Tips untuk Membantu mengatasi kegemukan pada Anak

tips menurunkan berat badan untuk anakAnak dengan kegemukan sudah menjadi keprihatinan dibanyak belahan dunia, karena pertambahan jumlah ini diketahui terus meningkat setiap tahunnya. Kenapa demikian?,,, Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, memudahkan, dan murah, maka gadget adalah salah satu hal yang cenderung membuat anak menjadi kurang aktif secara fisik. Beda dengan anak jaman dulu, karena teknologi belum secanggih dan semurah ini, tak ada permainan lain bagi anak selain aktif dihalaman rumah. Dan yang kedua adalah hal yang berkaitan dengan makanan. Mungkin karena produk makanan olahan dan cepat saji juga semakin mudah dan semakin terjangkau. Siapa yang akan memiliki kepedulian dengan masalah ini?, sudah pasti kita sebagai orang tua yang memiliki tanggungjawab penuh terhadap mereka.

Advertisement

Kegemukan adalah masalah kesehatan, dan sangat penting diperhatikan terutama pada anak-anak karena perjalanan mereka masih panjang. Seperti banyak dibahas diforum-forum atau media kesehatan, masalah kegemukan pada anak bisa berdampak buruk pada kesehatan mereka dalam jangka panjang. Untuk itu, ini adalah sepenuhnya tanggung jawab para orang tua, yang harus mau fokus dan serius untuk membantu mengatasi masalah kesehatan anak yang satu ini. Ada banyak informasi untuk membantu keluarga dengan anak yang obesitas, agar mereka kembali ke jalur yang sehat.

Berikut top penyebab obesitas pada anak-anak :

  • Kurang aktifitas fisik dan gaya hidup
  • Makan terlalu banyak kalori dan lemak
  • Terlalu banyak makan gula
  • Genetika

Baca juga : Dampak kegemukan pada kesehatan anak

Berikut beberapa tips untuk membantu mengatasi masalah obesitas pada anak-anak

Orang tua harus belajar sebelumnya

Kita tahu, anak belajar dengan cara mencontoh. Apa yang dilakukan oleh orang tua mereka, maka itulah yang dianggap pelajaran bagi mereka. Dengan demikian, orang tua harus bisa memulai gaya hidup sehat sebelum membimbing mereka kejalur ini. Orang tua bisa mempelajari apa saja yang berkaitan dengan kesehatan, misalnya informasi gizi, diet sehat, dan bagaimana cara olahraga yang baik.

Lihat juga :  Manfaat Berenang bagi kesehatan tubuh Kita

Katakanlah pada anak

Mau tak mau orang tua harus mengatakan hal ini pada anak. Katakan dengan halus bahwa merubah kebiasaan tertentu bisa membuat mereka lebih baik. Kebanyakan orang tua merasa bahwa anak mereka akan rewel jika dikenalkan dengan makanan sehat seperti wortel, atau kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas fisik dan olahraga. Ketahuilah bahwa anak-anak tidak selalu seperti itu, karena anak-anak kita adalah anak yang pintar, dan hal-hal yang terbuka akan membuat mereka bisa memilih dan menentukan keputusan untuk dirinya sendiri.

Menerapkan gaya hidup sehat dalam keluarga.

Cara yang bagus untuk memulainya adalah dengan menjadikan hidup sehat sebagai kebiasaan keluarga. Dan Anda sebagai orang tua tentu yang harus menjadi motor penggeraknya. Pada dasarnya ini adalah cara untuk membuat seluruh keluarga melakukannya, sehingga lebih mudah bagi anak Anda yang kelebihan berat badan dan Anda bisa mengatur semua untuk hidup sehat melalui pencegahan. Seluruh keluarga harus berfikir mempersiapkan tentang makanan dan cara mempersiapkannya dirumah. Dengan melakukan ini, anak-anak akan mendapatkan pengetahuan tentang apa yang diperlukan untuk menyiapkan makanan yang sehat. Bagian dari gaya hidup sehat yang lain adalah gaya hidup yang aktif. Ini adalah cara termudah untuk membuat anak menjadi aktif, senang, dan percaya diri. Membangun keluarga Anda dengan gaya hidup sehat, akan menjamin anak Anda memiliki kehidupan yang lebih baik.

Metode-metode

Metode 90/10 : Cobalah membuat aturan dalam keluarga Anda, 90 persen makanan sehat, dan 10 persen adalah makanan enak. Tentu saja Anda harus membatasi makanan yang tidak begitu sehat, namun tidak berarti menghilangkannya. Justru Diet yang terlalu ketat bisa menjadi bumerang bagi Anak Anda. Berikan anak kesempatan sekali-kali bersama teman-temannya makan pizza, kue ulang tahun, dan pada es krim. Kelebihan itu tidak baik, dan yang baik adalah seimbang. Walaupun Anda menerapkan pembelajaran gaya hidup sehat dirumah, bukan berarti anak tidak boleh makan diluar samasekali – porsinya yaitu 90/10.

Lihat juga :  Manfaat dan sumber vitamin D untuk pertumbuhan anak

[ Baca juga : Tips menurunkan berat badan pada anak-anak ]

Jauhkan godaan makanan tak sehat : Obesitas anak adalah urusan keluarga, dan jika Orang tua ingin anaknya sukses, maka harus ikut terlibat sepenuhnya. Milikilah pengetahuan dan berpartisipasi aktif dalam perubahan gaya hidup bagi diri sendiri maupun anak-anak Anda. Hilangkan godaan seperti makan makanan dan snack tinggi lemak, minuman sirup, susu, soda. Makanan seperti ini memang menarik bagi anak-anak, tapi tidak sehat bagi anak Anda terutama yang berjuang dengan masalah berat badan. Meskipun semuanya bisa dinikmati dengan cara diatur, sebaiknya dikurangi godaan dari makanan kaya kalori tinggi lemak dan tinggi gula, atau snack asin, karena bisa membuat anak-anak Anda mengembangkan kebiasaan makan yang sehat. Mungkinkan anak-anak Anda untuk makan makanan seperti ini kadang-kadang saja, sehingga mereka benar-benar akan membatasinya.

Pilih Olahraga yang cocok bagi anak :Jika anak Anda sudah sadar diri untuk mau ikut dalam sebuah kegiatan atau tim olahraga setelah sekolah, Anda bisa mengarahkan kepada olahraga seperti  lompat tali, bersepeda, tenis, bulu tangkis, berenang, atau berjalan kaki.

Tanamkan kebiasaan cukup minum air; Terkadang sangat sulit bagi anak -anak untuk melakukan kebiasaan minum air putih. Karena kebiasaan anak adalah belajar dengan cara mencontoh, maka sebagai orang tua harus melakukan kebiasaan ini pada dirinya terlebih dahulu. Jika Anak tertarik bertanya apa manfaat minum air, maka jelaskan dengan baik kepada mereka. Seperti halnya orang dewasa, demi kesehatan yang baik, anak juga perlu mendapatkan cukup asupan cairan setiap hari.

Perencanaan makan sehat : Rekomendasi terbaik adalah meluangkan waktu kita untuk merencanakan makanan yang sehat dan lebih baik lagi. Ajaklah anak-anak Anda ikut belanja, perencanaan, dan persiapan makananan. Jika mereka ternyata mengeluarkan beberapa usulan tentang bahan atau item menu tertentu, kemungkinan untuk sukses biasanya lebih tinggi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *