Cara memiliki wajah yang terlihat segar alami

Kulit CantikDisadari atau tidak, kulit wajah Kita setiap hari memperoleh perlakuan yang tidak ramah dari lingkungan sekitar. Mulai dari terik sinar matahari, debu-debu atau partikel kecil yang tidak terlihat, hingga asap kendaraan bermotor. Belum lagi ditambah dengan penggunaan make-up yang apalagi tidak tepat, gaya hidup, kurang tidur , dsb. Semuanya itu akan menyebabkan kulit wajah kehilangan kecerahannya, terlihat kusam dan kurang menarik. Nah untuk mengatasainya supaya Anda bisa tampil kembali dengan segar dan alami dengan penuh percaya diri, disini ada beberapa langkah yang bisa Anda coba sendiri dirumah.

Advertisement

Baca juga : Resep membuat Jus buah sayuran untuk kulit sehat, mulus, dan awet muda

Inilah beberapa tips untuk membuat Anda selalu tampil dengan wajah bersinar dan dengan kesegaran alami

Bersihkan wajah Anda

Jika Anda habis beraktifitas, tidak ada salahnya untuk membersihkan muka. Hal ini diperlukan untuk menghilangkan segala kotoran, debu, keringat, hingga sisa polusi yang menempel dikulit wajah bisa terangkat. Anda bisa menggunakan pembersih atau sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menghilangkan segala kotoran dan sisa makeup yang tidak bisa hilang hanya dengan menggunakan air biasa.

Rawat rambut Anda

Pastikan rambut Anda sehat. Bersihkan rambut yang tumbuh tak diinginkan diwajah. Namun yang terpenting adalah Anda harus menjaga rambut kepala, karena rambut yang sehat dan cerah sangat menunjang penampilan segar Anda. Baca juga : Tips Cara Perawatan Rambut Panjang

Hilangkan jerawat Anda

Berlebihan makeup memang kurang baik. Namun jika Anda ingin dasar untuk menutupi jerawat, ambilah produk untuk membersihkan jerawat; sementara untuk menyembunyikan si jerawat, Anda bisa menggunakan concealer. Baca juga : Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan bahan alami

Lihat juga :  Tips dan makanan agar Air Susu Ibu (ASI) keluar Banyak

Merevitalisasi dan melembabkan

Untuk merawat kulit supaya bercahaya dan sehat, cukup scrub dengan exfoliant atau melembabkannya dengan krim yang bagus. Ini adalah cara yang bagus untuk memiliki kulit wajah yang tampak lebih muda dan lembut.

Jangan berlebihan lipgloss

Jangan berlebihan menggunakan lipgloss, karena bibir yang terlalu mengkilap bisa terlihat tak alami. Gunakan lip balm berwarna agar terlihat alami, karena akan melembabkan dengan kemilau dan warna, sehingga bibir mendapat  warna dan tak terlalu bersinar. Lipstik yang terlalu buram dan yang terlalu glossy tak terlihat alami. Oleskan lip balm sedikit saja menggunakan jari Anda,  karena jika terlalu banyak akan membuatnya sangat kentara.

Gunakan pelembab dan sunblock

Gunakan pelembab dua kali setiap hari, yaitu pagi setelah mencuci wajah, dan malam hari sebelum tidur dengan krim malam. Hal ini bermanfaat untuk mempertahankan cahaya kulit yang sehat. Terutama jika Anda beraktifitas diluar ruangan, penggunaan sunblock sangat diperlukan untuk menangkal sengatan sinar UV yang merusak kulit; gunakan sunblock yang ber-SPF 15.

Perbanyak buah dan sayuran

Kulit yang sehat dan cantik itu menandakan jika tubuh seseorang sudah mendapatkan nutrisi yang cukup. Kulit adalah bagian yang sama dari tubuh kita yang lain, ia juga sangat membutuhkan nutrisi untuk meregenerasi –  kulit yang kekurangan nutrisi akan membuatnya mengalami penuaan dini [Baca juga : Top 10 Makanan Pencegah penuaan dini ].

Untuk perawatan kulit dari dalam, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran segar yang banyak; karena makanan ini mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting dan kolagen untuk menjaga kesehatan kulit, juga antioksidan seperti vitamin A , C dan E. Buah segar yang banyak mengandung air juga bagus untuk rehidrasi, karena kulit yang segar juga sangat dipengaruhi oleh jumlah cairan dalam tubuh kita. Baca juga : Manfaat luarbiasa Alpukat untuk kecantikan Kulit

Lihat juga :  Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil

Cukup minum air

Cairan dalam tubuh kita tanpa kita sadari akan terus menguap melalui keringat, atau keluar melalui BAK/BAB. Disarankan bagi orang dewasa sehat untuk mengkonumsi rata-rata 2 liter cairan setiap hari(termasuk dari minuman atau makanan misalnya buah segar). Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan kulit kering dan bersisik, sehingga wajah akan tampak kusut.

Membuat masker wajah alami

Sekali-kali manjakanlah kulit wajah Anda dengan masker, misalnya 1 minggu sekali. Buah-buahan segar tinggi vitamin bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah alami, yang akan membantu mengecangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan merapatkan kembali pori-pori. Tomat, mentimun, alpukat, bahkan kunyit sangat bermanfaat untuk membantu menyegarkan penampilan wajah Anda. Baca juga : Cara membuat masker kunyit untuk kecantikan wajah

Tidur cukup dan berkualitas setiap malam

Disaat tidur, tubuh kita memproduksi hormon-hormon tertentu yang bermanfaat termasuk meregenerasi sel. Istirahat malam yang kurang juga akan menurunkan beberapa komponen penting dalam darah termasuk hemoglobin, sehingga wajah akan tampak pucat, timbul lingkar hitam pada mata, yang pada akhirnya wajah akan kehilangan kecerahan dan kesegarannya. Disarankan bagi orang dewasa untuk memperoleh tidur yang cukup yaitu 7-8 jam setiap malam.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *