Top 23 Makanan yang banyak mengandung vitamin E

Top 23 Makanan yang banyak mengandung vitamin EVitamin E adalah vitamin yang memiliki sifat larut lemak dan sifat antioksidan. Vitamin ini secara alami terdapat delapan bentuk, yang dikategorikan ke dalam jenis Tokoferol dan Tocotrienols. Hal itu masih dibagi lagi kedalam sub kategori, yaitu alfa, beta, gamma, delta tokoferol dan Tocotrienol. Pada manusia tubuh manusia, bentuk vitamin E yang paling aktif adalah alfa tocopherol. Vitamin E sangat penting bagi kesehatan kita, dan umumnya membantu mencegah dan mengatasi beberapa kondisi yang bisa terjadi pada kulit. Sifat antioksidan Vitamin E membantu menangkal radikal bebas dan menjaga kulit tetap segar bercahaya.  Vitamin ini juga menawarkan manfaat perlindungan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Manfaat lainnya adalah untuk menjaga jantung, hati dan ginjal agar tetap sehat.

Advertisement

Orang dewasa membutuhkan vitamin E untuk setiap harinya adalah hampir 15mg. Tubuh manusia tidak bisa memperoduksi vitamin E sendiri, sehingga harus mendapatkanya dari sumber luar atau makanan. Kita juga dapat memperoleh vitamin ini dari suplemen alami, atau langsung dari makanan yang mengandung vitamin E.
Manfaat Vitamin E :

Vitamin E menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan perawatan kulit. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Sifat antioksidan Vitamin E berguna melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan, sehingga membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, jantung dan kanker. Selain itu, juga membantu mempercepat proses penyembuhan dan merangsang generasi sel-sel baru.
  2. Menjaga sistem kekebalan tubuh dan memastikan fungsi sehat hati dan ginjal.
  3. Membantu menunda proses penuaan, dan mencegah pigmentasi kulit.
  4. Melembabkan kulit dan rambut, sehingga membuatnya tetap segar dan bercahaya.
  5. Membantu mengatasi kram menstruasi dan Dismenore , dan mencegah komplikasi kehamilan.
  6. Ini mengurangi kemungkinan pembekuan darah dan meningkatkan fungsi jaringan otot. Vitamin E juga memiliki manfaat menurunkan berat badan.
  7. Sangat efektif membantu meningkatkan kesuburan pada pria.
  8. Mencegah gangguan mental seperti Demensia dan Alzheimer .

Makanan yang banyak mengandung Vitamin E :

1 . almond :

Almond adalah salah satu sumber vitamin E alami terkaya. Satu porsi 100 gram almond menyediakan 26,2 miligram Vitamin E. Meskipun dianjurkan untuk mengkonsumsi almond dalam keadaan mentah, namun Anda dapat mengambilnya dalam bentuk minyak almond atau susu almond.

2 . Biji :

Biji wijen, biji labu atau biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E yang yang sangat baik. Hanya seperempat cangkir biji bunga matahari akan memberikan Anda 90,5 % dari kebutuhan vitamin E harian Anda.

3 . Slada swiss – Swiss chard :

Sayuran berdaun hijau banyak mengandung beberapa Vitamin penting, termasuk vitamin E. Swiss chard menawarkan hampir 17 % dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Lihat juga :  Cara memilih dan memasak Ikan yang baik bagi Kesehatan

4 . Mustard Greens :

Sama seperti Swiss chard , Mustard greens adalah sayuran yang sangat bergizi. Sayuran yang mirip sawi atau kailan ini kaya akan Vitamin E, Folat, Vitamin A , C , dan K.

5 . Bayam :

Selain terkenal akan zat besinya, bayam juga sarat dengan Vitamin E,  Antioksidan, dan banyak nutrisi penting lain seperti kalsium dan folat.

6 . Turnip hijau :

Sama seperti sayuran berdaun lainnya diatas, hanya 1 cangkir Turnip hijau akan memberikan Anda dengan banyak Vitamin E , A ,  C, dan sama folat.

7 . Kale :

Kale adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung Vitamin E. Mengkonsumsi satu cangkir kale rebus setiap hari akan memberikan Anda  6 % dari kebutuhan harian vitamin E.

8 . Minyak nabati :

Vitamin E juga banyak terdapat dalam minyak biji-bijian. Wheat germ oil adalah minyak nabati yang memiliki Vitamin E tertinggi. Minyak bunga matahari adalah alternatif lain yang banyak menyediakan Vitamin ini. Hemp Seed, minyak Kelapa, minyak zaitun juga kaya vitamin E.

9 . Hazelnut :

Hazelnut (sejenis kemiri) banyak mengandung Vitamin E, serta nutrisi bermanfaat lainnya seperti vitamin B. Anda juga bisa memakan kacang ini yang dalam bentuk produk tertentu.

10 . Kacang pinus (pine nuts) :

Kacang pinus merupakan kacang impor yang banyak mengandung Vitamin – E . Satu ons kacang pinus ini mengandung 2,6 miligram Vitamin E.

11 . Alpukat :

Ini adalah sumber tinggi Vitamin E yang paling banyak disuka, serta lezat, harganya juga terjangkau. Hanya setengah buah alpukat secara alami menyediakan lebih dari 2  miligram Vitamin E. Sayangnya buah lezat dan sangat bergizi ini tergantung musim.

12 .Brokoli :

Brokoli menduduki peringkat atas sebagai sayuran yang paling bergizi didunia. Selain itu, sayuran ini juga dikenal sebagai makanan pendetoks tubuh yang baik dan sumber tinggi Vitamin E. Satu cangkir brokoli menawarkan vitamin ini sekitar  4 % dari kebutuhan harian Anda.

13 . Peterseli :

Peterseli juga cukup mengandung Vitamin E untuk melengkapi kebutuhan harian Anda. Meskipun peterseli yang segar yang lebih baik, Anda juga bisa menggunakan dalam bentuk kering yang banyak tersedia di pasar.

14 . Pepaya :

Pepaya yang sangat lezat ini juga merupakan salah satu buah sumber Vitamin – E dan juga kaya vitamin C. Satu buah pepaya segar bisa memenuhi kebutuhan Vitamin E harian Anda sebesar 17 %.

15 . zaitun :

Buah atau minyak zaitun adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan Vitamin E harian Anda. Anda bisa menambahkannya untuk salad, pasta atau makan roti .

Lihat juga :  Dampak buruk keripik kentang bagi kesehatan

16 . Aprikot Kering :

Buah Aprikot kering Umumnya dimakan sebagai camilan, dan juga mengandung banyak nutrisi seperti serat dan vitamin E. Anda juga dapat memadukannya ke dalam salad buah.

17 . gandum :

Gandum juga merupakan bahan makanan yang kaya akan Vitamin E. Walaupun Ahli gizi mengatakan bahwa gandum olahan sering kekurangan nutrisi penting akibat pemrosesan, namun masih merupakan sumber yang kaya vitamin E .

18 . Paprika merah :

Paprika terutama yang berwarna merah adalah sumber Vitamin C dan antioksidan yang cukup baik, termasuk vitamin E didalamnya.

19 . Margarin :

Margarin yang mengandung minyak jagung menawarkan 8 mg vitamin E persendok makan. Pastikan membeli margarin yang mengandung unsur minyak jagung .perlu diingat,  margarin juga tinggi lemak dan dapat menyebabkan obesitas jika dikonsumsi berlebihan.

20 . Buah Kiwi dan Mangga :

Kedua buah ini adalah sumber penting untuk meningkatkan asupan vitamin e Anda. Setengah cangkir irisan mangga menyediakan 0,7 mg Vitamin E, sementara kiwi berukuran sedang mengandung 1,1 mg vitamin ini.

21 . Pistachio dan Selai Kacang :

Pistachio adalah camilan yang baik untuk mendapatkan Vitamin E. Selai kacang juga merupakan sumber yang cukup baik, yaitu mengandung sekitar 2,5 mg/2sdm vitamin E.

22 . Cabai merah:

Bumbu seperti cabai merah dan paprika tidak hanya menyedapkan masakan Anda, tetapi juga menambahkannya asupan Vitamin E dan Antioksidan. Satu sdm bubuk cabai merah atau paprika menyediakan 2,1 mg Vitamin E.

23 . tomat :

Tomat adalah salah satu buah sayuran yang bisa digunakan dalam bentuk apapun kedalam makanan kita. Umumnya mengandung Vitamin E, C, zat Besi dan serat. Satu buah tomat berukuran sedang diketahui mengandung 0,7 mg vitamin E .

Masih banyak makanan yang mengandung vitamin E, termasuk daging tanpa lemak, produk susu, telur , jagung, ubi jalar, selada, kubis, sereal dan minyak ikan cod.

Risiko Kesehatan Terkait  kekurangan Vitamin E  :

kekurangan Vitamin E dalam bisa menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Beberapa risiko kesehatan umum yang terkait kekurangan vitamin adalah sebagai berikut :

  • Bayi prematur dengan berat lahir rendah lebih renta anemia karena kekurangan vitamin E.
  • Menyebabkan gangguan terkait reproduksi.
  • Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.
  • kulit kusam
  • Libido rendah
  • Dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan mata minus.
  • Berhubungan erat dengan penyakit kanker dan jantung.

Risiko berlebihan mengkonsumsi Vitamin E :

Berlebihan mengkonsumsi vitamin E terutama dari suplemen, dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan dan menstruasi. Karena juga bersifat larut lemak, juga dapat menyebabkan keracunan.

Advertisement

One thought on “Top 23 Makanan yang banyak mengandung vitamin E

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *