Vitamin dan Nutrisi penting bagi Kesehatan Mata

vitamin untuk mataMata merupakan bagian dari ke 5 indera tubuh kita yang sangat kompleks, dimana yang sangat membutuhkan perawatan yang baik supaya penglihatan Anda tetap sehat, jernih, dan setajam mungkin. Walaupun tubuh kita sudah memiliki system sendiri untuk menjaga mata dari kerusakan, namun kita juga perlu untuk mensuplai bahan yang tepat yang dibutuhkannya. Dengan demikian, apapun yang Anda makan adalah sangat penting bagi kesehatan mata Anda. Jika Anda kurang asupan nutrisi yang dibutuhan, maka tubuh Anda bisa tak mampu lagi untuk menangkal dan mencegah keausan akibat dari penggunaannya sehari-hari. Hal ini bisa dimanifestasikan menjadi masalah penglihatan umum yang mungkin bisa saja terjadi sewaktu-waktu, atau bahkan hingga kebutaan!. Baca juga : 8 Makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Mata

Advertisement

Berikut adalah beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda :

Vitamin A

Sangta umum dikenal banyak orang bahwa Vitamin A adalah vitamin yang paling bermanfaat bagi mata. Pentingnya Vitamin A bagi kesehatan mata memang sudah tak terbantahkan lagi, dan kabar baiknya adalah vitamin ini banyak terdapat pada sebagian besar makanan yang kita makan. Tak hanya wortel, labu kuning, ubi jalar, pepaya, dan banyak jenis buah-buahan lain mengandung nutrisi ini. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, atau menurunnya penglihatan dimalam hari. Kunci sehat untuk menjaga mata supaya tetap sehat adalah mengkonsumsi berbagai macam jenis buah-buahan dan sayuran berwarna, serta makanan sehat lain seperti ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makan makanan ini secara teratur akan membantu mencegah dari penyakit mata dan menjaga penglihatan tetap optimal untuk tahun-tahun berikutnya.

Asam lemak Omega 3

Tak hanya dibutuhkan bagi kecerdasan Otak dan fungsi organ tubuh lainnya, Omega 3 juga sangat diperlukan untuk mata. DHA dan EPA, merupakan dua bentuk dari omega 3 yang membantu menjaga fungsi mata tetap sehat dan pengembangan berbagai bagian dari mata. Makanan sumber Omega 3 yang baik adalah ikan laut berlemak, seperti ikan salmon, sarden, ikan haring, tengiri, cakalang, dll. DHA juga ditemukan dalam makanan nabati seperti rumput laut dan kacang-kacangan, seperti biji rami atau walnut, kenari, dsb. Minyak sayur juga merupakan sumber asam lemak omega 3. Baca lebih banyak tentang omega 3 dan manfaatnya

Lihat juga :  Karbohidrat penting untuk kesehatan, pilih jenis yang Sehat

Lutein

Lutein dan Zeaxanthin adalah dua nutrisi penting yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi, dsb. Nutrisi ini membantu mata dengan jalan melindunginya dari sinar UV-A sinar matahari yang berbahaya. Dengan demikian hal ini akan mengurangi risiko degenerasi makula (menurunnya fungsi penglihatan) terkait usia, merupakan penyebab utama kebutaan. Namun tubuh kita memerlukan bantuan lemak supaya bisa menyerap Lutein dan Zeaxanthin, jadi minyak zaitun yang ditambahkan pada salad bisa membantu.

Vitamin C dan vitamin E

Sudah diketahui bahwa sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada mata karena sinar UV-nya yang berbahaya. Vitamin C dan E adalah dua nutrisi yang bersifat antioksidan, yang membantu menyerap sebagian dari molekul perusak dari radiasi matahari. Hal ini sama dengan Lutein dan Zeaxanthin yang juga membantu mencegah penyakit katarak dan degenerasi makula. Jeruk terkenal akan sumber vitamin C-nya yang tinggi, namun paprika merah ternyata memiliki kandungan vitamin C tiga kali lipat lebih banyak. Brokoli juga tinggi mengandung vitamin yang memiliki nama kimia asam askorbat ini. Kacang-kacangan, ubi jalar, sayuran berdaun hijau, dan jenis minyak jenis tertentu seperti minyak bunga matahari, biji gandum dan minyak zaitun tinggi mengandung vitamin E.

Zinc/seng

Seng atau Zinc juga berperan penting pada mata, yaitu membantu mengirim vitamin A dari hati ke retina untuk memproduksi melanin. Zinc juga terkonsentrasi di sekitar retina dan jaringan pembuluh darah di sekitar mata. Makanan kaya akan zinc adalah Tiram dan daging merah. Kacang-kacangan seperti kacang merah dan buncis juga merupakan alternartif yang baik yang menyediakan seng.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *