Tips Cara Meningkatkan Fungsi Otak

Otak yang sehat tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan memori dan konsentrasi, tetapi juga akan mengurangi risiko berbagai macam penyakit saraf seperti penyakit Alzheimer, demensia (kepikunan), dan penyakit terkait otak lainnya. Selain itu, otak yang berfungsi lebih baik juga membantu mempertajam konsentrasi dan kemampuan berketrampilan. Fungsi otak bisa berkurang karena beberapa faktor termasuk usia, perubahan kadar hormon, stres, kerja yang berlebihan, penyalahgunaan obat, dan juga bisa karena efek samping obat neurotik. Akan tetapi fungsi otak juga bisa ditingkatkan, yaitu dengan cara melakukan olahraga secara teratur, kebiasaan makan sehat, latihan tertentu, dan melaksanakan gaya hidup yang sehat. Meningkatkan kemampuan otak juga bermanfaat untuk membantu membangun memori yang kuat. Ada beberapa cara alami yang bisa membantu  meningkatkan fungsi otak. Sementara olahraga yang dilakukan secara rutin meningkatkan sirkulasi oksigen di otak, gaya hidup yang sehat akan memberikan makanan yang tepat dan istirahat yang cukup untuk otak.

Advertisement

Berikut ini beberapa tips cara sederhana untuk meningkatkan fungsi otak dan keterampilan kognitif :

1. Latihan Neurobic

Latihan kognitif tertentu termasuk brain game mampu menciptakan hubungan baru antara berbagai bagian dalam otak, sehingga secara keseluruhan akan meningkatkan fungsi otak. Diantara latihan Neurobic populer yang bisa Anda coba adalah memasak menggunakan esep yang belum pernah dicoba sebelumnya, menyikat gigi dengan tangan yang berlawanan, atau memakai jam di pergelangan tangan yang berlawanan – misalnya, jika biasa menyikat gigi menggunakan tangan kanan, cobalah untuk menggunakan tangan kiri.

2. Mengurangi paparan racun

Bermacam-macam Zat kimia bisa terdapat dalam makanan, misalnya bahan pengawet, bahan pewarna kimia, sisa pestisida, dsb, berpotensi mengganggu fungsi otak. Zat-zat kimia yang dikenal dengan neurotoksin ini secara kimiawi akan berubah menjadi senyawa yang memiliki efek negatif bagi tubuh. Untuk menghindari zat-zat kimia yang bisa, berarti Anda harus menghindari makanan olahan yang tidak sehat dan lebih banyak mengkonsumsi makanan organik dan segar.

Lihat juga :  Top 10 Makanan yang dapat menyehatkan kulit

3. Olahraga teratur

Otak membutuhkan oksigen supaya bisa berfungsi secara optimal. Berolahraga adalah cara yang baik untuk meningkatkan asupan oksigen ke otak. Anda bisa berolahraga atau rutin berjalan kaki secara rutin untuk meningkatkan suplai oksigen ke otak. Latihan pernapasan juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen dalam tubuh, yang pada akhirnya merangsang fungsi otak. Untuk meningkatkan memori juga bisa dilakukan dengan melakukan latihan otak tertentu, misalnya menghafalkan lagu atau puisi baru bisa meningkatkan efisiensi otak.

4. Memecahkan teka-teki

Melakukan kegiatan yang berbeda dalam hidup juga bisa membantu meningkatkan efisiensi otak. Memecahkan teka-teki adalah cara yang baik untuk meningkatkan fungsi otak, misalnya seperti game teka-teki, teka-teki silang, atau puzzle, adalah cara yang bagus untuk meningkatkan fungsi otak. Memecahkan persoalan matematika dan menyelesaikan tugas-tugas tertentu yang menggunakan banyak pemikiran rasional juga membantu meningkatkan efisiensi otak.

5. Makan makanan yang menutrisi Otak

Selain daripada latihan dan kebiasaan yang tepat, makanan tertentu seperti labu, brokoli, ubi jalar, kacang merah, kacang kedelai, kacang hitam, aprikot, dan biji-bijian diketahui sebagai makanan yang baik untuk menutrisi otak. Berbagai Kacang-kacangan dan ikan laut berlemak seperti ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kaviar, mengandung asam lemak omega 3, yang diketahui bagus untuk otak. Teh hijau secara khusus juga dikenal menangkal penyakit Alzheimer, serta meningkatkan fungsi otak. masukkan makanan-makanan tersebut kedalam diet harian untuk otak sehat.

6. Tidur cukup dan berkualitas setiap hari

Otak sangat banyak membutuhkan energi untuk melaksanakan semua fungsnya dengan baik setiap hari. Tidur yang cukup akan memberikan waktu bagi otak istirahat, yang membantu untuk meningkatkan memori. Lakukan rutinitas sehari-hari dengan pergi tidur dan bangun tepat waktu. Tidur malam yang ideal adalah 7-8 jam perhari, dan supaya tidur Anda berkualitas, sebaiknya menghindari hal-hal yang bisa mengganggu waktu tertidur, misalnya tidak makan berlebihan, tidak makan pedas, tidak minum terlalu banyak, tidak minum kopi, dsb, sesaat menjelang tidur. Baca juga : Tips cara tidur cepat dan nyenyak

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *