Yang perlu Anda ketahui tentang Omega 3

manfaat minyak ikan bagi kesehatnAsam lemak Omega 3 juga dikenal dengan asam lemak tak jenuh ganda, dan dianggap penting bagi kesehatan manusia. Tubuh Kita tidak bisa memproduksi omega 3 sendiri, sehingga Kita harus mendapatkannya dari sumber makanan seperti minyak ikan dan biji-bijian.

Advertisement

Asam lemak ini berperan dalam berbagai macam fungsi tubuh, termasuk pembelahan sel, pembekuan darah, pencernaan, kesuburan, relaksasi, dan kontraksi otot. Selain memiliki peran tersebut, penelitian menunjukkan bahwa omega-3 bisa mencegah / mengelola penyakit-penyakit tertentu.

Berikut Tentang Asam lemak Omega 3 yang perlu Anda ketahui :

Asam lemak Omega 3 dan Tubuh Kita

Ada tiga jenis asam lemak omega 3 yang digunakan oleh tubuh, yaitu Alpha Linolenic Acid (ALA), Eicosa Pentaenoic Acid(EPA), dan Docosa Hexaenoic Acid (DHA). Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 juga berperan mengurangi peradangan, serta dapat membantu mencegah penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan arthritis.

Manfaat bagi Kesehatan

Studi menunjukkan bahwa ketika diambil dalam dosis yang tepat, asam lemak omega 3 bisa mengurangi berbagai faktor risiko untuk penyakit jantung, kadar trigliserida, dan tekanan darah . Penelitian lain menunjukkan bahwa omega 3 juga dapat membantu beberapa aspek dari rheumatoid arthritis, arthritis, diabetes, asma, penyakit radang usus, lupus, osteoporosis, dan penyakit ginjal. Namun penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan, sebelum bukti dapat dianggap konklusif.

Kekurangan Omega 3

Sebagian besar otak terdiri dari asam lemak omega 3. Hal ini berarti penting untuk fungsi kognitif, memori, dan fungsi perilaku. Jika seorang wanita tidak memperoleh asam lemak omega 3 yang cukup selama kehamilannya, bayinya bisa lahir dengan masalah penglihatan dan saraf . Gejala Kekurangan omega 3 pada orang dewasa meliputi :

  • kelelahan
  • masalah memori
  • kulit kering
  • masalah jantung
  • suasana hati
  • depresi
  • masalah sirkulasi darah
Lihat juga :  Manfaat Vitamin E terhadap pertumbuhan anak

Sumber Omega 3

Sumber diet asam lemak omega 3 alami terbanyak bisa dari lemak dari ikan seperti salmon, mackerel, herring, ikan, dan tuna. Asam lemak ini  juga ditemukan dalam minyak biji rami, minyak canola, minyak kedelai, minyak biji labu dan minyak kenari, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau seperti selada, brokoli, kale, dan bayam. Untuk mendapatkan manfaat omega 3 secara maksimal, makanan ini harus disiapkan dengan cara yang sehat. Memasak terlalu panas seperti menggoreng atau memanggang bisa menghilangkan manfaatnya.

Suplemen

Bagi yang membutuhkan suplemen tambahan, omega 3 tersedia dalam bentuk kapsul minyak ikan  atau minyak ikan cod. Minyak ikan harus disimpan didalam lemari es, dan Anda harus membelinya dari pabrik yang jelas menyatakan bahwa produknya tidak mengandung kontaminan logam berat seperti merkuri, timbal dan kadmium.

Pada tahun 2000, Food and Drug Administration AS mengumumkan bahwa suplemen makanan yang mengandung asam lemak omega 3 mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Suplemen diet minyak ikan merupakan cara yang nyaman untuk mendapatkan omega 3 di luar makanan.

Takaran :

Takaran harus didasarkan pada jumlah EPA dan DHA dalam sebuah produk suplemen, bukan jumlah total minyak ikan. Berbagai jenis ikan dan minyak nabati mengandung jumlah omega 3 yang berbeda, sehingga bacalah labelnya dengan seksama.

Efek Samping

Beberapa efek samping umum yang pernah dilaporkan karena suplemen minyak ikan termasuk bersendawa ikan, bau mulut, nyeri ulu hati, mual, dan mencret. Membekukan suplemen ini atau membawa serta dengan makanan bisa  membantu mengurangi atau menghilangkan efek samping. Mengkonsumsi omega 3 secara berlebihan dapat menyebabkan fungsi kekebalan tubuh menurun, gangguan pencernaan, diare, nyeri ulu hati, perut kembung, perdarahan yang berlebihan, dan peningkatan risiko stroke.

Lihat juga :  Kandungan nutrisi dan Manfaat Kubis Merah

Beberapa jenis ikan bisa mengandung kontaminan berbahaya. Mercury, khususnya lebih banyak terakumulasi dalam daging ikan. Ikan yang lebih besar dan lebih tua, seperti king mackerel, tilefish, ikan todak, marlin, dan beberapa tuna yang berukuran lebih besar biasanya lebih banyak mengandung kadar merkuri dan polutan lain, dari pada ikan yang lebih kecil atau lebih muda.Terutama bagi ibu hamil harus lebih waspada dengan merkuri, karena bisa sangat membahayakan bagi perkembangan otak janin.

Obat-obatan seperti pengencer darah, siklosporin, steroid topikal, obat diabetes, atau kolesterol, dan obat penurun tekanan darah bisa berinteraksi jika diminum bersama dengan dengan suplemen omega 3. Jadi sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda mengambil suplemen tertentu termasuk suplemen minyak ikan atau suplemen omega 3.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *