Tips Cara Perawatan Kulit berminyak yang tepat

Kulit berminyak bisa sangat merepotkan, yang disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif, sehingga menghasilkan sebum berlebih, menyumbang kilap pada kulit, lebih mudah berjerawat, berkomedo, pori -pori membesar dan tersumbat, dll.  Polusi udara dan kotoran bahkan bisa menyebabkan komedo bagi yang memiliki kulit sangat berminyak. Dengan demikian, perawatan yang tepat sangat diperlukan, agar masalah-masalah kulit yang bisa ditimbulkan bisa diminimalisir. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah menjaga produksi minyak terkontrol, dan Anda bisa mengikuti beberapa tips perawatan sederhana untuk kulit berminyak.

Advertisement

Meskipun kulit berminyak bisa merepotkan, namun Anda juga harus tahu kabar baiknya. Kulit berminyak tidak mudah terhadap keriput dan tanda-tanda penuaan, terutama karena minyak cenderung mengunci kelembaban sampai ke dalam lapisan epidermis yang merupakan lapisan kulit terluar.

Baca juga:

7 tips cara perawatan wajah dan kulit berminyak yang tepat:

1. Membersihkan

Salah satu cara yang harus dicoba untuk mengendalikan minyak berlebih adalah dengan membersihkan dan tetap bersih setiap saat. Hal ini penting untuk membersihkan wajah dua atau tiga kali setiap hari untuk membersihkannya dari semua akumulasi kotoran dan minyak yang mengarah ke pembentukan pori-pori tersumbat, jerawat dll.  Pembersih berdasar gel atau busa adalah yang terbaik untuk membersihkan kulit berminyak. Carilah pembersih atau pencuci wajah yang bebas minyak. Sabun juga berguna untuk membersihkan kulit berminyak, namun jangan yang kasar dan terlalu keras menggosoknya karena kulit Anda bisa kehilangan kelembaban alaminya, yang bisa menyebabkan kelenjar sebaceous semakin banyak memproduksi minyak. Carilah produk yang mengandung bahan-bahan ini: Asam salisilat, minyak pohon teh, Neem, Kunyit, dan Madu.

Lihat juga :  Cara Penggunaan dan Manfaat Kunyit untuk wajah dan kulit

2. Scrubbing baik untuk Kulit Berminyak :

Sangat penting untuk mengelupaskan kulit yang berminyak sekali atau dua kali dalam seminggu, yang merupakan salah satu dari tips yang sangat penting untuk kulit berminyak. Kelebihan sebum yang dihasilkan mengarah kepada sel-sel kulit mati pada permukaan kulit, sehingga menyebabkan jerawat komedo, dan kulit kelihatan kusam. Untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati, serta untuk mencegah jerawat, rutinitas pengelupasan kulit perlu dilakukan. Sekali lagi, lakukan dengan lembut,  jangan menggosok kulit dengan cara yang kuat.

3.  Masker wajah setiap minggu sangat efektif :

Setelah pengelupasan kulit, lanjutkan dengan masker wajah. Langkah perawatan kulit berminyak sangat penting juga, yang perlu dilakukan rutin mingguan. Paket wajah atau masker yang mengandung kaolin dan bentonit clay, cendana, Fuller earth, sangat baik untuk kulit berminyak, karena bersifat lembut dan menyerap minyak berlebih.

Masker wajah alami buatan sendiri untuk kulit berminyak :

  1. Lembutkan daging pepaya matang, tambahkan setengah lemon, kemudian campur dengan baik. Oleskan pada wajah dan pijat dengan baik, setelah itu biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air dingin. Tips ini sangat baik untuk mengendalikan minyak.
  2. Kupas sebuah apel segar dan potong menjadi irisan tipis, tambahkan 2 sdm madu. Kemudian giling untuk membuat pasta yang halus, dan oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ini akan mengencangkan pori-pori, dan melembabkan kulit Anda secara alami.

4.Gunakan toner bebas alk*hol tiap hari

Toning setiap hari akan membantu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit Anda. Air mawar adalah toner yang sangat baik untuk merawat kulit., bahkan produk yang bebas alk*hol baik digunakan untuk mengatur sebum.

Lihat juga :  Faktor penyebab betis menjadi besar

5. Jangan hilangkan penggunaan pelembab

Berlawanan dengan keyakinan umum, kulit berminyak perlu pelembab dan hidrasi. Menghilangkan  kelembaban kulit hanya akan semakin mendorong kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak minyak. Oleh karena itu pilih pelembab yang tidak menyebabkan komedo, yang berdasar air bebas minyak.

6 . Gunakan tabir surya yang tepat

Takut kulit semakin berminyak membuat banyak wanita yang berkulit berminyak untuk melewatkan penggunaan tabir surya. Sebagai hasilnya muncul masalah seperti bintik-bintik coklat, pigmentasi, dan bintik-bintik akibat paparan sinar matahari. Oleh karena itu pilih tabir surya yang berdasar gel atau tabir surya yang terbaik untuk kulit berminyak.

7. Diet sehat :

Jangan banyak makan-makanan yang manis, perbanyak minum air untuk tetap terhidrasi, membuang racun, dan masukkan setidaknya satu buah setiap hari termasuk sayuran berwarna dan berdaun hijau kedalam diet Anda. Semua makanan ini secara bersama-sama akan mengatur jumlah minyak yang bisa dihasilkan oleh kulit Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *