Tips meningkatkan daya tahan tubuh, agar kebal virus dan flu

Tips meningkatkan daya tahan tubuh dari fluMenurunnya tingkat daya tahan tubuh biasanya ditandai dengan mudahnya terkena flu, demam, sakit tenggorokan, batuk, dan infeksi. Musim pancaroba biasanya membuat orang rentan mengalami penurunan imunitas, sehingga dengan mudah virus menguasai tubuh dan menyebabkan gejala. Selain dari makan-makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Kita juga perlu untuk melakukan beberapa hal agar tak mudah terserang berbagai macam virus dan bakteri.

Advertisement

Berikut tips untuk Tips meningkatkan daya tahan tubuh, serta terhindar dari penyakit akibat virus dan bakteri

Olahraga dan menjaga berat badan

Berolahraga memiliki banyak manfaat. Selain racun bisa segera dilepaskan dari tubuh dengan merangsang sirkulasi darah,  juga akan meningkatkan imunitas. Menurunkan berat badan juga sangat penting, karena obat-obatan ataupun vaksinasi tidak bisa bekerja dengan maksimal pada orang yang gemuk .

Jaga kebersihan tangan

Benda-benda seperti handphone, pegangan pintu, kunci rumah, setir mobil, menurut penelitian adalah tempat yang banyak dihuni oleh virus dan bakteri. Padahal, benda-benda tersebut sangat akrab dengan tangan kita sehari-hari. Dengan demikian, tangan bisa juga membawa kuman dari mana-mana termasuk tempat-tempat tersebut. Selalu rajin membersihkan tangan dengan sabun antikuman adalah kebutuhan dasar jika Anda ingin jauh dari bakteri maupun virus. Cuci tangan Anda dengan menggosoknya secara bersama-sama, disela-sela jari, dan kemudian mengeringkannya dengan baik. Hal ini karena kuman lebih mungkin menempel ke jari-jari tangan yang basah. Jangan menggunakan handuk basah untuk melap tangan.

Cukup waktu tidur

Rata-rata orang sehat sangat membutuhkan tujuh sampai delapan jam tidur setiap malam. Tidur cukup dan berkualitas akan membuat Anda tetap sehat, dan jika kurang dari tujuh jam bisa membuat Anda rentan terhadap serangan virus.

Lihat juga :  Efek Samping Buruk Antibiotik bangi Kesehatan

Meditasi

Kita semua tentu sudah menyadari efek positif dari meditasi.Hal ini tidak hanya akan memperkuat mental Anda, tetapi juga akan mencegah stres yang dapat menurunkan kekebalan tubuh Anda. Duduk dengan rileks, bersihkan fikiran, dan ambil nafas secara teratur dan perlahan dari hidung, dan keluarkan dari mulut. Lakukan meditasi ini beberapa menit setiap hari. Anda juga bisa mengikuti kelas yoga. Baca juga: Manfaat yoga bagi kesehatan

Makan sehat

Mengkonsumsi buah-buahan segar sangat penting, karena buah dan sayur paling kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang akan menjaga kekebalan tubuh Anda. Disarankan juga untuk minum probiotik yang mengandung bakteri baik seperti lactobacillus, dimana yang akan membuat Anda jauh dari masalah infeksi perut.

Bawang putih

Makan bawang putih mentah dikatakan bisa membantu melawan virus. Ana bisa mencincang 1 siung bawang putih mentah, kemudian dicampur dengan makanan Anda.

Asupan air yang cukup

jangan pernah mengabaikan manfaat air untuk kesehatan. Asupan air yang cukup selalu diperlukan oleh tubuh untuk mencegah dehidrasi, sehingga flu dan infeksi cepat sembuh atau tak mendekat.

Jauhi makanan manis-manis mengandung gula tinggi

Gula dalam bentuk apapun, termasuk permen, minuman, ataupun makanan dapat menurunkan kekebalan dan ketahanan tubuh terhadap pilek atau flu. Sistem kekebalan tubuh akan berhenti melawan infeksi selama beberapa jam setelah Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis.

Minum suplemen

Tablet vitamin C bisa berguna untuk membantu melawan pilek. Mengkonsumsi cukup vitamin C sangat dianjurkan, dalam bentuk apapun termasuk suplemen. Suplemen vitamin C mungkin sangat diperlukan bagi Anda yang setiap hari berada dilingkungan dengan tingkat polusi yang tinggi.

Jauhi stres

Stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sekali atau dua kali dalam sebulan pergilah untuk merelaksasi tubuh Anda, bisa dengan terapi spa yang dapat membuat Anda menjadi santai sepenuhnya. Pikiran dan tubuh yang rileks bisa membantu Anda untuk melawan antibodi dan infeksi dengan cara yang jauh lebih baik.

Lihat juga :  Benarkah seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi?

Membersihkan

Bersihkan permukaan seperti pegangan pintu, tombol-tombol, telepon, kursi, dll di rumah secara rutin, karena tempat tersebut seringkali dihinggapi kuman. Ambil satu liter air bersih, tambahkan secangkir cuka, satu sendok teh cairan pencuci piring, dan 10 atau 15 tetes minyak atsiri sebagai bahan penyemprot atau pembersih anti kuman alami.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *