Top makanan yang mengandung vitamin C tinggi

Top makanan yang mengandung vitamin C tinggiVitamin A , B , C , D , E , K adalah daftar vitamin penting yang harus diingat. Masing-masing Vitamin ini memberikan kontribusi berbeda bagi tubuh manusia. Namun Khusus Pada artikel ini kita akan menengok lebih jauh Vitamin C , apa dan bagaimana ia bisa bermanfaat untuk kesehatan kita.
Apakah Vitamin C ?

Advertisement

Vitamin C adalah penting untuk pertumbuhan dan pengembangan tubuh manusia. Vitamin C ini tidak dapat disimpan oleh tubuh, jadi kita sangat perlu untuk mendapatkan vitamin ini setiap hari. Tubuh hanya menggunakan vitamin C hanya dalam jumlah yang diperlukan setiap hari, dan sisanya akan larut dan keluar melalui urin .

Vitamin yang juga dikenal dengan asam askorbat ini merupakan nutrisi penting yang melayani fungsi penting dalam tubuh kita seperti :

  • Membantu produksi kolagen, yang dibutuhkan untuk tulang, gigi dan jaringan lain.
  • Membantu penyerapan besi dari makanan nabati, mencegah kerusakan sel, mengurangi risiko kanker tertentu, dan penyakit kronis.
  • Vitamin C melindungi tubuh dari infeksi seperti batuk dan pilek, menjaga sistem kekebalan yang kuat. Vitamin C juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit.

Cara mengkonsumsi Vitamin C ?

  • Vitamin ini merupakan nutrisi yang sangat sensitif bisa bereaksi dengan udara, air dan suhu. Cara terbaik adalah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C yang dalam keadaan mentah, karena merebus atau mengukus makanan akan mengurangi kualitas vitamin hingga sebesar 25 % .
  • Membekukan sayuran dalam jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan hilangnya vitamin C.
  • Memasak sayuran selama 20 sampai 30 menit dapat mengakibatkan kehilangan setengah dari nutrisi ini .
  • Pemanasan dan pengalengan juga menurunkan jumlah Vitamin C.
  • Dosis Vitamin C yang direkomendasikan untuk pria adalah 90 mg per hari, 75 mg untuk wanita. Namun khusus untuk ibu hamil dan menyusui membutuhkan 85-120 mg per hari.

Makanan Sumber Vitamin C :

Ada sejumlah buah-buahan dan sayuran alami yang mengandung vitamin C. Dan ada juga yang tersedia dalam bentuk suplemen seperti bubuk, minuman campuran, tablet, kapsul & kristal. Sementara tanaman pada umumnya merupakan sumber vitamin C yang baik, namun jumlahnya tergantung dari asal usus, variasi, kondisi tanah, dan iklim daerah di mana tanaman itu tumbuh. Berikut ini 21 Makanan top yang banyak mengandung vitamin C:

1 . Buah jeruk :

Jeruk adalah salah satu buah yang paling dikenal tinggi Vitamin C. Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C dan 62 kalori. Jeruk juga banyak disukai dalam bentuk jus. Makanan ini adalah favorit untuk mendapatkan asam askorbat alami.

Lihat juga :  Daftar Top 10 Makanan Paling bergizi di Dunia

2 . Cabe :

Ada 3 jenis cabai, yaitu cabe merah, hijau dan cabe rawit. Cabe hijau paling tinggi mengandung vitamin, yaitu mencukupi sekitar 182 % dari kebutuhan yang direkomendasikan setiap hari. Cabe juga merupakan sumber antioksidan lain dan mineral. Sementara cabe merah dan cabe rawit mengandung sekitar 65 mg vitamin C dan memberikan 102 % dari kebutuhan kita sehari-hari .

3 . Paprika :

Paprika merah adalah salah satu sumber vitamin C. Satu cangkir paprika mentah mengandung 142 mg vitamin C dan hanya 20 kalori. Paprika merah dimasak mengandung 116 mg vitamin C per cangkirnya dan dengan hanya 15 kalori. Paprika hijau masak diketahui  menyediakan 51 mg vitamin C. Sementara itu Paprika kuning tertinggi kedua  dengan 124 mg per 100 gram.

6 . Kiwi :

Satu buah Kiwi mengandung 70 mg vitamin C dan 50 kalori. Kiwi juga tinggi kalium dan flavonoid selain Vitamin C. Buah ini biasanya dimakan mentah, tapi Anda juga bisa membuatnya menjadi  jus.

7 . Buah berri :

Raspberry, stroberi dan Blackberry adalah sumber gizi yang tinggi. Mengandung banyak  senyawa sehat seperti folat, serat dan fitokimia dan juga kaya akan vitamin.
Berries bermanfaat membantu meningkatkan memori dan melindungi tubuh kita dari kanker & penyakit jantung . Stroberi penuh serat dan antioksidan yang membantu untuk mengurangi oksidan dan mengontrol kolesterol . Sementara untuk Blackberry menyimpan asam askorbat sekitar 180 mg perporsi 100 gram, selain itu juga kaya akan Kalium, Zat besi dan Vitamin B5.

8 . Pepaya :

Satu buah pepaya berukuran sedang mengandung 182 mg vitamin C, yang sudah setara dengan tiga kali yang rata-rata dibutuhkan tubuh. Pepaya juga sarat dengan vitamin A, Kalium dan Serat.

9 . Nanas :

Satu cangkir ukuran sedang Nanas segar mengandung 79 mg vitamin C . Mencukupi sekitar 131 % dari kebutuhan tiap hari  yang direkomendasikan.

Selain Vitamin C , nanas juga dapat membantu untuk meringankan sembelit . INanas juga memiliki sifat anti   inflamasi yang akan mempercepat penyembuhan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

10 . Melon :

Seperempat melon berukuran menengah menyediakan 47 mg vitamin C dan 51 kalori. Melon juga mengandung Vitamin A dan Kalium.

11 . Jambu biji :

Jambu menyediakan 228 mg Vitamin C per-porsi 100 gram. Juga kaya nutrisi penting lain seperti folat asam, Kalium, mangan, dan serat .

12 . Brokoli :

100 gr Brokoli menyediakan 89 mg vitamin C, cukup untuk menutupi kebutuhan Vitamin C harian Anda. Rasanya lezat, baik mentah atau dalam bentuk sudah dimasak. Cobalah makan Brokoli terutama di musim flu untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Lihat juga :  Kelebihan daging ayam kampung daripada ayam potong

13 . Bunga kol :

Bunga kol menyediakan 46 mg vitamin C perporsi 100 gram. Kembang kol juga mengandung folat dan serat makanan .

14 . Ceri :

Buah Cer adalah salah satu sumber terbaik vitamin C. Buah-buahan yang berwarna-warni akan memberikan 300 % dari kebutuhan harian kita . 1 cangkir ceri mengandung sekityar 1650 mg vitamin C. Ceri ini juga tinggi mengandung serat, dan juga baik jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan.

15 . Tomat :

Tomat merah juga merupakan sumber yang kaya vitamin C. Tomat yang dikeringkan dengan sinar matahari juga sangat tinggi nutrisi ini . 100 gram tomat mengandung lebih dari 100 mg Vitamin C, setara dengan 170 % dari kebutuhan sehari-hari.

16 . Kubis :

Kubis mengandung 34 mg vitamin C per cangkirnya , yaitu setengah dari total nilai yang direkomendasikan untuk manusia. Kubis juga bermanfaat membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Sementara Satu cangkir kubis merah mengandung 51 mg vitamin C, juga Vitamin A, serat dengan hanya 28 kalori.

17 . lobak :

Lobak secara mengejutkan kaya akan vitamin C dan asam amino esensial. Ia juga mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang bermanfaat menambah daya penyembuhan.

18 . Kacang polong :

Kacang hijau segar merupakan sumber protein nabati, didalam nya juga ada zat Besi , Vitamin C dan nutrisi lainnya. Kacang polong juga membantu mengurangi risiko terkena kanker , depresi, kolesterol tinggi dan degenerasi makula .

19 . Mangga :

Buah lezat dan paling digemari Ini adalah sumber yang kaya vitamin C. Mangga berukuran sedang rata-rata mengandung 54 mg vitamin C. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat, seperti Vitamin A , E , B6 , tembaga dan Kalium .

20 . Bayam :

Makanan ini tidak hanya sumber vitamin C dan zat besi, tetapi juga mengandung sejumlah karotenoid dan fitokimia. Ini akan membantu melindungi kita dari beberapa penyakit degenerasi makula dan kesehatan.

21 . Kentang :

Kentang mengandung Vitamin C , karotenoid , flavonoid dan serat. Ini adalah makanan yang banyak tersedia, mudah disimpan dan harganya terjangakau.

Sertakan buah-buahan segar dan sayuran kedalam diet harian Anda untuk mengembangkan tubuh yang sehat dan hidup yang sehat. Jika Anda melihat tanda perubahan cuaca, segeralah makan-makanan yang tinggi Vitamin C dalam diet Anda, sehingga bisa terhindar dari flu dan batuk.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *