Tips Cara Perawatan Rambut Panjang

tips cara perawatan rambut panjangRambut adalah mahkota bagi kaum wanita, baik secara harfiah maupun secara kiasan. Hal ini tidak mengherankan jika banyak wanita yang mendambakan memiliki rambut panjang dan sehat. Namun perlu diingat bahwa yang dikagumi orang adalah rambut panjang yang mengkilap dan sehat, tidak kusam dan maupun kusut. Hal itu hanya membuat orang lain berprasangka kepada Anda sebagai orang yang ceroboh dan buruk. Sebuah pendapat yang sangat tidak kita diinginkan.

Advertisement

Tips dan cara merawat rambut panjang

Jadi jika Anda ingin memanjangkan rambut, berikut ini adalah beberapa tips perawatan yang tepat  agar rambut Anda menjadi sehat .

Meminyaki rambut

Nutrisi sangat penting untuk apapun yang hidup tumbuh, tidak terkecuali rambut. Batang rambut Anda mungkin akan mati, tetapi akarnya bisa saja masih tetap hidup. Dengan demikian, meminyaki akar rambut akan memberikannya nutrisi dan kekuatan untuk bisa tumbuh panjang dan kuat. Anda dapat meminyaki rambut Anda setidaknya dua kali dalam seminggu .

Memijat rambut

Memijat kulit kepala merupakan stimulus bagi pertumbuhan rambut Anda. Memijat akan membuat aliran darah pada kulit kepala menjadi lancar, sehingga akan merangsang pertumbuhan rambut Anda. Situasi yang tenang dan rileks akan membuat rambut Anda akan mengalami pertumbuhan yang lebih baik.  Pijat rambut Anda setidaknya dua kali dalam seminggu. Ini adalah salah satu tips kecantikan sederhana untuk pertumbuhan rambut yang baik.

Mencuci rambut dengan shampo

Membuat rambut selalu bersih adalah langkah pertama untuk memiliki rambut yang sehat. Tapi ada beberapa cara mencuci untuk perawatan rambut panjang yang baik.

  • Keramas setiap hari hanya akan membuat rambut Anda menjadi kering dan rapuh, jadi jangan mencuci lebih dari tiga kali dalam seminggu .
  • Rambut rapuh saat basah, jadi keramaslah dengan cara yang lembut.
  • Gunakan air bersushu dingin atau normal untuk keramas. Air yang panas pasti memiliki efek yang sama, yaitu kering dan keriting.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan samphoo karena sulfat bisa merugikan rambut Anda.

Pelindung rambut

Kondisioner merupakan faktor kunci untuk mempertahankan rambut yang baik. memberikan kelembaban pada rambut adalah kunci perlindungan rambut dari kotoran dan polusi juga sinar matahari. Oleh karena itu jangan pernah melewatkan kondisioner pada rambut Anda.

Lihat juga :  5 buah yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan wajah

Jangan pernah melangkah keluar dari kamar mandi tanpa menggunakan conditioner. Anda bisa mengkondisioner rambut Anda dengan kondisioner rambut kemasan atau yang alami buatan sendiri. Meminyaki rambut sebelum mandi bagus bagi rambut, tetapi Anda juga bisa membuat konditioner alami dari telur dan masker rambut untuk penggunaan biasa. Baca: Manfaat dan cara menggunakan kondisioner yang benar

Jika Anda memiliki rambut yang sangat rapuh, maka disarankan untuk menggunakan kondisioner seminggu sekali. Ambil kondisioner sesuai dengan kebutuhan, dan terapkan pada rambut Anda. Kemudian Anda bisa membungkus rambut dengan handuk panas dengan duduk sebentar. Hal ini akan membuka pori-pori, sehingga memastikan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Menyisir rambut:

Gunakan sisir yang bergigi lebar akan ebih baik Anda, dan sisir yang buruk bisa menyebabkan kerusakan dan rambut pecah. Jangan menyikat rambut sensitif, karena hanya akan menyebabkan kerusakan dan rambut rapuh.

Pemangkasan rambut

Memotong rambut sesering yang diperlukan untuk menghilangkan rambut pecah pada ujung, sehingga rambut Anda bisa tumbuh dengan baik. Rambut pecah atau bercabang akan berhenti tumbuh, dan hasilnya adalah pertumbuhan rambut yang tidak merata .

Meluruskan rambut

Ini adalah salah satu hal yang mungkin tidak bisa hindari jika Anda ingin terlihat baik. Ada beberapa tips tentang cara untuk melakukannya dan meminimalkan kerusakan.

Hindari panas sebanyak mungkin . Jika Anda ingin rambut bergelombang dan ikal, gunakan beberapa metode alami. Tapi jika Anda harus menggunakan panas untuk meluruskan, sebaiknya kurangi suhu dan menggunakan pelindung panas.

Jangan menggunakan gaya rambut terikat, seperti gaya ekor kuda terlalu sering. Gesekan yang ditimbulkan bisa menyebabkan kerusakan rambut . Biarkan rambut Anda sekali-sekali terurai menyenangkan.

Pemberian vitamin E

Vitamin E sangat baik bagi rambut Anda. Selama bertahun-tahun, hal itu telah menjadi unsur paling penting untuk losion tubuh, sampo dan kondisioner. Vitamin E adalah anti oksidan yang sangat membantu tubuh secara keseluruhan. Vitamin E memiliki efek yang sama seperti pijat pada kulit kepala, yaitu meningkatkan sirkulasi darah dan pertumbuhan rambut.

Lihat juga :  Manfaat Daun Kelor, Keajaiban untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

Jangan berlebihan menggunakan bahan kimia

Bahan Kimia bisa terdapat dalam paroduk shampoo, conditioner dan produk styling. Semuanya bisa memberikan efek buruk pada rambut kita dalam jangka panjang. Kontak yang terlalu lama dengan bahan-bahan tersebut tidak baik untuk rambut dan kesehatan. Jadi, cobalah untuk menggunakan perawatan rambut yang lebih alami dan herbal . Gunakan shampo dan kondisioner ringan, dan hindari perawatan rambut yang menggunakan kimia jika memungkinkan.

Bahan alami untuk perawatan rambut

Perawatan rambut alami menggunakan metode herbal sangat efektif untuk membuat rambut berkilau. Menghabiskan banyak dana untuk membeli produk-produk mahal bisa mungkin atau tidak mungkin bisa memberikan hasil yang bagus. Jadi, sekarang saatnya untuk mencoba cara alami.

Ambil sebutir telur dengan 3 sendok makan minyak jarak dan 1 sendok teh cuka. Campurkan dengan baik. Kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala, dan mencuci rambut kembali setelah 40 menit.

Anda juga dapat menggunakan santan. Oleskan dan pijatkan santan dengan lembut ke kulit kepala, kemudian keramasi rambut Anda dengan air dingin. Air santan kelapa sangat dikenal untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan tekstur dan kondisi rambut.

Diet yang tepat untuk perawatan rambut yang lebih baik :

Makanan yang tepat adalah kunci penting untuk memiliki tubuh dan fikiran yang sehat, termasuk rambut kita. Diet yang tepat sekaligus akan membuat rambut menjadi tebal,s ehat dan tampak berkilau. Protein yang kita konsumsi melalui makanan akan mempercepat pertumbuhan rambut, serta membuatnya menjadi kuat dan berkilau. Kacang mete dan kelapa sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut . Jangan lupa untuk mengambil vitamin, karena sangat penting bagi pertumbuhan dan pembentukan folikel rambut baru.

Diet yang seimbang tidak akan lengkap tanpa asupan cukup cairan. Air tidak hanya penting bagi kesehatan tubuh, tetapi juga penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut kita.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *