Tips Cara Alami meningkatkan tinggi badan

tips cara alami meningkatkan tinggi badanBanyak profesi yang membutuhkan tinggi badan sebagai persyaratan utama. Jadi, berusaha supaya mendapatkan tubuh lebih tinggi sangat diperlukan, agar bisa mendapat tinggi yang memadai sejak dini. Perlu diketahui bahwa tinggi badan maksimal pada pria terjadi pada usia 25 tahun, sedangkan pada wanita maksimal pada usia 18 atau 19 tahun. Jadi manfaatkan dengan sebaik mungkin jika usia Anda masih dibawah usia tersebut.

Advertisement

Faktor yang Mempengaruhi Tinggi badan:

Ada dua faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap tinggi badan kita, yaitu Faktor genetik dan faktor non – genetik. Tinggi badan kita diatur oleh hormon yang disebut dengan HGH (Human Growth Hormone) atau hormon pertumbuhan. HGH ini disekresikan dalam tubuh kita oleh kelenjar hipofisis, dan diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan tulang rawan. Berikut penjelasan dari kedua faktor diatas:


a . Faktor genetik : Tinggi badan juga dipengaruhi oleh berbagai gen didalam tubuh kita. Tinggi yang ditentukan oleh beberapa gen adalah poligenik. Jika kedua orang tua kita pendek, itu bukan berarti kita tidak akan bisa tinggi. Orang tua yang tinggi pun bisa memiliki anak yang bertubuh pendek dan sebaliknya. Namun jika sebagian besar anggota keluarga dari kedua belah pihak(Ayah dan IBu) bertubuh pendek, maka generasi berikutnya paling mungkin untuk memiliki tubuh pendek. Faktor genetik sepenuhnya berada di luar kendali kita.

Untuk menghitung proyeksi tinggi badan Anda, ikuti langkah berikut :

  1. Pertama jumlahkan tinggi kedua orang tuamu, dalam inci atau sentimeter.
  2. Jika Anda laki-laki, maka tambahkan 5 inci atau 13 cm. Namun, jika Anda adalah seorang wanita, kurangi 5 inci dari total ketinggian orangtua Anda.
  3. Sekarang bagi angka ini dengan 2
  4. Apa jumlah hasil yang Anda dapatkan adalah proyeksi tinggi badan Anda. Hal ini bisa lebih atau kurang 4 inci. Ini adalah cara untuk memprediksi kemungkinan ketinggian yang bisa Anda capai.

b . Faktor Non Genetik : Ada beberapa faktor non – genetik yang mempengaruhi ketinggian tubuh kita. Hal ini dikaitkan dengan pertumbuhan,  dan oleh karena itu tubuh yang pendek juga bisa dikaitkan dengan asupan nutrisi yang tidak memadai, kurangnya aktivitas fisik, postur yang salah, dll.

Beberapa faktor non – genetik lainnya yang dapat mempengaruhi meliputi:

  • Ibu yang mer*kok selama hamil, Prenatal dan Pasca persalinan
  • Kesehatan yang buruk selama masa kanak-kanak dan remaja
  • Berat badan saat lahir
  • Kondisi mental selama masa kanak-kanak dan remaja

Faktor-faktor non-genetik dapat dikontrol sampai batas maksimal, dengan cara mengikuti gaya hidup sehat secara keseluruhan sejak dari masa kanak-kanak.

Tips dan cara alami untuk Meningkatkan Tinggi badan

Sekitar 20 % atau lebih tinggi tubuh kita tergantung dari lingkungan, kegiatan, dan diet. Dengan demikian, kita bisa menambah tinggi badan kita secara alami dengan mengikuti aturan-aturan dasar tertentu dalam kehidupan kita sehari-hari:

1 . Tidur yang tepat :

Fakta bahwa tubuh kita tumbuh dan meregenerasi jaringan pada saat kita beristirahat. Tidur yang tepat benar-benar penting bagi pertumbuhan tubuh. Diyakini bahwa Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) diproduksi secara alami dalam tubuh kita selama tidur nyenyak. Anak-anak dan remaja harus tidur setidaknya 8 sampai 11 jam tidur setiap malam, supaya bisa mencapai ketinggian maksimum. Untuk mendapatkan tidur berkualitas, maka sangat penting untuk memiliki lingkungan tidur yang tepat. Ini harus tenang, tak banyak terganggu oleh suara atau lampu yang kuat. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan tidur nyenyak :

  1. Mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur.
  2. Minum satu cangkir teh chamomile sebelum tidur berguna untuk menginduksi tidur.
Lihat juga :  Manfaat Menjalankan Gaya hidup Sehat

Kebiasaan tidur yang tepat adalah jawaban pasti untuk bisa tumbuh tinggi  secara alami .

2 . Rutin Latihan dan Olahraga :

Salah satu tips terbaik untuk  tinggi secara alami adalah menjadi sehat secara fisik dan menjadi anak yang aktif. Latihan dan olahraga adalah kegiatan rutin yang meningkatkan tinggi badan seseorang. Ketika Anda aktif secara fisik, maka tubuh Anda akan menuntut lebih banyak nutrisi sehat,  dan akibatnya adalah peningkatan hasil asupan gizi untuk pertumbuhan yang tepat.

Kegiatan olahraga seperti berenang, aerobik, tenis, kriket, volley, bulu tangkis, sepak bola, bola basket atau beberapa latihan peregangan adalah cara yang baik untuk pertumbuhan. Olahraga bagi Otot-otot kita akan meningkatkan prospek pertumbuhan, selain juga membersihkan dan detoksifikasi tubuh melalui keringat. Olahraga teratur sudah pasti harus menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari.

Berenang adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan tinggi badan Anda. Jika seseorang mulai berenang sejak usia dini, pasti  tinggi nya akan cukup. 2 jam berenang setiap hari selama 4-5 hari seminggu bisa sangat efektif meningkatkan tinggi badan Anda. Berenang adalah olahraga yang menggerakkan tubuh secara penuh, bentuk latihan latihan yang intens akan membantu memperpanjang otot dan membangun kekuatan otot.

Beberapa olahraga  pereganganan adalah car stretch, super stretch, cobra stretch,  bridge, bow down, twists, dan peregangan kaki dasar  Disarankan untuk melakukan latihan peregangan sederhana secara teratur selama minimal 15 menit untuk hasil efektif.

Latihan Hanging bisa berguna untuk mendapatkan tinggi melalui latihan. Meskipun ini mungkin tampak agak sulit pada awalnya, namun Anda lama-lama akan bisa menguasainya. Yang Anda butuhkan adalah sebuah bar atau tempat menggantung. Menggantung dengan menggunakan lengan,  dengan tulang belakang membentang selama 10 detik. Ulangi 12 set satu demi satu atau terus melakukan hal ini selama 2 menit setiap hari.

3 . yoga :

Yoga adalah cara yang bagus dan relatif lebih ringan untuk menambah tinggi badan Anda secara alami. Yoga akan membuat  tubuh bugar secara keseluruhan, yang berguna untuk memberikan dorongan terhadap tinggi badan.

4 . Menjaga Postur tubuh yang benar :

Perlu untuk mempertahankan postur tubuh yang benar sedari masa kanak-kanak. Hal-hal sederhana seperti duduk lurus di kursi, menjaga bahu yang lurus, dagu tinggi, dan pinggul diatas atas kaki saat berjalan atau berdiri bisa memiliki efek yang menguntungkan pada tinggi badan Anda. Jangan berjalan sambil membungkuk.

Tulang punggung yang lurus dan punggung yang kuat sangat penting bagi upaya untuk meningkatkan tinggi badan. Sejajarkan leher dan kepala tanpa membungkuk atau menunduk. Memiliki bantal dan kasur yang baik dan ramah bagi tubuh juga sama pentingya untuk menjaga tulang belakang Anda nyaman.

Lihat juga :  Makanan yang bisa merusak Liver atau Organ Hati

Perlu dicatat bahwa bahu Anda tidak harus membungkuk sambil berjalan atau berdiri. Membungkuk harus dihindari dengan segala cara. Postur tubuh yang baik akan membuat Anda terlihat tinggi, cerdas dan percaya diri .

5 . Diet Seimbang:

Diet yang seimbang adalah sangat penting untuk mendapatkan nutrisi yang tepat. Hindari junk food, hindari lemak jenuh, minuman bersoda dan makanan tinggi gula berlebihan karena ini dapat menimbulkan dampak negatif pada tinggi badan Anda. Juga harus dipastikan untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. [ Baca: Makanan yang baik untuk meingkatkan tinggi badan secara alami ]

6 . Hindari faktor-faktor penghambat pertumbuhan :

Anda harus memastikan tidak mendapatkan pengaruh dari faktor eksternal atau internal. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diingat:

Menggunakan obat-obatan dan alk*hol pada usia muda bisa sangat berbahaya. Mengkonsumsinya bisa menyebabkan pertumbuhan terhambat dan kekurangan gizi, sehingga bisa mencegah ketinggian maksimal Anda. Asupan kafein juga harus dibatasi, terutama di kalangan anak-anak karena bisa mengganggu tidur yang nyenyak dan teratur. Anak-anak dan remaja membutuhkan 8-11 jam tidur yang nyenyak, kafein sebagian besar bisa membatasi waktu tidur, sehingga secara tidak langsung berkontribusi terhadap perawakan pendek.

Selain itu, steroid juga ditemukan bisa menghambat pertumbuhan tulang pada anak-anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak dan remaja dengan asma yang menggunakan inhaler cenderung sekitar ½ inci lebih pendek dari anak yang lain. Hal ini karena inhaler ini mengeluarkan steroid yang disebut dengan budesonide .

7 . Membangun Sistem kekebalan tubuh yang kuat :

Penyakit anak-anak tertentu juga dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat. Hal ini dapat dihindari dengan imunisasi rutin dan asupan banyak vitamin C yang ditemukan seperti dalam buah jeruk dan lemon.

Diet sehat akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat. Memasukkan banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan yang kaya antioksidan dan asam lemak omega – 3 kedalam diet akan berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

8 . Meminta Bantuan dokter/medis :

Jika Anda sudah berada diusia pertengahan remaja dan berasal dari keluarga yang semua anggotanya tinggi, tetapi kenyataannya tinggi badan Anda tidak berkembang, jika demikian sebaiknya mengunjungi dokter. Kondisi medis tertentu dapat dideteksi pada tahap awal, oleh karena itu jika Anda telah melakukan semua cara diatas tetapi masih tidak bisa tinggi, disarankan untuk meminta bantuan dokter.

9 . Membangun rasa percaya diri Anda:

Memiliki tubuh tinggi tapi kurang percaya diri, adalah tidak ada gunanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun kepercayaan diri sejak masa kanak-kanak. Anda bisa terlibat atau ambil bagian dalam kegiatan sekolah, bergabung dengan klub dan menghabiskan waktu untuk mengejar minat dan hobi. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan mood dan rasa kebahagiaan, sehingga mempengaruhi tingkat kepercayaan diri Anda. Jika Anda memiliki pola pikir yang positif dan penuh dengan keyakinan, bahkan walau bertubuh lebih pendekpun tidak akan menjadi penghalang untuk Anda. Oleh karena itu, tumbuhkan juga rasa percaya diri Anda !

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *