Tips dan makanan untuk meningkatkan metabolisme tubuh

manfaat apel bagi kesehatan - makanan meningkatkan metabolisme tubuhMeningkatkan metabolisme tubuh berarti meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh kita. Jika metabolisme tubuh baik, maka Anda akan memiliki energi, lebih fit, dan berat badan yang terkontrol. Metabolisme adalah Istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yang artinya perubahan atau transformasi. Hal ini terkait dengan berbagai macam proses yang terjadi dalam tubuh yang mengubah makanan dan zat lain menjadi energi atau produk metabolik lainnya yang digunakan oleh tubuh.

Advertisement

Metabolisme adalah fungsi penting yang memungkinkan tubuh untuk menggunakan makanan dan sumber daya lain untuk bisa bekerja, memperbaiki kerusakan, menyembuhkan, dan membersihkan racun dari dalam tubuh.

Metabolisme membantu pencernaan dalam menyerap nutrisi. Hal ini paling dipengaruhi oleh nutrisi, hidrasi dan aktivitas fisik. Setiap item merupakan aspek yang penting bagi kesehatan metabolisme yang optimal. Ketika salah satu ada yang kurang, maka akan menurunkan tingkat metabolisme. Akibatnya tentu saja akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Berikut 11 Tips dan Cara untuk Meningkatkan Metabolisme tubuh, sehingga tubuh kita menjadi bugar dan memiliki berat badan yang ideal :

1 . Cukup makan

Anda juga perlu membatasi kalori untuk menurunkan berat badan, akan tetapi terlalu rendah kalori juga bisa membahayakan metabolisme. Pada saat tubuh kekuranga kalori, maka tubuh akan memetabolisme dan membakar jaringan otot untuk dijadikan energi. Oleh karena itu, sebaiknya makanlah yang cukup dan jangan melakukan diet yang terlalu ketat.

2 . Jangan lupa sarapan

Sarapan akan meningkatkan metabolisme tubuh agar tetap fit sepanjang hari. Tidak mengherankan, orang yang tidak sarapan justru 4,5 kali lebih berisiko kelebihan berat badan. Sarapan tentunya harus sarapan yang sehat, rendah lemak dan tinggi serat. Sarapan oatmeal, yogurt atau susu rendah lemak, jika Anda tak sempat membuat sarapan.

3 . Kafein

Kafein juga ditemukan dalam teh selain dalam kopi. Kafein adalah stimulan sistem saraf, sehingga dapat meningkatkan metabolisme hingga 5-8 persen. Menurut sebuah penelitian di Jepang, secangkir teh hijau akan meningkatkan metabolisme sebesar 12 persen. Para peneliti juga percaya, bahwa katekin dalam teh juga bermanfaat untuk mempercepat metabolisme .

Lihat juga :  Resep Jus Buah &Sayur, Cara Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

4 .Makan makanan mengandung serat

Penelitian menunjukkan bahwa serat bisa membantu tubuh membakar lemak hingga 30 persen. Penelitian juga menunjukkan, orang yang makan banyak serat lebih sedikit yang mengalamikegemukan. Perbanyak asupan serat dengan mengonsumsi makanan seperti buah, sayuran dan biji-bijian, sehingga tubuh cukup mendapatkan serat tak kurang dari 25 gram per hari. Baca juga: Daftar Makanan yang mengandung serat tinggi

5 . Minum air dingin

Para peneliti diJerman menemukan bahwa minum enam gelas air dingin dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga sekitar 50 kalori per hari. Mengapa demikian? , karena tubuh memerlukan energi untuk memanaskan air yang dingin,  agar sesuai dengan suhu tubuh.

6 . Makanan organik

Penelitian dari Kanada melaporkan bahwa tubuh yang terlalu banyak menyimpan racun dapat menyebabkan kesulitan menurunkan berat badan. Hal ini mungkin karena racun memperlambat proses pembakaran energi dalam tubuh. Studi lain juga menemukan bahwa pestisida bisa memicu kenaikan berat badan. Oleh karena itu, jauhi menumpuk racun dari makanan. Jika memungkinkan, konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang tumbuh secara alami atau organik/bebas bahan kimia.

7 . Asupan protein

Tubuh menggunakan protein untuk menjaga kesehatan otot. Makan daging atau ikan bebas lemak bisa menjadi pilihan untuk menu sehari-hari. Protein bisa membantu membakar kalori hingga sebanyak 35 persen.

8 . Makan makanan ber Zat besi

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah yang bertugas mengedarkan oksigen yang dibutuhkan otot untuk membakar lemak. Tambahkan asupan zat besi dengan makan daging bebas lemak, kacang-kacangan, dan bayam.

9 . Penuhi vitamin D

Vitamin D diperlukan untuk menjaga metabolisme. Vitamin yang juga bisa didapat dari berjemur dibawah matahari ini juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi tuna, udang, tahu, dan telur.

10 . Minum susu

Ada bukti penelitian bahwa kekurangan kalsium bisa memperlambat proses metabolisme . Penelitian ini mengungkapkan jika mengkonsumsi kalsium dari makanan seperti  susu atau yogurt rendah lemak,  maka  bisa mengurangi penyerapan lemak dari makanan lain.

Lihat juga :  Makanan untuk Jantung agar Sehat

11. Olahraga

Olah raga akan memacu jantung agar lebih cepat memompa darah, sehingga peredaran darah menjadi lebih cepat, yang otomatis juga akan mempercepat metabolime tubuh. Olahraga adalah cara yang sangat baik untuk membakar kelebihan kalori, sehingga berat badan mudah terkontrol.

Makanan Untuk Meningkatkan Metabolisme tubuh

Untuk membantu mempercepat metabolisme tubuh Anda, maka Anda bisa makan beberapa makanan sehat berikut :

Apel . Penelitian mengungkapkan bahwa apel rendah kalori, Namun kadar serat yang ada didalam apel mampu menurunkan berat badan. Buah lainnya yang sama manfaatnya  adalah buah pir. Makan apel dan pir bersama dengan kulitnya, karena kulit yang paling banyak serat. Namun ingat, cuci bersih buah ini untuk menghindari racun pestisida yang tertinggal.

Sayuran hijau . Sayuran berdaun hijau seperti bayam dll tidak hanya tinggi serat, mereka juga kaya kalsium. Ada penelitian yang menemukan hubungan antara kalsium dalam penurunan berat badan.

Tahu atau ayam tanpa lemak . Jangan lupakan protein dalam diet Anda. Protein dari kedua makanan ini cukup membantu Anda untuk membangun jaringan otot.

Beras merah . Pilihlah makanan yang tinggi serat, seperti beras merah, oatmeal, dan roti gandum. Makan makanan ini akan membuat Anda lebih cepat kenyang, dan dengan demikian bisa mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Minum Air. Sebelum Anda makan, minumlah segelas air. Selain air akan membuat bebas dehidrasi, juga akan menghindarkan dari ngemil makanan tinggi kalori .

Teh hijau . Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan metabolisme, serta memberikan zat antioksidan yang mencegah penuaan dini.

Makanan pedas . Makanan pedas, cabai atau lada berfungsi juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme. Hal ini karena lada dan cabai mengandung senyawa kimia yang disebut dengan capsaicin yang bisa mempercepat proses metabolisme.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *