hari untuk memastikan hasil sekonsisten mungkin.
  • Ikuti petunjuk penggunaan yang disertakan dalam paket termometer. Ketika Anda mendengar suara beep setelah sekitar 30 detik – 1 menit, catat suhu  di grafik yang disertakan bersama boks termometer atau bisa juga di buku. Pastikan Anda mencatat jumlah suhu beserta tanggalnya.

Temukan lonjakan suhu yang berlangsung antara 7- 12 hari.

Sebelum Anda berovulasi, suhu tubuh rata-rata dikisaran 97,2 dan 97,7 derajat Fahrenheit. Kemudian 2 -3 hari setelah ovulasi, suhu tubuh Anda akan naik antara 0,4 dan 1,0 derajat fahrenheit. Suhu basal yang tinggi ini biasanya akan berlangsung antara 7 dan 12 hari sebelum turun menjadi rendah.  Melakukan pelacakan suhu dari bulan ke bulan ini akan mengungkapkan pola, sehingga memungkinkan bagi Anda untuk mulai mengantisipasi ketika tubuh Anda  mengalami ovulasi berikutnya.

Melacak suhu Anda setiap hari untuk setidaknya tiga bulan.

Anda mungkin tidak bisa mengandalkan metode ini untuk memperoleh informasi yang akurat mengenai siklus reproduksi Anda sampai Anda sudah melakukan pencatatan suhu Anda selama 3 atau lebih. Jika siklus Anda teratur, tiga bulan mencatat data harusnya sudah cukup untuk membantu Anda dalam memprediksi kapan masa subur Anda akan mencapai puncaknya pada bulan-bulan berikutnya.

  • Jika siklus Anda cenderung tidak teratur, Anda mungkin perlu untuk mencatat suhu selama 6 atau lebih sebelum bisa mengandalkan pola nya.
  • Perlu diketahui bahwa penyakit, stres,dan alk*hol bisa mempengaruhi suhu tubuh Anda, sehingga penting untuk menggunakan metode pelacakan lain.

Menafsirkan pola untuk mengantisipasi ovulasi.

Setelah melewati waktu 3 bulan atau lebih pelacakan suhu basal Anda setiap hari, Anda bisa menggunakan temuan tersebut untuk mencoba mengantisipasi ketika Anda akan berovulasi berikutnya. Meskipun sulit untuk mengetahui persis kapan Anda akan berovulasi, tapi rekaman beberapa bulan data bisa membantu Anda menemukan sebuah jendela umum kapan saat Anda akan subur. Cara menafsirkan data :

  • Lihatlah grafik yang Anda buat dan temukan hari dimana ada lonjakan suhu yang terjadi setiap bulan.
  • Tandai pada kalender 2 atau 3 hari sebelum terjadi lonjakan suhu ini sebagai hari dimana ketika Anda cenderung berovulasi. Oerlu diingat!  suhu basal tubuh Anda tidak melonjak hingga 2 sampai 3 hari setelah ovulasi.
  • Kemudian pada prakteknya hindari berhubungan tanpa k*ndom setidaknya 5 hari sebelum ovulasi yang biasanya sudah dimulai.
  • Mengnggabungkan metode suhu basal dengan metode lain akan memberikan prediksi yang lebih akurat ketika Anda akan subur.

2. Memeriksa lendir Serviks

Memeriksa lendir serviks setiap pagi.

  • Mulai memeriksa lendir setelah haid berakhir.
  • Lendir servik keluar sebagai keputihan, yang akan mengalami perubahan tekstur, warna dan bau sepanjang siklus Anda. Dengan memeriksanya setiap hari, maka Anda dapat menggunakan pola untuk menemukan untuk memprediksi kapan saat Anda subur.
  • Untuk memeriksa lendir serviks,  cuci tangan  kemudian masukkan dua jari ke dalam missV dan menggesek. Atau Anda juga bisa dengan menggunakan kapas untuk menyeka sedikit lendir, namun anda masih perlu menyentuhnya untuk memeriksa teksturnya.

Menilai tekstur dan warna lendir.

Karakteristik lendir akan berubah dari hari ke hari seiring fluktuasi kadar hormon Anda.  Kehadiran jenis lendir tertentu akan menunjukkan bahwa tubuh Anda akan ovulasi atau telah berovulasi. Berikut adalah kualitas lendir yang berbeda dalam siklus:

  • Selama 3-5 hari setelah haid selesai, Anda mungkin akan keluar sedikit atau bahkan tidak sama-sekali – periode kering.  Pada waktu ini sangat tidak mungkin untuk hamil.
  • Setelah periode kering, lendir akan mucul keruh dan sedikit tebal. Pada saat ini peluang bisa hamil  kecil jika berhubungan s*ks pada saat ini.
  • Setelah itu lendir akan mulai menjadi berwarna putih atau kekuningan dan lembut mirip dengan losion. Anda lebih mungkin untuk bisa hamil jika berhubungan pada masa ini, namun kesuburan Anda masih belum mencapai puncaknya.
  • Setelah itu lendir akan sedikit namun melar atau kental seperti putih telur. Ovulasi terjadi saat atau hari setelah lendir ini keluar. Ketika Anda menemukan jenis lendir seperti ini, artinya Anda sangat subur, dan kemungkinan bisa hamil sangat  tinggi.
  • Setelah itu lendir akan kembali menjadi tebal keruh selama beberapa hari dan
    siklus Anda berakhir ketika haid datang.

Mencatat karakteristik lendir.

Tuliskan warna dan tekstur lendir yang Anda temukan setiap hari. Anda bisa menggunakan grafik yang sama seperti yang Anda gunakan untuk mengetahui suhu basal Anda sehingga Anda memiliki semua data pada tempat yang sama. Jangan lupa untuk mencatat tanggalnya juga.

3. Melacak Siklus kesuburan dengan Kalender

Selain mencatat suhu basal dan menguji kontensitas lendir Anda, Anda juga bisa sekaligus menggunakan kalender untuk melacak siklus Anda dan bisa memprediksi kapan ketika Anda sedang subur. Kebanyakan wanita memiliki siklus yang berlangsung antara 26 dan 32 hari, namun ada beberapa wanita dengan siklus yang lebih pendek atau lebih lama.

Hari pertama dari siklus Anda adalah hari pertama haid Anda dimulai, dan hari terakhir adalah awal periode berikutnya.

  • Kebanyakan wanita, akan mengalami sedikit perubahan siklus dari bulan ke bulan. Faktor stres, penyakit, dan berat badan serta  faktor lainnya bisa mengubah siklus ini.
  • Agar metode kalender ini bisa bekerja dengan baik makan perlu dihubungkan dengan metode pelacakan lain.

Mulai Melacak Siklus Dengan Kalender.

Lingkari hari pertama siklus Anda yang dimulai setiap bulan, Anda bisa menandainya dengan titik atau menggunakan cara lain untuk mengidentifikasi hari pertama periode Anda. Pada akhir setiap siklus, hitung berapa jumlah hari selama siklus Anda berlangsung.

  • Lacak siklus Anda setidaknya 8 kali siklus untuk bisa mendapatkan data yang akurat mengenai berapa panjang siklus Anda.
  • Lihat total jumlah hari pada setiap siklus Anda dan mencari polanya.

Menggunakan pola yang sudah ditemukan untuk memprediksi kapan Anda mulai akan subur.

Pertama, temukan siklus terpendek Abda yang pernah  dilacak. Kurangi dengan 18 jumlah hari selama siklus berlangsung, dan tuliskan angkanya. Berikutnya, temukan hari ke 1 di siklus Anda saat ini pada kalender Anda. Gunakan jumlah yang Anda yang sudah Anda tulis untuk menghitung mulai dari hari pertama siklus Anda saat ini. Hasilnya dimana jari anda mendarat harusnya merupakan hari subur pertama Anda.
Untuk menemukan hari subur terakhir Anda, temukan siklus terpanjang di antara semua siklus yang sudah Anda lacak. Kurangi 11 dari jumlah hari, dan tuliskan angkanya. Cari hari ke satu dari siklus Anda saat ini, lalu gunakan nomor yang Anda tulis untuk menghitung maju jumlah hari. Hari dimana jari Anda mendarat harusnya merupakan hari subur terakhir Anda.
Tapi jangan hanya mengandalkan metode kalender ini tanpa metode yang lain. Anda mungkin ingin melewatkan metode mengambil suhu basal dan melewatkan memeriksa lendir Anda;  tetapi metode kalender saja tidak cukup bisa diandalkan secara akurat bisa memprediksi kapan masa subur Anda mulai. Metode kalender adalah digunakan untuk membantu memperkuat prediksi pola dari metode lain.
Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, metode ini mungkin tidak bisa diandalkan.

Mengetahui kapan saat yang paling mungkin Anda subur.

Jendela kesuburan dimulai pada saat semua pola yang anda gunakan selaras untuk menunjukkan bahwa Anda akan ovulasi. Setelah menggunakan setiap metode pelacakan dalam jangka beberapa bulan, Anda harus sudah bisa  memiliki gambaran yang cukup baik dari kapan ketika tubuh Anda akan subur. Anda mungkin dalam masa subur jika:

  • Catatan Anda menunjukkan bahwa suhu tubuh basal Anda akan naik dalam 3 sampai 5 hari ketika Anda akan ovulasi.
  • Lendir serviks Anda berwarna putih atau kuning dan krem, elastis atau melar mirip dengan tekstur putih telur .
  • Kalender menunjukkan bahwa hari subur pertama Anda sudah mulai.

Membuat keputusan cerdas mengenai kapan harus melakukan hubungan.

Bagi kebanyakan wanita secara teknis jendela kesuburan berlangsung selama sekitar 6 hari – 1 hari ovulasi dan lima hari sebelum ovulasi.

Sebagian orang memilih untuk menggunakan cara aman yaitu menghindari s*ks selama setidaknya 1 minggu sebelum dipresiksi ovulasi akan terjadi dan beberapa hari sesudahnya. Sementara yang lainnya berhenti melakukan hubungan tepat 5 hari sebelum diprediksi akan mengalami ovulasi. Setelah Anda memiliki cukup data, pilihan selanjutnya adalah keputusan Anda.

  • Anda mungkin akan sangat berhati-hati pada awalnya, karena Anda masih membiasakan diri menggunakan cara alami mencegah hamil. Berikan diri Anda waktu untuk mengenal tubuh Anda .
  • Setelah Anda menggunakan metode selama 6 bulan – 1 tahun, Anda mungkin merasa sudah memahami siklus reproduksi Anda dengan sangat baik. Anda kemudian bisa mempersempit waktu dimana Anda tidak boleh melakukan hubungan.

Menggunakan k*ndom.

Jika Anda lupa tidak melacak suhu basal Anda misalnya karena berlibur, atau belum memeriksa lendir v*gina Anda pada bulan ini, maka jangan bergantung pada metoda cara tidak hamil alami ini sampai Anda memiliki catatan setidaknya 2 atau 3 bulan yang dibuat lagi. Untuk sementara itu bisa menggunakan k*ndom atau cara lain untuk mencegah kehamilan.

Panduan diatas juga bisa digunakan sebagai cara cepat hamil, karena anda juga mengetahui kapan masa subur Anda – yaitu masa dimana kemungkinan bisa hamil sangat tinggi jika berhubungan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *