Tips cara merawat Kuku agar kuat dan Sehat

merawat kuku agar sehatKuku adalah bagian yang sama pentingnya mendapat perawatan yang baik seperti halnya rambut, jika tetap ingin tetap tampil dan sehat. Bahkan jika Anda melakukan menikur seperti biasanya, kuku Anda mungkin masih lemah dan rapuh secara keseluruhan. Jika Anda tidak merawat kuku Anda dengan baik, maka kuku akan menjadi rapuh dan mudah patah. Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuku yang tepinya bergerigi atau robek, yang pada akhirnya nyangkut ke stoking atau sweater, merupakan pertanda jika kuku dalam keadaan kurang baik.

Advertisement

Terutama jika Anda menginginkan pertumbuhan kuku Anda cepat panjang, maka tips ini akan membantu Anda. Perlu di ingat bahwa, kuku yang cantik adalah kuku yang sehat!

Berikut 5 tips yang akan membantu menjaga kuku Anda supaya tetap kuat dan sehat.

Vitamin

Perawatan kecantikan tak hanya dilakukan pada kulit bagian luar saja, lebih dari itu adalah apa yang Anda makan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perawatan luar, termasuk kuku Anda. Suplemen biotin atau vitamin B7 sudah terbukti berpengaruh baik pada kuku yang rapuh, dan mungkin juga berguna bagi orang yang memiliki kuku kering. Suplemen Vitamin E juga telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi atau menguatkan kembali kuku yang rapuh. Pada saat vitamin E dioleskan pada permukaan kuku, maka akan mengurangi masalah kuku berwarna kuning dan meningkatkan pertumbuhan kuku.

Perawatan dengan Air

Air sangat membantu untuk membersihkan kuku. Namun meskipun permukaan kuku keras, air bisa meresap dan melembutkan kuku jika direndam kedalamnya. Oleh karena itu secara langsung setelah Anda mandi atau mencuci tangan Anda, pastikan jika tangan terutama kuku Anda sudah kering sebelum digunakan untuk mengupas atau memegang sesuatu. Hal ini karena kuku lebih rentan pecah, robek atau patah saat basah.

Lihat juga :  10 kebiasaan yang bisa merusak Ginjal

Memijat kultikula

Pertumbuhan kuku didorong oleh kutikula pada bagian pangkal, yang membutuhkan aliran darah yang sehat untuk bisa bekerja dengan baik. Memijat ringan kuku akan membantu untuk mengalirkan darah kedaerah kutikula, meningkatkan sirkulasinya, dan pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan dan penampilan kuku.

Siap sedia Kikir kuku

Kuku dengan tepi yang kasar adalah pertanda yang tidak baik. Karena pada kondisi yang seperti ini, kuku akan menjadi mudah menyangkut pada kaos, sweater, stoking, bahkan bisa nyangkut pada rambut. Kondisi kuku yang kasar seperti ini tentu sangat menjengkelkan, bahkan bisa membahayakan. Gerakan cepat tertentu bisa membuta kuku sobek hingga mencapai daging, dan ini tentu akan sangat menyakitkan. Untuk menghindari keadaan seperti ini menimpa kuku Anda, sebaiknya selalu siap sedia kikir kuku ditas atau meja kerja anda. Dengan cara ini, maka Anda akan selalu siap setiap saat membutuhkannya

Memilih cat kuku yang tepat

Menggunakan cat kuku memang bisa membantu menebalkannya, dan dengan demikian bisa menguatkan kuku. Namun memilih cat kuku yang salah justru bisa merusak kuku Anda. Beberapa bahan kimia berbahaya yang ditemukan pada cat kuku termasuk formaldehida, yang biasanya digunakan sebagai pengawet merupakan senyawa kimia yang dikenal karsinogen. Dibutil ftalat adalah bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik menjadi fleksibel juga ditemukan dalam cat kuku, yang telah dikaitkan dengan masalah reproduksi. Masih ada bahan kimia lain yang bisa mempengaruhi syaraf manusia. Bahan-bahan seperti ini sudah dilarang digunakan untuk kosmetika.

Itulah 5 tips untuk merawat keseluruhan bagian kuku Anda agar tetap sehat, bebas masalah, dan bisa tampil lebih menarik untuk dipamerkan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *