Tips agar tidak mudah terserang influenza

Tips mencegah influenzaKetika memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini, flu bisa lebih cepat menyerang siapa saja. Hal ini karena tubuh kita perlu menyesuaikan diri lagi terhadap perubahan suhu, sehingga sistem kekebalan tubuh kita menurun. Disaat demikian inilah kenapa virus influensa biasanya lebih mudah untuk mengalahkan sistem pertahanan Kita. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah salah satu cara agar terhindar dari influensa, termasuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?,

Advertisement

Tips sederhana agar tidak mudah terkena influenza :

Flu disebabkan oleh virus yang sangat mudah menular, yang menginfeksi paru-paru, saluran pernafasan napas atas, dan menyebabkan gejala termasuk demam, sakit kepala dan nyeri otot. Dan tentunya akan sangat merugikan aktifitas rutin kita, karena flu bisa membuat kita jatuh sakit selama 6 hari. Meskipun penyakit ini mudah menyebar, namun masih dapat dihindari. Berikut adalah cara agar terindar dari sakit flu :

1. Mencuci tangan secara teratur

Ketika seseorang yang batuk atau bersin akibat flu, semburan cairan bisa menyebar pada radius satu meter – dan bisa menempel dan bertahan selama 24 jam pada gagang pintu, remote kontrol, keyboard komputer, kemudi mobil,  telepon, atau benda-benda lain yang seringkali kita pegang. Hal ini membuat virus menjadi lebih mudah menempel ditangan Anda.
Jadi bersihkan tangan Anda sesering mungkin secara menyeluruh, termasuk di bawah kuku dan di antara jari-jari Anda, dengan sabun dan air hangat. Dan jika Anda sedang diluar, jangan lupa membawa produk antiseptik pembersih tangan.

2. Vaksinasi Flu

Vaksin Flu sangat efektif untuk mencegah tertular flu, dan bisa berfungsi setidaknya selama enam bulan. Jika Anda memenuhi syarat untuk dilakukan vaksin ini, Anda bisa menggunakannya. Silahkan meminta petunjuk dokter untuk mendapatkannya.

Lihat juga :  Makanan yang harus dihindari demi kesehatan

3. Tetap terhidrasi

Untuk meningkatkan pertahanan tubuh Kita, adalah penting untuk melumasi lapisan halus dalam hidung dan tenggorokan agar lebih tahan terhadap infeksi. Direkomendasikan untuk minum cairan sebanyak 2 liter sehari, dan hindari minum-minuman berkafein.

4. Suplemen herbal alami

Obat herbal alami umumnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Hal ini umumnya jauh lebih baik dan aman daripada menggunakan antibiotik. Suplemen-suplemen herbal tertentu yang diformulasikan untuk menjaga stamina umumnya juga sangat baik dan bisa membantu pencegahan virus dan flu.

Baca juga : Obat alami tradisional flu atau batuk pilek

5. Tidur cukup

Tidur malam yang baik bukan hanya bagus untuk kesehatan mental, tingkat energi, kecantikan, dll, tapi juga dapat membantu Anda bisa terbebas dari flu juga. Mendapatkan tidur yang kurang dari tujuh jam selama berminggu-minggu bisa membuat tiga kali lebih mungkin terinfeksi penyakit pernapasan, daripada jika Anda tidur cukup delapan jam setiap malam, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009 pada Archives of Internal Medicine.

6. Diet sehat dan seimbang

Diet seimbang sehat yang memasukkan protein dan banyak buah-buahan dan sayuran berwarna warni akan memberikan nutrisi yang kita dibutuhkan untuk melawan infeksi. Makanan yang mengandung vitamin dan mineral tertentu yang memiliki sifat perlindungan, akan membantu sistem kekebalan tubuh kita bekerja maksimal untuk melindungi tubuh dari virus.

7. Sering berolahraga atau beraktifitas fisik

Sebuah studi yang dilakukan di University of South Carolina menemukan bahwa orang yang berolahraga secara rutin selama setengah jam hampir setiap hari rata-rata hanya ada satu kasus flu per tahun. Sementara orang-orang yang kurang aktif secara fisik dilaporkan lebih dari empat yang terkena flu per tahun. Namun perlu diingat bahwa Olahraga berat bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda stres, yaitu seperti maraton yang dapat meningkatkan risiko terkena virus. Lakukan olahraga sedang seperti berjalan kaki

Lihat juga :  Bagaimana Menu dan cara diet Mayo?

8. Tingkatkan asupan vitamin C

Penelitian menunjukkan bahwa virus tidak bisa bertahan hidup dalam sel yang mengandung kadar vitamin C tinggi, sehingga orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 40 mg vitamin ini per hari. Vitamin C bersifat larut air, sehingga 500mg setiap haripun masih aman. Minum segelas jus jeruk 150ml akan memberikan Anda 55mg vitamin C, namun hati-hati karena bisa banyak mengandung gula. Tanyakan kepada apoteker tentang multivitamin terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

9. Jauhi stres

Stres yang berkepanjangan bisa membuat Anda lebih rentan terhadap flu. Tingkat stres yang tinggi dipercaya oleh para ahli dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita terhadap flu, dan bahkan memberikan gejala yang lebih buruk jika terkena. Cobalah latihan seperti yoga, pernapasan, dan meditasi untuk membuat fikiran tenang. Berfikiran positif adalah salah satu tips untuk menghindari stres tinggi.

10. Untuk sementara Jangan terlalu dekat dengan penderita

Cobalah untuk tidak memeluk atau menyentuh orang dengan flu atau gejala seperti flu. Jika seseorang batuk atau bersin di dekat Anda, berdirilah agak jauh atau menutup hidung dengan tisu untuk mencegah terhirupnya virus. Jika Anda ulit menghindari penderita, misalnya bayi Anda, maka Anda bisa meningkatkan pertahanan tubuh Anda dari virus flu, seperti yang telah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *