Tanda, Gejala, dan Pengobatan Kengser atau turun bero

Apakah kengser? Kengser adalah istilah yang sering disebut oleh orang jawa untuk menunjukkan kondisi turun peranakan/kandungan; yang tentu saja hanya bisa dialami oleh wanita. Pada kondisi yang parah, kengser bisa sangat mengganggu dan menyakitkan yang dikatakan bisa dimanifestasikan oleh tubuh menjadi rasa seperti meriang atau demam. Walau secara umum tak banyak menunjukkan gejala, namun kengser biasanya hanya menyebabkan berbagai rasa ketidaknyamanan. Secara tradisional umumnya, kengser biasanya didiagnosa dan diobati oleh seorang dukun urut atau dukun bayi. Tapi, bolehkah kengser disembuhkan dengan pijat?, dan apakah bisa sembuh total?. Baca lebih banyak untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi khusus wanita yang satu ini!

Advertisement

Tanda, gejala, dan pengobatan yang mungkin untuk menyembuhkan prolaps atau secara tradisional disebut dengan kengser, turun bero, dsb pada wanita

Kengser ini dalam dunia medis mungkin yang dikenal dengan sebutan Prolapse atau “jatuh”, yang dalam hal ini dijelaskan sebagai kondisi turunnya organ-organ dalam panggul;  termasuk kandungan/rahim/uterus, kandung kemih, dan rektum(termasuk bagian usus besar, yang menuju anus) terletak dibelakang uterus. Istilah medis untuk itu menunjuk semua itu adalah prolapse urogenital, yaitu yang bisa mempengaruhi daerah bagian depan, tengah, dan belakang panggul. Hal ini secara umum bisa terjadi oleh karena struktur pendukung organ dalam pinggul bawah wanita telah melemah; yang hasilnya organ-organ dalam tersebut seperti rahim, kandung kemih, dan rektum turun(prolaps) kedalam miss V.

1. Prolaps untuk organ bagian depan panggul ;

Uretra(saluran kencing) bisa prolaps masuk kedalam organ intim(urethrocele), dan kandung kemih prolaps kedalam organ intim(sistokel). Atau kedua organ tersebut keduanya prolapse ke organ intim(cystourethrocele).

2. Prolaps yang mempengaruhi organ belakang panggul;

Rektum bisa prolapse kedalam organ intim(rectocele), adalah prolaps  yang paling umum.

3. Prolapse yang mempengaruhi organ tengah panggul;

Wanita bisa mengalami turunnya rahim/peranakan kedalam organ intimnya yang disebut Uterine prolapse, merupakan jenis yang paling umum. Kondisi inilah yang mungkin telah disebut banyak orang sebagai kengser. Prolaps yang lainnya adalah turunnya ruang antara rektum dan rahim, yang disebut enterocele.

Penyebab/ faktor resiko untuk prolapse genitourinary

Diperkirakan banyak hal bisa meningkatkan risiko pengembangan prolaps, yaitu antara lain sebagai berikut :

Persalinan : Peregangan ligamen saat persalinan bisa merusak saraf dan otot disekitar organ intim termasuk otot dasar panggul sehingga menjadi lemah. Prolaps tidak mempengaruhi semua wanita, tapi lebih sering kepada wanita yang melahirkan secara normal dan/atau dengan bayi lebih besar.

Umur : kemungkinan prolaps semakin meningkat seiring bertambahnya usia seorang wanita. Hal ini karena kurangnya hormon esterogen yang terjadi setelah menopouse mempengaruhi otot-otot dasar panggul dan struktur di sekitar organ intim, sehingga membuatnya menjadi kurang kenyal dan mendukung.

Peningkatan tekanan di dalam perut (abdomen) ; Apa pun yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam perut dan panggul wanita juga bisa menjadi faktor risiko genitourinary prolapse, karena ligamen pendukung dan otot menjadi tegang. Peningkatan tekanan ini paling umum terjadi selama kehamilan dan persalinan, namun beberapa hal bisa menyebabkannya yaitu ; kelebihan berat badan, sering mengangkat beban yang terlalu berat, batuk kronis, dan  sering tegang karena sembelit

Lihat juga :  Jenis Sakit Radang Sendi yang Paling Umum

operasi ginekologi : Jika seorang wanita rahimnya diangkat melalui operasi(histerektomi), atau operasi ginekologi lainnya, mungkin lebih cenderung mengembangkan prolaps. Operasi ini mungkin akan melemahkan ligamen, otot-otot dasar panggul dan struktur pendukung panggul lainnya. Namun seiring dengan kemajuan dalam teknik bedah, resiko ini kini menjadi semakin kecil.

Faktor risiko lain : Kasus yang sangat jarang adalah bawaan(keturunan). Kekurangan zat kolagen, yaitu zat yang membantu membentuk ligamen yang termasuk mendukung organ panggul bisa terjadi karena alasan genetika.

Gejala Prolaps

Prolaps secara umum tidak menunjukkan gejala apa apa, yang mungkin akan diberitahukan oleh dokter ketika dilakukan pemeriksaan untuk hal yang lain, misalnya papsmear. Tapi pada beberapa wanita hal ini bisa ditandai dengan perasaan seperti adanya benjolan di organ intim mereka, atau merasa ada sesuatu yang mengganjal atau turun. Seorang wanita juga mungkin bisa mengalami rasa sakit pada organ intimnya, punggung, atau perut (abdomen). Kadang-kadang juga ada cairan menetes yang mungkin noda seperti darah atau bau. Hubungan suami istri mungkin tidak nyaman lagi dilakukan bahkan menyakitkan jika wanita mengalami prolaps. Gejala biasanya memburuk setelah lama berdiri, dan kembali membaik setelah berbaring.

Gejala Gejala lain mungkin bergantung dari jenis prolaps yang Anda miliki, termasuk ;

  • Seringkali merasa harus buang air kecil, siang hari dan pada malam hari.
  • Urin menetes saat batu, bersin, tertawa, mengejan atau mengangkat.
  • Sulit menahan air seni, atau secara tiba-tiba merasa harus segera buang air kecil. Bahkan urin keluar sendiri tanpa bisa ditahan.
  • Aliran urin yang tersendat-sendat
  • Sering merasa pipis belum tuntas, sehingga merasa perlu untuk balik kekamar kecil kembali.
  • Kebutuhan untuk mengubah posisi sementara duduk di toilet atau kebutuhan untuk
  • menggunakan jari Anda untuk mendorong kembali prolaps untuk memungkinkan urinbisa keluar.
  • Kesulitan buang air besar, atau merasa harus mengejan keras untuk mengeluarkannya, merasa tiba-tiba ingin mengeluarkan tinja, atau merasa perut belum kosong sepenuhnya.
  • Tak bisa menahan BAB(inkontensia).
  • Merasa harus mendorong disekitar organ intim supaya BAB bisa keluar
  • Jika prolaps yang menonjol cukup besar bisa menyebabkan ulserasi pada leher rahim (serviks) atau kulit. Kadang-kadang bisa menyebabkan perdarahan dan infeksi.
  • Gejala juga bisa dirasakan secara bersamaan jika prolaps mempengaruhi berbagai bagian organ dalam panggul pada waktu yang sama.

Diagnosa

Diagnosa hanya bisa dilakukan oleh dokter dengan berbagai macam test, dari mulai pemeriksaan sederhana sampai menggunakan peralatan medis.

Pilihan pengobatan prolaps

Pengobatan dilakukan supaya pasien merasa nyaman dan bebas rasa sakit, serta untuk memastikan tidak adanya infeksi atau ulserisasi. Berikut beberapa pilihan pengobatan :
Menunggu: Jika gejala yang terlihat hanya sedikit, Anda bisa memilih menunggu untuk mengetahui perkembangan gejala(masa waspada). Namun jika gejala berkembang atau muncul gejala baru, maka Anda perlu  periksa kedokter. Selama dalam masa waspada tersebut, Anda bisa melakukan hal-hal yang bisa mencegah perkembangan prolaps seperti :

Lihat juga :  Cara memiliki wajah yang terlihat segar alami

Merubah gaya hidup :

  • Jika kelebihan berat badan, menurunkan berat badan mungkin bisa membantu.
  • Jika sembelit Anda harus mengkonsultasikan dengan dokter untuk memastikan mendapat pengobatan yang memadai.
  • Batuk kronis bisa membuat prolaps semakin buruk.
  • Jika Anda mer*kok, sebaiknya berhenti.
  • Menghindari angkat berat, karena hal ini bisa membuat prolaps semakin memburuk.

Latihan dasar panggul : Semua wanita dengan prolaps, baik dengan gejala atau tidak, harus melakukan latihan dasar panggul(kegel). Latihan ini bisa menghentikan perkembangan prolaps ringan menjadi lebih parah, juga bisa meringankan gejalanya seperti sakit punggung dan rasa perut tidak nyaman.

Pessaries: Bagi wanita yang tak mau operasi, masih usia subur, menunggu saat untuk operasi, dan wanita beresiko, alat pencegah kehamilan yang melalui miss v bisa menjadi cara yang sangat baik. Alat berbentuk cincin yang terbuat dari plastik atau silikon(pessaries) ini bisa digunakan dokter untuk membantu mengangkat dinding miss v dan prolaps rahim. Alat kedokteran ini harus diganti setiap 6 sampai 12 bulan.
Krim esterogen : Jika Anda memiliki prolaps ringan, dokter mungkin menyarankan agar Anda menerapkan beberapa krim estrogen pada miss v Anda selama 4 sampai 6 minggu. Hal ini bisa membantu menghilangkan perasaan tak nyaman, namun terkadang gejala bisa muncul lagi setelah pemberian krim dihentikan.

Operasi : Tujuan operasi adalah untuk menyembuhkan prolaps secara permanen. Ada berbagai jenis operasi yang dapat dilakukan, tergantung pada jenis prolaps yang Anda miliki. Dokter bedah akan memberi saran, mana operasi yang terbaik untuk Anda.

Pijat urut untuk menyembuhkan kengser? :

Belum dibuktikan oleh penelitian apakah urut bisa menyembuhkan prolaps rahim secara permanen. Teorinya, selama otot pendukung organ pinggul masih lemah, kengser bisa segera kambuh lagi; karena pijat urut tidak mengencangkan kembali otot pendukung rahim yang sudah lemah. Penyembuhan kengser yang satu ini bisa sangat beresiko, terutama jika dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya atau tak tahu apa yang dia lakukan.

Pencegahan prolaps

Ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu mencegah prolaps, namun tidak semuanya telah terbukti.

  • Latihan dasar panggul, terutama jika Anda berencana untuk hamil, sedang hamil, atau setelah melahirkan.
  • Jika Anda kelebihan berat badan, cobalah untuk menurunkan berat badan.
  • Makan diet tinggi serat (banyak buah dan sayuran dan roti gandum dan sereal) dan minum banyak air untuk menghindari sembelit.
  • Jika Anda mer*kok, cobalah untuk berhenti mer*kok.
  • Hindari pekerjaan yang mencakup angkat beban berat, apalagi setelah/pernah melahirkan normal.
  • Menggunakan korset setelah persalinan normal(ikuti petunjuk bidan/dokter)
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *