Top 10 Makanan Sehat bergizi untuk Balita

Makanan sehat balitaDiet seimbang yang mengandung semua nutrisi penting membantu anak untuk tumbuh lebih kuat, lebih tinggi dan lebih cepat. Makanan lengkap bergizi untuk balita sangat diperlukan, karena terutama untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan yang tepat. Banyak balita yang mengalami pertumbuhan yang terhambat, atau bahkan beberapa cacat karena kurangnya nutrisi .

Advertisement

Memoderasi makanan balita adalah kuncinya, karena terlalu banyak juga bisa menjadi buruk. Memberikan diet tinggi nutrisi penting, dengan cara memastikan makanan yang lengkap untuk bayi atau balita adalah tanggung jawab utama setiap orangtua.

Makanan sehat untuk Bayi dan Balita

Makanan tertentu yang harus disertakan dalam diet balita, untuk mendukung pengembangan yang lengkap secara keseluruhan  sebagai berikut .

1 . pisang:

Dikemas dengan nutrisi penting seperti karbohidrat, zat besi, kalium, zat besi, vitamin dll. Pisang adalah makanan yang paling sehat dan ideal untuk bayi dan balita. Hal ini juga terjangkau, mudah tersedia, dan sangat portabel. Kandungan serat yang tinggi buah pisang membuatnya sangat mudah dicerna dan akan membantu untuk menjaga saluran pencernaan yang sehat. Pisang masak bisa dengan mudah dihaluskan dan, dengan demikian juga sempurna untuk bayi .

2 . Ubi Jalar :

Ubi jalar secara alami rasanya manis, sehingga bisa menjadi favorit bayi dan lebih disukai daripada sayuran lainnya. Diperkaya dengan vitamin C, serat, kalium dan nutrisi penting lainnya, sehingga ubi jalar sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Umbi ini juga Antioksidan tinggi serta dikenal tinggi beta karoten , bermanfat menghilangkan radikal bebas berbahaya dari tubuh dan memperkuat sistem kekebalan sehingga akan mencegah penyakit. Bukan hanya itu, Ubi jalar juga baik untuk wanita hamil.

3 . Telur Rebus :

Putih telur banyak mengandung protein, dan yang sangat penting untuk memastikan kekuatan dan kesehatan balita yang baik. Kuning telur mengandung vitamin A , B12 , D dan E dan seng yang membantu pertumbuhan, dan kolin yang sangat penting untuk perkembangan otak balita. Setelah bayi mulai diberi makanan padat, telur pasti harus menjadi bagian dari diet. Namun jika keluarga memiliki riwayat alergi, telur sebaiknya tidak diberikan kepada balita setelah 1 tahun.

Lihat juga :  Daftar 10 makanan yang baik untuk pertumbuhan Anak

4 . Yogurt :

Yogurt secara keseluruhan mengandung lemak esensial, protein, fosfor dan kalsium, terutama yang membantu memperkuat gigi dan tulang bayi, serta pertumbuhan secara keseluruhan. Probiotik atau bakteri baik yang ada dalam yogurt akan membantu untuk memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Bayi yang lebih muda dari usia 1 tahun mungkin alergi terhadap susu dan produk susu. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter anak sebelum memberikannya yogurt .

5 . Ayam :

Ayam banyak mengandung  vitamin B6 dan protein yang berguna untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan dan sumber energi tubuh. Hal ini juga memperkuat tubuh dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan balita yang tepat.

6 . Alpukat :

Buah alpukat mengandung banyak nutrisi, seperti protein dan lemak jenuh tunggal. Nutrisi ini akan membantu mencegah penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan balita secara keseluruhan dan mempromosikan perkembangan otak . Alpukat matang yang dihaluskan adalah kaya lemak, sehingga membuat bayi merasa lebih cepat kenyang.

7 . Brokoli dan sayuran berdaun hijau :

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak, kale, daun selada dll, kaya akan zat besi dan folat yang bermanfaat meningkatkan aliran darah, memperkuat otot, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan perkembangan bayi. Brokoli mengandung vitamin C, kalium, beta karoten, asam folat dan nutrisi penting lainnya, sehingga menjadikannya sebagai salah satu makanan sehat untuk pertumbuhan anak .

8 . Lentil :

Lentil adalah sumber protein dan serat yang meningkatkan pencernaan balita, sementara juga menyediakan energi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikan sayuran ini akan  meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan bayi, sekaligus melindunginya dari penyakit dan infeksi.

9 . Sereal  Bayi :

Salah satu makanan yang paling penting dan banyak tersedia untuk balita adalah sereal bayi. Sereal yang diperkaya dengan zat besi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Makanan ini sangat penting bagi bayi karena menyediakan zat besi yang cukup, sebab dinyatakan susu ibu tidak banyak mengandung mineral ini.

Lihat juga :  Pentingnya Mineral Zinc(seng) bagi pertumbuhan anak

10 . Buah jeruk :

Bayi berusia lebih dari satu tahun pasti harus makan buah jeruk seperti jeruk. Buah inimengandung tinggi vitamin C, zat besi dan kalium. Vitamin C baik untuk kulit, membantu membangun kolagen, memperkuat tulang, otot dan jaringan lain. Buah jeruk kaya akan potasium yang membantu untuk mempertahankan tingkat air dalam tubuh dan juga mempromosikan kontraksi otot. Ini membantu penyerapan zat besi oleh tubuh dan menyembuhkan luka secara efektif .

Masih banyak jenis makanan lain yang sehat bagi balita, seperti kacang hijau, susu kedelai, beras merah, pati garut dll.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *