Top 10 Makanan paling tinggi Antioksidan

Top 10 Makanan paling tinggi AntioksidanZat Antioksidan bermanfaat untuk menghilangkan efek dari radikal bebas(oksidan) yang bersifat merusak sel sehat, dan hal seperti itu tak terhindarkan dari kehidupan kita sehari-hari. Kadar Oksidan dalam tubuh kita bisa semakin tinggi, apabila kita berada dalam lingkungan polusi tinggi atau gaya hidup yang buruk. Dengan demikian antioksidan akan selalu melindungi kita dari penyakit terkait radikal bebas, seperti jantung, kanker, tekanan darah tinggi, efek penuaan dini, serta juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Antioksidan adalah termasuk nutrisi seperti vitamin E, beta -karoten, selenium, lutein, licopene, anthosianin, koenzim Q10, asam alpha lipoic dan flavonoid. Masih banyak lagi senyawa antioksidan yang lain dalam makanan yang masih belum teridentifikasi. Baca juga : Apakah yang dimaksud dengan zat antioksidan?

Advertisement

Makanan yang kaya antioksidan

Top 10 makanan yang kaya antioksidan meliputi buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, termasuk seperti kacang merah, blueberry, kacang merah, kacang pinto, blueberry, cranberry, artikuk, blackberry, plum, raspberry, minyak nabati dll. Berikut daftar jenis makanan yang bisa Anda masukkan kedalam daftar menu sehat Anda :

Kacang-kacangan

Kacang merah kecil, kacang merah dan kacang pinto kering adalah kacang yang kaya akan antioksidan, protein dan serat. Seringlah makan kacang-kacangan, bisa dimasukkan kedalam sup atau hidangan utama untuk mendapat manfaat ini.

Buah

Buah Berrie, termasuk blueberry, blackberry  stroberi, raspberry, cranberry dan kismis merah, sangat kaya akan vitamin antioksidan dan mineral. Makan buah -buahan ini segenggam setiap hari untuk mendapat manfaat nutrisi penting ini. Hal ini bisa dimasukkan sebagai salad, hidangan penutup atau pengganti camilan yang tidak sehat. Buah plum, anggur merah, jeruk, ceri, apel, kismis, dan aprikot juga merupakan pilihan yang baik untuk mencegah kanker dan dampak radikal bebas lainnya.

Lihat juga :  Top 10 Makanan yang menyehatkan Rambut

Sayuran

Brokoli adalah sayuran yang mengandung antioksidan paling kuat, termasuk kale, kubis brussel, kol, sawi hijau, lobak. Tidak hanya mengandung vitamin antioksidan dan mineral, sayuran tersebut juga mengandung serat penting yang membantu mencegah kanker .

Sayuran berwarna merah, oranye dan ungu juga mengandung berbagai macam zat antioksidan seperti betakaroten, licopen, flavonoid dll, khususnya tomat, paprika merah, bit, ubi jalar, terong dan wortel. Sayuran hijau, terutama bayam juga termasuk dalam daftar sayuran tinggi antioksidan. Makanlah lima porsi sayuran yang berwarna warni setiap hari. Baca juga: Top sayuran paling bergizi didunia

Bumbu

Bahkan bumbu yang biasa tersedia didapur juga akan memberikan antioksidan. Bawang putih dan bawang merah, kayu manis, kunyit, cabai, jahe dan oregano adalah yang mengisi daftar teratas bumbu yang mengandung senyawa ini. Meskipun Anda hanya memakannya dalam jumlah sedikit, umumnya masih memberikan banyak perlindungan. Baca juga manfaat kunyit bagi kesehatan

Teh dan Anggur Merah, Coklat

Teh Hijau dan hitam akan memberikan manfaat antioksidan yang sama, karena dibuat dari tanaman yang sama. Memulai hari dengan secangkir teh akan memberi Anda tunjangan antioksidan sepanjang hari. Cobalah memesan es teh atau teh panas teh dikantin Anda, bukannya minuman bersoda. Anggur merah juga mengandung banyak antioksidan, dan akan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner akibat radikal bebas. Dark chocolate juga termasuk makanan yang mengandung antioksidan, namun batasi mengkonsumsinya.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti quinoa, gandum dan beras merah menyediakan cukup antioksidan, mineral, serat dan protein. Pilihlah makanan seperti  roti gandum, pasta, dan nasi untuk melengkapi gaya hidup sehat Anda.

Kacang

Kacang Almond dan kenari sangat bergizi, termasuk mineral, asam lemak baik, dan antioksidan. Makanlah kacang ini sekitar 1 ons dalam sehari, sebaiknya mentah atau kering.

Lihat juga :  10 Cara untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Minyak

Minyak zaitun, minyak kenari, minyak gandum dan minyak nabati lainnya tidak cuma mengandung antioksida, tetapi mereka juga membantu untuk menyerap vitamin antioksidan yang larut minyak didalam makanan lainnya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *