18 Jenis Buah yang Bermanfaat Untuk Membuat Kulit Cerah Bersinar

Dan ketika Anda mulai merasa ada masalah, menyaksikan kulit wajah Anda kusam, berpigmen atau dipenuhi jerawat didepan cermin. Tetapi mengapa demikian bisa terjadi? Apakah karena debu, polusi atau bahan kimia? Berikut ini mungkin alasan yang bisa dijelaskan..

Kulit Anda mungkin adalah korban dari pilihan gaya hidup Anda yang buruk karena ketidaktahuan termasuk paparan debu atau polusi. Mungkin Anda tidak beruntung memiliki gen kulit yang sempurna, tetapi Anda dapat membalikkan kondisi jika Anda mau memperhatikan apa yang Anda makan dan apa yang Anda terapkan pada kulit Anda. Dan cara terbaik untuk meremajakan kulit adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan mengoleskan masker buah setiap hari. Luangkan waktu berharga Anda 10 menit saja setiap hari dalam melakukan perawatan ini dan lihat perbedaan yang Anda lihat dalam waktu dua minggu.

Ingin tahu buah apa saja yang baik untuk dimakan dan buah mana yang harus langsung diterapkan ke kulit? Nah, artikel ini menjelaskan semua informasi itu. Sekarang langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membaca terus untuk mendapatkan kulit cerah bercahaya tanpa harus menggunakan riasan atau perawatan klinik kulit yang mahal.

Buah bermanfaat mencerahkan kulit

17 Jenis Buah-buahan Terbaik Untuk Kesehatan Kulit

1. Lemon

Lemon mengandung zat pemutih alami. Hal ini kaya akan kandungan vitamin C, yaitu antioksidan kuat yang bermanfaat membantu mengeluarkan racun serta melindungi kulit Anda dari kerusakan dan hiperpigmentasi. Jadi, jika Anda memiliki pigmentasi yang tidak merata, misalnya flek/bintik-bintik gelap, bekas jerawat, atau keratinisasi, cobalah menggunakan lemon untuk mendapatkan kulit bersinar alami. Berikut cara yang dapat Anda gunakan :

  • Tambahkan air dari 1/2 lemon dan 1 sdt madu organik ke dalam segelas air dan minum di pagi hari sebelum mengisi apapun. Hal ini akan membantu membuang racun dalam tubuh.
  • Untuk kulit berminyak dengan pigmentasi atau bekas jerawat, campur air lemon dengan air mawar lalu  oleskan pada kulit Anda, bilas setelah 10 menit.
  • Untuk kulit kering dengan pigmentasi, campurkan air lemon dan minyak kelapa, lalu oleskan pada kulit Anda, bilas setelah 10 menit.
  • Untuk menghilangkan lingkaran hitam bawah mata, campurkan 1 sdm air lemon dengan 1 sdt susu. Oleskan ke daerah di bawah mata Anda, lalu bilas lembut setelah 10 menit.
  • Oleskan lemon dan gula pada area keratin untuk meringankan warna kulit dan mengurangi keratinisasi.

2. Buah Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, C, dan vitamin B. Hal ini juga mengandung asam pantotenat,  folat serta mineral seperti tembaga, kalium, dan magnesium. Kandungan enzim pepaya adalah papain dan chymopapain yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh radikal bebas serta memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Mengkonsumsi pepaya dapat membantu mencegah sembelit, yang merupakan salah satu alasan kesehatan kulit yang buruk. Para peneliti juga menemukan bahwa pepaya dapat membantu menyembuhkan luka atau borok kulit kronis. Jadi, jika Anda memiliki masalah pencernaan, bekas luka, dan pigmentasi, Anda bisa memasukkan pepaya ke dalam diet dan perawatan kecantikan Anda.

Cara Menggunakan Pepaya Untuk Kulit Bersinar

  • Makanlah semangkuk pepaya untuk sarapan atau sebagai camilan malam hari.
  • Anda bisa menyiapkan smoothie pepaya dengan memadukan pepaya dan lemon.
  • Hancurkan sepotong kecil pepaya lalu  oleskan di kulit Anda, kemudian bilas setelah 10 menit.
  • Campurkan pepaya tumbuk dengan air lemon dan 1sdt kunyit lalu oleskan pada area berpigmen dan bekas luka. Bilas bersih setelah 10 menit.
  • Untuk kulit kering dan bersisik, oleskan pepaya halus dengan 1/2 sdt minyak almond. Bersihkan menggunakan lap kain basah lembut setelah 10 menit.
  • Buatlah scrub pepaya menggunakan sepotong kecil pepaya, 1 sdt kulit jeruk, dan 1 sdm air mawar untuk jenis kulit berminyak atau pakai madu untuk jenis kulit kering. Gunakan gerakan melingkar sambil menggosok lembut kulit Anda. Bilas dengan air biasa.

3. Buah Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat, serat pangan, serta berbagai vitamin-vitamin, yaitu E, A, C, K, B6, niasin, folat, dan asam pantotenat. Hal ini memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu mengurangi kerusakan oksidatif, yang akhirnya mencegah kerusakan DNA. Mengkonsumsi alpukat dapat mencegah penuaan kulit dini karena kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat melindungi kulit  dari paparan UV. Lemak sehat dalam alpukat membantu mempertahankan elastisitas kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. 

Cara Menggunakan Alpukat Untuk Kulit Cerah  Bersinar

  • Makan buah alpukat sebagai buah atau jus buah buatan sendiri
  • Bisa juga memasukkan alpukat kedalam kue atau sebagai topping.
  • Hancurkan alpukat dan oleskan langsung di kulit Anda. Bilas setelah 10 menit.
  • Untuk kulit berminyak, tumbuk sepotong kecil alpukat dengan air mawar dan sejumput kapur barus. Bilas setelah 10 menit.

4. Buah Jeruk

Jeruk  berair dan lembut, memiliki warna cerah dan aroma yang khas. Buah ini juga bisa memberikan keajaiban bagi kulit Anda. Seperti halnya lemon, jeruk juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan. Artinya bahwa jeruk dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif, kerusakan DNA, mengurangi peradangan, dan membantu sintesis kolagen.

Cara Menggunakan Jeruk Untuk Kulit Cerah Bercahaya

  • Konsumsi setengah jeruk setiap hari.
  • Minum air jeruk yang baru saja diperas dengan ampasnya. Hindari bulir jeruk jika Anda menderita sakit maag atau masalah pencernaan.
  • Oleskan air jeruk di area kulit Anda yang memiliki pigmentasi. Bilas setelah 10 menit.
  • Untuk kulit berminyak, campurkan 3 sdm air jeruk, 1 sdt air lemon, 2 sdm tepung gram, dan 1/2  sdt kunyit. Gunakan sebagai masker.
  • Untuk kulit kering, campurkan 3 sdm air jeruk, 1sdt lemon, 1 sdt susu, 1/2 sdt kunyit, dan 1 sdt madu. Oleskan pada kulit Anda sebagai masker.

5. Buah Semangka

Semangka berair, rasanya manis, dan menyegarkan – juga bagus untuk kulit terutama jika Anda memiliki jenis kulit berminyak dan rawan jerawat. Semangka mengandung air 992%)karbohidrat (7,55%), serat  (0,4%), gula (0,4%), vitamin C, A, B1, dan vitamin B6, juga antioksidan seperti karotenoid, flavonoid, dan likopen. Lycopene bermanfaat membantu membersihkan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. Air membantu mengeluarkan racun dan meningkatkan pergerakan usus. 

Cara Menggunakan Semangka Untuk Mencerahkan Kulit

  • Semangka sebagai camilan disore hari atau untuk sarapan.
  • Minum jus semangka yang baru dibuat pada pagi atau sore hari.
  • Hancurkan semangka dan oleskan pada kulit Anda, bilas setelah 10 menit.
  • Untuk kulit berminyak, campurkan 3 sdm jus semangka, 1 sdm air jeruk lemon dan 1 sendok teh air mawar. Bilas dengan air dingin setelah mengering.
  • Untuk kulit kering, campurkan 3 sdm jussemangka, 1 sdm air jeruk lemon, 1 sdt madu, dan 1 sdt lidah buaya. Bilas setelah didiamkan 10 menit.

6. Mentimun

Seperti semangka, mentimun juga sangat tinggi akan kadar airnya, yang memiliki efek pendinginan pada tubuh, juga memiliki sifat antioksidan. Mentimun yang belum dikupas juga kaya akan vitamin K dan C serta serat makanan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa teripang dapat digunakan untuk memutihkan kulit dan mengurangi keriput ( 11 ). Inilah cara Anda menggunakan mentimun untuk menyembuhkan kulit Anda.

Cara Menggunakan Mentimun Untuk Kulit Cerah Bersinar

  • Tambahkan mentimun ke salad, atau diminum sebagai jus mentimun.
  • Makan mentimun sebagai camilan pada malam hari.
  • Parut mentimun, campur dengan 1 sdm tepung gram dan 1 sdt air mawar untuk mengurangi peradangan pada kulit yang rentan berjerawat.
  • Campurkan mentimun parut, 1 sdm susu, dan 1 sdt minyak kelapa untuk melembabkan kulit yang kering.
  • Campurkan mentimun parut, 1 sdm air jeruk lemon dan gula untuk menggosok tangan dan kaki Anda.

7. Buah Mangga

Mangga sangat baik untuk meremajakan kulit. Hal ini kaya akan vitamin A, E, C, dan K, dan antooksidan flavonoid, polifenolik, beta-karoten, dan xantofil. Hal inilah yang membuat mangga bisa membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan dan peradangan. Mangga juga kaya akan gula dan serat, yang membantu mengobati sembelit.

Cara Menggunakan Mangga Untuk Kulit cerah bersinar

  • Tambahkan mangga sebagai salad buah. Atau makan langsung buah mangga.
  • Hancurkan sepotong kecil buah mangga dan oleskan di seluruh kulit Anda lalu bilas setelah 10 menit.
  • Untuk jenis kulit berminyak, campurkan mangga, air mawar, dan air jeruk lemon kemudian oleskan pada kulit Anda, diamkan 10 menit lalu cuci bersih.
  • Untuk jenis kulit kering, buat masker dengan bahan mangga dihaluskan, 1 sdt yogurt, dan 1 sdt madu. Diamkan 10 menit lalu Cuci dengan air suhu kamar.

8. Buah Delima

Jika Anda merasa terlalu sering terpapar polusi dan sinar matahari, maka buah delima yang lezat  ini dapat bermanfaat bagi kulit Anda. Delima kaya akan akan vitamin C, K, dan folat, serta zat mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Faktanya, kulit dan biji delima yang dapat dimakan sarat akan kandungan antioksidan asam ellagic yang bermanfaat membantu melindungi kulit dari kerusakan UV-A dan UV-B dan pigmentasi kulit. Paraahli juga berhasil meregenerasi dermis manusia dan epidermis di laboratorium dengan menggunakan delima.

Cara Menggunakan Delima Untuk Kulit Cerah bercahaya

  • Tambahkan sebagai salad buah.
  • Anda bisa menumbuk biji delima dan mengoleskan ke seluruh area kulit yang terkena paparan matahari. Cuci setelah 10 menit.
  • Buat masker wajah dengan 1 sdm tepung gram, 1 sdt jus jeruk nipis, dan 2 sdm jus delima untuk mengatasi pigmentasi untuk kulit berminyak. Jika untuk kulit kering, tambahkan susu atau madu.

9. Pisang

Kulit pisang sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Penjelasan ilmiah mengapa kulit pisang bisa bekerja dengan baik, adalah bahwa pisang kaya akan serat makanan, berbagai vitamin yaitu vitamin A, C, K, E, dan folat, dan mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium . Pisang adalah pelembab alami yang sangat baik dan memiliki sifat antioksidan dan antimikroba.

Cara Menggunakan Pisang Untuk Kulit Bercahaya

  • Tambahkan pisang sarapan.
  • Oleskan pisang tumbuk keseluruh kulit Andaagar menjadi lembut dan kenyal secara instan.

10. Buah apel

Apel kaya akan vitamin A dan C, serat makanan, kalium, kalsium, dan magnesium.  Apel juga mengandung antioksidan yang membantu membersihkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Kulit apel juga  ditemukan kaya akan antioksidan.  Jadi makan apel, jangan dikupas namun cuci hingga bersih untuk menghilangkan kotoran dan bakteri.

Cara Menggunakan Apel Untuk Kulit Cerah Bersinar

  • Makan satu buah apel setiap hari sebagai bagian dari camilan sehat
  • Anda bisa juga membuat jus apel.
  • Parut satu buah apel kemudian oleskan pada kulit Anda. Bilas setelah 10 menit.
  • Untuk jenis kulit kering, campurkan parutan apel dengan 1 sdt madu lalu oleskan pada kulit Anda. Cuci bersih dengan air hangat setelah 10 menit.

11. Stroberi

Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berjerawat, Anda cukup makan atau mengoleskan stroberi untuk mendapatkan kulit yang bersih. hal ini karena stroberi adalah sumber yang sangat baik vitamin C dan asam alfa-hidroksi, yang juga dikenal sebagai asam salisilat. Asam salisilat biasa digunakan dalam krim perawatan jerawat karena memiliki kemampuan untuk menembus jauh ke dalam pori-pori dan membersihkannya. Stroberi juga mengandung asam ellagic yang mampu melindungi kulit dari  UV dan mencegah kerusakan kolagen dan pembentukan kerutan.

Cara Menggunakan Stroberi Untuk Mencerahkan Kulit

  • Konsumsi buah stroberi
  • Hancurkan stroberi untuk menjadi bubur lalu oleskan ke kulit Anda. Cuci bersih dengan air dingin setelah 10 menit.

12. Buah Kiwi

Buah Kiwi mengandung vitamin C tinggi dan membantu melindungi kulit dari radikal oksigen bebas yang menyebabkan kerusakan DN. Kiwi juga bekerja mempromosikan sintesis kolagen dan membantu mencegah.

Cara Menggunakan Kiwi Untuk mendapatk Kulit Bercahaya

  • Campur kiwi dengan 1 sdt madu ke dalamnya untuk membuat jus yang segar.
  • Kupas  kiwi dan makan sebagai camilan pada malam.
  • Tambahkan kiwi cincang ke salad.
  • Hancurkan buah kiwi lalu  oleskan pada kulit Anda. Cuci bersih setelah 10 menit.
  • Hancurkan buah kiwi dan tambahkan 1/2 sdt kunyit dan oleskan untuk melembabkan dan mencerahkan kulit Anda.

13. Buah Anggur

Jenis Buah Anggur merah atau hijau, semua sarat akan antoksidan resveratrol. Para peneliti telah menemukan bahwa resveratrol membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan kanker kuli. Hal ini juga merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin K, dan folat beserta beberapa mineral seperti kalsium, kalium, dan fosfor. Selain itu, ekstrak biji anggur juga memiliki sifat yang meremajakan , melindungi, dan mengobati kulit.

Cara Menggunakan Anggur Untuk mendapat Kulit Bersinar

  • Mengonsumsi semangkuk kecil anggur.
  • Tambahkan anggur ke salad buah Anda.
  • Hancurkan buah anggur dan oleskan pada kulit Anda. Setelah 10 menit Cuci bersih dengan air dingin.

14. Buah Persik

Jika Anda ingin mngubaht kulit Anda menjaid cerah dan bercahaya, pastikan Anda mengonsumsi dan mengoleskan masker wajah persik ini. Persik kaya akan serat, vitamin A, C, E, dan K – serta beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor. Persik juga merupakan sumber antioksidan yang membantu membersihkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan DNA dan kerusakan kulit.

Cara Menggunakan buah persik Untuk Kulit Bercahaya

  • Konsumsi buah persik sebagai pencuci mulut.
  • Iris tipis buah persik dan letakkan irisan tadi di seluruh kulit Anda. Setelah 10 menit angkat irisan persik dan lap halus wajah Anda dengan kain basah.

15. Buah Ceri

Buah ceri yang merah rasanya manis dan lezat, ceri tidak hanya enak untuk dimakan tetapi  juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki dan melindungi kulit dari kerusakan. Ceri kaya akan serat makanan, vitamin A, C, K, dan folat, dan mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Ceri juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit.

Cara Menggunakan Ceri Untuk Mendapatkan Kulit Indah bersinar

  • Makan semangkuk ceri kecil di pagi atau sore hari.
  • Tambahkan ke salad Anda.
  • Hancurkan ceri dan oleskan langsung pada kulit Anda. Bilas setelah 10 menit.

16. Buah Nanas

Nanas memiliki rasa yang  manis dan asam,  kaya akan serat, vitamin A, C, K, dan folat, serta beberapa mineral seperti kalsium, kalium, dan fosfor. Nanas juga mengandung enzim yang disebut bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, antikanker, dan penyembuhan luka. Menerapkan nanas pada kulit  yang terbakar dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mempercepat proses penyembuhannya.

Cara Menggunakan Nanas Untuk Kulit Bersinar

  • Konsumsil semangkuk kecil nanas untuk sarapan atau sebagai camilan malam hari.
  • Tambahkan nanas sebagai pencuci mulut.
  • Campurkan jus nanas dengan 1 sdt susu lalu oleskan pada kulit Anda. Setelah 10 menit cuci bersih .

17. Buah plum

Plum memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga kaya akan vitamin A, vitamin K, niasin serta beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Serat pangan yang terdapat akan membantu mencegah sembelit, yang merupakan salah satu faktor alasan kulit Anda terlihat kusam dan rentan jerawat. Para ahli menemukan bahwa jus plum dapat membantu meningkatkan pergerakan usus sehingga jika Anda menderita sembelit, Anda bisa mencoba jus plum.

Cara Menggunakan plum untuk kulit cerah

  • Minum jus plum pertama di pagi hari.
  • Oleskan jus plume pada kulit Anda, setelah 10 menit cuci bersih.
  • Campurkan 1 sdm jus plum, 1 sdt lemon, dan 1 sdt air mawar kemudian oleskan pada kulit Anda. Setelah 10 menit Cuci bersih .

Itu tadi 17 jenis buah yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan kulit yang cerah bercahaya. Pastikan Anda menghindari makan gorengan dan makanan yang berminyak. Konsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, minyak ikan, serta kacang-kacangan dan minum air yang cukup untuk menjaga kulit Anda bersih. Dan jika Anda ingin mempercepat proses pemulihan kulit Anda, cobalah untuk berolahraga setidaknya tiga hari dalam seminggu selain mengkonsumsi dan mengoleskan buah-buahan yang telah disebutkan diatas.

 

Leave a Reply