Tips agar kulit wajah bebas jerawat

Tips Agar wajah bebas dari jerawatJerawat adalah masalah kulit umum yang banyak dikeluhkan banyak orang. Ada beberapa tips cara perawatan kulit wajah agar terbebas dari jerawat, selain dengan melakukan diet yang sehat.

Advertisement

Keteraturan adalah hal yang wajib diperlukan agar bisa terbebas dari masalah jerawat. Makan-makanan yang sehat, tidur yang teratur, dan tidak memencet jerawat.  memencet jerawat, tidak peduli seberapa hati-hatinya, atau seberapa bersihnya, hampir selalu membuat kondisi berjerawat menjadi lebih buruk. Cuci tangan sebelum atau sesudah merawat jerawat bisa dilakukan, untuk mengurangi kemungkinan infeksi.

Kenali dan hindarilah apa pun yang dapat memperburuk jerawat, seperti makanan berminyak, lotion dan make-up, bahkan stres juga bisa menambah masalah jerawat Anda. Agar bisa Rileks dan dapat mengurangi stres, Anda perlu untuk mengikuti yoga dan meditasi.

Membuka pori-pori

  • Perawatan kulit: Tidak ada produk ajaib yang tepat untuk setiap orang dan kondisinya. Ikutilah apa yang cocok untuk anda. Bersihkan kulit Anda dengan lembut tapi bersih, bisa dengan menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran atau sisa make-up. Gunakanlah kain yang bersih untuk mengeringkan wajah, agar infeksi bakteri bisa dicegah dan tak terulang kembali. Gunakan steam untuk membuka pori-pori yang tersumbat.
  • Pembersih ringan: Cuci sekali atau dua kali sehari wajah dengan pembersih ringan, untuk menjaga kulit tetap bersih dan meminimalkan sensitivitas dan iritasi.
  • Exfoliating: Berbagai macam scrub ringan, exfoliant, dan masker yang mengandung butiran halus atau asam salisilat bisa digunakan untuk menghilangkan lapisan luar kulit, sehingga akan membuka pori-pori. Produk yang mengandung glycolic atau alpha hydroxy acids juga merupakan exfoliant kulit yang lembut.
  • Retinol: Senyawa Ini adalah turunan dari vitamin A , yang akan membantu untuk mempromosikan mengupas kulit.
Lihat juga :  Cara menghilangkan lingkar hitam dibawah mata secara alami

Mematikan bakteri

  • Pembersih antibakteri: Bahan yang paling populer pembersih antibakteri adalah benzoil peroksida. Benzoil peroksida dapat menyebabkan iritasi kulit merah dan bersisik untuk beberapa orang, namun akan hilang segera setelah berhenti menggunakan produknya.
  • Penggunaan Topikal (eksternal): Produk ini biasanya tersedia dalam bentuk gel, krim, dan lotion, yang bisa dioleskan di daerah yang berjerawat. Bahan aktif yang bersifat mematikan di permukaan kulit seperti benzoil peroksida, sulfur, dan resorsinol.

Kurangi kulit berminyak

Anda tidak akan bisa menghentikan kelenjar minyak untuk memproduksi minyak. Tapi Anda bisa membersihkan minyak pada permukaan kulit yang membuat wajah kelihatan mengkilap. Berikut solusinya:

  • Gunakan astringent,  atau toner yang lembut untuk menyeka minyak.
  • Produk yang mengandung asam glikolat juga agak membantu membersihkan kulit, dengan membantu pengelupasan lapisan superfisial kulit.
  • Masker yang mengandung belerang serta bahan-bahan lain akan menarik minyak dari wajah.
  • Pelapis antibakteri yang mengandung benzoyl peroxide juga memiliki manfaat tambahan untuk menyeka minyak yang berlebih
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *