Tips Cara Meningkatkan Stamina

cara meningkatkan staminaAda banyak orang yang terlihat melakukan aktifitas dengan seperti tidak memiliki rasa lelah samasekali. Kemudian ada lagi orang lain yang selalu membutuhkan tambahan glukosa setiap hari, serta selalu terlihat menguap dan bahkan berjalan dengan susah payah karena tidak memiliki energi untuk membawa tubuhnya sendiri. Sementara itu disisi lain, adalah orang-orang yang menderita kekurangan stamina, yang diketahui merupakan golongan terbanyak. Kurangnya stamina saat ini merupakan suatu aspek yang umum, dimana orang merasa lesu dan selalu tampak tidak bersemangat. Dengan gaya hidup serba cepat ini, banyak orang tergantung pada minuman k*ras, junk food, kurang tidur, dan kuirang aktivitas secara fisik, sehingga wajar jika harus mengalami kondisi kelesuan atau kurang stamina. Dampak dari kondisi ini tentu akan banyak menimbulkan masalah daripada hanya sekedar lesu, termasuk hilangnya produktivitas kerja, dan kehilangan minat untuk beberapa kegiatan. Dengan demikian, melakukan langkah-langkah efektif untuk meningkatkan stamina adalah sangat penting. Baca lebih lanjut  jika Anda ingin merasa lebih segar, bersemangat, serta menyelesaikan segala tugas dan urusan kerja dengan lebih mudah :

Advertisement

Berikut tips cara Meningkatkan Stamina

Tidur cukup

Tidur secara langsung terkait dengan stamina tubuh Anda. Itulah mengapa tidur yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan stamina. Di sisi lain, tidur berlebihan juga bisa mengurangi stamina, karena justru akan membuat Anda merasa kelelahan.Tidur yang ideal bagi orang dewasa sehat adalah selama delapan sampai sembilan jam setiap hari pada malam hari. Ini akan memberikan Anda energi untuk melewati esok sepanjang hari. Anda juga harus berangkat tidur pada jam yang teratur, sehingga pola tidur Anda tidak terganggu.

Cukup Asupan cairan

Air bermanfaat untuk menyerap nutrisi dan memberikan Anda stamina yang abadi. Minumlah air dalam jumlah cukup, atau rata-rata sebanyak delapan gelas air setiap hari. Selain air putih, untuk menambah asupan cairan tubuh ini juga bisa dengan minum jus atau buah yang tinggi mengandung air. Selain menambah cairan, hal ini juga akan menambahkan mineral dan nutrisi lain seperti serat dan vitamin alami.

Lihat juga :  Manfaat Zat besi Bagi kulit, Rambut dan Kesehatan

Mulailah hari Anda dengan olahraga ringan.

Otot yang tidak digerakkan akan menjadi lemah, sehingga tampak kaku dan malas untuk dipergunakan. Dengan demikian, Anda akan lebih cepat merasa capek, bahkan menjadi malas menyentuh apapun. Beraktifitas secara fisik juga akan membantu tubuh untuk membakar energi, sehingga mencegah Anda menjadi lesu. Mulailah dengan senam peregangan otot pada pagi hari, serta ditambah dengan melakukan kegiatan olahraga sekurangnya 30 menit 3 kali dalam seminggu. Jangan terlalu memanjakan tubuh Anda, jika tidak ada hal yang harus diburu, cobalah menaiki tangga konvesional/bukan lift atau eskalator. Berbahagialah jika Anda mendapat tempat parkir yang agak jauh dari tempat Anda bekerja, bukannya malah menggerutu. Baca juga : Manfaat Lurabiasa Rutin Olahraga di Pagi hari

Relaksasi atau bersantai

Selain aktif secara fisik, penting juga bagi tubuh untuk relaks. Ambil waktu istirahat sehingga tubuh Anda bisa bersantai, karena ini akan membantu Anda pulih dari stres pekerjaan. Sambil bersantai, Anda juga harus mencoba untuk bisa mengistirahatkan pikiran Anda. Pikiran yang lelah juga akan berpengaruh buruk bagi stamina Anda.

Diet seimbang

Anda juga harus menyertakan diet yang seimbang, sehingga tubuh Anda cukup mendapatkan semua vitamin dan mineral untuk mendapatkan energi. Untuk meningkatkan stamina, diet yang tepat harus terdiri dari sayuran hijau, buah-buahan, daging, ikan, telur dan berbagai produk susu. Hindari junk food dan makanan yang mengandung minyak jenuh atau trans, karena makanan seperti ini hanya akan membuat Anda menjadi lesu. Anda juga bisa mengambil suplemen vitamin, jika Anda merasa asupan dari diet Anda tidak memadai. Beberapa vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina adalah vitamin B, vitamin B3, dan asam folat.

Lihat juga :  Kondisi kesehatan akibat Kurang minum/Cairan

Jangan pernah melewatkan sarapan.

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting, karena akan memberikan Anda stamina untuk bertahan sepanjang hari. Sarapan dengan makanan yang bergizi baik adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda. Sarapan juga akan membuat Anda kenyang, serta memberi kan semua energi yang Anda dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas rutin Anda.

Secangkir kopi dipagi hari

Anda juga bisa minum secangkir kopi di pagi hari untuk mengawali hari Anda. Namun setelah ini, hindarilah minum kopi sampai dengan keesokan paginya lagi. Hal ini bertujuan memastikan bahwa Anda tidak akan menjadi bergantung sepenuhnya pada kafein. Perlu diingat bahwa terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan masalah tidur, yang justru akan mengurangi stamina Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *