Tips mencegah osteoporosis secara alami

Tips mencegah osteoporosis secara alamiOsteoporosis adalah penyakit sistemik yang ditandai dengan menurunnya massa tulang dan perubahan mikroarsitektur jaringan tulang, sehingga dapat meningkatkan kerapuhan tulang, risiko patah tulang, dan menyebabkan kerusakan. Pada osteoporosis, kerusakan tulang lebih cepat daripada perbaikan yang dilakukan oleh tubuh.Kondisi ini mungkin tidak disadari selama bertahun-tahun, hingga akhirnya tiba-tiba terjadi patah tulang dengan sendirinya. Malnutrisi, gizi buruk, kurang aktifitas fisik, konsumsi obat tertentu, dan kondisi kesehatan lain juga dapat meningkatkan terjadinya osteoporosis. Kondisi kesehatan seperti kolesterol tinggi dan menopause termasuk meningkatkan risiko osteoporosis.

Advertisement

Makan-makanan dengan gizi seimbang dan kaya kalsium dapat mencegah osteoporosis. Pencegahan dini osteoporosis dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti asupan gizi seimbang yang terkait dengan pembentukan tulang seperti kalsium, vitamin D, dan aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur sangat penting untuk pembentukan tulang.

Untuk mencegah osteoporosis tubuh kita membutuhkan kalsium, setidaknya 1.200 sampai 1.500 mg, serta ditambah dengan vitamin D sebesar 400UI setiap hari. Tubuh bisa memproduksi vitamin D sebagai respon terhadap sinar matahari, dan pastikan Anda mendapatkan vitamin D dalam jumlah yang tepat. Sementara Jika diet Anda tidak mengandung cukup kalsium maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium dari tulang untuk diberikan kepada organ tubuh yang membutuhkannya, dan ini adalah salah satu alasan  tulang menjadi keropos dan rapuh.

Berikut adalah makanan yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis :

  1. Susu dan produk susu seperti keju , yoghurt atau konsumsi susu skim adalah wajib bagi  yang tidak ingin mengembangkan osteoporosis. Hal ini Karena makanan ini mengandung tinggi kalsium dan protein yang berguna untuk memperkuat dan menyehatkan tulang .
  2. Kacang-kacangan. Jangan malas untuk makan kacang-kacangan, karena mereka kaya akan kalsium, magnesium, mangan, dan fosfor. Terutama kacang almond dan kacang pistachio merupakan sumber kalsium yang baik.
  3. Sayuran. Dalam hal sayuran,  brokoli, kembang kol, dan bit harus secara rutin dikonsumsi setiap hari untuk tulang yang kuat alami.
  4. Ragi. Ragi mengandung setidaknya 330-350 miligram kalsium per 100 gram berat kering.
  5. Kurma. Hal ini merupakan kabar baik bagi penggemar kurma yang manis dan lezat ini. Buah khas Timur tengah ini adalah juga sumber kalsium dan magnesium, dimana yang berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang tubuh Anda .
  6. Sinar matahari. Sinar matahari memang bukanlah jenis makanan, akan tetapi akan menyediakan vitamin D yang berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan. Matahari adalah sumber vitamin D yang paling mudah dan murah untuk kita dapatkan. Pastikan Anda cukup “sinar”  di pagi hari untuk mempertahankan kekuatan tulang.
  7. Buah-buahan, seperti jeruk, jambu biji, stroberi, dan nanas menyediakan vitamin C, yang juga dapat memperkuat tulang. Jangan lupa juga untuk buah super lainnya yaitu buah pisang dan apel.
  8. Sayuran hijau tua adalah salah satu makanan pelawan osteoporosis. Akan teapi hati-hati dengan bayam, karena ternyata ada oksalat di dalamnya yang justru bisa mencegah penyerapan kalsium oleh tubuh.
  9. Kacang kedelai, kacang lima, dan lentil  merupakan sumber kalsium yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah osteoporosis. Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe juga merupakan sumber kalsium yang murah dan mudah Anda dapatkan setiap hari.
  10. Telur. Selain mengandung protein, telur juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D secara alami. Ketahui juga Manfaat telur yang luarbiasa bagi kesehatan kita.
  11. Aktivitas fisik/Olahraga. Meskipun bukan dari jenis makanan, tapi aktivitas fisik secara teratur juga sangat penting untuk mencegah melemahnya tulang. Oleh karena itu jangan malas untuk naik tangga setiap hari dikantor atau di gedung-gedung. Olahraga yang dilakukan pada pagi hari dialam terbuka akan memberikan 2 manfaat sekaligus, karena Anda juga akan mendapat vitamin D alami dari sinar matahari.
  12. Omega-3 . Nutrisi ini dapat nda peroleh dari makan biji labu, biji rami, atau minyak ikan. Selain membantu mencegah osteoporosis, omega – 3 juga bermanfaat untuk melawan penyakit rematik dan nyeri sendi.
  13. Suplemen. Jika Anda malas makanan sumber kalsium atau vitamin D, minum suplemen kalsium secara teratur juga bermanfaat memperbaiki struktur tulang. Akan tetapi sebaiknya berkonsultasi dengan pakar kesehatan sebelum rutin minum suplemen apapun.
  14. Ikan, terutama seperti salmon, sarden, dan tuna adalah makanan yang kaya akan kalsium dan mineral lainnya.
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *